Komparasi Spek R25 VS CBR250RR VS Ninja 250. On Paper Ninja 250 Terunggul!

 

Okehh sekarang mari kita lihat bagaimana spesifikasi New Ninja 250 bila dibandingkan dengan counterpartnya Yamaha dan Honda.

Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan statistic yang resmi dikeluarkan di website resmi pabrikan masing-masing. Ini adalah angka claim. Kalau ingin lebih akurat tentu harus menggunakan alat ukur/mesin yang sama.

spek Ninja 250.jpeg

Mari pertama kita lihat aspek puncak tenaga (horsepower) on crank. Sebagai pendatang paling akhir, Ninja 250 mencatatkan tenaga puncak tertinggi di angka . Pada posisi kedua CBR250RR dan di posisi ketiga R25. Terlihat R25 sebagai motor terlama (usia 3 tahun) memang nampaknya perlu sedikit rekonfigurasi karena angkanya terendah untuk mengeluarkan potensi tenaganya. Jika melihat konfigurasi ratio bore-stroke, Ninja 250 menggunakan pendekatan seperti CBR250RR yang high revving. Meskipun displacement kalah 0.7cc dibandingkan CBR250RR, namun menurut Kawasaki power puncak Ninja 250 justru lebih tinggi. Apakah karena kompresi mesin lebih tinggi? kita tunggu informasi tentang itu.

Screen Shot 2017-10-25 at 7.03.51 PM

Saat kita melihat torsi Ninja 250 juga mencatatkan angka tertinggi disusul kemudian oleh CBR250RR dan R25. Torsi sangat berpengaruh karena mengindikasikan moment puntir yang melepaskan tenaga. Berpengaruh untuk keperluan riding dalam kota dan touring jauh yang melintasi daerah perbukitan.

Screen Shot 2017-10-25 at 7.05.13 PM

Jika kita menghitung Power-to-weight ratio, sesuai prediksi saya di artikel sebelum ini Ninja 250 memiliki PWR tertinggi dibandingkan counterpartnya. PWR bisa dikatakan sebagai murni tenaga yang bisa dirasakan karena mempertimbangkan dua variabel: tenaga dan bobot motor. Menurut saya meskipun Ninja 250 menang, selisihnya tidak terlalu signifikan persaingan 2-3 tahun lalu.

Screen Shot 2017-10-25 at 7.03.05 PM

 

Kesimpulan:

Di atas kertas, sebagai pendatang teranyar, Ninja 250 memiliki performa tenaga dan PWR tertinggi. Mantappppp….

Kesemua angka diatas adalah di atas kertas dengan menggunakan alat ukur masing-masing pabrikan. Jadi ga perlu over-reaktif atau baperan. Ada aspek lain yang juga menentukan: real feel dan handling. Kalau saja pendekatan geometri Ninja 250 ini sebagus Ninja 650 yang saya pernah 5 hari pakai, saya yakin Ninja 250 akan bikin susah counterpartnya di arena balap,

Screen Shot 2017-10-25 at 6.47.17 PM.png

Iklan

63 thoughts on “Komparasi Spek R25 VS CBR250RR VS Ninja 250. On Paper Ninja 250 Terunggul!

  1. Kurang sih sebenernya wong tenaga cm beda sesendok, berat cuma beda sekilo. Tinggal lihat fitur aja nih apa yg ada meskipun paling jelas no usd

    • Berat cuma beda 1kg sama cbr hadeuhh, padahal cbr udh pake usd+swingarm.
      Desain aneh gak sesuai ekspetasi masih bagus desain ninfi yg dulu.
      Terus kayanya tu engine masih yg lawas cuma di modif sana” sini doang..

  2. Ping balik: Kawasaki Ninja 250 2018 Fokus Ke Performa | Ndesoedisi

  3. Om apakah akan keluar zx 250, secara ninja 250 merupakan motor sport touring ? Atau mungkin yg katanya 4 silinder itu zx 250 ? Minta bocorannya om hehe

  4. kirain gapnya jauh kaya cbr250rr ke r25,,seuprit toh,,0,3hp sama 0,2nm,,,PWR juga beda seupil,,diluar power beda tifis belom USD aka masih teleskopik,,arm masih model kotak,,atau mungkin ketambah riding mode/throttle by wire,slippery clutch???desain itu mah masing masing aja

    • di artikel saya sebelumnya udah tulis 250cc 2 silinder itu mau setinggi apa lagi powernya? udah mentok. kecuali dg harga yang keluar di atas harga sekarang. New R25 juga akan berkisar disitu.

  5. Om leo bgmn kbarnya. Itu ninja ud ad ram air intakenya blm y? Scra slisih tipis tp tnp adanya ram air intake pngaruhnya bs beda jauh. Aplg klo race modif sana sini g gmpang jg klo nyesuaiin ram lg y om???

  6. Om leo sebagi bloger paling dekat ke kawasaki. Pasti sudah baca komen2 biker baik di IG, FB ataupun blog. Mayoritas mengatakan keluar paling belakangan tapi kalah feature, usd, arm masih kotal(kaya cibier150), upper yoke, dll. Power torsi beda seupil sm cbr. Dan desain kalo baca mayoritas rider bilang, tengah belakang ok kaya zx10 tapi kok lampu depan kaya vario/r25. Kaya bukam stile kawasaki saja. Kecuali harga tetep sm dg ninfi, kalo sama cbr keknya masih value cbr.

  7. Dagelan 4cyl tipu” hahaha
    Artikel IWB pun dibantah secara halus hahaha
    Oya tuh dimas eky turun di moto 2 ga ada artikel ya? Oh ya lupa bukan pembalap yamaha atau kawasaki soalnya hahahaha

    • Bikinin Om fbh garis keras mang kaya gitu,
      Tata keramanya dh ilang , bijimna masa depan kalo sama orang tua rasa hormat pun GA ad . hehe

  8. intinya adalah…………..Pantes kemaren CBR250RR Om leo cuman seumur jaguang balado…ternyata ini toh sebabnya………..oooppps…R25 bakalan superior nggak yach..wakakaka

  9. Mantap jiwa! :mrgreen:

    “Lady Bikers” aja pakai motor “Sports”masa kamu ngak?
    Klik link berikut :
    : intip.in/nDEy : intip.in/UeKo
    : intip.in/5Xdt: intip.in/rA1T
    : intip.in/qyyF: intip.in/anzo
    Itu saja yang bisa saya share! sebenarnya masih banyak lagi tapi di next link ya masbro! mantap! #Salut! “Lady Bikers”.
    Thanks!

  10. feeling gue kok ntar yang all out tampilan ninja 250 versi 4 silinder, coz sepertinya yang 2 silinder dibikin “cukup” seperti itu

    ZX25R, sounds good to be true

  11. “…..Meskipun displacement kalah 0.7cc dibandingkan CBR250RR, namun menurut Kawasaki power puncak Ninja 250 justru lebih tinggi. Apakah karena kompresi mesin lebih tinggi? ……”

    Kompresi mesin tembus berapa om??

  12. masalah klasik kawasaki … harga!!!
    harganya pasti dimepetin dengan cbr250rr yg notabene fiturnya berlimpah …

    pasti hanya fansboy sejati yg berusaha beli …

  13. Power New R25 ga bakalan jauh dengan kompetitornya yang baru2 ini (CBR250RR n New Ninin 250)..bakalan main di fitur kelincahan, PWR, desain, n teknologi tambahan

  14. berarti tinggal tunggu R25 bijimane keluarnya.. ntah jadi keluar atau nyaman main di kelas matic 250 yang laris manis. hehe.
    klo ninja ane yakin dari pasar udah kuat bgt secara identik sport 250 masyrakat udah nampol ke ninja.

  15. keluar dari pakem ninja 250 neh, karbu n FI itu desainnya mengalir dari depan ke belakang, smooth, sedikit sekali lekukan tegas kyk sekarang, well green monster always have a lot of fans so..pasar fansnya udah ada, tinggal edukasi aja ke komunitasnya, ntar kita liat kawasaki bisa ga mengedukasi fans komunitas ninja 250 yang kadung punya 2 generasi yg pakemnya beda dengan gen terakhir ini, atau emg penggemar cc 250 indo itu emg senang everlasting moge look design..soalnya secara desain, yg aneh aneh kyk R25 dan cbr250rr udah ambles..

  16. Setelah sekian lama, akhirnya bikin “ealah…” Ini apakah “realisasi” Jepang langsung? Ato US? Yg ktanya survey-survey itu?
    Dng 250 & 400 utk 2018, mereka jd kelihatan licik & sombong, tidak peduli fitur/tren dan sekedar peremajaan sederhana, asal tampilan baru, mesin lebih siap kompetisi, maka ninja tetap laris..
    Saran saya, lewatkan, biar mereka introspeksi. Konsumen disini harus tunjukkan kebijaksanaan dlm belanja. Krn sdh ada kenaikan standard di 250cc berkat CBR, yg (mungkin) scr standard sbntr lg akan diserang YZF-R & GSX-R. Ga tau lagi klo mereka diam diam siapin ZX utk 250. Tp lho, iklan 250 & 400 sdh pake Jon & Tom, artinya kan ya mmg sdh 2 produk ini dagangan utama nya..

  17. Tantangan no.1, mempertahankan prestasi penjualan model saat ini (menghadapi “ancaman” maxi skutik kelas yg sama -menurut beberapa pihak)

  18. om leo kok power new ninja 250 sama dgn power cbr250rr dlm satuan kW yaitu 28,5 kW tp stlh dkonversi jd hp dan ps power new ninja 250 jd lbh tinggi??

  19. Om Leo, mau org lain bilang desainnya jelek, mesinnya ga beda jauh sama CBR 250rr, ga ada USD, dll..
    Tapi gw tetep penasaran sama Ninja 250 MY 2018.

    Nunggu test ride dari om Leo aja lah, gw yakin om Leo kalau ngasih review gak pake embel-embel jualan macam sales.

    Mudah2an om Leo diberikan kesehatan ya bisa terus berkarya di blognya..

  20. mana mungkin di blog 0m leopold ada news ttg Dimas Ekky, krn dia memperkuat Honda, bilangnya jgn baperan, nah. . .yg punya blog lbh baperan, berita ttg Honda tdk ada, ini blog khusus K & Y.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s