Populasi Sportbike 250cc 4 Silinder di Australia dan Indonesia

Selama beberapa weekend ini iseng-iseng lihat beberapa motor Sportbike 250cc 4 silinder. Dimulai dengan riset kecil populasinya di internet.

FullSizeRender 6-002

Hasilnya gimana mas?

Ternyata untuk sportbike 250cc 4 silinder di Australia, populasi terbanyak adalah Honda CBR250RR. Nomer dua Kawasaki ZX2R, nomer tiga dan empat: Yamaha FZR250 dan Suzuki GSX-250F.

Data saya ambil dari iklan motor di berbagai portal jual beli motor. Mengacu pada jumlah motor yang diiklankan sebagai indikasi seberapa banyak populasi beredar. Kriterianya adalah motor yang dijual dalam kondisi jalan/sehat. Bukan dalam kondisi mati/project/wrecked. Data diakses pada tanggal 17 Juni 2017 jam 22.10.

  1. Untuk CBR250RR saya menemukan ada 48 unit yang dijual, usia rentang antara 88 hingga 1999, 4 di antaranya di negara bagian/wilayah saya.
  2. ZX2R ada 9 unit, rentang usia 1994-2001, tidak ada yang di wilayah saya.
  3. FZR250 ada 5 unit, rentang usia 1989-1994, juga tidak ada yang di wilayah saya.
  4. Serta GSX-250F ada 4 yang diiklankan, dengan usia paling muda 1996, tidak ada yang dijual di wilayah saya.

 

fzr

FZR250

gsx

GSX-250F

IMG_9077

CBR250RR

Nahhh ini kenapa tidak rata om jumlah populasinya, ada pabrikan yang lebih banyak?

Jadi begini, sampai pada akhir 1980an, motor-motor tersebut iimport ke Australia oleh importir umum, bukan ATPM. Minat atas motor kelas pemula namun bertenaga besar ini ternyata meningkat. Hingga akhirnya prinsipal Honda memutuskan untuk memasukkan motornya dengan dukungan after sales termasuk parts, service dll. Sementara yang lain tetap diimport oleh non ATPM berdasarkan pesanan/permintaan pasar.

 

Bagaimana dengan harganya mas?

Ya tergantung kondisi ada yang dijual 2,000 AUD ada juga yang diiklankan sampai 5,000AUD.

Untuk parts?

ngobrol dengan 4 pemilik umumnya mereka pesan ke website yang berbasis di Taiwan/China atau minta tolong bengkel lokal mencarikan. Untuk yang Honda masih dilayani bengkel resmi Honda di Canberra.

Bagaimana di Indonesia?

menurutΒ  seorang teman penggemar dan pemain modern classic. Motor-motor sportbike 250cc 4 silinder ini hampir pasti tidak ada yang resmi full paper di Indonesia. Sehingga tidak bisa diperhitungkan secara pasti jumlahnya. Biasanya didatangkan ke Indonesia dari Malaysia atau Singapura. Harga beredar di Indonesia (harga motor disana + ongkos masuk + margin) variatif antara 30-50 juta rupiah tergantung kondisi motor, ‘biaya masuk’ yg fluktuatif dan situasi pasar.

Persoalan memang: parts yang tidak mudah didapatkan. Harus telaten mencari ke negeri jiran. Itu sebabnya juga meskipun motor dalam keadaan sehat, owner benar2 menjaga kilometer dan karenanya motor jarang terlihat di jalan.

Menurut teman ini, lebih cepat diserap pasar dan menguntungkan main di kelas 400cc. Tapi ingat ini motor bodong lho ya. Resikonya besar.

KESIMPULAN

JADI, kalau di Australia, sportbike 250cc 4 silinder ini masuk ke kategori motor harian, yang digunakan oleh rider beginner yang belum memiliki SIM Penuh dan juga hobbyist yang memang pencinta modern classic. Harga jual mirip dengan Indonesia, namun statusnya legal alias resmi. Parts juga lebih mudah tersedia.

Sementara di Indonesia, sampai saat ini, sportbike 250cc 4 silinder masih tergolong motor “collector item”. Karena memang keberadaaannya tidak resmi dan upaya mendapatkan partsnya juga tidak mudah sehingga tidak digunakan untuk harian.

Begitu braii…

Iklan

45 thoughts on “Populasi Sportbike 250cc 4 Silinder di Australia dan Indonesia

  1. Om leo kapan bikin artikel tentang kenapa moge moge kawasaki biaa lebih murah dibanding kompetitor… Masih ditunggu loh hahahaha

  2. Rata2 motor gini dry weightnya ga sampe 150kg.
    Sadis juga yah?
    Apalagi liat sasisnya cbr, mantep banget. Gede.. kalo diproduksi sekarang, harga jual pasti diatas 100jt

  3. om, udah ada test motor 250 ini om d Oz? biar ada gambarannya om spek late 80 – early 00 ini… klo om yang jabarin khan enak om… pura2 mau beli gitu, atau minjem, sewa, atau iseng beli sekalian om…

  4. andai di hidupkan kembali era nya, seru nih di indo
    Apalagi kawasaki yg jeritan rpm nya tembus 20k,,,,merintiihhhhh

  5. Wah. Interesting ..tp tujuan artiker ini dibuat untuk apa ya Om ?
    Hmm marai kelingan news kawa 4 cyl πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s