Ini Alasan Mengapa Angka Penjualan Ninja 250 Turun April 2018 DAN 2017

 

Diantara stress nulis disertasi dan kolom artikel tentang UU Terorisme di koran, saya sempat lirik keriuhan sedikit di sektor roda dua terkait anjloknya angka penjualan Ninja 250. Beberapa kesimpulan sudah dibuat bahwa Ninja 250 gagal di pasaran. Benarkah?

Kemarin saya sempatkan pelajari data statistiknya lalu saya bandingkan dengan angka wholesale tahun 2017.

Screen Shot 2018-05-25 at 11.32.00 PM

Terlihat wholesale drop di bulan April 2017

Screen Shot 2018-05-25 at 11.32.25 PM

Grafik drop yang sama di bulan April 2018

Screen Shot 2018-05-26 at 12.20.48 AMScreen Shot 2018-05-26 at 12.20.32 AM

Ternyata data penjualan 2017 memperlihatkan pola yang sama. Setelah mengalahkan CBR250RR, produk yg terhitung baru saat itu, angka wholesale Ninja 250 drop pesat turun menjadi hanya 12% dari angka bulan Maret.

Apa yang terjadi di bulan April?

Saya pun WA ke salah seorang owner dealer Kawasaki. Lalu juga ke mas Michael Tanadhi, Deputy Head, Sales and Promotion KMI.

Ini kenapa mas?

Intinya akhir bulan Maret adalah akhir tahun anggaran bagi KMI. Yang dilakukan pada dua bulan menjelang batas financial year, pabrik biasanya mempercepat produksi dan wholesale ke dealer karena kepentingan menutup buku proyeksi anggaran dan penyerapan.

Angka wholesale, untuk semua pabrikan, memang tidak melambangkan nilai unit yang dibeli konsumen, tapi angka pengiriman dari pabrik ke dealer. Akan ada selisih dengan actual sale atau penjualan riil.

Pihak dealer juga mengakui dan mengantisipasi ini. “itu ya memang seperti itu om Leo, cuma ya kita itung-itung juga, kita ga mau terima stock berlebihan”. “ini karena barang baru, kita stock lebih banyak, biasa om, biar orang yg mau beli barangnya ready, jadi ga kecewa”.

Hmmm masuk akal juga. Barang baru kalau indennya kelamaan ga bagus juga.

oke sob, aa Leo balik nulis kritisi UU Terorisme dulu..

 

dengultor 81 Kopassus.jpeg

Bersama Dengultor 81 Kopassus

 

Advertisements

23 thoughts on “Ini Alasan Mengapa Angka Penjualan Ninja 250 Turun April 2018 DAN 2017

  1. Dr dulu ane bilang. Keluarin 4 silinder.
    Mau dikata kemahalan, daya beli turun dll… Pasti akan mmbuat pasar baru…

    Stidaknya ane beli, klo ane survei tmn” komunitas ada jg yg beli… Hehehe

    2 silinder mulai mainstream. Bentuk mulai kalah ama 150cc. Suara knalpot 2silinder dah mulai gk sebanding dgn resiko ditilang, beda dgn 4silinder… Mau ditilang masih sebanding lah dgn resikonya… Hahaha…
    Skrng polis makin galak knalpot racing… Dan itu sngat berpengaruh. Kbanyakan dikota” kecil pada takut pakai karena 100% ditilang…

  2. Nunggu penjualan bulan mei dan seterusnya, apa masih sama atau tidak. Kalau masih sama kira2 apa ya mau dibilang kawak nnt. Bikin penasaran.

  3. Biarin dah distribusi mau turun naik.
    Mau dibilang mirip vario, kurang all out dll. Semakin lama dipandang yg livery krt se si ijo makin apik. Nonton review di youtube, sampai akhirnya kemarin test ride di prj. Akhirnya boyong dah 1 kerumah hehehehe.
    Ga pake nunggu R25 facelift, dan ga milih cbr250rr jg. Udah makin tuwir nyari motor yg enak dibawa aj dan ergonominya ga bikin cepat pegal.

    #curhat

    • Haha..
      Memang smua it mslah selera bro klo kya ay yng slera sport murni jlas cbr rr plihan paling tepat. 🙂

  4. “…Diantara stress nulis disertasi dan kolom artikel tentang UU Terorisme…” pantesan si om skrg2 jarang nelorin artikel 😀

    • sepertinya memang ada tp bukan satu satunya faktor.segmen sport sepertiny memang sedang jenuh.bukan cuma 250/saja tp juga kelas 150 yang dulunya bisa puluhan ribu sekara
      g gak sampe 20 ribu.. sekarang matic yg meraja lela. tp suatu saat sport bisa saja ramai lagi.

  5. Om sekarang lagi viral korban begal jadi tersangka karna bacok begal smpe mati karna membela diri itu aku kok malah ngelu om
    Mohon pencerahan

  6. Setahu saya dealer Kawasaki banyak yg sudah over stock. Karena 2 bulan sebelumnya di gelontor dr ATPM. Bahkan banyak dealer yg titip stock di pabrik. Yg mana selama ini ga pernah diperbolehkan. Belum lagi adanya perubahan tarif bbn yg membuat ninja yg baru lebih murah dr ninja yg lama. Ini menjadi dilema bagi dealer yg masih mempunyai stok ninja lama. Bulan mei akan penjualan wholesale akan meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s