Knalpot Original Honda CBR250RR Banyak Diburu. Mengapa?

 

Di kelas 250cc memang Honda menggunakan style yang berbeda dari yang lain dengan memasangkan knalpot double barrel pada CBR250RR.

Insting pertama pemilik, seperti saya tahun lalu, adalah untuk mengganti knalpot original CBR250RR dengan performance aftermarket, supaya lebih nampol performanya, gagah suaranya dan keren tampilanya.

Namun fenomena lanjutannya ternyata cukup unik. Knalpot original CBR250RR ini ternyata banyak dicari dan memiliki sendiri marketnya yang justru lebih seru rame ketimbang bursa secondnya CBR250RR.

Mengapa?

 

Alasan paling besar adalah terbentuknya demand (kebutuhan) yang menyebabkan supply (penyedia) mengikuti. Masih ingat kan pelajaran biologi jaman TK dulu? Demand menciptakan supply membentuk market (pasar).

 

Ternyata di kalangan pencinta modif sepeda motor muncul trend untuk memasangkan knalpot original CBR250RR pada motor-motor lain. Salah satu yang sering muncul hasil karyanya di Medsos adalah pada Yamaha XMax 250.

 

23331213_516795538683927_3717295303844176065_o

Photo FB Wisnu Adi Saputro Inoe – RakyatSinting MaticShop.

 

Memang kalau dilihat hasil perkawinan antara keduanya menghasilkan matic gede yang kian gagah. Kekosongan area di bagian bawah belakang XMax 250 diisi dengan manisnya oleh knalpot ori CBR250RR.

Lead-Modifikasi-Yamaha-XMAX-YJM-OtomotifMAX-1

OtomotifMAX.com

Tidak hanya pada XMax250, knalpot ori CBR250RR juga dipasangkan pada motor berkapasitas lebih kecil lainnya di kelas 150cc.

Alasan kedua tentu adalah pada desain double barrel yang out of the box untuk kelasnya 250cc. Yang membuat knalpot ori ini diburu DAN terjangkau sebagai elemen modif.

 

Apakah pemasangan knalpot ori ini akan mendongkrak performa motor? Ini yang harus dibuktikan secara obyektif di atas mesin Dyno. Tapi yang pasti pada aspek penampilan memang motor kelihatan jadi lebih keren.

 

Harga pasaran knalpot ori CBR250RR pun belakangan mulai stabil dan terjaga. Di forum jual beli saya lihat harga yang dibanderol variatif antara 1.5 sampai 2 juta rupiah (silencer saja).

 

Bisa dikatakan secara fair, ini fenomena pertama yang saya amati ada knalpot original sportbike 250cc yang diburu untuk dijadikan part modif pada motor lain.

 

Bagaimana menurut sobat?

 

5997789_201710060919000055

Kaskus post by danu.susilo

 

Iklan

35 thoughts on “Knalpot Original Honda CBR250RR Banyak Diburu. Mengapa?

    • untuk vario125/150 tidak cocok(dri segi tampilan) krna desain buritan vario125/150 itu slim dan kurus pdhal silincer knlpot ori cbr250rr itu gede(mungkin ukuranny akan sama dengan ukuran cover cvt + box filter ny vario125/150)

  1. Memang cocok kalo dipasang di matic jadinya unik dan makin unik makin bagus, kalo ke motorsport, saya lebih suka yang elegan dan gak aneh2 sehingga tetap tampilan manis dan luwes.

  2. Knalpot R25 juga udah lama dicari buat retro atau sekedar underbelly wannabe kok mas, Karena dia pendek rapi Dan bahkan tergantung pengerjaan headernya bisa mirip R6 yg underbelly tapi nongol gitchu, biasanya sih buat 150cc basis xabre/vixion.

  3. knalpot double barrel nya emg cocok di pasang ke maxi scooter om..
    pernah liat ada yg pasang di aerox..
    hasilnya caakeeeep..
    kalo soal knalpot lain sering liat juga knalpot r25 di pasang ke mx king , vixion , r15 v3 , aerox ,
    knalpot ninja 250fi di pasang ke n-max / r15v3..

  4. unik ny (menurut saya) knalpot ori cbr250rr itu gak cocok buat motorny sendiri(dri segi tampilan), jauh lebih manis tmpilanny klau pke knalpot ori new cbr500

  5. sebelumnya knalpot ninja fi dan karbu juga laris dan diburu penghobi motor honda CB100 om.. sampai banyak pengrajin yang buat tiruannya atau biasa disebut barang repro dikalangan penghobi motor CB100.

    • Yg sy sering liat malah knalpot tirev om yg srring diburu. Dipasang di xabre sama vixion malahan. Cm g tau knp kok pd nyidam knalpot tirev. Apa efek suara nge”jring…” nya. Atw faktor lain?

  6. Knp dipasang di xmax jd match banget?? Atw mmg krn xmax nya yg dasarnya dah cakep?
    Mungkin efek keseringan di bully jg om. Yg dikatain knalpot bertingkat, knalpot rusun dll.hehe…
    Syukurlah pecinta motor punya mindset nya sendiri. ndk peduli bc an orng lain.

  7. wahh, malah lebih cocok nemplok di xmax. klop sama bodi bongsornya. kl di cbr250rr nya sendiri menrut gw malah lebih cocok yg single tube krn bodynya ramping

  8. Jangan lupakan kenalpot tiger om, yang gemriciknya crunchy. KW nya aja sampai beberapa tingkat. Alternatif nya buat para biker yang takut ketilang tp bosen denger knalpot bawaan motornya sendiri.

  9. Jadi inget jaman Kawasaki Kaze 110, bentuk knalpotnya paling keren moge look gak cuma lurus seperti bebek pada jamannya misal crypton grand dll
    Saya aplikasikan knalpot seharga 175 ribu ini kalo gak salah ke astrea grand double lamp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s