Inden XMax 250 Tembus Angka Diatas 3,500. Bagaimana Cara Inden Yang Terbaik?

Orang Indonesia ini memang ajib. Matic seharga 55 juta rupiah aja indennya panjang. Maxi scooter lho yang segmentnya kelas terbatas. Seorang teman di Kalimantan kontak saya sambil geleng-geleng kepala. Dia diinformasikan dealer, kalau akan indent XMax-250 sekarang baru akan dapat unit menjelang akhir tahun. Padahal rencananya untuk ngider lebaran dengan istri baru (pengantin baru maksudnya). Sudah berapa indener sih, dan bagaimana cara inden yang terbaik.

IMG_7757

Informasi yang dapur redaksi kumpulkan – ngeri ya, kalau dapur yg dikumpulkan mestinya bumbon kayak kapulaga, pala dll – mengindikasikan inden total XMax-250 sudah di atas 3,500 unit. Minimal.

2,000 didapat dari angka inden online (Yamaha). Kemudian ditambahkan dari IIMS 2017 320, dari IMOS 2016 410 (prioritas delivery), indent offline dari dealer (besar dan kecil) sampai saat ini diperkirakan di angka 800an secara nasional, terutama luar Jawa (Yamaha). Ini belum lagi inden yang akan dibuka pada saat PRJ beberapa hari lagi.

Rasa penasaran dan tidak sabar menunggu indenan diperumit dengan beredarnya rumour kalau barang ready dengan harga upping atau kalau beli credit. Praktek ini cerita lama, yang celakanya bertahan karena memang ada saja sales dealer yang nakal dan binal. Di semua pabrikan. Bikin emosi.

Saat saya check alias tabayyun ke yang menyebarkan berita, ternyata mereka tidak mendengar langsung dari dealer. Lalu saya check ke Yamaha, dengan ramah Yamaha menjawab “bagaimana bisa upping/credit lalu ready, barangnya aja kosong mas, yang diproduksi sekarang utk ngejar yang sudah inden”.

Jadi XMax 250 barang ready untuk upping price dan credit itu hoax. Ingat lho menyebarkan kabar bohong atau opini tidak berdasar fakta itu do…sa.

Tentu ada saja re-seller yang menawarkan tapi ya mereka murni berdagang dengan menggunakan momentum inden, alias bukan dari Yamaha.

SEBENARNYA BERAPA BESAR SIH KAPASITAS PRODUKSI BULANAN XMAX?

Dalam kapasitas produksi penuh Yamaha diproyeksikan bisa melepas 1,000 unit per bulan ke warehouse (sumber: internal Yamaha). Itu hanya untuk kebutuhan domestik dalam negeri, di luar export. Komitmen export Yamaha untuk XMax 300 sendiri adalah sebesar 25,000 unit untuk tahun 2017. Ini yang akan disebar ke Australia, Eropa, Jepang dan Taiwan (Press Release Yamaha saat launching export).

Pada tahapan awal produksi XMax250 wajarlah kalau belum full steam, belum kapasitas penuh. Tapi angka 3,500 mestinya bisa dikejar dalam periode Juni-akhir tahun ini, tergantung urutan indent anda.

BAGAIMANA CARA INDEN YANG TERBAIK?

  1. Indentlah melalui Main Dealer atau dealer-dealer besar, perkiraan alokasi unit agak lebih mendekati real time. Jangan ke dealer ATPM lain atau indent titip pak lurah.
  2. Jgn percaya hoax pihak-pihak di luar dealer Yamaha. Jika mendapat informasi dari sales nakal nan binal tentang upping atau kalau “kredit lebih diutamakan”, catat nomer WA nama sales dan dealernya dan laporkan.
  3. Sudah saatnya YIMM membuka kembali booking online tanpa batas unit/waktu. Ini adalah solusi terbaik bagi YIMM, dealer dan juga pembeli. Bagi YIMM akan bisa lebih memprediksi angka produksi, untuk dealer mempermudah pelayanan (delivery dan administrative tetap lewat dealer yang ditunjuk) dan bagi pembeli bisa memilih sendiri cara bayar (cash/kredit), tahu urutan indent nasional dan prediksi kapan unit bisa diterima. Tanpa diboongin pihak tidak jelas.
IMG_7608

kesan ganteng saat pertama kali lihat di Layz ga hilang

Iklan

35 thoughts on “Inden XMax 250 Tembus Angka Diatas 3,500. Bagaimana Cara Inden Yang Terbaik?

  1. Untuk Bung anti LGBT

    Saya sarankan anda untuk lebih intropeksi diri. Kasihan hidup anda di belenggu hal remeh macam ini. Hanya karena motor, atpm dan media online.

    Masih banyak yg lebih penting dari pada mikirin yg ginian.
    Kebencian anda akan merusak hati dan pikiran.

  2. Wow trnyata bnyk yng suka ya motor yng bodynya segede gaban gini. Tp klo matic mau segede apa ya kyanya ttp aja nyaman. 🙂

  3. D bandung 2 dealer saya datengin yang satu bilang dpt nya januari 2018
    Yang satu bilang juni atau juli
    Duh rancu yg mana yg bener
    22nya dealer gede padahal

  4. Selain inden online, untuk dealer di luar Jakarta juga perlu diumumkan resmi berapa harganya.

    Kalau harga tidak dicantumkan di website Yamaha, memberi peluang dealer nakal untuk upping price nanti saat konsumen mengambil sepeda motornya.

  5. Yes Right Sir, One More Dont Upping Price YIMM. . .
    Cek rekening Mas, tampak’y si Max ini udh menggoda untuk di pinang. . .

  6. Untuk review R15 V3 tolong nanti dikupas perbandingan speedo meter vs GPS ya om… brp persen penyimpangan… versi otomotif katanya bs 149 kmph… realnya brp kira kira… makasih om …

  7. om mau tanya nih..apa semua maxi-scoot itu shock belakang gk bisa dibikin single kyak motorsport ditaruh ditengah..??
    jujur sja nih om… klo dipndang kurang sedap…

  8. Ping balik: Laris Manis, Inden Yamaha XMAX 250 Tembus 3500 Unit! » BMSPEED7.COM

  9. Betulll…sy juga hari ini dpt sms untuk info pengiriman unit tgl 5 juni…jadi dag dig dug nunggu info nya…moga2 nggak lama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s