Tes Jalanan New Ninja 250 vs R25 vs CBR250RR + Drag Test 400m: Pilih Yang Mana??

 

 

Banyak yang penasaran. Kalau ketiga jawara 250cc ini diadu di jalanan, siapa pemenangnya?

R25 kah? CBR250RR kah? Atau New Ninja 250 si bontot?

26733854_1582328648530431_2592859614049875819_n(1)

 

Setelah minggu sebelumnya sempat gagal karena factor cuaca, hari Sabtu tanggal 20 pun saya pastikan untuk adu jalanan 3 raja. Motor-motor lain beserta para ridernya sudah siap. Hanya sayangnya test tidak bisa dilakukan antara BSD-Rangkasbitung (pp 4 jam) karena kondisi hujan dan angin kencang. Akhirnya kita sepakat di seputar BSD-ALam Sutra saja.

all 1

Ketemu Panji Motor+, Angga Anjany dan temen2 Honda yg akan ke Cileteuh

 

Ada bro Juno dari JYC yang hadir bersama CBR250RRnya, lalu bro Puntoaji dkk bersama R25nya. TIdak ketinggalan tetangga deket saya om Indra DS hadir dengan Honda NSR 150 SPnya.

Hujan lebat semalaman untungnya berhenti satu jam sebelum kami mulai berkumpul. Tapi ya gitu jalanan licin penuh genangan air. Resiko aqua planning sob.

 

 

 

Sebagai biker gagah berani, kami tetap maju terus, tentu tidak bisa full speed ugal2.

cbr.png

Masing-masing bergantian bawa motor untuk bisa dapat feelingnya.

 

Mari kita dengar komentar mereka:

Bro Puntoaji (R25 owner, Community Race Yamaha Sunday Race)

CBR 250,yang pasti handlingnya presisi dan bikin pede. Powernya spontan. Cuman ga boleh tutup gas, harus gantung RPM biar atasnya ngisi terus.

 

Aji.png

 

Juno (CBR250RR rider, big bikes owner)

Ninja 250 ini beda banget dg CBR250RR, ini dari penampilannya aja udah keliatan nyaman dan tegak. Dan begitu dinaikkin memang emang nyaman dan santai.  Powernya juga sebenarnya tinggi,  cuman deliverynya keluar alus banget, engga berasa tau2 udah kenceng.

Juno.png

 

Indra DS (Aprilisa RS250, NSR150SP owner)

Ninja ergonya nyaman, stangnya enak. Belum sempat nyoba top speednya sih. Tapi compare dg CBR dan R25, mid ke atasnya lebih enak ini.

Leo alias gw sendiri

R25 ini ergonominya rileks. Dan powerful di RPM bawah, cocoklah di perkotaan. Cuma di RPM atas agak kurang dibanding yg lain. Buat ukurang orang asia dengan tinggi rata-rata 170an cm atau di bawah, motor ini ergonya pas. Buat yang lebih tinggi di atasnya mungkin bakalan terasa cramped.

 

Sayangnya motor R25 yang dipakai test sudah dikembalikan ke knalpot standard, tapi settingan COnya belum direset ke standard. Sehingga terasa sedikit ketahan.

Perbedaan handling. Menurut saya CBR250RR terasa lebih sporty dan tajam, namun lebih merepotkan dibandingkan yang lain ketika harus menyisiri kemacetan lampu merah di alam sutra. Sementara R25 dan New Ninja dengan posisi  duduk yang lebih tegak, lebih lincah dan maneuverable.

Sudut putar stang New Ninja terasa lebih mudah. Ini di karenakan rakenya kecil sudutnya.

Kami bertiga sepakat: untuk urusan tenaga di kitiran bawah R25 dan CBR250RR yang gede terasa tempelengannya, gamparannya. CBR masih agresif sampai agak ke atas.

Sementara New Ninja, asli sport touring banget, pelepasan tenaganya terasa tidak seliar yg lain tapi sebenarnya  kenceng. Ini mirip pelepasan tenaga ZX10R yang smooth tapi padat dibandingkan R1M atau Panigale yang liar.

DRAG TEST 400m

drag.png

Setelah explore handling dan tenaga di jalan raya, kami pun berhenti untuk melakukan drag test sejauh 400 meter.

Dikarenakan rider yg lain bertubuh mungil, saya putuskan saya tidak ikut run dan menjadi awak perekam.

Kondisi jalan masih hujan dan berangin, jadi bisa dikata run ini agak ngeri-ngeri sedap.

  1. Di run pertama: jarak cukup rapat, namun dipimpin oleh New Ninja. Berganti rider.
  2. Run kedua: CBR250RR yang memimpin.
  3. Run ketiga: gantian New Ninja yang di depan. Hujan dan angin tambah mengkhawatirkan.
  4. Run ke empat: Sekali lagi CBR250RR yang memimpin

Drag test kemudian dihentikan karena cuaca sudah tidak memungkinkan.

Sempat sekali lagi free run tanpa R25 ikut, kali ini New Ninja yg di depan.

Total Score:

CBR250RR= 2 wins

New Ninja 250 = 2 wins + 1 unofficial run (krn tanpa R25)

R25 = 0 wins — CO setting pasca ganti dari aftermarket ke exhaust standard

(ini video pendek Drag Testnya)

 

Komentar para rider pasca Drag:

Aji (R25 rider): CBR ini cocok banget buat drag 400m,  dari start udah galak.

Juno (CBR250RR rider): Ninja ini tenaganya gede, tapi slipper clutchnya bikin kagok krn ga biasa

Raka (R25 rider): R25 nampol di bawah, Ninja cuma butuh penyesuaian

 

KESIMPULAN:

 

IMG_8588

WARNING: Perbedaan ketiganya bisa  dijembatani dengan modifikasi.

KONTEKS bahasan adalah kondisi standard keluar dari showroom.

 

Dari sisi tenaga, ketiga motor 250cc ini selisihnya sudah 11-12. Tidak seperti zaman Ninja 250FI yg memang jauh. Saya kira teknologi terakhir sudah semakin mendekati batas tenaga atas yang bisa diharapkan dari mesin harian 250cc.

 

Perbedaan terbesar di ketiganya adalah pada ergonomic dan handling.

 

DI ergonomic efek perbedaan ketiganya lebih terasa, karena langsung di badan. R25 dan New Ninja terasa rileks. Karena lebih tegak, terasa lebih lincah bermanuver di kemacetan. Dan ga pegel.  Sementara kalau butuh ergonomy yg murni sport ya CBR250RR..

 

Untuk suspense. Suspense USD pada CBR250RR memang membuat motor ini jadi lebih agresif di tikungan karena suspense yang lebih rigid/kaku. Utk kepentingan pure balap cocok banget. Namun di jalan keriting/jelek terasa getaran permukaan jalan agak bikin pegel kalau kelamaan.

 

Suspensi New Ninja meskipun masih telecospic tapi ternyata masih oke banget karena ukurannya gede (41mm) seperti moge 650c. Nyaman tanpa terlalu berayun.  Suspensi belakang yg nempel langsung ke mesin juga empuk tanpa berlebihan mengayun.

Untuk R25, suspensi nampaknya jadi PR pertama kalau utk kepentingan kompetisi. Utk harian masih oke, namun perhatikan suspensi belakang yang cenderung mengayun kalau kita cornering.

Buat kopling, the best masih New Ninja. Enteng banget. Assisst Slipper Clutch membantu saat berakselerasi atau saat harus engine brake.

Buat pengereman, pengereman terasa lebih predictable dan linear New Ninja. ABS bekerja dengan baik. Intervensinya lebih halus, tidak se-ndredet Regina (bukan CBR yg sedang di test).

Jadi silahkan:

Cari agresi dan pure sport dari sebuah motor standard ada di CBR.

Buat yang cari kenyamanan riding dan power ada di New Ninja.

R25 seperti di middle ground, biar mantap kita tunggu versi updatenya.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

46 thoughts on “Tes Jalanan New Ninja 250 vs R25 vs CBR250RR + Drag Test 400m: Pilih Yang Mana??

  1. sebagai pengguna bebek, kemarin atas ijn dealer wing (terimakasih banget) dapet kesempatan nyobain jagoan honda, si cbr250rr daan…

    mode comfortnya : utk pemula (banget) seperti saya, lgsung bisa klop

    mode sport : ini enak banget buat blingsatan dijalan imho

    mode sport plus : ini ugal ugalan, gas ketoel dikit aja lgsung sikat ! jalan pelan motor terasa ndut-ndut-an

    lainnya : kopling (sekali lagi menurut saya) enteng nyaman, sok oke banget dah (dijalanan alus) , dan yg bikin saya kaget, kenyamanan posisinya karena pas buat ukuran saya (170+- cm) dan juga bobotnya yang ternyata enteng , tidak seperti perkiraan saya motor 250 bakalan berat ..

    hari itu saya bahagiaa :))

  2. Jooozzz new ninja sama cbr250rr bejaban banget…. sebagai user r25 indener pertamax wkwkwkkk sy masih cukup puas pake ni motor, cukup modif dikit2 di suspensi depan n belakang, ganti ecu & knalpot, sudah lumayan buat trackday atau funrace hehehe 😁 (niatnya naik kelas sih, jd udah ga tertarik motor 250cc baru, wkwkwkk..)

    • Sama nih saya jg nungguin yg new z250 nya hahaha. Udah bosen pake fairing, senyaman2nya tetap lebih nyamanan motor batangan naked kalo menurut saya

  3. pernah test sambil rolling start ga om ?
    IMO rolling start meminimalisir error salah buka kopling/gantung gas ketika standing start.

  4. untuk jarak drag 800m up mungkin air ram cbr baru kerasa efeknya.. tapi mau ngebut dmn? cbr memang untuk maniak speed. buat harian enaknya new ninja. y udah tambah ringan… sayang…….. desainnya depannya kurang suka… suka y lama

    • Kawasaki Ninja 250 ABS SE 2018 = Rp. 71.900.000
      Honda CBR250RR ABS = Rp. 69.525.000
      Yamaha R25 = Rp. 62.200.000
      Total = Rp. 203.625.000

      Silahkan pak, pembayarannya mau cash atau kredit aja?
      atau mau brosur nya dulu?
      😀

  5. saya mah nungguin versi naked cbr250rr ajlh,.. cb250neo sport cafe dengan basis mesin +sasis cbr250rr dan desain ala cb300neo sport cafe,… katanya sih gak bkal lama lagi,….

  6. Diulang om…. Om Leo bawa ninja, lik Iwb naik r25, cbr dijoki ‘the suntrulan man’ om kobay sambil mbonceng wak tmc….saya rasa cukup fair…

  7. Om leo, sorry oot,
    mau nanya, cara kalibrasi setelan langsam RR gimana ya om,
    Kemaren distel rendah karna langsamnya ketinggian, tapi saat di gas tipis 2000 rpm, timbul getaran di stangnya, yang sebelumnya ngak pernah terjadi…
    Apa karna setelan langsam di kedua throttle bodynya pincang ya om makanya ada getaran..
    Minta saran dan solusinya om…

  8. yang R25 CO nya berapa gitu?
    soalnya cobain CO +7 s/d +10 sih knalpot standard masih enak atasnya (bawahnya sih emang jadi berat)

    kalau Om Leo pribadi prefer mana untuk harian? (sepertinya CBR)

  9. Sebagai pemilik CB500 lega baca kalimat “Saya kira teknologi terakhir sudah semakin mendekati batas tenaga atas yang bisa diharapkan dari mesin harian 250cc”

    • biarpun power hampir sama tapi torsi tetap lebih tinggi Om… jadi ya pastinya tarikan lebih nampoll… kalau yg bikin sedih sih yang di luar negeri sono… yang dulunya ninja 300 skg ada ninja 400 dgn harga yang hampir sama… dengan power n handling yg lebih buruk… ninja 300 bakal terjun bebas harga 2nd nya IMHO

    • ninja 400 oleh KMI kah… semoga dibawah 100jt.. spy bisa bersaing dengan duke 390.. mungkin yg bikin orang indo kurng sreg karena ga ada pembeda dengan yang 250.. jadi prestigenya kurang.. ya namanya orang kan kadang butuh pengakuan.. kalau dia sedang naik motor diatas 250cc..hehehe

    • Menurut saya pembandingnya cukup diantara pasar yang ada di Indonesia saja (CB500 series, ER series, all 250 series) .. kalau dibandingkan dengan ninja 300 atau bahkan 400, mungkin saya pakai MT-07 sekarang… huhuhuhuu…. ngerep.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s