Mengapa Warna Hijau Menjadi Warna Khas Motor Kawasaki?

 

 

Warna resmi Kawasaki Heavy Industries sebenarnya adalah merah. Namun mengapa warna hijau menjadi ciri khas motor Kawasaki? Sampe disebut “geng ijo”. Ada sejarah apa di belakangnya?

Screen Shot 2017-08-05 at 10.33.26 PM.png

Menjadi yang terkecil di antara 3 raksasa otomotif lainnya di Jepang, Kawasaki sejak awal focus dengan “production race”. Memperlombakan motor-motor produksinya.

 

Pada tahun 1968, tim balap Kawasaki mendulang banyak sukses di US. Mengandalkan A1R/A7Rnya: motor 250cc/350cc 2 tak yang mulai mendominasi balap seri di kelasnya ketika itu. Namun Kawasaki Racing tim di US masih belum memiliki warna tetap yang menjadi pembeda di lintasan balap. Warna merah, biru dan kuning masih menjadi warna atraktif dominan para tim balap.

 

Sampai kemudian tim Kawasaki Racing US meminta seorang jagoan motorbike painter custom, Molly Sanders, untuk memikirkan alternative warna yang tepat.

 

Molly Sanders datang dengan warna yang tidak diduga dan awalnya mengundang penolakan: Green.

 

Mengapa ditolak? Karena ketika itu di dunia balap, yang masih sensitive dg superstitious/pamali atau bad luck, meyakini bahwa warna hijau mendatangkan ketidakberuntungan.

 

Kawasaki US akhirnya justru mengambil warna itu.

GP_69_A7RS

Kawasaki A7R GP 1968. 2 Tak.

 

Lho… kok nekad mas Leo?

 

Kawasaki justru melihat warna itu mewakili semangat Kawasaki sebagai yg terkecil dari sekian raksasa otomotif untuk tampil lebih berbeda, berani dengan inovasi dan mendobrak cara berpikir yg mapan di dunia otomotif.

 

Diperkuat dengan motor yang kuat di lintasan balap, dalam waktu tidak lama warna hijau pada tim Kawasaki Racing jadi penanda dan melegenda. Warna yang awalnya hanya dibatasi pada motor balap, akhirnya pun mulai 1982 dikenalkan pada KZ1000R dan kemudian semua jenis motor produksi massal Kawasaki lainnya.

Dan saya kira semangat melawan tantangan dan cara berpikir mapan itu yang masih dibawa Kawasaki hingga sekarang.

 

Sumber:

 

http://www.kawasaki-cp.khi.co.jp/msinfo/history/index_e.html#

http://oddrandomthoughts.com/symbolism-of-colors-and-their-superstitions/

http://accelerate.presspublisher.us/issue/issue-6-2010/article/green

http://www.kawasaki-cp.khi.co.jp/msinfo/history/gp_racer/gallery_68_e.html

https://www.kawasaki.com/press/download/kawasaki-motors-corp-usa-celebrates-50th-anniversary-the-lime-green-color-scheme

Iklan

40 thoughts on “Mengapa Warna Hijau Menjadi Warna Khas Motor Kawasaki?

  1. Warna primer ada RGB mungkin si painter ga’ enak klo’ R mirip onoh , B tua mirip onoh dan B muda mirip onoh jadi tinggal G ya dipake.nah klo’ KTM kenapa orange karena tulisan google selain RGB cuma tinggal orange ( maksa amat )

  2. Saya juga bingung, tulisan Kawasaki itu warna merah, tapi kenapa warna kebesarannya malah hijau. Akhirnya ada yang menerangkan. Trims om

  3. Yang tercermin dari semua pemilik kawasaki , rata rata klw ditanya knpa beli kawasaki motornya, jawaban ngak jauh dari :’beli motor buat dipakai bukan tuk dijual balik’ hehehe ngaku dech ngelesnya, dari sejarah hingga sekarang sama nasib beda settingan

  4. kawasaki ijo, velg motornya juga ijo mustinya biar serasi, jangan item warnanya, kalo item jadi gak jauh beda macam velg motor matic berjuta umat

  5. seteru abadi di dunia ini adalah antara merah vs biru…. yam-hon, mcd-kfc, alfa-indomart, pepsi-coca, ironman-capt.america, bejibun dah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s