Isyu Yamaha R25 Crossplane 3 Silinder = Berlebihan Dan Berpotensi Merusak Ekspektasi Saat New R25 Keluar

Belakangan beredar khabar bahwa Yamaha sedang mempersiapkan new R25 bermesin crossplane 3 silinder alias CP3. Menurut saya khabar ini tidak akurat dan justru akan merusak ekspektasi pasar pada saat New R25 yang sebenarnya akan dikeluarkan.

Yamaha-YZF-R25

Menarik sih, wow 3 silinder gitu lho. Cuma ya sumber dan analisanya lemah.

R25/R3 saat ini tergolong produk global yg BARU. Ada investasi yang sangat besar selama hampir 4 tahun untuk development dan produksi motor ini agar bisa merajai kelas 250/300cc secara global. Ini kolaborasi antara YMC Japan dan sejumlah prinsipal Yamaha di berbagai negara.

Di Australia sendiri R3 terlihat semakin digandrungi biker pemula mengalahkan Ninja 300.

Dalam konteks ini adalah langkah indutri yang ceroboh bagi Yamaha untuk kemudian saat ini mengeluarkan R25/R3 berkonfigurasi CP3. Apalagi hanya utk menandingi khabar releasenya Ninja 250 4 silinder.

Pertimbangan kedua: yang dianggap sebagai kekurangan dari R25 saat ini tidak bersifat signifikan yang membutuhkan perombakan total. Mesin yang dimiliki cukup powerful, tinggal ditune agar lebih sport oriented dengan beberapa perubahan pada mesin. Handling juga bisa diperbaiki tanpa harus melahirkan motor yang baru seperti yang digosipkan.

Mas Leo anti mesin 3 silinder ya? Lah anti gimana saya, mungkin blogger pertama, yg pernah punya MT-09. Jelajah Kalimantan juga dengan motor CP3.

Bagaimana dengan kemungkinan R25 crossplane 2 mas Leo seperti MT-07? Ya bisa saja, tapi itu kalau mau mengejar torsi, sementara nampaknya perangnya adalah HP.

Iklan

69 thoughts on “Isyu Yamaha R25 Crossplane 3 Silinder = Berlebihan Dan Berpotensi Merusak Ekspektasi Saat New R25 Keluar

  1. 250cc cukup 1 atau 2 silinder aja, apalagi zaman sekarang sudah modern dan teknik metalurgi sudah maju. Maybe pengembangan bisa diarahkan ke penggunaan bahan material mesin yang lebih baik dan tingkat presisi antar komponen yang semakin rapat.

    Btw om leo, ada peraturan lama mau digalakkan lagi soal kepemilikan mobil dimana harus punya garasi. Menurut om leo kira2 gimana aturan umum atau spesifiknya tentang garasi? Selain harus muat mobil tentunya.

    Cheers.

    • Itu kan kta ente, kalau ada yg lebih kenapa enggak? Kalau yg biasanya triak cukup-cukup itu biasanya gak mampu beli

      Ooops

    • Enon@
      Pabrikan jepun pun Sekarang mulai berfikir untuk motor beginner <250cc konfigurasi yg ideal ya maks 2 piston dab. Toh kalau capaian power n torsi bisa sama kenapa enggak ?
      Cost production juga lebih sedikit
      Perawatan mudah, hemat BBM, lolos berbagai uji emisi, more reliable kenapa enggak ?
      Hayo…
      Ngatain orang nggk mampu beli, tch… Ente Udah pernah naikin jok motor 4 silinder aja saya ragu..

  2. Menurut saya, facelift R25 lebih penting ke arah sasis serta suspensi. Tantangan tersendiri bagi Yamaha untuk membekalinya dengan sasis DELTA BOX, kenapa sasis? DELTA BOX bisa menjadi selling point tersendiri, apalagi suspensi sudah USD. Dari segi desain, turunin aja dari R1. Syukur” sektor mesin juga ada peningkatan. Menurut Om Leo sebagai mantan owner R25 (Sabina) bagaimana?

  3. Tiap ada motor 250cc mw muncul, gosip kawasaki 4 silinder selalu muncul ke permukaan om.

    Kasian r25 ini, pake muncul gosip mau ada 3 silinder, bener kata om leo, nanti ekspektasinya terlalu berlebih, dan ahirnya redup deh kabar si r25 facelift ini ๐Ÿค”

  4. Please yamaha perlu pake mesin tiga silinder segala yang harus diperbaiki tuh ada banyak yaitu desain harus ngikut keluarga r, sasis terserah mau deltabox atau teralis yang penting racy dan RINGAN, posis riding diperbaiki jadi mirip konsep, dan mesin upgrade tanpa ada pemotongan tenaga alias jangan takut rusak.

  5. Bener banget, padahal R25 mesinnya udah jos banget, tune dikit bisa kok saingin CBR 250RR..

    Gerry salim aja bilang R25 merpotkan kok, cuma untungnya CBR unggul di handlingnya yang juara.

    Sayang, desainnya gak banget, berbeda banget sama prototypenya (seperti gambar di atas) yang jauh banget…

    Serius saya sendiri berharap sama major change R25, masih nunggu nih.
    Ketika R25 dan Ninja 250 release, baru saya bandingkan mana yang cocok dengan selera, mesin, dan budget hehehehhehe
    Gak mau buru2 minang CBR 250RR walaupun CBR gak jelek2 banget kok..

    Gak perlu mesin 3 cyl atau 4 cyl, 2 cyl aja udah jos kok, tinggal desainnya aja yg bermain..

    • Desain cbr itu perpaduan mv Agusta dan Panigale dibilang ga jelek2 amat ๐Ÿ˜‚..r25 harus disebut apa yah..

    • @ngimpi wong
      Baca mas
      Bro @debat dah bilang design r25 g banget
      Buatan manusia tuh g ad yang sempurna ๐Ÿ™‚

      Hanya fansboy koplak yang beranggapan ada produk yang sempurna

  6. Sama sepertihalnya dulu pas tahun 2014 kalo ga salah, pertama kali muncul isu ninja 250 4 silinder, apakah isu tersebut berdampak buruk pada penjualan ninja 250 fi? 3 tahun kemudian ninja 4 silinder ini belum nongol juga. Lagipula dibeberapa blog saya baca bila ninja 250 ini beneran keluar, baru r25 dengan 3 silndernya akan brojol yg artinya masih butuh waktu lama

  7. Sebelum isu 3 cylinder terkuak untuk hadapi 4 cylinder kawak oleh wak Haji beliau sebelumnya juga telah menulis artikel bocoran New R25 MY 2018 yang tetap 2 cylinder dengan tenaga yang sadis bisa bermain di 15,000 sampai 16,000 rpm dan saat ini lagi diuji coba dijepang . Saya Kira isu 3 cylinder hanya buat menghadang isu kawak 4 cylinder yang saat ini masih cuma sekedar isu kalau 4 silinder kawak jadi kenyataan tidak tutup kemungkinan 3 cylinder hadir.

    Jelas saat ini Yamaha masih santai saja dengan laris nya R25/R3 export global dan kipas kipas dollar pasti Yamaha punya strategi ciamik. Apalagi ada gap harga otr 8 juta dimana R25 non abs otr 56jt dan cbr250rr non abs otr 64jt dengan selisih sebasar 8jt pihak Yamaha bisa membuat R25 jadi paling superior. Ingat kasus adiknya R15 ver 2.0 yang otr 31.500 jt dan liris New R15 VVA ver 3.0 otr 34,500 jt ada selisih 3 juta tapi yg didapat all new R15 dengan power Naik 2 HP dan fitur fitur mewah macam USD , ASC, Full LED headlamp, Underyoke, spido meter canggih . Jadi kita tunggu kejutan New R25 MY2018 sembari nabung dari sekarang

    • Memang bs masbro. Tp klo 8 jt itu mnrt saya dgn bnyaknya teknologi yg dsematkan akan berakibat ngejar cost produksi dgn mngurangi kualitasmaterial. Tengok new R155 vva. USD nya sama xabre mash kuat xabre. Tp untuk arm mulai xabre ud ad pnurunan kualitas. Tlong dtelaah baik2. Ad yg blg kualitas dbawah CBR mlhan.

  8. Menurut saya isu Kawasaki ninja 4 silinder juga berlebihan bisa mengecewakan penggemarnya karena dari isu tersiar pertamakali saat R25 mau brojol sampai detik ini tidak ada tanda tanda lahir nya sang ninja 4 silinder.
    Kalau Kawasaki bisa bikin isu pabrikan lain juga boleh dong bikin isu ya seperti Yamaha bikin isu 3 silinder ini

    • dengerin suara Benelli TNT 250/300 dong. Itu sama-sama mesin 2-cylinders tapi suaranya gak gitu2 aja mas…

  9. R25 yg skrg tdklah jelek, cuma kalau dibandingkan dgn Ninja & CBR ada kesenjangan, yaitu material motor yg masih dibawah Ninja & CBR, kalau untk mesin R25 tak di ragukan, mesinnya tdk perlu 3 Cyl, 2 cyl tetap oke, . . .

  10. Bener om Leo. Ada beberapa pihak yang sengaja melempar isu bahwa next R25 memungkinan menggunakan mesin CP3. Sebenernya isu yang pertama muncul itu mengatakan bahwa Yamaha Jepang sedang melakukan pengembangan untuk mesin kubikasi 250 menggunakan model CP3. Perlu digaris bawahi kata sedang melakukan pengembangan, bukan membuat mesin CP3 untuk next R25. Pihak-pihak ini sengaja mengajak pembaca atau potensial buyer untuk berangan-angan setinggi langit, kemudian ketika nanti R25 beneran keluar ternyata gak pakai CP3 maka potensial buyer ini akan membenci R25 karena dianggap tukang tipu. Ini termasuk berita hoax yang harus di tindak lanjuti Om. Hihihi

  11. Yasudah, tetep 2 Silinder aja.
    Tapi Model Firing Crankshaft 360 derajat/ straight twin engine
    biar mirip2 3 silinder suaranya.

    *kayak Benelli Bn300/TNT250

  12. cukup mesin yang powerful, deltabox, USD 41mm soal ngail tenaga Yamaha punya VVA and CP2.
    kalo soal harga bisa di bawah kompetitor udah bikin kejang2, tapi 1 aja yang perlu di ubah cara marketingnya yang maaf alay banget, coba di ubah dengan gaya marketing yang elegan and keren.

  13. Seperti nya R25 ga bakal keluar 3 cylinder deh, aturan emisi euro 4 bahkan udah nyunat power CBR 250 r, biaya risetnya cukup tinggi padahal penjualannya ga begitu banyak apa ga rugi ? Belum ada 5 thn udah facelift, dan kalo saya mikir R25 aja yg versi 2 cylinder masih disunat powernya dengan alasan durabilitas dan emisi, bukan kah lebih baik benerin mesin yg sekarang daripada riset yg berkepanjangan

  14. tapi ya gitu om, fans R25 sendiri kebanysksn berharapnya seperti itu.. yang peting produknya lebih superior, masalah beli atau kagak belakangan aja. ๐Ÿ˜€

  15. yaa om kalo udah keluar, mau 3cyl kek, mau 2 cyl kek, cuma satu yang penting om, jangan sampe r seriesnya terbengkalai, karena fokusnya buyar.. brand awareness sama komunitas sangat berperan penting kayaknya d indonesia kang.. kalo diluar negri sih, konsumen rata2 sudah cerdas.. (nggak mau mendiskreditkan konsumen indonesia ya..) contoh ninja dengan teknologi yang gitu2 aja masih tetap laku om..

    • Selera orang indonesia sama orang luar beda bro
      mungkin orang indonesia emang lebih suka tampang
      percuma kan beli yg powernya gede tapi di hati tetep nyesek kurang sreg

      apalagi kalau liat kondisi indonesia, mau menggali power maksimal tapi gak banyak sirkuit yg layak

  16. Ping balik: Isyu Yamaha R25 Crossplane 3 Silinder = Berlebihan Dan Berpotensi Merusak Ekspektasi Saat New R25 Keluar | Anak Jalanan

  17. Menurut saya, isu ini sengaja dihembuskan memang supaya calon konsumen wait n see dulu liat perkembangan bakal calon next all new r25 seperti apa, sekaligus sebagai upaya pencegahan agar orang gak jadi beli next r25 facelift setelah edisi current, mengingat penjualan dari CBR250RR tidak menggembirakan akhir2 ini, padahal sudah dibekali fitur2 seabrek yg up to date dan guyuran berita kemenangan di ajang IRS atau ARRC yang bertubi2 itu. Ibarat kata ini adalah serangan fajar dari pihak tertentu yg terafiliasi dg pabrikan nganu supaya orang ntar nahan atau ga jadi beli next r25 facelift (yang katanya walau pake up side down lebih gede dari cbr tapi gak pake deltabox itu).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s