[UPDATE] Berikut Penjelasan Resmi Honda (AHM) Terkait Dugaan Penggunaan Knalpot Non-Asli Akrapovic. Responsive!

 

Terkait keberatan perwakilan Akrapovic Indonesia yang saya muat di artikel kemarin, pihak AHM malam tadi melalui mbak Siska Daulika (HC3 AHM) mengirimkan pesan ke WA saya yang berisi penjelasan resmi.

Untuk sedikit latar belakang, silahkan klik lama ini.

https://7leopold7.com/2018/02/17/akrapovic-keberatan-launching-honda-pcx-gunakan-knalpot-akra-palsu-sebaiknya-ada-klarifikasi-dr-builder-ahm-agar-tidak-jadi-spekulasi-negatif/

Inti penjelasan dari AHM adalah:

  1. AHM berprinsip dalam pengerjaan modifikasi product launching, semua product yang digunakan adalah original, asli.
  2. Termasuk knalpot yang digunakan untuk launching New PCX 150 yakni Yoshimura.
  3. Yang terjadi adalah terjadi kesalahan pemasangan emblem knalpot oleh tim teknis saat launching.
  4. AHM menutup penjelasannya dengan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Saya kira AHM sangat responsif dan responsible dalam memberikan penjelasan ini. Ini mencegah agar dugaan-dugaan negatif baik kepada builder, produsen (AHM dan Akrapovic) tidak perlu dikembangkan/diperlebar.

Ini penyelesaian yang baik.

Kita fokus pada kerja yang positif ya sob.

berikut isi penjelasan lengkap dari AHM:

Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division
PT Astra Honda Motor :

Terima kasih untuk informasi yang disampaikan. Dalam modifikasi All New Honda PCX, semua part kami asli, termasuk knalpot Yoshimura. Sayangnya dalam pengerjaannya, terjadi kesalahan pemasangan emblem. Tim teknis kami memasang emblem Akrapovic yang seharusnya tdk dipasang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, terutama untuk Sphinx Motorsport sebagai distributor resmi Akrapovic.

Screen Shot 2018-02-18 at 6.59.43 AM.jpg

111 thoughts on “[UPDATE] Berikut Penjelasan Resmi Honda (AHM) Terkait Dugaan Penggunaan Knalpot Non-Asli Akrapovic. Responsive!

  1. That’s not yoshimura original I guess… yoshimura original setau sy pake rivet untuk emblem logonya om, selain itu warna carbonnya matte bukan glossy seperti itu, cmiiw… monggo masuk ke situs resmi yoshimura dan searching… 😁

    • Saya dulu pakai Yoshimura USA R77 original di ninja 250fi, jadi sedikit bisa bedain knalpot yoshi asli atau bukan. Meski mirip R11 sepertinya bukan asli yg di foto PCX tsb. Bener bro 24_hendry ada rivet di emblem logonya. Trus hanger knalpotnya beda, letak logonya harusnya di bagian atas shape segitiga nya lebih dekat ke hanger, walau yoshimura asli dan ditutup label AKRA harusnya posisi logo tidak disitu, bentuk logo juga lebih lonjong agak besar cmiiw.

    • Perhatikan knalpot Yoshimura R-11 itu ketika datang unboxing, emblem nya sudah patent … sudah terpasang/terbaut pake paku rivet di
      4 (empat) sisi pinggir …!!! Belum pernah ketemu… ketika beli Yoshimura asli… tidak ada platnya…
      apalagi model pake sticker …!!!
      Nggak kebayang… Yoshimura asli plat emblem nya harus dilepas…
      piyeee caraneee… apa tidak bolong tuuugh …???
      Demikian juga untuk bracket nya… sudah standard seperti chrom dengan 1 lobang…!!! Lho kok yang dipasang pada Honda PCX 150 modifikasi… ada sisa 2 lobang
      Perhatikan Yoshimura R-11 asli carbon nya agak doff…
      nggak mengkilat seperti kena pernish …!!! perhatikan paku rivet yang terdapat pada Yoshimura R-11 dengan yang terdapat pada Honda PCX lokal…
      terlihat gap nya nggak sama pada Honda PCX dengan yang terdapat pada Yoshimura R-11 asli …!!! Belum bentuk plat chrome dimana paku rivet ditancapkan terdapat perbedaan juga …!!!
      Pada Yoshimura asli agak belahan miring… sedangkan yang terdapat pada Honda PCX lokal… agak membulat …!!!

    • Semoga ada klarifikasi lebih logis supaya tidak mencoreng nama pabrikan, soalnya kalau suatu contoh produk hasil modifikasi yang ditampilkan saat acara launching produk menggunakan barang non-ori atau palsu atau kw kesannya gimana gitu yah, hehehe… tapi kalau pihak yoshimura yang di’catut’ namanya ngga protes mungkin sampai disini saja case closed, dunia maya adem lagi, wkwkwkkk….

    • Sekilas kutipan info :

      Kutipan pernyataan modifikator PCX BMS ,pada sebuah blog :

      Sebenarnya, knalpotnya itu Yoshimura R11. Awalnya,knalpot untuk Honda PCX ini ProSpeed.
      Tapi karena sudah ada yang pakai, pihak AHM maunya beda. Dan karena waktu mepet, jadi pasang knalpot Yoshimura ini, tinggal ubah lehernya. Entah bagaimana ceritanya, salah satu karyawannya justru salah pasang logo.
      Harusnya, logo yang tertempel tersebut adalah Yoshimura. Saya juga baru tahu. Kalau beli Yoshimura biasanya logonya selalu ditempel. Tapi yang saya beli ini tidak tertempel tapi logonya terpisah. Mungkin karyawan diacak, diambil stiker Akrapovic lalu dipasang.
      Ariawan Wijaya sebagai pemilik Bengkel modifikasi
      Baru Motor Sport (BMS) yang beralamat di Jl.Palmerah barat no.25 Jakarta Barat mengeluarkan surat klarifikasi knalpot Akrapovic palsu. Isinya saya ketik ulang supaya biar enak dibaca, foto surat klarifikasi knalpot palsu dari BMS juga saya sertakan sebagai bukti.
      Dengan ini kami menyatakan mengenai isu permasalahan yang sedang viral di beberapa
      media online dan sosial media. Mengenai knalpot Akrapovic yang digunakan di salah satu launching All New PCX. Adalah murni atas kesalahan dan kelalaian kami dari pihak modifikator. Pada pemasangan emblem dengan logo Akrapovic.
      Melalui surat ini kami menyatakan bahwa kejadian tersebut bukan merupakan kesalahan PT. Astra Honda Motor, selaku client kami, akan tetapi ketidaksengajaan dan kelalaian dari pihak kami. Untuk itu kami dari pihak yang melakukan pekerjaan atas motor modifikasi tersebut mohon maaf sebesar-besarnya kepada pihak PT. Astra Honda Motor dan pihak lain yang dirugikan atas kejadian ini. Selanjutnya kami dari pihak modifikator berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan ini kembali. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.

    • Pak leo , boleh numpang kutipan dari blog , biar pembaca yg belum tau jd tau jawaban email yoshimura kpada sebuah blog =

      Memang selagi belum ada statement resmi dari pihak Yoshimura sendiri, masih agak mengganjal. Sepertinya sadar akan hal tersebut ada salah satu teman Facebook, beliau mengkontak pihak Yoshimura melalui email dan mempertanyakan hal tersebut.
      Don Frazen selaku Sales Representative Yoshimura, beliau memastikan bahwa knalpot tersebut merupakan knalpot replika Yoshimura R-11. Bukan produk asli dari Yoshimura.
      Kesimpulannya bahwa ternyata knalpot yang
      digunakan oleh New Honda PCX modif tersebut
      bukan produk asli baik itu Akrapovic maupun
      Yoshimura.
      Melihat dari balasan email tersebut pihak
      Yoshimura hanya sebatas memastikan saja bahwa itu merupakan produk palsu, tidak ada gugatan atau tuntutan lebih lanjut.

      Kutipan balasan Yoshimura :

      Thank you for your interest in yoshimura product.
      This is a replica of the yoshimura R11 muffler. It is not a real yoshimura product.
      Sorry I do not have better news for you on this. Thank you
      Yoshimura
      Don Franzen
      Sales Representative
      _______________________________________

      Lbih jelas baca blog si anu saja , ngetik nya bnyak

  2. yoshingmurah kali om. ngejar downgrade sana sini biar fbh mampu beli… awas lho bisa di tuntut yoshimura kalo itu bukan yoshimura asli….

  3. Dah parahnya kejadian ini dimanfaatkan segelintir org utk menyerang Blogger yg dianggap memihak salah satu pabrikan. Konsumen itu pintar, buktinya dah banyak, R25 atau cbr rr pun blm bisa kalangan ninin di mareh. CS1 ngak laku, itu fakta. Kalu Blogger ngak ngeh pada saat peresmian bahwa itu palsu, wajar, mereka tdk terlibat didalam prosesnya. mas. eno, Blogger yg plg dianggap netral, aja ngak ngeh, masalah detail produk dijabarkan semua, yg jelek dibilang jelek, tdk ada ditutupi. aneh kok malah dimanfaatkan utk menyudut kan beberapa Blogger. Dagangan kurang laku, cari kambing hitam pihak lain. Stiker produk pasti dah terpasang dari awal, ngak mungkin ditempel setelah beli. Pasti ada yg salah, tapi kemudian jgn bawa bawa Blogger yg liput peresmian emudian dijadikan sasaran juga.

  4. knalpot macem apa yg di paket penjualan merk nya nggak tertempel? emang pabrik yoshimura sama akrapovic itu jadi satu apa? kok bisa emblem nya salah pasang? kecuali kalo emang niatnya malsuin model dan merk, knalpot dibikin dulu baru ditempel merk sesuka hati. niat membenarkan malah keliatan salahnya, ibarat motor Ducati salah tempel jadi Suzuki, kan nggak mungkin

  5. Yang boneng nih? Jadi ada ya knalpot Yoshimura asli yg polosan tanpa logo yg dirivet?

    Lebih seru klo dr pihak Yoshimura juga kasih statement bener ga itu knalpot asli Yoshi.

    Parah klo terbukti cuma jawaban bohong nutupin aib. Orang tambah ga respek.

    Justru akan kelar & respek klo akuin mohon maaf ada kelalaian dr pihak kami

  6. Cuma bisa nyengir aja saya sih baca poin 3. Emblem udah ditempel dari pabrik, ngapain nempel emblem lagi? Mana beda merek lagi. Kalopun nempel emblem merek yang sama, ya ngapain juga? Jatohnya kurang kerjaan.

    Makin seru kalo pihak yoshimura ikut ngecek keasliannya.

  7. Wkwkwkwk… sekelas ahm penjelasannya kaya gitu, apa mgkin knalpot yoshimura belinya setengah jadi tanpa emblem dan belinya cuman satu?masa kalah ama rokok yg belinya eceran sdh ada cap merk dr pabriknya, saya pikir ini lebih lucu dr kasus nearly square engine wkwkwkwk

  8. Jiah pabrikan sebesar ahm bisa nipu n ngeles juga. Kalo alasannya salah pasang emblem, tu knalpot jg bukan yoshimura r11. Wong letak hangernya aja beda jauh. Malah keliatan ngibulnya

  9. Sekelas GM di Astra kok penjelasannya malah bikin blunder kayak gitu 😜. Emangnya pabrikan segede honda mau jual motor gada lambang honda nya, biar nanti ditempel logo bmw ? Pauk kok dipelihara 😜😜

  10. Ini cuma cara ngeles dari AHM aja biar ga malu pakai barang palsu. Saya jelaskan bbrp point knpa saya katakan bahwa knalpot d all new pcx itu palsu.. bahkan kalau dibilang itu yoshimura, itu yoshimura palsu:
    Knalpot yg dipasang itu adalah tipe yoshimura r11 carbon
    Untuk tipe r11, seperti kebanyakan tipe yoshimura, mereka tdk menggunakan emblem yg bisa dilepas, melainkan emblem yang dipasang dengan rivet yang sdh d rivet d motor ketika silencer datang. Saya rasa ga mungkin modifikatornya (BMS red.) Iseng mencopot rivet d emblemnya dan kemudian untuk dipasang lagi menggunakan sticker Akra. Silahkan googling saja imagenya.
    Kedua, setiap silencer Yoshi asli baik slip on maupun fullsys pasti dilengkapi dengan per original yang mempunyai ‘sleeve’ karet berlogo Yoshimura dalam tulisan kanji yang di motor ini tidak terpasang. Agak aneh jadinya.
    Saya yakin modifikator pasti kena damprat habis2an sama AHM. Dan penjelasan Pak Indra di artikel hanyalah strategi dari PR dept.

  11. Ayo *hm, tunjukkan bahwa kamu adalah pabrikan besar dengan bertanggung jawab dan legowo mengakui kesalahan, orang bakal lebih bersimpati.
    Jangan lari dari tanggung jawab apalagi cuci tangan. Ntar pada makin yakin orang kalo *hm belum pantas jadi pabrikan kelas dunia yg menang modal doang, sama kayak produk nya belum kualitas dunia gak laku di eksport

  12. Saya kira kalo jawaban seperti diatas malah blunder bwr @#M cz :
    1. gak mungkin jg beli knalpot itu merk nempel sendiri lagian bukan satu pabrikan.
    2. Ketika Yoshi membuat statementnya itu bukan produknya malah bikin blunder k2.

  13. Pembelian part.modifikasi itu by ahm, atau builder yach? Atau tender modifikasi termasuk harga part? Atau tender modifikasi fisik saja? Jawaban di atas sih, agak ngaco, untungnya yg sampaikan mbak mbak.( yg jawab ke om leopold). Tapi kok banyak yg komen kalu ahm jual part palsu yach, yg malsuin siapa yach? Emang ban motor ahm yg dijualmerk palsu? Atau jokya merk palsu makanya katanya joknya keras, emang kualitas jelek atau sedang identik dgn barang palsu? Kalu gitu, pelk mio peyang juga palsu, gitu juga gear oli r25 yg rontok palsu dong?

    • Kalo melihat dari perkataan si mbak maka dapat di simpulkan emang yg salay a*m vrohh.. kalo banyak yg bilang kalo a*m pakek kenalpot palsu, ya karena mereka ini tidak bodoh.. mereka ini kritis dan melek informasi… Biar pabrikan gak seenak udel mereka buat kasih penjelasan.. yg akhirnya BLUNDER..

    • ni orang sifatnya sama yak kek yg klarifikampret

      motor/ produk event launch gitu HARAM pakai part palsu

      jadi wajar aja orang2 anggep kasus ini jadi berpikiran

      “part yg modifikasi display aja palsu gimana yg lainnya”

    • Biasalah, pembaca blog tak sebanyak pembeli real motor merk di INDONESIA. Jawaban kyk gt ane rasa sdh mewakili permintaan maaf mereka. Tunggu pihak Yoshimura angkat bicara, biar g berlarut2 dan melahirkan opini kesana sini (seolah2 dia yg bikin itu knlpot lgsg)

    • ahm cukup memberikan jawaban yg jujur dan masuk akal, kalau jawabannya kesannya ngeless bisa kena lagi apalagi kalau nanti ternyata yoshinya kw

    • bukan gtu mas e, ini soal brand produsen, klo soal part yang mas e sebutin seh gak dalam kategori palsu wong emg aslinya ya bentuk e gtu lagian itu masih satu brand, klo masalah knalpot mereka juga gak bilang palsu, itu knalpot asli cmn mereka bilang itu bukan buatan dari akra dan pihak yoshi jg blg itu adalah replika dari produk mereka R-11,
      klo soal hukum mah biar pakarnya yang jawab, monggo om leo

  14. Lebih elegan jika atpm lokal berani pakai knalpot aftermarket lokal sekaligus promosi karya anak bangsa, karena setahu saya banyak produsen knalpot lokal yang sudah bermain di bisnis tersebut sekaligus terlibat r&d dengan pemesannya yang juga ahli otomotif/tuner guna memenuhi pesanan/spek konsumen yang spesifik,terutama di lingkup permobilan,dan ini sudah lama berlangsung,bahkan jauh sebelum muncul term ‘akra-lingga’. So.. are’nt we being ‘snobbish’??

  15. Pihak akra udah konfirmasi itu buka produknya,,
    Ahm udah konfirmasih kalo itu bukan produk akra tapi produk yoshi yg katanya asli dan salah tempel logo,,
    Tinggal tunggu konfirmasih dari yoshi nihh biar ketauan statement siapa yg ngibul..

  16. bahan bc-an terhangat di awal tahun 2018, sekaligus bully blogger2 yg dianggap “tidak netral”

    kalo memang yg nempel logo salah ahm, yg pakein knalpotnya salah siapa? 3rd party apa ahm juga? gandeng modifikator kah? tim kreatif ahm kah? tertypu?

  17. ada yg tau gak kenapa setiap ada berita keburukan ahm selalu saja bloger macam tmc blog, iwb, aripitstop, pertamax 7, mbah dukun g berani nulis, kobay g berani nulis?..

    • “Buatlah mereka lapar, seperti anjing dia akan menuruti apa mau tuannya”
      kata siapa gitu ya kaya pernah dengar…

    • di TMC bukanya udah ada ya..

      tapi klo berita model begini ada juga semangat buat bikin berita.. :v yaaa mungkin masing – masing udah ada basenya (y)

    • @nostra, tiemci memang udah nelurin artikelnya tapi apakah foto yang bermasalah ditampilkan?

      btw2 adakah yg pernah diblok atau komennya dihapus atau tidak muncul komennya walaupun tidak membawa link aktif dan bahasa yang digunakan tidak kasar di tiemci?

    • @tolet teblum: saya, bang. Sampai sekarang gk bisa komen di tiemci. Dulu pernah komen pedas ke beliau, eh malah dikarungin sampai sekarang gk bisa komen lagi wkwkwkwkwkwkwk

    • Saya sekarang tidak bisa komen lagi di tiemciblog. Padahal bahasa sopan dan tidakada kata kasar sama sekali.

      Mungkin karena komentar soal motor merk tertentu yg ada iklan besarnya di situ.

    • nah klo masalah protokol tiap tiap bloger kayaknya punya aturan sendiri.. tapi klo cek belakangan komen di TiemCi masih aman, klo di Iwebe ya emang dari dulunya emang ajang “tawuran Online”.. klo masalah kena moderator yaa di blog sebelah ampe sekarang malah gak bisa komen :v

      tapi ane balik pikir aja, itu udah haknya sang empu bloger, mau cap dia pro pabrikan apapun menurut ane gak fair juga. toh komentator aslinya juga terang – terangan saling bela merk. 😀

  18. Padahal pabrikan kaya loh konon menguasai hampir 80% MS penjualan lokal.

    Sekelas Pabrikan knalpot Proliner saja di ujung knalpotnya ada tulisan brandnya yang seperti sudah diketrik mati.

  19. Wah klarifikasinya malah jadi blunder dan akan membuat masalah baru dengan pabrikan knalpot yang lainnya (yoshimura). Seharusnya klarifikasi sekelas general manager sebarusnya tidak seperti itu. Semoga cepet kelar deh masalah ini hehe

  20. Udah kebiasaan typu typu….. Jadi klo ketauan Ya ngelesss aja…ampe capek yang dengernya…..nah klo yoshimura bikin statemen itu knalpot kawehhh superr icikiwirrrrr…itu Orang AHM mau ngeles apalagi coba????
    Ada yg bisa bantu???klo bisa coba kirimin ke pihak ahm siapa tau jawabannya bisa diapresiasi….😂 😂

  21. Yoshimura identik dengan SUZUKI, jadi kalau knalpot Yoshimura terpasang di “HONDA” akan kelihatan bagaimanaaaa gitu lho…. makanya dipasanglah label Akrapovic, seperti di team Repsolnya di MOTOGP .AHM gitu lhooo…. apa yang AHM kerjakan selalu sempurna. termasuk sempurna pemasangan label Akrapovic.

  22. Picik bin cupet kalo apa2 dibawa ke baper, benca benci.

    Jadi waktu merek sepatu New Boom kena tuntut New Balance 20Milyar gara2 make logo N yg mirip itu karena benci?

    Jadi waktu clothing company kena tuntut Red Hot Chili Pepper 149 Milyar gara2 pake logo RHCP di jaketnya dia itu juga karena benci?

    Ini urusan LOGO orang, mewakili identitas seluruh company & produknya dia yg udah dibangun puluhan tahun dengan kerja keras susah payah sampe bisa punya reputasi bagus.

    Lantas dengan gampangnya dipake2 sembarangan ga pada tempatnya sama perush lain?

    Biar jadi pembelajaran, hargain brand orang lain, itu property dia. Jangan mau numpang gengsi murah meriah manfaatin brand orang. udh bagus ga dituntut ratusan milyar.

  23. susahnya jadi jujur 😀 padahal tinggal kasi statement yg seperti adanya malah mencoba berkelit tapi ngga pakai ilmu jadinya double blunder. apakah selain builder tertunjuk ada staff ahm juga yg kena imbasnya? *grabs kopi & pisang goyeng

  24. Nah dlm hitungan hari KEBENARANNYA sudah terungkap. Dari pihak Akrapovic & Yoshimura sudah clear menyatakan itu PALSU, bukan bikinan mereka.

    Yang paling memalukan menurut saya sudah BUKAN LAGI soal pakai barang KWnya, tapi fakta bahwa pihak yg tersandung kasus itu terbukti:

    1. Manipulatif
    2. Berani bohong kepada publik

    Yang dipertontonkan secara gamblang baik dari pihak korporat maupun pihak modifikator saat memberi respon, jawaban & keterangan.

    Yang menarik apakah RENDAHnya integritas moral & kejujuran ini sedikit banyak MENCERMINKAN CARA mereka dalam menjalankan bisnisnya?

    • couldnt agree more…
      untuk level GM kaga boleh omong sembarangan…
      suara ente ya akan divonis jadi suara perusahaan, palagi jaman digital begini plus masyarakat sudah semakin pinter, salahkan Mas Akra mengambil kesimpulan?, dalam tingkatan paling ekstrem jawabannya TENTU TIDAK?Jangankan sekelas GM, karyawan biasa pun HARUS satu misi dan visi dengan perusahaan bukan?
      Melihat caranya ‘ngepot’ apakah nanti jikalau nanti ada product defect akankah konsumen yang disalahkan dahulu?
      Berani Recall itu baik

    • Wah tajem nih mas, sepertinya bener kalo honda jepang masih percaya dg honda thailand utk RnD produk motor honda yg lebih ke performance n quality-nya, dah terbukti kok utk produk di kelas yg sama build quality-nya honda thailand jauh lebih bagus dibanding produk AH*, CBR150 Thailand vs CBR150 lokal juga pcx Thailand vs pcx lokal ini, padahal disini market honda besar banget, knpa g dikasih kepercayaan utk bikin produk global? hehehehe

    • Tidak seharusnya keluar pernyataan “responsive” (panik) yg malah blunder.
      Salah lalu ngeles eh masih salah
      Trus team ngapain aja? Atau memang begini caranya?
      Mengutip pernyataan mas Akra diatas :

      Yang menarik apakah RENDAHnya integritas moral & kejujuran ini sedikit banyak MENCERMINKAN CARA mereka dalam menjalankan bisnisnya?

  25. Salam bro Leo.. ,baca ulang artikel diatas.. ane baru ‘ngeh judul ente memang satire.. “responsive!”.. 😂 ..bikin nyengir

    smooth throttle & power delivery,unintrusive traction control👌

  26. Wis… Jian… Rumah modifikasi ne langsung di-pecel karo Honda…. pegawai rumah modifikator yang dijadikan kambing hitam jian di-pecel juga sama yang punya rumah modifikasi… nasib… nasib… AHM di-pecel pemirsa blog sak indonesia. sing sabarrrr

  27. Yap,tenan to…yang biasa kenal sama part2 modifikasi jelas mengernyitkan dahi baca penjelasan no.3
    Emblem belum terpasang dan harus masang sendiri kemudian salah pasang merk lain pula?? Bisa di maklumin sih kalau ahm mengutus orang nya buat ngambil sendiri itu kenalpot di pabrik yoshi pas baru keluar dari cetakan,tapi apa iya ahm seakrab itu sama yoshimura sampai di bolehin ngambil produk “yang masih mentah (masih belum selesai proses pemasangan emblem)”??
    Kan ya lucu sepertinya???? Terus dpt emblem akrapovic nya dr mana? Masak iya nyopot sendiri juga dr kenalpot lain??
    Udahlah tinggal ngopi aja.

    • Bener ngopi aja, alias ngopi dulu kalo mau pasang emblen biar ga ngantuk akhirnya salah pasang logo …

  28. Haha senyum2 aja deh.. apa iya knalpot yoshi asli ga ada emblemnya? Eh kebetulan ada emlem akra copot ya pasang aja deh.. skrg tinggal om yoshi klarifikasi. Setelah itu kita tunggu tanggapan AHM yg “responsif” itu. Huehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s