[AISI – FEB 2018] New Ninja Pimpin 89% Market 250cc 2 Silinder. CBR250RR Mengendor. R25 Menguat Tipis.

 

Di artikel sebelumnya saya mengulas trend penjualan motor 250cc secara total, dari berbagai jenis, akan melemah. Namun awal tahun ini trend terkoreksi dengan dirilisnya New Ninja 250.

250cc

 

Setelah di bulan pertama ada 890 New Ninja 250 yang terjual, di bulan kedua sekali lagi New Ninja menggebrak dengan kenaikan 245% menjadi 2,188 unit. Ini mirip angka jaya-jayanya penjualan Ninja di era 2008-2014 sebelum ada pesaing 250cc lain. Saya kira salah satu faktor angkanya meledak adalah karena pencinta Ninja sudah agak lama menunggu kehadiran clan baru di 250ccnya. Motor kencang dan nyaman ini. lumayan besar serapannya di masyarakat.

 

Screen Shot 2018-03-12 at 9.31.22 PM.png

Sementara itu CBR250RR setelah sempat kencang memimpin di periode November – Desember 2017, di bulan Februari ini mengendor turun 65% dari angka 307 menjadi 201 unit. Motor sporty favorit saya ini nampaknya kian segmented pencintanya.

R25 terlihat anteng dan stabil. Angka penjualan malah naik tipis dari 78 unit (Januari) menjadi 83 unit (Februari). Ibarat seorang empu, bertapa dan berpuasa sebelum menghadirkan keris baru yang digdaya. Seperti apa ya?

Total penjualan ketiga motor tersebut kuat sekali di angka 2,472 unit. Ini angka yang bukan main mengingat sepanjang 2017 angka total penjualan ketiga motor sempat drop di bawah 690 unit.

Apalagi kalau kita bandingkan dengan angka penjualan XMAX 250 yang kuat di atas angka 1000 tiap bulannya. Di bulan Februari 2018 malah mencapai 1,222 unit yang terjual.

Screen Shot 2018-03-12 at 10.51.52 PM.png

 

Apakah ini berarti daya serap pasar atas motor 250cc sudah mulai pulih mas?

Mungkin saja, perlu kita amati pada periode pasca hype New Ninja. Semoga market 250cc terus mengembang!

IMG_8559

 

Advertisements

59 thoughts on “[AISI – FEB 2018] New Ninja Pimpin 89% Market 250cc 2 Silinder. CBR250RR Mengendor. R25 Menguat Tipis.

  1. Pertamax kah?

    Masih penasaran dengan New Ninja di segment 250, secara masih didonimasi oleh Big Skutik XMax dan masih menanti juga akan seperti apa New R25

    Oia Om Leo, kapan kah pemaparan test ride si Zeus secara detail, begitu juga si mighty MT 10

    Ditunggu ya

  2. Mark my word, penjualan ninja akan turun, cuma baru2 aja heboh, tar juga melemah, wong standard sport 250 cc sdh tinggi, eh dia malah bikin yg lebih rendah, harga sama pula, yg beli ninja mah bener2 ga habis pikir saya hahaha kawasaki cuma jual nama besar, kaya iphone kayanya hehehe at least iphone fiturnya tinggi

    • iya sih benar mas bro, cuma saya kecewa saja dengan kawasaki, karena saya mau ambil cbr 250 rr tadinya, tp karena dengar2 kawasaki new model 2018 mau keluar, saya tunggu deh, eh pas uda kluar, lsg ga selera gitu deh hehehe jdnya saya ambil cbr 250RR hehehe kebeneran saya punya inazuma, R25, dan ninja fi se 2013, yg ninja dan r25 sdh saya jual, mau saya upgrade ke yg baru, saya kolektor motor sport fairing 250CC 2 silinder hehehe salam kenal mas bro Leopold!

    • baru kali ini setelah sekian bulan total penjualan 250 sport mengungguli XMax.. bahkan Ninja sendirian udah cukup.. so apa sinting delmannya bulan kemarin? Gada! Karena penyuka sport lagi beralih ke Ninja heheehe..

      Tapi belum tau apakah ini akan konsisten atau seperti biasa spike distribusi penjualan produk baru? 2-3 bulan ke depan bakal ketauan lagi dan bisa jadi sinting delman kembali ke XMax hehe

      http://kobayogas.com/2018/03/11/suzuki-gsx-s1000f-hiu-biru-yang-cuma-ada-1-di-indonesia/

    • Ah situ lupa wktu r25 mau kluat digadang gadang bakal ancurin jualan ninja 250..tp resultnya?pd nelen ludah sndri kan..
      Kawasaki bukan follower bro di 250
      New ninja kan sport turing dan ingat ini mesin EX bukan clan ZX
      Cbr pure sport tulen
      Jd konsumen bisa dilihat jg pngen make motor yg bisa harian relax tp ada aura sport + enak buat turing

  3. Power besar hanya di atas kertas tidak di dunia sebenarnya di arrc250…ada peningkatan dari yg lama tapi ga significant…seharusnya power yg “terbesar” di 250 dan perbaikan sasis dan bobot dari yg lama…seharusnya ga bakal tertinggal jauh dgn r25 dan cbr di ap250…ini 2 kali balap kedodoran cuma masuk urutan 10….ngos2an lawan team kedua kedua r25 dan cbr (bukan team/prmbalap utama/unggulan)…sorry to say yah.
    Just my opinion

    • Saya rasa kalau urusan balap tdk bs sesederhana itu pengamatannya mas. Byk faktor kalau balapan itu yg mempengaruhi prestasi.. meski itu motor keluaran terbaru dan tercanggih ikutan balap tdk menjamin langsung unggul dari rival2 yg lebih lawas. Ada faktor skill pebalap, kerja sama tim dan manajemen, data2 track yg kompleks, dan jg luck. Motor biasa2 aja, skill sedang2 saja tp kalau dia lucky boy bisa aja juara..who knows?

    • @spy
      Setuju tidak semudah itu banyak faktor…tapi saya rasa dengan pembalap spt am fadli, mekaniknya, dukungan kawasaki dan bimbingan mantan pembalap motogp kawasaki itu tidak bisa di remehkan kualitasnya..

      seharusnya dgn motor dgn power terkuat di 250 bisa bersaing dalam 2 kali kesempatan race…setidaknya bisa fight di 5 besar…tapi kenyataan yg saya tonton fight di barisan depan hanya 2 lap habis itu hilang kebelakang.

      Oh yah cbr 250 rr aja bisa langsung bersaing pertama kali ikut ap250..malahan mendominasi dan juara umum….mksdnya dgn power torsi sasis new ninja ini harusnya ga ngos2an di 10 besar

    • Salah satu faktor lainnya adalah kurangnya waktu riset untuk balap, new ninja baru launching dan butuh settingan yang pas mengingat chassis dan mesin baru.
      Tertinggal sama CBR apalg R25 yang sudah dluan bertahun2 ( istilahnya kalah start )
      Bisa dibaca juga artikel dari IWB ( Ngintip Top Speed ninja ARRC ) disana dijelasin, Ninja sekarang masih menggunakan ecu racing ninja lama dan knalpotnya pun msh proses pengembangan, dll. Bahkan katanya top speed malah lebih rendah dari old ninja. Yaa we’ll see lah kyk gmn perkembanganya nanti apakah membaik atau gak.
      Saya pribadi sih kl untuk keperluan harian juga lbh milih CBR haha…

    • Yo wis kita tunggu kawasaki untuk riset…dan hasil ap250 ke depan….dengan kata lain ada beban dari kawasaki untuk membuktikan hehehe

    • Om2 diatas pada ribut mah kalo soal race udah banyak bgt faktor om.. udah ga standar pula tergantung pakai doping apa.. yg dijual dimari, yg om2 beli tuh spek race apa spek apa om? Hehe…
      Yah sorry to say jg kalo udh pede ngomongin race ninja AM fdly dikepretin cbr, trus kenyataannya cbr om dijalan yg dikepretin ninja..hehe… yg malu muka om apa muka AM Fdly?
      Dah gitu aja

  4. Malah penasaran sama kalimat ini “at seorang empu, bertapa dan berpuasa sebelum menghadirkan keris baru yang digdaya”..
    Ga sabar nunggu beritanya. Secuil aja om leo dong kasih infoh.. Hehe

  5. Masih sabar menunggu sang keris baru New R25 biar yg old R25 dirumah ada temannya. Bagaimanapun juga Sepasang keris lebih baik dari satu dan ngasahnya pun lebih nikmaatt

  6. Saya bingung..hehe…
    Dulunya digadang-gadang new ninja250 ini pas keluar speknya bisa overkill.. banyak bgt rumor dan angan2 para biker…
    ternyata eh, jangankan 4 silinder, USD aja nggak dikasih.. udah gitu desain jg banyak yg bilang makin aneh, malah2 dibilang mirip R25..hehee… harga apalagi, mahalll….
    Lah ko skrg angka penjualannya yg overkill.. spertinya bner2 buyer ninja ini militan! Blogger kondang pun beli…
    Nggak yakin deh keris si empu pertapa sakti nantinya bisa menandingi!

    • Kuncinya produk global new R25/R3 buat nandingi Ninja250/400 my 2018. Karena yamaha ngak mau pasar R3 yg no. 1 di England dan Australia tergerus Ninja 400 begitu juga pasar R25/7R3 dibelahan dunia lainnya.

  7. kalo setidaknya trio sport fairing 250 ini dalam bulan2 ke depan penjualannya bisa seimbang dengan Xmax, berarti memang mengindikasikan daya beli sudah mulai pulih, plus euforia mega scooter 250cc sudah mulai turun trend nya

    kabar gembira buat biker yang jiwa nya sport tulen kaya gue nih, naik mega scooter bagaimanapun mewah tampilannya memang tidak bisa mengalahkan sensasi duduk dan memeluk tangki besar yang ada di motor sport πŸ˜€

  8. Masalah cbr itu ada di bagian tengah, kurang gemuk, tapi itu emang cirikhas honda buat motor itu ringkas. Jadi kurang mogelook.kata konsumen. Lah cbr 600 old aja.seukran 250 cc

    • Ayo @bdt serang yemehek trus.., biar nasi bungkusnya dapat banyak πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    • naruto ,
      sama lah sama sampeyan,

      kok saya nyerang ymh?

      saya kan cuma nyerang fbnya yg bilang gitu.

      makanya om balik komen saya kan, he he he

    • Seukuran 250cc ndasmu koe, dh pernah liat blm cbr1000rr my2017 dengan cbr600rr my2014 disejajarin dari belakang??? Ente bdt gadimana2 tabiat ente mulai ketahuan FB sono, blm pernah liat langsung aja belum, udh ngomong dri look 11-12 sama 250, tabiat fbh begini yee banyak sotoynya, naikin mogenya aja blom, gmn liat langsungnya wakakaka

  9. Nah dulu yang bilang desain Ninja jelek siapa ya? Mau dibilang spike atau apa, pembaharuan Ninja adalah sesuatu yang ditunggu, desain mature secara umum juga menggambarkan segmentasi penggunanya. Bahkan CBR250RR yang modelnya paling keren dan fitur paling Wow saja belum pernah lebih dari 2000 unit/bulan semenjak pertama kali keluar di 2016.

    • Coba d jual seharga beat pasti cbr lakunya lebih 100ribu perbulan. Apalagi pake dp 0rupiah bisa jadi 200ribu perbulan.

  10. ini menunjukkan kekuatan sebuah brand dan imej sbg pionir di kelasnya. meski dah dikasih standar lebih tinggi oleh pabrikan lain tetap aja pecinta ninin ga berpindah hati. loyalty.

  11. Pingback: Penjualan CBR250RR menurun secara stabil, Ninja 250 bisa 10 kalinya, XMAX bisa 6 kalinya, akan facelift meniru NMAX kah? | Mengupas soal motor

  12. cuman satu om yg saya tunggu dr kaya kata om leo β€œemangnya harus milih”
    di artikel ninja 250 2 silinder vs 4 silinder, awas loh om saya ud jual r25 gue πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    • Semua karena cewek indonesia taunya ninja sbg contoh ratu youtube yg pernah viral maunya sama cowok yg pakai ninja 🀣🀣🀣… kecuali yg suka race memang ambil CBR or R25…

    • Saking lamanya nunggu artikel baru, gue sampe pindah ke blog flora dan fauna.

    • Tiap hari sy ngecek blog ini apa ada artikel baru apa ga! Yg ditunggu2 mmg tentang pembahasan sport, khusunya >250cc 😁

  13. orang indonesia banyak yg pake motor sport 250cc buat harian, jujur aj sebagai pengguna cbr250rr fiturnya ada di atas ninja, cuma klo dipake harian macet2an, pegel badan posisinya terlalu nunduk, klo ninja buat harian nyaman bgt walau fiturnya ga secaggih cbr250rr. mungkin alasan konsumen kenyamanan + nama besar ninja jadi pertimbangan buat boyong ni motor.

  14. Maaf bang..
    Mau tanya..
    Angka itu adalah jumlah unit yg dikirimkan ke konsumen??
    Atau
    Angka dr “pabrik” perakitan kawasaki ke dealer seluruh indo??

  15. Bingung juga ini cuma spike awal ninja atau memang laris manis dipasaran, soalnya dealer kawasaki ga terlalu banyak lho dibanding Honda, cbr250rr sampai di ujung indonesia yang berbatasan sama timor leste aja ada display cbr250rrnya didealer honda tapi spikenya ga seheboh ninja padahal jaringan dealernya buanyak banget

  16. Tanya mas Leo,mengapa pemerintah menerapkan pajak bea masuk yang tinggi pada motor diatas 250cc,tapi di sisi lain justru membuat kebijakan LCGC pada mobil?

  17. Pingback: Motor dengan suspensi upside down tidak laris dan dianggap kemahalan bukti konsumen nggak suka | Mengupas soal motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s