Tiga Impresi 7Leopold7 Atas Suzuki GSX250R: Si Sport Tourer Bertorsi Besar

 

Saat pertama kali dapat undangan untuk hadir di launching product Suzuki Australia, mata saya langsung tertarik pada tulisan “GSX250R”. Maklum motor di cc imut-imut ini sesuai dengan usia dan ukuran tubuh. Berangkatlah kita coii..

Sesampai tiba di lokasi, langsung yang saya buru adalah motor ini. Masuk ke hall, mata scanning, yak fixing target, langsung berjalan cepat sembari menyiapkan DSLR.

 

IMPRESI PERTAMA: Desain yang Curvy

IMG_8126

Curvy, penuh lekukan yang terasa natural dan humane

 

Anjirrr … GSX250R aslinya emang kerennn bangettt…

Beda sekali kalau ngeliat fotonya di internet yang agak flat, biasa aja.

IMG_8154

Ada satu kesan yang sulit dijelaskan kalau melihat seri GSX pertama kali langsung di depan mata. Ga tau kenapa. Tapi desain yang sangat curvy terasa indah dan nyaman dimatas. Bukan desain serba bergaris tajam seperti clan competitor.

Garis desain yang melengkung mengalir terasa humane, alami. Mungkin itu yang membuatnya indah.

IMG_8171

Mulai dari single headlamp menggelincir ke tanki yang membulat menggairahkan laiknya panggul seorang wanita dewasa meramping di seat dan buritan.

IMG_8140

IMG_8180

Cuma lampu belakang dan swing arm kotak yang saya agak kurang suka desainnya.

IMG_8129

 

 

IMPRESI KEDUA: Kualitas material dan finisihing

 

Mata kita ternyata tidak bohong. Apa yang tadi di kesan pertama terlihat indah, ternyata karena memang pada substansi materialnya baik.

Mulai dari tanki, body, fairing, sambungan antar bagian body, semuanya punya kualitas cat dan material yang sangat baik. Khas Suzuki.

Terlihat konsisten tingkat kualitas antar bagian dan saya berani bilang tahan lama.

 

IMPRESI KETIGA: Padat dan Ringkas

 

Baiklah, setelah puas raba-raba, mari kita tunggangi.

IMG_8158IMG_8160IMG_8157

Ini motor ternyata compact alias padat banget. Dari atas tempat duduk terasa area dashboard, handlebar, body depan fairing terasa compact/padat. Tidak terasa dilebih-lebihkan ukuran tubuhnya.

Saya penasaran lalu turun dan mengintip di balik fairing. Dan memang serba padat disini. Celah antara tubuh mesin dan fairing sangat rapat, tidak dilebar-lebarkan untuk membuat kesan moge-look.

IMG_8163

fairing rapat dengan mesin, engga digede2in

Kembali duduk di atas, paha dan lutut bisa menjepit erat. Posisi kaki cukup lega dan bebas pada berbagai posisi.

 

img_9443

 

Meskipun tampilannya sangat sporty, namun posisi duduk sangat nyaman. Tidak terlalu membungkuk berkat stang yang tinggi dan agak lebar.

IMG_8136

Ergonomi mengingatkan saya akan Ninja 250FI yang sesama kelas sport tourer.

 

KESIMPULAN

Bicara tentang kelas Sport Tourer, Suzuki semenjak awal memang sudah mendesain motor ini sebagai Sport Tourer. Lebih berorientasi ke sport ketimbang GW250 alias Inazuma.

Artinya apa? Artinya motor ini dirancang sebagai motor fairing yang aerodinamis namun memiliki kenyamanan untuk riding jelajah jarak jauh.

Ini terlihat dari desain seat, posisi handle bar yang tinggi dan lebar, serta karakter tenaga yang diklain powerful pada putaran bawah-menengah. GSX250R ini tergolong memiliki torsi besar (24Nm), paling besar malahan dibanding R25 (22.6NM), Ninja 250FI (21.7 NM) dan CBR250RR (22.5NM). Terlebih lagi puncak torsi direngkuh di RPM yang lebih rendah 2000RPM dibanding yang lainnya.

Tentu kalau dibejek untuk top speed di sirkuit ya kalah, namanya juga Sport Tourer diadu dengan Sport dul! Tapi untuk stop-n-go dalam kota saya masih yakin banget bejaban nih ngeliat besaran torsi, bentuk ramping dan bobotnya yang jauh lebih ringan ketimbang Inazuma.

IMG_8176

dikerubutin

 

 

Iklan

65 thoughts on “Tiga Impresi 7Leopold7 Atas Suzuki GSX250R: Si Sport Tourer Bertorsi Besar

    • Hahahah kamu nis kebanyakan gaul sama bloger gosip dan penghayal brader…”coba ajah kalau begini…ini nya kurang begini, itunya ga sesuai espektasi, sayang lampu nya ga sipit ga led ga mpuk sok nya daaaaan banyak lagi… Seolah olah mewakili Rakyat dia ngomongnya yang pada akhirnya menimbulkan efek bece tentu atpm yg sudah ngasih produk terbaik jadi terciderai gegara (yang katanya) bloger terkenal sudah masuk tv loh…
      Saran ajah ni utk para bloger terkenal, sampaikan apa adanya yang terlihat dimata dengan sempurna dan sedikit joke, (sedikit aja ye jangan sampe tiga paragraf)
      Salam…

  1. Saya lagi jatuh cinta sama produknya suzuki kayanya om haha gsxr150, vstrom 250,gsx250r ❤ klo vstrom250 biat touring berdua nyaman kayanya ya om? Jd oot wkwk

  2. desainnya (tidak serba tajam sperti kompetitor).. (tidak terasa dilebih lebihkan ukuran tubuhnya).. (serba sangat rapat tidak dilebar lebarkan agar sperti moge look).. 😀 😀 ini modelnya kompetitor semua ya om..

  3. Minumannya Es teh manis ya Om????
    Seandainya Suzuki Indonesia Garcep bisalah membangkitkan animo anak muda tahun 90an yang sekarang sudah mature secara finansial.
    Sport tourer ini yang saya cari di Yamaha…!?

  4. Saya jg kepelet nih sama desainnya suzuki, mulai dri gsx r150, s150, vstrom 250, ama ini gsx250r. Malah menurut saya lampu belakangnya keren lho klo nyala, senada dan mengalir dengan desain body nya.. Selalu nggak neko2 dan everlasting. Klo swing arm emang setuju model kotak kaku agak ngerusak desain overallnya, kudunya banana yang melengkung dan mengalir dengan desain nya

  5. Saya rasa semua bakal sepakat kalau artikel klimaks nya nanti saat om leo bawa ni si biru jalan2 buat cerita ke kita2. Betul?

  6. Asli cakep modelnya, kalo di upgrade dengan banana arm, usd & lampu depan LED saya yakin lebih greget lagi penampilan motor ini 😀

  7. nggak yakin bisa berjuang klo melawan sport jepun yg udah eksis di Indo. Disini kualitas sering kalah dengan model lancip2 khas otomotif jepang. Tapi klo membulat macam SV650 sangat menggoda

  8. Tentu kalau dibejek untuk
    top speed di sirkuit ya
    kalah, namanya juga Sport
    Tourer diadu dengan Sport
    Ndul!

    CcKkkkkkkkk

  9. Klo untuk market luar ya mungkin gak terlalu di permasalahkan.. Soal fitur ato engine.. Kan udh di jelasin peruntukanya.. Sport turing..
    Klo di ina ya pasti di bully sampe mati apalagi ini brand suzuki…
    Dan di ina itu banyak kementator sering bilang HARI GINI MOTOR SPORT MASIH SINGLE HEADLAMP YG LAIN UDH DUALKEEN SEKARANG JAMANYA DUALKEEn EYES
    Nah kan mumet om..
    Lha gixxer series MV agusta dri jaman batu ciri khas single headlamp

    • enggak ah, sama aja…
      di Indonesia masih rada sopan… Kalo gak percaya liat aja contohnya video review V-Strom 250 yg disini dibilang potential, masih jg dibully habis2an di kolom comment sm org luar

    • 6 speed deh kayanya ini.. sohc kayanya gaterlalu gimana kok, itu piksen aja sohc nya masi bisa ngimbangin lawannya wkwk.. yg bikin ni motor krisis tenaga kayanya grgr cuma 2 klep deh huehe.. kalau overstroke kayanya ga terlalu masala, oprekannya masi bisa lebih kearah torsi. Just my 2 cents

  10. Ciri khas suzuki masih tetap dipertahankan hingga kini…mantabbbb. suzuki emang jago bnget dsain motor yg kurvanya mengalir, g ngebosenin. Blm lg kualitas material dan finishing yg patut diacungi jempol. Juga ciri khas single headlamp yg msh tetap dipertahankn walau rival pke nya dual headlamp. Artinya suzuki pnya karakter trsendiri yg tdk mudah ikut2an.
    Tinggal nunggu review nya neeh…

  11. suka desain nya..

    dilihat dari foto emang minusnya ya di lampu platbomor dan swing arm, lainnya cucok!

    sok depan cakep bgt tuh kalo diganti usd kuning hahahha

    semoga diaplikasikan desainnya ke gsxr 250 nya..
    soalnya orang sini orientasinya masih ke topspeed & ngebuts & horsepower & desain

    ya mau gimana lagi..

  12. cekebp. a cure for the itch buat abg 90an cem ane hehe. masukin sini 40jtan ane angkut 1 (insyaallah) seneng desainnya suzi yg simple dan flowing. kl dibuat versi essential bike macem sv650 kyny bakal laku juga. gmn menurut om Leo?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s