CB150R Patah Komstir. Agar Tidak Menjadi Spekulasi, Pihak Produsen Sebaiknya Periksa Penyebab Kejadian.

Dua hari belakangan ini ramai dibicarakan kejadian patahnya motor CB150R menjadi dua di daerah Jawa TImur. Untungnya pengendara motor tidak mengalami cidera serius. Tapi opini mengenai penyebab kejadianpun berkembang. Pro dan kontra.

cb patah

Memperhatikan foto dan keterangan gambar yang menyertai, saya merasa belum dapat cukup dapat informasi yang konklusif tentang penyebab utama ataupun rangkaian penyebab dari kejadian ini.

 

Informasi awal menyatakan motor yang dikendarai personil TNI AL patah pada komstir setelah menghantam lubang di jalanan di Medaeng. Namun kesaksian lain dari pengguna jalan di daerah sekitar menyatakan pada area itu tidak terdapat lubang.

 

Kejadian seperti ini terhitung ganjil dan tentu jadi bahan rame-rame-an.

 

Menurut saya ketimbang hal seperti ini berkembang menjadi spekulasi ada baiknya pihak produsen motor (AHM) turun memeriksa lebih teliti sebab musabab patahnya komstir tersebut.

 

Apakah karena metal fatigue, bad copy, karena kondisi jalan ataukah penggunaan ekstrim.

 

Motor ada dan pemilik motor juga saya rasa akan sangat kooperatif dalam pemeriksaan tersebut.

 

Bagi sesama pengguna jalan atau komunitas motor, langkah pemeriksaan oleh pabrikan ini juga penting dan konstruktif untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi.

Apabila penyebabnya adalah penggunaan yang terlalu ekstrim, kita bisa hindari. Apabila karena produksi, tentunya akan ada perbaikan..

Yang harus dihindari adalah kita tidak melakukan apapun.

 

cb patah1

Advertisements

105 thoughts on “CB150R Patah Komstir. Agar Tidak Menjadi Spekulasi, Pihak Produsen Sebaiknya Periksa Penyebab Kejadian.

  1. Iya om Leo, malah jadi bahan bakar2an di medsos. Memberikan info yg stengah matang mah malah mengundang opini dan digoreng rame2.

    • Halah bahas produk ahm lagi.
      Hei admin..
      Hei komentator yg lain…
      TIDAK ADA YG BISA MENGALAHKAN MOTOR2 BUATAN AHM DALAM HAL KUALITAS
      CAMKAN ITU BAIK2. APALAGI KUALITAS HONDA GLOBAL THAILAND, TIDAK ADA APA2NYA SAMA SEKALI…!!!!
      ITU MOTOR PASTI MOCIN YG DESAINYA SAMA PLEK DG HONDA AHM ALL NEW CB150R alias JIPLAK TOTAL….!!!!
      KASUS MESIN ROMPAL, CAT KUSEM DLL, ITU SEMUA JUGA TIDAK BENAR ALIAS ITU FITNAH YANG AMAT SANGAT DIRAGUKAN KEBENARANYA DI ZAMAN MODERN SEPERTI INI SAUDARA2 ENDONESIA.
      TIDAK MUNGKINLAH PABRIKAN SEKELAS AHM MAIN2 KUALITAS…!!!
      HANYA ORANG SIRIKLAH YG INGIN MENJATUHKAN NAMA BAIK AHM DIMATA KONSUMEN ENDONESIA TERCINTA.
      MESINYA IRIT 100%,
      SASISNYA KUAT SEPERTI ADAMANTIUM,
      CATNYA MENGKILAT BAK SEMPOL KIMCIL,
      PLASTIK BODI TEBEL SETEBEL MAKE UPnya KIMCIL YG LAGI MANGKAL TIAP MALAM MINGGU NUNGGU KORBANNYA,
      FITURNYA BANYAK MELIMPAH & BAHKAN MEREK KYMCO AJA JIPLAK HONDA SEMUA FITUR2NYA SELAMA INIπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡
      TERBUKTI MSnya PALING JUARA DR SABANG SAMPE MERAUKE SEMUA KELUARGA DITIAP RUMAH SELALU AHM MOTORNYA TUA MAUPUN MUDA.
      HARGA JUAL KEMBALI TINGGI PULA,
      BAHKAN KONDOM BEKAS DI TONG SAMPAH LOKALISASI PADA DIPUNGGUTIN OLEH FBH DAN DI JUAL KEMBALI TERNYATA MASIH TINGGI HARGANYA & TERBUKTI AMAN HIGIENIS & BEBAS SEGALA MACAM PENYAKIT MEMATIKAN..!!!😨😨😱😱😱😡😡😡😡😡😡😡😡😡😡😡😡😡😡😡
      SUDAH SEPATUTNYA KALIAN CINTA PRODUK2 AHM TENTUNYA…🀧🀧🀧πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£
      SALAM MERDEKA…😨😨😱😱😡😡😡

  2. Saya setuju banget dengan mas Leo,lebih baik PT AHM via dealer didaerah (MPM kalau di Jatim) turun ke lapangan guna mengecek CB150R yang komstirnya patah. Sebab belum ada alasan jelas mengenai kasus ini.

  3. rangka patah aja pada hening, walaupun dah banyak korban..trus pas dijadiin artikel eh umurnya gak panjang… karna dihapus… tapi karena ini honda dimaafkan.. coba brand lain wah geger jagad blog motor

  4. Kalau ada kasus kadang2 memang terlihat ketidakadilan…ada yg diam seribu bahasa,spakbor miring bahkan rangka patah karena sebab yang jelas bisa jadi headline 7 hari 7 malam…malah dalam kasus cibi patah komstir ini malah sdh ada attacking dog yg bilang kesalahan user…
    Percayalah…justice might be blind but it can see in the dark..nanti suatu saat akan terjadi juga kondisi yg sekarang di atas bisa dibawah karena ketidakadilan ini….

    • Hahaha, kopling hangus aja ada yang sudah langsung menyimpulkan di artikelnya user main setengah kopling terus buat trabasan

    • Kopling hangus krn apalagi bos? Kalo gk beban berat, per letoy yg bikin selip, ya setengah kopling. Sisanya kalo g oli atau kualitas material buruk (misal KW), ya sengaja dibakar sama empunya.

    • @sereniti
      ya itu yang sering jadi penyebab kampas kopling jebol
      tapi jika penyebab asli belum jelas tapi dalam artikel berani bilang karena sering main setengah kopling? pantes ga kalo dipertanyakan

  5. Wajarnya klo sampe patah kaya gitu karena adanya tabrakan keras….klo cuma hajar lubang apalagi motor baru jadi pertanyaan besar, bisa jadi cacat produk yang kasuistis macam cbr rr…..

  6. Bahan bc yg anget2 hurih memasuki tahun 2018 :v

    Ane lebih berharap kejadian2 keq gini bukan buat dibicarain, tapi ada aksi nyata dari masing2 pihak

  7. Bagi yang pernah jadi karyawan di tempat itu pasti tau lah (kalau nyimak saat bimbingan kerja).
    Kualitas paradigma lama = berhubungan dengan keawetan (sudah tidak dipakai).
    Kualitas paradigma baru = melebihi keinginan konsumen, yang simpelnya adalah berhubungan dengan fitur.
    Tau kan maksudnya ( lirik hp merk pinggiran masa kini).

  8. Kejadian rangka CB150 prothol udah bnyak, dan jika ada blogger ternakan yg berani bikin artikel, maka dalam hitungan jam artikelnya di recall…Ya maklum sih, udah dikasih makan, masa mau jelekin yg ngasih makan. Dan tak lupa menggonggong yang keras kepada tetangga sebelah..

    • artikelya keluar setelah ada penyelesaian kasus seperti edukasi ke konsumen. jika kasus masih berjalan maka artikel tidak akan keluar..

      itu yang ane liat selama ini

  9. seharusnya para penggiat media itu kritis tentang kualitas kendaraan yg ada disini.. jangan cuman buat artikel tentang bagusnya doank.. tp jeleknya ditutupin.. kan yg rugi malah masyarakat tohh.. ane melihat kejadian seperti ini hampir dilakukan semua penggiat media disini.. jangan cuman saling menyudutkan satu sama lain, tp bersatu mengkritisi pabrikan, biar para pabrikan dimari itu melek matanya. jangan cuman ambil untung doank dari kita tp juga harus meningkatkan mutu dan kualitas produknya. kalo semua produk kualitasnya baik kan yg untung bukan penggiat media aja, tp masyarakat Indonesia juga kan..
    masak blogger sama blogger musuhan gara-gara pabrikan yg di sukai. trus apa bedanya mereka sama fansboy…

  10. Intinya H sekarang beda kwalitas zamanku biyen dipegang F…dral motors termasuk purna jual partnya, model cakep tapi ngak tahan lama 😭 akibat kwalitas downgrade? Profit …..

    • Paradigma lama itu jelas, kalu jaman now mau spt jaman old, apa mau beli bebek harga motor 250cc?? kualitas berbanding lurus dgn harga, makanya dicari jln tengah, fitur tadi. Emang ada perusahaan lokal yg bisa buat material besi atau yg lain spt mode in Jepang?? Stainless aja kita blm bisa buat sendiri. Teknologi krakatau Steel itu jadul. Blm.di upgrade

    • mas Ddt
      “apa mau beli bebek harga motor 250cc”
      punya data pembanding? atau contoh produk pembanding?

    • Ga perlu poin statement yg hiperbol & ga relevan klo contoh nyata yg masuk akal aja masih ada di depan mata.

      bilang bebek mesti seharga 250cc (klo mau berkualitas)..ga ada orang waras yg nuntut smpe sgtunya.

      Nih yg yg realistis:
      Kualitas & harga sport 150cc nya coba samain sama kualitas & harga sport 150cc nya Suzuki. (rela ga margin profit besar nya berkurang demi ngasih kualitas ke konsumen)

  11. saya melihat sendiri.. komstir honca CBR 150 all new patah di salah satu bengkel resmi honda. ceritanya begini. motor beat istri mau servis dan ganti oli rutin di bengkel resmi honda cimahi… eh pas lihat di samping tempat antrian.. ada honda CBR 150 patah komstir.. kejadian bulan sept 2017. smoga tidak terjadi pada motor2 honda lainnya

    • Saya pengguna old cb150 (cbsf) selama setahun lebih, memang untuk homesteer cepat sekali longgar. untung nya saya ga dapat unit yang klotok pada silinder head nya. Desain rangka nya saya suka, sayang material dan finishing menyedihkan. Karatan keluar pada sambungan las nya. Menurut penglihatan mata saya yang New CB malah lebih kusam material nya.

  12. Om Leo, saya kebetulan pengguna Honda new CB150R. Motor ini baru 2 tahun an saya pakai (beli baru). Pengalaman saya komstirnya memang kurang bagus, baru 2 tahun tapi motor saya udah gak enak banget bagian komstirnya, sudah di setel berkali2 dan saya kepikiran buat ganti komstir aja sekalian. Pemakaian motor normal dalam kota jarang dibawa ke jalanan jelek. Dan isu suara klothok2 di mesin juga masih saya alami bahkan itu muncul setelah umur motor 6 bulan sejak saya beli. Mohon disampaikan ke AHM sekiranya kualis motornya di perhatikan.

    • ga salah kata motogokil
      CB150r laris karena vixion banget…. termasuk adopsi komstir lemah yang melegenda di gen vixi

    • All new cb150 temen saya juga keteng lompat smpe mesin jebol,blm setaun,dibawa ke beres katanya kesalahan konsumen gabisa klaim,akhirnya inisiatif blanja sendiri,ternyata ketengnya kmn2 ga ada.akhirnya dibawa ke bengkel biasa Dan ketengnya pakai old cb150 disambung pull.sementara lagi bongkar Hari ke 2,kejadian lg cb150 org lain dengan warna sama (black doff) Dan kasusnya sama persis Dan akhirnya di “treatment” di bengkel biasa itu jg dengan Cara yg sama.Hallooo ahm,kok sekarang jd gini?

    • Sudah pernah saya bawa ke BERES mas Leo, karena motor masih lumayan baru jadi di setel aja ama mereka sampe suara klotok2nya hilang tapi beberapa bulan muncul lagi padahal saya rutin servis selalu di BERES. akhinrnya saya benerin sendiri karena banyak yg posting di youtube cara perbaikin masalah klotok2 itu. Mengenai komstir sih saya udah pasrah karena kata orang bengkel nya sendiri memang komstirnya perlu sering di stel karena cepet longgar. Jadi kepikiran ganti pake bearing model bambu katanya lebih kuat. hahaha masih seneng aja pake ni motor walaupun ada beberapa kelemahannya

  13. Ane share artikel om Leo yg ini di bkognya tmcblog, masa gk lolos moderasi dua kali n gk masuk komennya di browser lain ane buka??? Ada apa yahhh kira2???

    • Ternyata ane salah sangka klo tmc satu2nya blog otomotif roda dua yg netral ya, selain eno anderson n om Leo, ternyata oh ternyata, banner berbicara

    • Brooo….orang netral ga terima transferan apa amplopan….. Klo udah terima mah sedikit banyak nya pasti condong juga…..mau blak blakan pasti ada yg ngganjell juga…. Hahaha

    • Saya juga komen di tmc tidak bisa lagi, sepertinya diblok.karena pakai username lain bisa. Tapi ngapain harus komen pakai nama lain, wong saya bukan sales koq. Padahal menggunakan bahasa (sopan) yg sama seperti komen saya di blognya om Leo.

      Mungkin karena komennya menyoroti soal motor H, yg bannernya nongol di web tersebut πŸ˜€

    • wah kok sama ya saya juga gak bisa komen disana sejak saya ngadu masalah problem di motor2 Honda yang saya pake padahal sejatinya saya pemakai Honda lha semua motor di rumah Honda semua dari matic sampe motor sportnya.

    • Wah, ternyata banyak juga ya komentar yg diblok secara halus kalau sudah menyangkut merk sponsor di blog itu.

      Kelihatannya saat ini memang ada blogger tak independen yg maennya kasar ada pula yg maennya halus. Kelihatan seolah2 netral tapi kalau ada komentar yg menyangkut sponsornya akan diblok secara diam2.

  14. Selamat tahun baru 2018,semoga berkah untuk semua…
    Salam bro Leo,artikel umpan’ lambung yang bagus, semoga cepat ditanggapi oleh produsen yang bersangkutan,dan bikin goal yang tepat sasaran sehingga ‘ndak bikin ‘blunder..

  15. Alhamdulillah punya saya sudah masuk tahun ke2 buat harian, ga pernah rewel & ga pernah ada kasus2 seperti yg lain, kondisi standard apa adanya dari pabrik.

  16. Produsen tersebut banyak penggiat medsos yg jadi attacking dog-nya, “aksi nyata” seperti nya masih jauh panggang dari api… #imho #cmiiw

  17. kesalahan dalam peleburan material ??? Atau pemakaian motor yg diatas normal alias over limit ???

    Hanya AHM dan Konsumen yang tau … jangan andalkan nama brand doang kalau kualitas dibawah Viar wkwk πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  18. Hmmm, kyanya pihak produsen lagi mau cari” alasan buat cuci tangan dlm kasus ini, sma kya kejadian CBR 250 yg dikata kesalahan konsumen, sekelas AHM mana mau bertanggung jawab yg udh nanemin image recall itu jelek, atau produknya sll sempurna, miris sm honda jaman sekarang

  19. Kalo lihat foto nya kaya udah ganti upside-down ya? Klo iya mungkin travelnya lebih panjang drpd rekomendasi pabrik. Kayak di sepeda mtb, kebanyakan frame patah karena pake fork yg melebihi anjuran pabrikan. IMHO

  20. Salam kenal om. sebagai sesama pemilik cb150r, sy memiliki permasalahan lain. dan ingin menanyakan kepada om leo dari sisi hukum. motor sy dicuri om sekira malam jumat, kemudian jumat pagi sy melapor ke polsek, kemudian sy dikabari oleh polisi bahwa motor sy posisi sekarang ada di polsek sebagai barang bukti kasus pembacokan. jadi motor sy dibuat bacok oleh pelaku kemudian ditinggal. sy senang motor sy ketemu om, tapi sedih karna masih belum bisa dibawa pulang. apakah ada harapan motor sy kembali ke pelukan sy om? apakah seperti ini butuh waktu berbulan-bulan baru motor bisa kembali sy ambil? terima kasih banyak

    • Jadi barang bukti dulu bro,nanti juga bakal bisa dibawa.mungkin kalo pake amplop bisa lebih cepet.btw sering2 ditengok,takutnya mtornya di apa2in sama oknum

  21. ada kejelasan dari produsen itu wajib. apalagi jaman socmed skrg, ngambang dikit bisa kemana2 arahnya. btw mungkin blog2 lain belum berani angkat ini karena blm jelas duduk persoalannya dmn juga (defect atau kesalahan user atau sebab lain). Intinya sama cuma produsen yg bisa memperjelas.

    • karen blog lain diem, dianggap tutup kuping dan berpihak, padahal blogger juga ngak tau masalah sebenarnya, yach tunggu info yg jelas baru buat artikel

    • betoel mas bdt. diam bukan berarti ngga peduli. justru lebih baik diam drpd merelease statement yg faktanya ga bisa dipertanggungjawabkan

  22. Mantap om leo artikel nya.. gak cuma buat bakar bakaran sales kek blog lain.. tapi memberi saran solusi juga..
    salah satu blog favorit saya.. selain eablog / mmblog.. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s