Apa Solusi Yang Tepat Untuk Keberadaan Motor Bodong Yang Sudah Beredar? (Simulasi Penghitungan Pemutihan)

Reaksi cukup meluas atas artikel sekaligus warning dari saya tentang motor bodong yang menjadi target operasi. Sebenarnya apa solusi yang tepat?

 

BIKER NETRAL

Ini kubu yang sebenarnya demen ama motor-motor eksotik. Demen tapi ngeri kalau mesti beli motor bodong. Mungkin saya termasuk disitu. Sering lihat iklan motor no-paper, tapi hanya sanggup berkhayal. Uang ada, atau bisa diadakan, tapi ngeri-ngeri-sedap kalau harus beli barang itu.

Buat kelompok biker ini, perkembangan penegakkan hukum terhadap motor bodong diikuti dengan cermat, sembari berharap ada perubahan positif pada kebijakan perpajakan motor. Berharap motor ga hanya dipajakin, tapi juga keselamatan berkendara motor di jalan raya dipikirkan pemerintah.

BIKER ANTI-BODONG

Ini kelompok mungkin gabungan antara memang taat hukum atau merasa kesel karena ngerasa susah payah bayar pajak Buat kelompok ini, solusi yang ada terhadap motor bodong mungkin cuma satu : sikat bersih. Wis pokoknya itu.

BIKER PRO-BODONG

Nahh disini bercengkerama para biker yang menggemari dan memiliki atau bahkan berusaha motor bodong. Mental mereka cukup terlatih dengan isyu begini, kalau ga kuat udah sejak awal ga beli motor bodong, ataupun kalau sempat punya kemungkinan sudah dijual. Para biker disini biasanya punya satu solusi: Pemutihan.

Bea Cukai pada tahun 2007 sebenarnya sudah pernah mengeluarkan kebijakan pemutihan. Peraturan Dirjen Bea dan Cukai No. P-10/BC/2007, 11 Mei 2007 + Β Surat Menteri Keuangan S-166-167/MK.04//2007, 19 April 2007. Namun luar besarnya biaya yang harus dibayarkan nampaknya menyurutkan langkah para biker.
Hitungan buat pemutihan:- NKJB-nya Rp. 100 juta
Tarif BM + Tarif PPN + Tarif PPnBM + Tarif PPh
==> (Rp 100 juta x 50%) + (Rp100 juta x 10%) + (Rp 100 juta x 125%) + (Rp 100 juta x 7,5%) = Rp 192,5 juta.
Harganya jadi jauh lebih mahal ketimbang yg resmi.

Menurut bro dan sis, apa langkah yang harusnya kita ambil?

Iklan

54 thoughts on “Apa Solusi Yang Tepat Untuk Keberadaan Motor Bodong Yang Sudah Beredar? (Simulasi Penghitungan Pemutihan)

  1. Masukan sy yg kemarin om Leo, Bagaimana kalau diterbitkan STNK khusus moge/ mobil bodong, yg pajak taunannya 2-3x lipat daripada yg Paper? Dirangkul aja, klo mmg masih bandel ya baru disita. Kalau disita langsung potensi pemasukan tidak ada, dilelang juga mana mau beli ya? Pada takut semua ama motor bodhong. Hehe.

  2. kalo motor tanpa suratΒ² gitu melanggar peraturan..kalo misalkan dipakai buat tindak kejahatan atau terjadi tabrak lari bakal susah dilacak dong.saya sih milih motor legal walau jelek atau tua drpd motor bodong

  3. sebagai anak jadul yang brojol dan berkembang ketika motor eksotik berangsur angsur mulai punah, saya mengharapkan adanya pemutihan..

    jadi motor bodong bisa dibuatkan surat suratnya..
    namun dg syarat jelas kepemilikannya dan belinya gimana :
    misal ada yg bertanggungjawab namanya, alamatnya, : jadi bisa tau sejarahnya motor itu gimana.. dan bukti kendaraan yang akan diterbitkan bisa lengkap datanya.

    namanya juga masih ngarep ketemu motor motor eksotik. IMHO.

  4. Nah betul mas, saya satu grup sama njenengan ehehe. Liat Ducati monoposto dan motor lain dengan teknologi antik emang bikin ngiler, harganya juga masuk akal. Regulasi pajak menurut cc (bukan emisi) memang harus mulai ditinggalkan, negara lain bahkan warganya menuntut adanya carbon tax. lah kita dari awal malah dikasih pajak selangit padahal pendapatan ga seberapa, ya konsekuensi gini lah, mangkir pajak. memang dilarang berbangga pakai barang bagus di negeri kita ini.

  5. Tunggu pemutihan “wajar” dari pemerintah.
    Alasan pemerintah memberikan klasifikasi pajak barang mewah begitu tinggi bagi motor 250cc keatas sudah tidak relevan lagi saat ini.

  6. iya setuju sama yang bilang mestinya kita jangan pake perpajakan dari kubikasi mesin.. biar dituntut untuk mikirin emisi gas buang juga, makin bagus emisi (euro 4) makin kecil pajaknya.. apalah kita cuman bisa berharap sama kinerja pemerintah.. semoga bisa lebih baik kedepannya

  7. Rendahin aja NJKB nya… Misalkan punya moge np tahun tua 1993, nentuin njkb nya gimana dong? Apa mengacu harga ketika tahun itu motor dijual? Temen ane punya WLA 1942 no paper… Gimana nentuin NJKB nya soalnya tuh udah masuk barang klasik n langka… NJKB susah jd nentuin nya… Selama ini dia pake wira wiri gak papa sih… Klo kena razia biasanya jawabnya enteng… *Taun 1942 belon ada samsat om… trus gimana… Hahhaa

    • Pengalaman saya, untuk motor motor “aneh” yang belum ada di data dispenda, kita bisa “informasikan” nilai NJKB-nya. Lampirkan saja kwitansi pembelian, nanti nilainya jadi NJKB.

      Pengalaman saya bisa bikin NJKB CB200 1976 jadi 2.500.000 😁😁.

  8. sampe sekarang masih bingung sama aturan pajak barang mewah, yg mewah mungkin bukan barangnya tp pajaknya kali ya… hahahaha…

  9. Mau tanya apakah opini om Leo dg bikin artikel gini bisa ditampung dan disampaikan ke pembuat kebijakan di pemerintah?

    kalau gak tersampaikan , ya kan percuma sebagus apapun kritik toh gak tersampaikan ya kan,,

    kalau bisa tersampaikan. opini saya sih pemutihan gk ngefek, karna sama aja dsuruh bayar ppnbm n dll jatohnya tetep mahal, soalnya inti permasalahan kan ttg ppnbm, ya diturunin aja ppnbm nya disesuaikan dg tingkat ekonomi di indo, (liat aussie aja, ekonomi tinggi tapi pajak moge malah masuk akal,, mosok indo.ekonomi rendah pajak malah tinggi????)

    trus yg saya bingung tujuan ppnbm muahal itu apa sih?
    -biar bisa mendorong ckd gtu kah biar bisa murah? faktanya tetep aja kalau ckd tetep kena ppnbm cuma minus biaya impor aja,, jadi intinya turunin ppnbm aja deh

    • Kalau bro belajar advokasi. Utk sampai pada perubahan kebijakan itu ada beberapa tingkat perubahan sebelumnya. Salah satu yg paling awal ada perubahan awareness dan perubahan opini.

      Ini selemah2nya yg saya lakukan. Lebih percuma lagi kalau hanya ngedumel di hati dan tidak disampaikan ke ruang publik.

    • menurut saya ini namanya menjaring opini bro.
      setidaknya tau bagaiman respon publik ttg masalah yg ada.

      kalo perbandingan kita di blog ini kan australi ya, karena omleo jadi mahasiwa disana , yg australi itu, harga murah, tp perawatan lumayan..

      nah kalo negri tetangga, malaysia, singaparna?
      itu gimana ya? harganya, skema pajak? denger denger sih, justru pajaknya yg berlipet lipet..

      bener ga sih?

  10. Mungkin kalau bisa kebijakan pemutihannya itu d beri keringanan aja dari segi biaya
    Kalau memang tujuannya ingin moge2 bodong ini terdaftar ada baiknya pemerintah beri sedikit kemudahan
    Kalau bisa sekalian juga pajak yg besar utk >250cc ditinjau ulang, krn pasarnya harusnya bisa berkembang lebih besar, otomatis pemasukan pemerintah dr pajak sektor tsb jg bs naik
    CMIIW
    *kalau pajak tinggi tp fasilitas infrastruktur yg d dpt superior sih mungkin masih bs d maklum, lah kalo disini? Ya sudahlah, sabar aja hhe

  11. Saya masuk yang pertama om. Golongan ngeri ngeri sedap πŸ˜€

    Untuk definisi pemutihan sendiri, lengkapnya bagaimana ya om kalau dari kacamata hukum? Soalnya persepsi saya pemutihan itu seperti ‘disuratkan’ motornya. Mohon bimbingannya om πŸ™‚

  12. Saya dpt info dr temen yg istrinya kasatlantas, katanya target operasi motor bodong begini dah dr dulu dulu om, cuma ya jalan ditempat.

  13. Ajegileeeee PPnBM 125% itu yg bikin meringis xixixiiii πŸ˜‚ memupuskan impian anak muda yang masih meniti karir seperti saya untuk memiliki moge legal hahaha πŸ˜„

  14. opini saya sih perbaikan di semua lini,mulai dari perpajakan yg masuk akal&kepemilikan SIM
    pajak dibuat murah kayak di luar,tp regulasi kepemilikan SIM juga harus di rubah, misal kayak yg om leo bilang di ausi SIM di bagi jadi beberapa tingkatan. tp cara buatnya jangan yg kayak sekarang,ujian praktek SIM kayak test mau ikut stunt rider, harus bener2 menghilangkan pungli&ujian SIM harus bisa mengedukasi bagaimana berlalulintas yg benar.

  15. SARAN saya basmi penjualnya (motor ilegal aja bisa d masukin, kemungkinan dia bisa import narkoba..hehe)
    lalu….beri keringanan pada pembeli yang udah terlanjur beli motor bodong

    • terinspirasi fil “TORQUE” tanki HD bukannya isinya bensin malah isinya heroin.

  16. Menurut saya Untuk motor bermesin <250cc sistem pajak menggunakan Isi isi silinder, dan untuk 250cc keatas pajak disesuaikan dg emisinya πŸ˜…πŸ˜…

  17. Gampang om, murahin aja pajak barang mewah, ga usah gede2 kayak sekarang. Kan kalo moge banyak yg laku sisi positif nya juga ada, jadi pertumbuhan ekonomi juga ada, bisa menciptakan lapangan kerja baru

  18. untuk moge tua, kalo mau dikasi nomer biar jadi resmi, memang harus berdasar dari NJKB yg wajar, misal suzuki bandit 400 tahun 1993, skrg harganya tinggal 15-25 jutaan, udah kaya motor kecil aja, kalo kena pemutihan terus suru bayar total sampe lebih mahal dari harga motor itu sendiri, pasti banyak yg keberatan

    • Iya bro… kmaren juga abis ngangkat bandit 400 thn 93 np…
      klo ngliat skemanya misalnya pukul rata NJKB nya 25 juta…

      Tarif BM + Tarif PPN + Tarif PPnBM + Tarif PPh
      ==> (Rp 25 juta x 50%) + (Rp 25 juta x 10%) + (Rp 25 juta x 125%) + (Rp 25 juta x 7,5%) = Rp 48,125 juta.
      Harga jualnya jd Rp 25 juta + Rp 48,125 juta = Rp. 73,125 juta

      Glegek…. hihi… pilih mana hayo? Stay no paper apa ikut diputihin? πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s