Menyimpan Rapat Rahasia New Ninja 250

 

Setiap perubahan yang dilakukan Kawasaki atas Ninja 250 selalu cukup mendasar. Bisa dilihat pada Ninja 250 yang dirilis pada cycle year tahun 1983-1988-2008-2012. Signifikan dan menjadi first-mover di kelasnya. Akan seperti apa Ninja 250 edisi 2018 nantinya?

Ini pertanyaan penting yang tidak pelak memicu spekulasi. Wartawan dan blogger mengepung dan mencoba mencari remah-remah petunjuk. Baik anggukan ringan, ataupun senyum dikulum bisa dianggap jadi “kode keras”.

Tentu jadi prioritas nomer satu bagi Kawasaki untuk menutup rapat informasi apapun tentang motor ini.

17359003_1286294031467229_7935654944874221325_o

Na ini baru Kawasaki Ninja 4 Silinder

Mengapa mas?

Pertama, jelas, lihat dong catatan AISI sampai April 2017 yang menunjukkan dominasi Ninja 250FI di pasar masih sangat kuat. Terlalu kuat meskipun usia rilis sudah melewati 4 tahun. Mengizinkan informasi beredar mengenai adanya produk baru pada jangka waktu berkepanjangan adalah “bunuh diri marketing”. Tentu bakalan berdampak  pada penjualan seri yang ada sekarang.

Kedua, sebagai produsen motor dengan ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan Honda dan Yamaha, penting bagi Kawasaki untuk punya “element of surprise”. Untuk memastikan ada periode waktu yang cukup sebelum inovasi yang dilakukan Kawasaki akan DITELAN dan diikuti oleh dua manufacture besar tersebut. Itu sebabnya Kawasaki selalu menolak untuk bermain di market lama yang besar: matic entry level, sport 150cc. Saat ini sudah terjadi dengan sport 250cc. Sebentar lagi off-road 150cc.

Memiliki periode waktu yang lama menjadi first-mover dan pemain tunggal akan menyebabkan image product tertancap duluan dan dalam di public. Contohnya saja Ninja 250 yang melenggang sendirian sejak tahun 2008 sampai 2014. Sampai sekarang orang masih melihat motor sport fairing ya Ninja.

Sangat mahal dan tidak efisien bagi Kawasaki untuk bertarung di kelas yang sudah didominasi oleh Honda dan Yamaha. Jauh lebih efisien menciptakan sesuatu yang baru, meskipun segmentnya terbatas, namun tetap profitable.

KESIMPULAN:

Jadi adalah kesalahan membiarkan informasi tentang produk baru beredar dalam periode waktu yang lama sebelum rilis. Ini akan memberikan kesempatan kepada pabrikan lain untuk melakukan antisipasi melalui upgrade next product mereka. Baik dari segi timing maupun spesifikasi.

Contohnya: Kawasaki sudah bocor spek penting produknya 2 tahun sebelum rilis. Ini memberikan waktu yang cukup bagi pesaing misalnya, untuk menyiapkan versi revisi. Sehingga pada saat New Ninja 250 baru beredar setahun, sudah ada motor rival dengan spek yang lebih tinggi dan model yang lebih baik.

Bisa dibayangkan berapa besar kerugiannya kalau investasi puluhan juta dollar untuk mendesain dan memproduksi satu produk baru, terpotong di pasaran. ITULAH NILAHI KERAHASIAAN PRODUK NINJA 250 BARU.

Hal-hal begini sudah urusan dan wewenangnya Kawasaki Heavy Industry di Minato, Jepang sana. Urusannya serius cakbro!

TOP_120th_Anniversary

 

 

Iklan

45 thoughts on “Menyimpan Rapat Rahasia New Ninja 250

  1. Jadi kapan kawasaki bikin ninja 250 dengan rasa sportbike bukan sport-touring?

    Sudah terlalu lama ga ada update bahkan sampe pabrikan sebelah jualan 250cc dengan gimmick ala 1000cc

  2. Jauh lebih efisien menciptakan sesuatu yang baru, meskipun segmentnya terbatas, namun tetap profitable.

    Emmm tipis2 selentingan 4 silinder kah?
    Walau mahal tetep ada yang akan beli

  3. Nada nadanya spt sdh dpt bocoran top secreet tp gk bisa ngeshare….hmm lg2 spt pengen BAB tp gk da telolet, ato malah spt libido memuncak tp pasangan lg mens? heheheee

  4. 2018 6 bulan lagi, berarti gajadi tahun ini. Lama juga ya om, bakalan sama ga om kaya new r25? Karena masih laku di luar sana yamaha belom mau upgrade /facelift.

  5. masih 2 silinder gapapa, tapi Framenya jangam pake pipa besi tubular dong, pakai itu aluminium twin spar, tak perlu twin spar beneran macam kakanya ZX6/10R, tapi dibikin kayak model swing armnya KTM Duke 250/390, tapi kalo KTM model swingarm kaya terbalik, yg sisi dalam di luar

    • @om leo om ini kira2 kpN kluarnya. Soalnya saya msh ngempet nunggu new ninja ato new R25. Kn ktanya ad tmbahan lg tknologi lebih sdikit diatas CBR250RR? Mkanya mnunggu saya om. Info2. 😥😥😥😥

    • Gak usah nunggu klo uda ngempet. Beli aja yg paling pas di hati stock yg ada skrg. Klo nanti akhirnya jd keluar 4 cylinders tinggal di jual lg aja.

  6. pake teknologi supercharged…. merk lain butuh waktu jauh lebih lama.mngkn puluhan taon untuk bersaing. klo bisa dekat ya cuma nyontek dg kualitas yang ?????????????

  7. Nah Loh … Nama’y jg NINJA mas, yg memiliki pergerakan yg “Hijou Ni Shizukana” alias sunyi senyap tiba” muncul gubrakkk … Wait N See ae mas smbil ngelus” dompet spa tau kluar jin … 😂

  8. Silinder tetap 2 inline gpp.. Hanya 270 derajat plus teknologi VVT.. Bawah ok atas jos melenting.. Suara garang pastinya

  9. saya malah berpikir, kenapa gak pake teknologi zx6/zx636?

    setengahnya udah 300cc, klo mau di bikin 250 cc, berarti strokenya pendek dan jadi hi-rpm…

    apakah crankcase current kuat buat di masukin sparepart zx6/636? paling kruk as baru, karena hanya untuk 2 cyl, sisanya piston, sang piston, valve, noken as baru karena hanya untuk 2 cyl dan semoga interval pengapian 360* biar keren suaranya

  10. Maybe, karna trlalu antusias dgn KHI, nama ini ane rasa ad d mn aj, di dasar bumi yes, lautan yes bhkan luar angkasa yes … above all

  11. Dan akhirnya bandrol pun juga terkerek seiring penambahan ini itu. Kisah 250 kita pun akan mirip cerita dunia Lcgc yg bikin calon konsumen harus… ya harus lebih bersabar mengumpulkan dana untuk “sekedar” membeli barang kebutuhan seharga apa yg seharusnya termasuk ke list keinginan. 250cc seharga second 600cc,mungkin aja kan?

  12. Nah harapan sih 4 silinder… langsung siap2 indent… hahahah

    kalau masih 2 silinder, langsung di counter sama yg lain, tp kalau 4 silinder, kemungkinan mereka masih mendahulukan produk yg lain dulu.
    Momen pas, honda masih bulan madu dgn cbr250rr-nya, yamaha masih bersenang2 dgn matic premiumnya…

    Gak usah mikirin dijual ke negara2 berstandar emisi tinggi, lagian yg banyak beli produk kawasaki negara2 macam indonesia/sekitar… yg beli orang sini, ya harus denger orang2 sini, masa mau saja didekte orang eropa sono, bisa2 pasar hilang…
    Apalagi info yg ada, harga second ninja akhir2 ini hancur… tanda2 gak enak. harusnya kawasaki udah mulai bergerak.

    • Oh ya info yg beredar r25 yg baru bag. Kaki2 lebih gede, dan proses test.
      Nah kalau yg lain pada update, Kawasaki mau bertarung head-to-head sampe kapan, kalau hanya mengandalkan 2 silinder 250cc?
      Pokoknya berharap 4 silinder… GPL gak pake lama… wkkkk
      Harga? Yg penting reasonable.
      Perawatan? Ah ntar aja dipikirin, motor hobby.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s