Honda New Fireblade aka 2017 CBR1000RR – Aslinya Sporty Bangett …

 

New Fireblade sudah lama ditunggu. Karena sampai setahun lalu Honda CBR1000RR adalah yang paling tua life cyclenya dibanding rivalnya. Paling minim electronic aids, paling kecil tenaganya dan penjualannya pun perlahan menurun. Apalagi Euro-4 sudah efektif berlaku 2017 ini.

Sampai kemudian Honda mengeluarkan the new Fireblade akhir tahun lalu, penantian itu membuahkan hasil.  Seperti apa sih rasanya bertemu langsung?

IMG_5956.JPG

Cukup santai

Saat saya dan Regis parkir motor, si Fireblade sudah nongkrong di depan menunggu. Memang beda banget kalau lihat aslinya. Gagah merah menantang. A better version dari Fireblade sebelumnya. Lebih sporty, bahkan sekilas kok mirip aura adiknya ya CBR250RR.

IMG_6930

Dari segi dimensi tidak ada perbedaan ukuran yang signifikan dengan fireblade lama. Justru terlihat lebih kecil dan compact atau ringkas. Saat saya cek data teknis ternyata memang benar. Fireblade lama lebih besar dimensinya (lebih panjang dan lebih tinggi) daripada Fireblade baru. Yang menarik adalah meskipun New Fireblade lebih pendek, namun seatnya saat saya duduki lebih tinggi. Di data teknis terlihat seat height New Fireblade 832mm VS Old Fireblade 820mm. Bandingkan dengan seat height ZX10R yang 826mm.

Dugaan saya dimensi keseluruhan new Fireblade lebih rendah namun seat heightnya lebih tinggi adalah konsekwensi dari memendekkan wheelbase dan mendorong massa motor lebih ke depan,

Tapi buat saya (TB 174cm) tinggi tempat duduk ini masih okelah. Setengah telapak kanan kiri dengan riding shoes. Saat saya swivel ke kiri dan kanan, terasa body ringan dan nurut.

Ergonomi masih Fireblade banget, Cukup nyaman. Meskipun terasa sedikit, mungkin saya salah, lebih sporty ketimbang Old Fireblade.

Jarak jangkauan antara handle bar dan pinggul cukup baik. Tidak serapat R1 yang memang membutuhkan kita untuk sedikit mundur saat harus tuck in. Posisi handle bar juga tingginya mirip dengan ZX-10R. Ergonomi menurut saya cukup netral, tidak membutuhkan settingan khusus.

Area cockpit terasa ringkas dan sempit, ya namanya motor sport tong. Butuh racing windshield yang double bubble. Dashboard sangat kecil, agak kekecilan untuk ukuran keseluruhan cockpit malah menurut saya.

IMG_5696

Suspensi depan BPF Showa fully adjustable. Bisa diakses mudah dari atas batang fork.

IMG_7212

Saya suka tankinya. Sporty dan tajam. Perbedaannya dengan ZX10R adalah pada ZX tanki membesar di atas, sehingga lutut bisa merangkul rapat body. Pada new Fireblade tanki tidak membesar di atas, Cenderung cekung tinggi di sisi atasnya.

IMG_2918IMG_4171

Perbedaan lain adalah pada material tanki. New Fireblade kondomnya terasa sekali plasticky, beda dengan ZX10R yang memang logam.

Seatnya cukup nyaman untuk ukuran superbike sport, bahannya ngegrip, membantu kontrol saat kita merubah body position.

IMG_7591IMG_6932

Buritan belakangnnya keren banget.. agresif..saya perhatikan alirannya berbeda dengan fire blade lama. Nice design, sayangnya materialnya agak floppy dan plasticky.

Beralih ke sektor mesin. Mesin ini bisa dikatakan 90% baru, berbahan magnesium. Begitu juga improved chassis. Ini sebabnya New Fireblade lebih ringan 14 kg dibanding yang lama. Knalpot untuk memenuhi persyaratan Euro-4 berdimensi lebih besar, berbahan full titanium agar tetap ringan.

IMG_5351

Baru duduk diam saja di atas motor ini saya merasa ganteng naik 120%. New CBR1000RR Fireblade aslinya memang gagahhh bangett!!

Harganya cukup 230 juta rupiah. Murah karena disesuaikan dengan tingkat kehidupan masyarakat Australia yang umumnya miskin.

Minat SOB???

IMG_6937

 

 

 

Advertisements

50 thoughts on “Honda New Fireblade aka 2017 CBR1000RR – Aslinya Sporty Bangett …

    • Untuk ukuran moge asli
      Kok kunci kontaknya jadul dan terkesan murah alakadar
      Hhhmmm sangat malingable dan begalable
      Masih lebih wow gsxr150 lokal yaa

  1. Savage banget om di kalimat: harga menyesuaikan dengan tingkat kehidupan warga Aussi yang miskin… πŸ˜‚

    Orang Indonesia berarti kaya2 ya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Ouhh irony..

  2. Hmmm. . .Lihat dulu lah di WSBK, kalo bisa ngalahin Si Zeus, patut di begal lah. . .
    Btw Mas, kapan kelar study di Negri Kanguru, ane ingin mlihat Mas jd Dirjen Pas Kemenkumham deh, utk mmperbaiki manajemen lapas yg, ah sudah lah . . . Keep Spirit Mr.

  3. Ada skate board nya, waaa

    Ga ganteng kok mas, karena ketutup ridernya. Rider lebih dominan, mgkin efek angle cameranya.

  4. di indo bisa 500jt an,, kok mahal amat ya Om, mngkin di indo udah kaya2 mngkin ya (*pejabatnya yg kaya) wkwkw,,

    om leo kan orang hukum, bikin artikel dong om, kritikan dan.solusi ke pemerintah ttg pajak barang yg menggila ini

  5. sayang ban belakangnya masih pake size 190/50-17, gaya superbike lama. semua kompetitor japanese sekarang ini sudah pake size belakang 190/55-17, malah yg Europe ada yg pake 200/55-17.

    • Mana ada tangki plastik lu kira tangki mesin potong rumput
      Itu dalemnya tangkinya ya logam juga dul.

  6. Sikat aja om leo, sekalian yang SP2..
    Mumpung murah harganya, harga untuk warga miskin..hhehehehe
    Kalo di indo harganya udah harga orang kaya..hahha

  7. kenapa ya d indonesia moge d buat mahal sejak era jokowi….

    apa kudu naek KlX n pake helm NHK dg sertifikasi snell palsu???

  8. Motor sport lain biasanya gara2 euro IV bobotnya malah bengkak gara2 knalpot segede gaban, ini malah turun dari versi lama ya. Versi lama apa jeroan mesinnya msh gak banyak pake metal eksotis kyk titanium ya?

  9. maaf oot om, di australia om leo pakai sim internasional atau pakai sim australia?
    btw syarat pembuatan sim disana sama tidak seperti di indonesia dan ada pembagian nya tidak menurut cc sepeda motor. makasih om

  10. Sakit Ostrali. RIlis kmrn sore cuman 230..Negara miskin mainannya superbike..nyesek dengernya..
    Btw, impresi performanya dibanding kompetitor gmn oom? Prasaan dia yg rilis paling akhir ya? Tp di wsbk kok tertatih tatih sekali?

  11. Om…dari samping kok headlamp-nya kek Yamaha r 25 ya..apa perasaan saya aza…wah kalo yg bahas iwb ato TMC…bisa rame nih perang komen fbh vs fby…siapa nyontek siapa gitu…kek blognya Mbah dukun Satar yg katanya new R15 headlamp-nya nyontek CBR 600jadoel…

  12. Dari uraiannya om Leo material plastiknya agak gimana gitu…. jangan2 udah ketularan ahm nih, bagian dashboard kurang wow untuk ukuran 1000cc…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s