XMAX 250 = 55 Juta. Apakah Kemahalan?

Saya sebenarnya udah dapat informasi harga XMax ini 16 jam lalu. Cuma ya gitu, mesti ngajar hari ini jadi sibuk persiapan. Oke, 55 juta rupiah untuk XMax 250. Apakah kemahalan mas?

Screen Shot 2017-05-03 at 4.55.40 PM

Mahal atau tidak harus dibuat ukuran yang jelas. Karena kalau tidak patokannya serba relatif.

XMAX 250 akan terasa Mahal secara SUBYEKTIF kalau:

  1. Kepengen, tapi engga ada uang atau tidak cukup.
  2. Belum jadi kebutuhan. Ada kebutuhan lain yang lebih mendesak. Seperti: Mau nikah, anak mau lahir, anak mau masuk sekolah, beli mobil, nabung DP rumah,
  3. Ada uang, tapi nyarinya kelas motor yang lain = bukan kebutuhan, mirip point di atas.
  4. Haters

XMAX 250 bisa dikatakan mahal secara OBYEKTIF apabila:

Harganya jauh diatas kelasnya. Ada pembanding motor lain dengan feature yang mirip. Coba kita lihat:

  1. Suzuki Burgman 200 – harga 54 juta
  2. Kymco Downtown 200i – harga 54 juta
  3. Benelli Zafferano 250 – harga 51 juta
  4. Kymco Downtown 250i – harga 68 juta
  5. ada lagi?

Suzuki dan Kymco secara spec berada di bawah Xmax 250.Β  Keduanya itu berkapasitas hanya 200cc yang tentunya berpengaruh pada perbedaan performa tenaga dan tidak dilengkapi dengan traction control.

Sementara itu Benelli meskipun berkapasitas 250cc, namun belum ABS dan berteknologi traction control. Untuk Downtwon 250i, cc nya sama, tapi harganya 13 juta lebih mahal, tanpa traction control pula.

Beli ketiga motor pertama diatas, dikasih uang 10 juta juga menurut saya tetap ga akan kekejar perbedaan spesifikasinya.

Oke itu kalau dibandingkan dengan produk lain. Sekarang kalau dibandingkan dengna harga XMax250 di luar negeri. Di Inggris harganya 4.500 poundsterling = 77.3 juta rupiah. Jadi engga lebih mahal.


Tiga teman saya yang sudah inden XMax ini mengaku tidak mundur saat tahu harganya 55 juta. Maju terus.

Buat anda sendiri mahal atau murah?

Kalau masih merasa mahal, mari silahkan cek faktor-faktor subyektif di atas:

Ga punya (cukup) uang ATAU ada kebutuhan lain di rumah ATAU nyarinya motor lain ATAU anda masuk barisan haters.

14947741_10206130050690860_8293366652020653621_n

Iklan

114 thoughts on “XMAX 250 = 55 Juta. Apakah Kemahalan?

  1. Ini produk global kalau jual kemurahan disini terus jual ke luar negerinya kelihatan jauh lebih mahal jelas timpang karena ada standar harga dari kelas 200cc, 250cc , 300 cc dan 400cc big matic diluar negeri. Pricing produk Global itu ngak segampang yang anda kira ada benturan peraturan perdagangan dunia idealnya harus balance walau pasti jual keluar tetap lebih mahal.

    • Iya R25 dan Ninja 250 produk global juga seperti X max coba dicompare data berapa jual R25 dan Ninja 250 diluar negeri (Siapa tau ada datanya hehe) tapi maaf untuk cbr250rr saat ini belum jadi produk global menurut saya. Karena dari informasi yang saya baca AHM jual cbr250rr baru ke jepang itupun dalam keadaan CKD bukan built up seperti r25 dan Ninja250. Sepertinya di Jepang ada standard lain sehingga produk cbr250rr bisa lolos dijual disana. Mungkin Om Leo lebih tahu.

  2. Yang bilang kemahalan banyakan haters…
    Untuk kalangan tertentu harga segini mah so so lah, toh orang yang ngambil motor ini biasanya sudah dewasa dalam tindakan Dan mapan dalam keuangan..ngga bakal kegiring sama amplopers yang suka banding2in motor
    Asyik juga bonceng anak JJS…

  3. Kalau saya punya uang yang cukup dan kepingin beli matic yang gede maka jelas ambil xmax ini. Menurut saya sangat sesuai banget dengan harganya dan tidak terlalu mahal…. lihat harga PC*150 yang CBU juga udah diatas 40jt..

  4. kmahalan om. mengingat status bukan cbu, perbndingan dgn nmax jauuuhh. cumn melompat 100cc harga hampir 2x lipat. seharusny ga lebih dri 40jt lah .

    • hmmmm kalau logikanya hanya berdasar jumlah cc naik 100, semua motor sport 250cc kemahalan dong. Lha wong sport 150cc nya harganya hanya berapa. CBR250RR itu lebih dari dua kali lipat CBR150.

    • Kayanya kalau cuma liat dari selisih kapasitas mesin kurang bijak yaa
      Masih banyak faktor lain, fitur dan teknologi, build quality dll

  5. Ya kalo emang murah dibeli..
    & lucunya harga lokal disejajarkan dengan harga CBU dibilang gak kemahalan.. 4 produk yang disebutkan diatas itu semuanya CBU ada biaya tambahan pajak..
    Point ini : Beli ketiga motor pertama diatas, dikasih uang 10 juta juga menurut saya tetap ga akan kekejar perbedaan spesifikasinya. = emang ketiga motor diatas ga kena pajak CBU? Lucu sampean

    • Jadi logika yang anda ajukan: Motor produksi nasional, apapun spesifikasinya, harganya harusnya lebih murah daripada motor CBU.

      Kalau lebih mahal 1-2 juta berarti kemahalan.

      Logika anda ini sama saja mengatakan Honda CBR250RR (yang merupakan produksi nasional) harganya kemahalan dibandingkan Ninja250FI (yang sejak produksi Thailand hingga sekarang tidak turun harganya).

      Hal lain: buat pembeli, mereka beli motor, dengan spek terbaik yang uang mereka punya. Mereka beli motor, bukan beli status CBU.
      Kalau ternyata motor CBU speknya dibawah motor nasional itu salahnya siapa? Pembeli? Produsen motor non-CBU?

      Saya kurang begitu mengerti kenapa anda dongkol. Kata orang2 ya: benci boleh, tapi bego jangan.

      Diskusi kita lanjutkan dimana kedua profil sejati kita terbuka depan publik. Ditunggu di wall FB saya mas.

    • Gak Perlu dialenin Om..ini tipikal orang yg suka ngumpet di bawah ketek..perlu diundang sunmori sesekali biar gak cuman bisa bawa masalah

    • @ Gentong : Logika sampeyan amburadul mas.. Selama ini sy sedih, apa hebatnya Thailand sll di-bangga2in kualitasnya lbh bagus.. sama2 tukang jahit n bkn merek sendiri..
      Alhamdulillah YIMM mendobrak itu semua..
      Bismillah ada rejeki gantiin NMax jd XMax..
      Amiinn.. Thx mas Leo..

    • @gentong in…
      Kapoookmu kapan toh leeeπŸ˜ŽπŸ˜ŽπŸ˜ŽπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Dari namanya dah jelas klo dia adalah…
      “seekor hater”
      Mueeeehehehe πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  6. Saya masuk ke golongan yang belum punya uang lebih. Tetapi tertarik dengan Xmax ini. Kalau masih ada yang ngomong kalau produk lain itu CBU dan kena pajak tinggi dan lain, tinggal suruh cari harga jual kendaraan tersebut dan Xmax di luar negeri (negara yang sama). Dan bandingkan keduanya di sana.

  7. Harusnya harga perkenalan 50 JT dulu..nanti naik perlahan lahan ….55jt hrga awal ,sampe akhir tahun ada kemungkinan naek lg nih…kalo daku pnya duit..drpd beli zaferano 51jt …mending nambah 4jt beli xmax..tampang lebih keren fitur jauh lebih Ok..produk China vs Indonesia….Indonesia lebih Ok dong

  8. Assalamulaikum lek leo, saya silent reader blog lek leo, gemes aja mau koment. menurut saya harga xmax kemahalan. kenapa? secara yamaha harusnya bermain di harga bukan fitur toh kalau fitur ditambah nambahnya ya jangan terlalu banyak (menurut saya disini traction control blm penting2 amat dan blm dilirik banget untuk dijual di pasar Indo). awal prediksi dibeberapa blog seperti mas iwb, mengatakan 47-48 jtan pertama kali isu xmax hangat. nah ini menurut saya paling pas harga 47an jt. saya setuju banget sama dod888 hrs kompare dengan harga diluar tapi kan itu semua mtor diatas CBU yang notabenenya kena pajak impor. lah ini bayangkan kalo brand cbu diatas dijual ckd, harga jauh lebih worthed ketimbang xmax skrg (ya setidaknya turun 2-3 jutaan). banyak yg bilang umumnya motor impor lebih terjamin kualitasnya kan? belum lagi direntang harga 45-55jtan yamaha udah ada sports bike r25 dan mt25 disitu yg menurut saya lebih menggiurkan (dr performa)… kalo mau touring2an 50jt juga uda dpt inazuma.. mau sedikit ekstrim? ada crf rally tinggal nabung 8jt lagi… harga 55jtan xmax juga harga promosi, saya itung2 polanya yamaha bakal inflasi harga motor sekitar 5-7,5% dr harga promosi yang kalo dikonversi ke harga xmax nonpromosi adalah 59.125.000 (7,5% peningkatan harga)… hampir 60 jta breeeee… serasa yamaha disini mau kembangin marketshare spesifik di golongan maxiscooter yg ga banyak2 amat peminatnya. aneh bin ajaib krn geliat diawal menurut saya yamaha mau gaet orang2 yg ga cuman hobi.. namun juga gaet org2 awam yg pengin motor matiknya “naik kelas”. tapi nyatanya ga juga. atau dari lek leo bisa pake analogi lain atau penjelasan yg lebih mumpuni dr pemikiran saya diatas monggo direply atau dishare.. trims berat Lek Leo :))…
    FYI : sekedar curhatan dari seseorang yang sakit hati setelah tau xmax diluar jangkauan dompet:((

    • Harga Xmax di UK Β£ 4,499, Suzuki Burgman 200 Β£4,199, Kymco Downtown 300i Β£ 4599.00, Benelli Zafferano $3,299 (gak ada harga UK). Kalau dilihat harga diatas, memang sudah pantas rentang harganya disana.

    • Wa’alaikumsalam wr.wb.
      Sangat menarik.. saya justru ada pemikiran lain, seperti dibuat kelas2 (atau apa ya istilahnya, diferensiasi produk? Cmiiw) pada kendaraan roda 4 (paling gmpg kayak toyota ada tipe E sampe V, mobil kondisi sama beda di velg, aksesoris ekterior, interior+all fitur yg diusung keseluruhan, AT/MT, harga menyesuaikan).

      Nah gimana ya kalo hal yg sama diberlakukan disini?
      Tarik saja utk fitur yg ada sekarang disikat harga 55jt. Bisa saja pengurangan fitur semacem TRC dkk (jd stok nih ceritanya), bisa turun sekian jt rupiah. Abs non abs, versi tertinggi misal selain trc, abs, keyless, dll pasang harga sekian. Bisa jadi dgn diferensiasi semacam itu konsumenn bs byk pilihan maunya dapet Xmax hrga murmer bisa beli tipe “E”, pengen yg tengah2 bisa tipe “G”, atau maunya all in ya sikat aja tipe “V”. Cmiiw

      Tapi sayangnya xmax yg aja ya itu saja produknya. Fix harga 55jt jadi relatif harganya buat masyarakat rata2 Indonesia (yg kaya duit abaikan ye,hehehe). Walaupun yakin dgn yg diusung skrg sebenernya ane condong ke opini “lebih murah/pantas diharga segitu” bila dibandingkan kompetitor dikelas yg sama (sekelas gak harus sama cc nya ya).

  9. Sebagai silent reader saya juga gemas melihat artikel ini. Sudah lama mantengin artikelnya bapak leo. Artikel yg dulu biasany enak dibaca dan di compare.kenapa skg jadi tendensius? Seperti blog2 sebelah yg rawan akan sponsor atau organisasi. Maaf jika berpikiran negatif.
    Sebagai penikmat otomotif yg murni sebagusnya cukup membahas segala keunggulan dan fitur2 dari produk yamaha baru ini-xmax.
    Harganya mahal ??? Ada yg bilang wajar karena fitur yg lebih dari kompetitor..Ok
    Harganya mahal ?? Konsumen yg ingin naik matic 250 cc tp terganjal karena ekonomi, wajar jika mereka mengatakan ini mahal karena tidak sesuai kantong mereka.
    Hargany mahal ?? Ada yg membandingkan harga matic 250 cc status cbu yg harganya selisih sedikit sekali. Perumpamaan logiknya ketika r6 versi amrik sana di jual disini, rantang harga di amrik di kisaran $10,000-12,000, ketika masuk indonesia menjadi (kisaran);$20,000 bahkan lebih karena termasuk pajak import yg besar. Begitu juga matic 250 cc cbu yg skg dihargai di atas 50 jutaan sampai 65 juta setelah pajak. Pasti harga lokal rakitan dinegarany aslnya cuma setengah dari harga tsb cmiiw.
    Harganya mahal ?? Tidak bagi saya, tp saya tidak minat ama matic besar dan lagian di daerah saya kondisi jalan yg buruk dan berlubang tidak memungkinkan pakai matic begini. Lebih enak pake bebek atau trail untuk kendaraan roda 2 nya. Maklum tinggal di pinggiran kebun.
    Yamaha indonesia sebagai pencetus maxi scooter lokal pertama yg ber cc 250cc. Memiliki keuntungan untuk mematok positioning harga. Sepertiny yamaha juga bermain dgn prestige dan targer mereka untuk kalangan kaum tertentu (berduit) dan wajar mereka mematok harga tsb. Hargany di bikin Mahal karena prestige? Jadi sah2 saja ada yg mengatakan ini produk mahal. Sama ketika kita membandingkan jam rolex dgn jam sekelas swiss army. Tidak mungkin kita mengatakan produk ini murah kepada konsumen yg hanya mampu bermain di matic beat atau mio series.
    Salam otomotif bro

    • Okee terima kasih pencerahannya, temen kuliah saya jga sempat kasih pencerahan ke saya atas harga xmax ini, doi bilang xmax itu buat prestige, kalo dibuat aga murah hilang prestigenya, kalangan atas malah ragu beli xmax kalo dibuat aga murah. mungkin kalo dari sisi tersebut masuk akal. xmax bukan motor sejuta umat, hanya kalangan tertentu yang mengerti dan paham saja gimana cara menikmati duit 55 jt yang dikeluarkan dengan motor bongsor nan cantik itu hehe. ty mas dhimas, oklik dan dod88 sudah memberikan penjelasan. ty jga buat lek Leo ditunggu artikel lainnya. saya tertarik juga tuh sama penempatan pricing luar negeri (misal UK, US) dibanding harga dalam negeri/impor antara z900 dan mt-09 2017 (mt-09 2017 blm resmi masuk indo). ‘kawasaki killing price’ kah? mohon dibahas lek leo. trims

    • saya baca dua kali, tapi belum mengerti keberatan bro dimana ya terhadap artikel ini. Yang dianggap yang tendensius dimananya?

  10. Kalo ngeliat kasus nmax, pasti nanti keluar xmax persi murah. Diilangin ABS dan TC, bila perlu keylessnya jg diilangin. Kasih harga dibawah 45, dijamin ga ada alasan lg orang buat beli PCX 150.

  11. target market buyer Xmax 250 sepertinya bukan biker yang cuma punya 1 motor dikandangnya, melainkan beli motor Xmax 250 yang memang dipakai buat jalan kalau baru males pake motor gede di kandang, pakai matic tapi ga terkesan cheap dan tetep dilhat orang “beda”.
    jadi ya, harga segitu sih enggak over price (bagi yang punya duit)

    -saya bukan FB merk tertentu-

    πŸ™‚

  12. mudah2an kalau ada kendala disain yang cacat, recall atau apdet disainnya secepatnya. berkaca dari NMax yg apdet baud dudukan shock belakang dari 12 ke 14, dan sepertinya ada perubahan ECu untuk lansiran 2015 ke bawah (awal) dengan 2016 keatas. Perhatian penting di ABS dan TCS nya juga

  13. ulasan yang ciamik …
    bisa jadi solusi sementara untuk yg suka touring trus pengin ajak istri karena touring pake motor sport/naked ndak ramah istri

    hahahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s