KTM Akan Luncurkan dan Test Ride Enduro 2 Tak 250/300 EXC TPI di Malang. 2 Tak braiiiiiii !!!

 

Barusan ngobrol seru bareng om Youk Tanzil. Dewa Ring of Fire Indonesia sekaligus Brand Ambassador KTM. Om Youk tanpa tedeng aling-aling sampaikan “you ikut saya ke Malang ada tes motor baru 2 tak KTM” Hahhhhh?!?!”

 

178545_KTM-250_300-EXC-TPI-MY-2018-1024x512

Tanggal 7 dan 8 Oktober nanti KTM ternyata sudah mempersiapkan launching sekaligus tes resmi 15 buah jenis KTM seri 2018. Termasuk yang paling ditunggu-tunggu adalah motor 2 taknya KTM 250 dan 300 EXC TPI (Transfer-Port Injection). Padahal motor ini baru saja dilaunching secara global bulan May kemarin.

Kenapa ditunggu-tunggu? karena motor ini adalah jawaban teknologi KTM terhadap regulasi Euro-4 yang kian mencekik jumlah emisi gas buang yang bisa dilepaskan sepeda motor. Banyak industri kibarkan bendera putih menyerah dengan regulasi ini dan memutuskan untuk mematikan produk mereka. KTM? justru melihat ini sebagai tantangan dan datang dengan KTM EXC 250/300 TPI.

KTM mengclaim performa dan nama besar jambakan maut 2 tak tetap terjaga meskipun mesin lolos Euro4. Beberapa media luar negeri justru mengclaim tenaga di putaran bawah lebih padat dengan teknologi TPI ini dibandingkan karburator.

Ada sejumlah paten yang didaftarkan oleh KTM untuk motor 2 tak baru mereka ini. Salah satu yang utama adalah sistem Transfer-Port Injection. Dimana ada dua injector yang menyemprotkan fuel ke dalam transfer port sebelum ke silinder. Bahan bakar tidak perlu dicampur sebelumnya. Akan diatur sendiri oleh sensor. Ini memastikan ada perbandingan yang selalu efisien di setiap tingkatan RPMnya.

Apa sih keuntungan sistem TPI?

  • Emissi lebih rendah (by up to 50%),
  • Konsumsi bahan bakar lebih irit dan asap berkurang  (20-40%),
  • ECU memungkinkan adjustment otomatis ketinggian sehingga tidak perlu distel jetting secara manual
  • Tidak perlu bawa oli campuran, karena tank utk oli bisa dipakai 6 kali full tank
  • Lebih mudah saat distarter dan idle/stationary
  • Karakter tenaga yang lebih halus dan rideable

KTM20182TLaunch_44

 

07-44-08-ktm-introduces-words-first-fuel-injected-2-stroke-enduro-bikes_7-A.jpg176952_KTM-EXC-TPI-frame-MY-2018-studio-1024x709.jpg

Kedua motor ini produksi langsung KTM manufacture plan Austria. Jadi dijamin kualitas bahan dan presisinya top-notch. Teratas.

Harga sebagai CBU juga tidak jauh dari seri EXC yang sudah ada. Untuk 250 EXC TPI dibanderol seharga 149 juta. Sementara untuk 300 EXC TPI dilepas diharga 163.6 juta.

Sobat-sobat media, blogger (undangan resmi menyusul) dan pencinta otomotif hayoooo ramaikan Kota Wisata Batu Malang tanggal 7 dan 8 Oktober 2017 nanti… Mari dengarkan dan rasakan langsung  dencingan mesin 2 tak dan jambakan mautnya disana!

 

 

 

 

Iklan

29 thoughts on “KTM Akan Luncurkan dan Test Ride Enduro 2 Tak 250/300 EXC TPI di Malang. 2 Tak braiiiiiii !!!

  1. Apakah KTM akan merelease versi road legal juga? Bisa aja kan dibuat model sport fairing 2 tak 125cc atau 150cc, modelnya mirip RC juga guanteng loh

  2. Riset buat develop mesin 2 tak agar lulus euro 4 gak murah pasti, wajar harganya mahal.
    Apa bisa dibikin road versionnya juga?

    Seriusan kalau KTM bikin 2 tak versi seperti Ninja 150RR pasti laku keras.
    Lahan basah ini, gak ada lawan soalnya hahahhaha..

  3. Ping balik: KTM Akan Luncurkan dan Test Ride Enduro 2 Tak 250/300 EXC TPI di Malang. 2 Tak braiiiiiii !!! | Anak Jalanan

  4. Ya alasan mahal inilah yg mungkin bikin kawasaki stop ninja 2 tak 150 rr, tetap mempertahankan or meningkatkan performa sekaligus meminimkan emisi tentu berdampak pada biaya riset, tambahan/ penggantian material, kompleksitas, ujung2nya harga naik dan bila terlalu tinggi jadi ngga ngga kebeli ya akhirnya diskontinue.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s