Apa Perbedaan Suzuki GSX250R Dibandingkan Suzuki GW250 Inazuma? Akan Lakukah GSX250R Jika Dijual di Indonesia?

 

 

Awalnya saya pikir ga perlu bikin artikel beginian. Tapi gemes juga lihat komentar sok tau dari komentator yang mengatakan “inimah Inazuma ganti baju”. Padahal informasinya ada di rilis Suzuki Motor Corporation dan media otomotif internasional.

Oke apa perbedaannya mas?

gsx-001

 

Saya sebutin yang prinsip duluan. GSX250R adalah kelas Sport-tourer. Sementara GW250 atau di Jepang disebut GSR250 lebih ke arah Roadster-cruiser. Dari situ ada beberapa ikutan perubahannya:

  1. Meskipun basis mesinnya sama, namun SMC sudah melakukan perubahan pada stem katup intake pada GSX250R yang memungkinkan hisapan campuran udara lebih lega.
  2. Kemudian ditambahkan lagi dengan GSXnew roller-type rocker arms, low-tension piston rings, a more efficient oil pump, projected-tip spark plugs, dan a low-drag electrical charging system. Kesemuanya ini diharapkan memberikan performa lebih pada mesin tahan banting ini. Berapa lebihnya? ini yang harus diuji langsung. Suzuki mengclaim GSX250R memberikan torsi yang lebih padat dan halus pada rentang 20-100km/jam dibandingkan kompetitornya.
  3. 2017-Suzuki-GSX250R-Engine-2
  4. Dengan torsi terbesar di kelas 250cc, bobot GSX250R di-claim lebih ringan 13 kg dibandingkan Inazuma. Belum lagi sebenarnya knalpot emisi udara Euro-4 yang berbobot 14 kg ini kalau diganti dengan knalpot aftermarket yang berbobot 3-4 kg bakal memangkas bobot jauh lebih ringan lagi.
  5. GSX250R memilik sudut rake yang lebih tegak sekitar 1 derajat dibandingkan Inazuma. Ini tentu akan berpengaruh ke handling yang lebih agresif.
  6. Styling dan aerodinamika yang jauh lebih baik dibanding Inazuma. Pada saat memancing kecepatan, drag yang ditimbulkan dari hambatan udara pengaruhnya besar terhadap kecepatan dan handling.
  7. Dashboard yang modern dg LED.

 

Apakah akan laku di Indonesia?

Tiga media otomotif luar negeri berkata hal yang sama: pricing jadi faktor penentu. Terutama bagi mereka yang non-suzuki based potential buyer.

Suzuki Indonesia yang merupakan perusahaan kerjasama antara Suzuki Motor Corporation Japan dan Indomobil memang harus menghitung dengan sangat hati-hati di harga berapakah motor GSX250R ini feasible untuk dijual di Indonesia?

Apakah jika di harga di bawah 50 juta masih cukup menguntungkan secara bisnis?

Ini dilema yang sama yang dihadapi di belahan dunia lain, termasuk Australia. Rencananya banderol harganya dibawah CBR300 1 silinder.

———

Akhir kata:

Teman2 selamat merayakan hari kemenangan Iedul Fitri ya.

Semoga semua ibadah selama Ramadhan ini kembali dalam bentuk berkah yang lebih besar dan indah bagi teman beserta keluarga semuanya. Aminnn

Iklan

62 thoughts on “Apa Perbedaan Suzuki GSX250R Dibandingkan Suzuki GW250 Inazuma? Akan Lakukah GSX250R Jika Dijual di Indonesia?

  1. Mantap banget penjelasannya Om Leo …

    BTW …
    Buat temen2 semuanya …
    Selamat Idul Fitri 1438 H …
    Taqobalallahu Minna wa Minkum …
    Mohon maaf lahir dan batin ya …

  2. Kalau harganya gak beda jauh dengan harga inazuma pas diskon mungkin bisa aja laku. Di kelas matic suzuki berani ngasih harga lebih murah dibanding kompetitor jepang lainnya. saya rasa kalau diberlakukan di kelas 250cc model fairing, bisa jadi akan membawa penjualan yang sukses. Merk lain sudah mahal banget soalnya

  3. Klo menurut sya bakal melelahkan di bagian marketing nya untuk bikin motor ini laris… (Laris yah) klo laku pasti laku tpi cma hitungan unit..
    Lha yg 150cc powerfull ini ko 250cc SOHC loyo..
    walaupun dh jelas antara R di depan dan R di belakang..
    Pasti akan banyak caci maki karna ini brand suzuki.
    Ko bisa di caci? * lha banyak yg BC nya drpda beli nya….
    Padahal sya jga kagak beli wkwkwkwk

    • Ayolah kawan jangan pedas bgtu, kalau kamu dibuatin yg sesuai spek kemauan kamu apa mau beli? Ga semua sependapat sama kemauan kamu…#salam

    • Kalo dianggep pedas ya gpp..
      Berkaca pada penjualan inazuma aja sih. Dan kelas 250cc sekarang udah jadi red ocean, apalagi ditambah produk kaya xmax, versys.. jadi lebih sempit.
      Kalo suzuki nothing to lose, cuma impor aja kaya pcx. Ya silahkan digeber aja buat memperbanyak portfolio product.

  4. selamat mudik, selamat lebaran omleo sekeluarga.. minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir batin..

    gsx r”belakang”-nya lumayan buat menyambut idul fitri

  5. Klo secara tampilan sih sudah oke banget… tapi masalahnya disini masih banyak yang dohc minded, dan sport sohc menjadi bahan bully-an walaupun bisa jadi lebih powerfull dari dohc, sehingga peluang untuk laris sepertinya kecil sekali…

  6. Orang gak peduli mau ini sport touring atau apapun. Gak peduli mau R nya di depan atau R di belakang. Berani kasi 2 silinder, berani kasi performa. Berani kasi fairing berarti berani kasi perform lebih. Dan karena disini yg jualan motor bukan cuma suzuki, mau gak mau dibandingkan secara PTWR, TTWR, VfM, Image kelas motor yang dijual, dan lainlain. Mungkin bakal dianggap ga serendah BCan sekarang, cocoknya SOHC OVERSTROKE tapi yang performanya gak malumaluin, pake rumus 4 klep atau gabung vva sebagaimana Yamaha ngejual Vixon series yang SOHC OVERSTROKE tapi performanya mantepp dan powernya ditolong banget sama torsi njengat dan bikin kompetitor mikir keras, dan masih bisa lebih irit atau minumnya gak beda jauh dari kompetitor (dijamannya nvl vs cbsf kerasa banget nih). Ya mau gak mau harganya harus agresifff kalau mau dilirik, tapi gatau dibeli atau kagak.

    Cocoknya nih motor lebih ngejual sensasi, seperti ngejual inazuma dulu. Dannn yang mau beli ni motor karena sensasinya, sepertinya ya yang di darahnya seperti sudah mengalir rasa suzuki deh.

    Mungkin akan beda ceritanya kalau dimasukinnya kemarinkemarin dengan harga sedikit diatas 250 jomblo dan banyak di bawah 2silinder. Tapi kalau ngeliat 250 jomblo silinder yang diisini ktm 250 series yang punya kombinasi model, performa, fitur, dan harga yang minta ampun, dann balik lagi ke sensasi yang ditawarkan ktm itu menarik. Kejepit nih motor. Kalau dibilang laku sih pasti laku laah~ tapi kalau laris.. gak berani jamin wkwk

    Tapi btw aku agak risih kalau ngeliat motor semprot yang split seat tapi jarak rider sama boncengernya jauh gitu dan di selanya dibiarin kosong melompong. Keren sih kalau ngeliatnya pas ada yg naik. Tapi kalau ngeliat motornya doang, aduu kaya anehh. Lebih enak dipandang split seat rasa tandem kaya punya xabre, atau punya cbr 250 150 thailand lebih kerenn

    Semua opini pribadi, huehe sori kepanjangan atau kalau gak terima jika pendapat berseberangan.

    • Iya, gw kira dr pancingan artikel di forum FB kelihatan terbelahnya. Walaupun mau keluar seri apapun barisan “kritik kenceng-beli kagak pernah” juga ada

  7. Yg sy denger slama ini: hal yg mgkn bikin org rada ‘males’ beli merk suzuki – terlepas dari kelebihan mutunya yg sebenarnya gk bisa dipungkiri – adalah kemudahan AFTER SALES SERVICE-nya…

    • Artikelmu dagelan konyol garing semua cung😬😬😬😠😠😠

  8. klo laku sih pasti laku…selanjutnya??? hehehe ini dia yg maseh jd pe’er terbesar bahkan challenge buat suzuki indonesia khususnya di pasar 250cc di negara kita ini, anyway met idul fitri buat yg merayakan,safety ride everyone πŸ™‚

  9. wah kalau harga disini jg dipasang dibawah CBR250R kayaknya boleh juga untuk 2 silinder, moge look kualitas finishing jempolan, berarti range di 40-45jt

  10. Dulu pernah ada ulasan bahwa ada 2 tipe untuk gsx 250r yang sohc dan dohc,untuk pasar ausie yang mana om leo yang dipakai.
    Ini susahnya kalau kamrat molor harus belah mesin..biaya lebih besar untuk pembongkaran.heuheu.

  11. seharga MT25, mungkin laris, dapet sport fairing 2 silinder baru

    buat kalangan yg pengen naik kelas, tapi mampunya cuma beli ninja 250 karbu, mungkin bisa tergoda GSX250R ini

  12. Ini pasar sport yg pemakainya pinginnya semuanya ter…..tercepat. power terbesar. Tenologi terbaru. Blm bisa membedakan penggunaan u/ harian jalan raya dan sirkuit…apa lagi bengkel susuki daerah kemarin ada beberapa yg pindah hati..kalo ini dilepas dgn harga dibawah kompetitor pun saya masih ragu. Krn beda yg ditawarkan dgn 150 dgn segala kelebihannya dari kompetitor…saran aja.. klo susuki mau masuk ke sport dan sukses seperti 150 kemarin lakukan seperti yg kemarin beri semua kelbihannya.. jgn setengah2.. pasar indonesia itu khas…. semoga sukses susuki.. dan saya tunggu v strom 250cc mu yg sexy…

    • Memang yang 150 kelebihannya apa selain mesin, harga & keyless? Diluar 3 hal itu, udah kalah total dari kompetitor.

      Ini motor walopun ga bisa bersaing secara performa, tapi model masih termasuk oke. Tinggal tambahin sedikit gimmick & pricing yang tepat. Cocoknya diprice range 40-45jt. Bersaingnya langsung dengan duke 250. Konsumen jadi punya pilihan. Incer yang banyak fitur ambil duke, incer yang 2 silinder ambil ini. Diatas range harga itu, konsumen udah mikir2 mending ambil MT25. Hwehwehwe.

    • Teknologi, model (subjektif menurut gw) & gimmick fitur.
      Ya kagak heran bisa paling murah dikelasnya.

      Finishing? Konsumen Indo ga peduli sama kualitas finsihing. Finishing abal2 aja bisa MS 70%.

      Kalo produknya inferior ya tau diri aja set harganya karena harga emang ga boong. Kecuali merek H, ente yang dibohongin. Hwehwehwe.

  13. Sepertinya semua setuju jika mau gimana pun produknya, yang membuat orang berhenti untuk cek dan bertanya adalah “look” dan “price”. Jika Suzuki Indonesia berencana memasukkan motor ini, perlu memikirkan masak-masak harganya.
    IMHO, dikasih harga Inazuma non diskon pun akan terlihat kemahalan bagi sebagian orang awam karena pemikiran orang yang berpendapat: Ini mesin Inazuma.
    Di luar topik, tetapi memang arm-nya bikin ill-feel…
    wkwkwkwkwkwm

  14. Untuk model suzuki gsxr 250 sudah good looks walau power dibawah kompetitor tetapi untuk torsi paling besar di banding kompetitor artinya untuk top and go lebih ok,urusan head dengan system sohc + aplikasi roller di rocker arm akan lebih mudah di oprek di banding dohc,cukup ganti valve yg lebih besar + porting poles di area head dijamin tenaga meningkat drastis apalagi dengan system sohc banyak mekanik pinggiran yang bisa melakukan…bravo suzuki buktikan sloganmu Inofasi tiada henti..Selamat Iedul Fitri 1438 H, Mohon maaf lahir dan batin

    • beli motor 250 yg modip mekanik pinggiran, sohc lebih mudah dioprek? ini tipe orang lawas yg gak siap nerima teknologi, kaya jaman dulu karbu vs injeksi, mekanik kampung masih banggain karbu, situ motornya tander 125 modif kampungan ya?

  15. Harga motor kelas 250cc skarang udah gak masuk rasional lg…Inget dulu saat tahun 2011..Harga ninja 250 sekitar 46 juta, CBR250 ABS 41 juta non ABS 39 juta, sedangkan kelas 150cc ninja 150 35 juta, Cbr150 34 juta..Semuanya produk CBU (kecuali n150 yg ckd)..Selisih harga kelas 150 dengan 250 sekitar 10jutaan…Nah sekarang semua produksi lokal, R15 dgn harga 35 juta selisih 20 juta dengan R25 (56juta), cbr150(34juta) bisa beda 30 juta dengan cbr250rr(70juta)..Artinya, beli motor 250cc sekarang udah bisa beli 2 motor sport 150cc…R25,produk lokal dijual seharga CBU,n250 jg udah lokal harga masih sama dan terus naik sedangkan cbr250rr yg asli AHM dgn cap sayap mana mau masang harga dibawah rival2nya…Dasar trio rakus!!!

    • Krupuk juga ga rasional bro, dulu cm Rp 100 sekarang Rp.1000
      Hidup dihutan aja, ga usah kluar duit

    • Klo Salary ngikutin inflasi sih ga masalah ya bro.
      nah perihnya klo salary ketinggalan jauh sama inflasi. Tabungan gak pernah bisa ngejar.
      Sekalinya sdh terkejar motor targetnya keburu discontinue di ganti model baru yg harganya pun baru… terus aja begitu.

      haahahhaa…

  16. Suwun om leo pertanyaan di artkel lain di jabarkan di artikel ini.. sungguh karakter seorang pengajar yg ga tanggung2 ngejelasin sesuatu.
    Banyak yg ngegaris bawahin harganya harus di sesuaikan sama performa ya…
    Ada benernya sih emang, tapi belum tau juga kalau para blogger (kayak om leo) belum bener2 ngebuktiin kemampuan ni motor dan cerita ke kita2. Ya siapa tau aja ternyata si biru ini kayak new vixion yg masih oke ngehadapin rival2nya yg udah DOHC, dan terbukti penjualannya masih moncer. Mari kita tunggu sambil ngabisin nastar.

  17. jdi apa strong point dari ni mtr klo dijual diindo om leo?? soal kualitas boleh lah diadu.. soal torsi kyknya yg awam lebih nyari power dikelas 250cc ini.. soal desain apakah lakunya yg 150cc bisa jadi tolak ukur??.. apalagi skrg walaupun belum tentu lahir lusa tpi kabar ninja dan r25 facelift bisa bikin gosip dikalangan biker.. auu ahh saya mah hanya beropini aja om leo walaupun saya jga agak tertarik bawa sport 250cc yg high speed low rpm kyk gsx250 ini

  18. tapi basic mesin tetep inazuma kan? tetep SOHC ? ya ini sih fix inazuma ganti baju wkwkwk, mau harga lebih murah pun tetep jadi bulan2an warga, disuruh ikut AP250 gak bakal berani, mindset biker indo, 250sese harus ngebut mesin turunan moto jipi gak malu2in dipake balap sirkuit ato jalan raya

    • Ada yang salah dengan inazuma masbro…..??? Sudah pake inazuma sampe mana???

  19. G usah masuk Indonesia.. Malu2in brand suzuki ajah.. V-Strom boleh.. Yang ini jangan.. G bakal laku.. Bakal dibully tetangga sebelah.. Motor fairing kudu kenceng macam motogp.. Taunya sini gitu.. Mending cepetin matic nya.. Mumpung PiCeX lokal belum brojol..

  20. 184 kg (Inazuma) – 13 kg = 171 kg, coba bandingkan dengan kompetitor berat mana? Btw saya penggemar torsi andaikan punya uang saya akan beli wkwkwkw

  21. Yg susah itu merubah mindset mesin inazuma gak powerfull
    Suzuki harus bisa membuat mesin inazuma di gsx250 memuntahkan minimal 36dk & saya pun pasti tertarik memboyongnya

  22. Laku. Pasti laku. Motor sport sekarang desain knalpotnya rata2 bikin illfeel, R15 yg terbaru, cbr 150 dan 250 yg terbaru, GSX150R yg jg blm lama nongol, semuanya bikin sepet mata. Mau diganti aftermart, yg ada ditilang polisi. Sdh lihat picnya si juki ini nyebar dimana2, oklah, dan yg penting knalpotnya gak aneh2

  23. Balik lagi sih om. Suzuki pinter bermain pricing spt adiknya gsxr150. Membuatnya terlihat value 4 money. Kl k2knya bs spt itu yakin laris sih dan bs mengganggu ninja or cbr250rr

  24. berat knalpotnya 14kg? wow beratnya. *dalam pikiran langsung bayangin elpiji tabung biru. wkwkwk. Pasti buat menanggulangi standar emisi ya om?

  25. Ping balik: Harga Suzuki GSX-250R Dilepas Paling Mahal di Kelas 250-300cc | 7Leopold7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s