Yamaha MT-09 2017 ATAU Kawasaki Z-900? Ini dia Versi MCN

MCN penasaran. Dari dua motor telanjang 900cc ini mana yang terbaik. Dua editor senior MCN, Michael Neeves dan Bruce Dun, menurunkan laporannya di MCN edisi cetak minggu ini. Apa hasilnya?

17310966_1283288628434436_7628265576662083183_o

Pertama-tama menurut MCN, Z900 ini duduk pada kelas yang unik. Sebagai kelas middleweight 750-800cc, Z900 jelas terlalu besar dengan kubikasi 948ccnya. Untuk kelas Supernaked, juga ccnya sedikit terlalu kecil, dan sudah bertengger Z1000 disana. Begitu pula dengan tenaga 123 HP, rentangnya cukup nanggung, karena hanya berbeda 17 HP dengan supernaked.

 

Catatan:

Kalau menurut saya, justru disini ciri khas Kawasaki. Membuat pasar sendiri. Pada saat sport 600cc gontok-gontokan berebut pasar, dia buat sendiri sport 636cc untuk versi jalan raya. Saat middleweight bakalai di 750cc naked, Kawasaki hadir dengan Z800. Saat biker Indonesia hanya bisa berkhayal dan disuguhi sport 200-225cc satu silinder, Kawasaki hadirkan Ninja 250cc 2 silinder.

 

Begitu pula dengan Yamaha saat menghadirkan MT-09 4 tahun lalu, 2013. Hadir di kelas yang lebih besar dibanding middleweight lain dengan mesin berkubikasi 847cc dan mesin triple engine crossplane. Mesin baru ini dianggap MCN sebagai “one of the best engine in the business” dalam decade terakhir ini.

 

Adalah wajar bila kemudian keduanya dipersandingkan dan diperbandingkan oleh MCN.

zmt

 

Dari sisi tenaga, MT-09 edisi revisi 2017 mengalami banyak penyempurnaan. Respons throttle yang di versi sebelumnya terlalu snatchy, super sensitive, sudah mengalami perbaikan. Tidak hanya itu keliaran mesin CP3 sudah dijinakkan dengan aplikasi traction control yang di edisi sebelumnya tiada.

 

Catatan: Traction control jangan dianggap remeh pada mesin bertorsi gede seperti MT-09. Pada mid corner, slide masih mudah terjadi akibat ledakan tenaga yang besar. Juga pada jalur berpasir. Ini pengalaman 9000km bersama MT-09.

 

Begitu pula ride mode mengalami penghalusan algorithma. Pendek kata, versi 2017 adalah paket MT-09 yang lebih baik ketimbang edisi 2013.

 

Diaplikasikannya traction control, slippery-assist clutch dan quickshifter juga membuat MT-09 jadi lebih nyaman dan aman bagi kehidupan ridernya hehehe…

 

MCN merasakan seat, jok MT-09 lebih nyaman untuk dilenggahi dibandingkan Z900. Begitu pula legroom, atau ruang di area kaki yang lebih luas dan nyaman. Handling sebagai motor bersilinder 3, sedikit lebih ringan.

 

Z900 memiliki beberapa kelemahan menurut MCN. Yang pertama adalah desain yang “pretty conventional”, sangat konvensional dan seperti motor naked silinder 4 lainnya. “A little uninspiring” alias agak kurang menginspirasi. Kelemahan lain adalah kesederhanaan power map. Hanya ada satu mode power. Tidak ada ride mode, traction control, slippery-assist clutch dan quickshifter seperti MT-09. Basic.

 

Meskipun hanya ada single power mode pada Z900, MCN merasakan, settingan standard utk fuel map dan karakter tenaga Z sudah sangat baik. MT-09 kesulitan untuk bisa bertahan melawan Z900 di straight line. Dengan MT-09, MCN harus ganti gigi di RPM lebih rendah agar mendapatkan tenaga optimal. Sementara pada Z900, karakter tenaga yang lebih halus dan luas, “smoother and broader” membuat motor memiliki nafas lebih panjang per giginya.

 

Meskipun MT-09 mengalami penyempurnaan pada suspensi depan, namun MCN merasakan Z900 lebih menawarkan stabilitas pada kecepatan tinggi. Suspensi depan terasa “glides over bumps” melayang halus mengatasi benturan. Sementara pada MT-09, biker harus mengendalikan stang yang lebih bergetar, “dance and snap” di tangan ketika berusaha bertahan melawan Z900.

 

 

Kesimpulan:

Menurut MCN, Z900 adalah paket motor yang dipilih dibandingkan MT-09 2017. Alasannya saya terjemahkan aja ya.

verdict

 

Meskipun memiliki kelemahan di alat bantu elektronik dan desain yang kurang inspiring, tapi Z900 secara umum lebih menarik. Dilengkapi dengan akselerasi inline four yang kuat dan kestabilan seperti kereta super cepat, Z900 smooth, fast, fun and manageable.

 

Yamaha memiliki kelebihan: alat bantu elektronik yang berguna, harga yang lebih murah dibanding Z900 (kecuali di Indonesia mungkin) dan bobot yang lebih ringan.

 

Namun sebagai satu motor yang memiliki kekuatan seimbang, MCN lebih memilih Z900 sebagai motor middleweight andalan terbaru.

Iklan

42 thoughts on “Yamaha MT-09 2017 ATAU Kawasaki Z-900? Ini dia Versi MCN

  1. Menarik sekali …
    Keduanya adalah motor alternatif yang menggiurkan untuk suksesor 250 cc yang selama ini setia menemani diriku … hehehe

    Thanks Om Leo …

  2. Kalo misal saya milyader juga milih Z sih om,lha wong itu mesin masih bebas di upgrade sampe 1000++. Masih dapet embel2 motor terbaru pula..
    Makasih ya om leo.udah nge artiin MCN yg kebanyakan istilahnya saya ngga paham kalo baca sendiri. Ga kepikiran bikin MCN Indonesia om?

  3. Kalo kata temen om Leo yang satu itu, kawasaki curang karena cc nya lebih tinggi. CC nya harus sama persis kalo bandingin…..mgreeenn

  4. Lebih suka mt09 karena signaturenya, mesin dan karakternya, suara lebih merdu dan ga pasaran, torsinya nonjok tenan. Sayang di indonesia masih mahal…. Bertahan di mimpi naik ke rc390+powerpart aja masih agak tertatih.

  5. soal design masih punya karakter MT09 MY 2013, MY 2017 malah kehilangan jati dirinya punya aura Z1000 wanna be.
    masih pilih Z900 walaupun designnya sudah ngebosenin tapi fun to ride buat long trip.

    • Setuju…sasisnya itu loh yg bikin kesengsem…kalo soal silinder yg beda atu g masalah…mt 09 oce bangeedddd

  6. “Yamaha fight back with lower price tag”??
    Yg versi sebelumnya aja masih lebih mahal dr Z900.. gmn yg baru ini yes..
    Seandainya di endonesa bener lebih murah MT09, mnurut sya MT09 sdikit lebih menarik, dgn fitur2 dan bentuknya yg unik..

  7. Ini hebatnya media luar… selalu menilai sebuah motor sebagai satu keutuhan unit dan lebih objektif.. Nilai plus or minus nya hanya berdasarkan variable yang ada saat kita berkendara motor yang sesuai peruntukannya…

  8. Kalau design saya malah jauh lebih suka Z900… dari semua jajaran mt vs Z tetap lebih suka Z… sangar tapi ada kesan elegan…heheh…
    Sayang utk Z900 ini blum lengkap teknologi seperti mt

  9. yang buat penasaran saya kenapa mt-9 MY2017 tidak pake mesin FZ1 di bore down untuk lawan Z900

    maaf om OOT mau tanya ada pengaruh tidak ban di isi pake angin biasa vs nitrogen

    • FZ1 itu mesin R1 lama bro. Justru mesin CP3 MT-09 lebih baru dan ringan. Di luar sisi marketing ban nitrogen, saya prefer isi angin biasa. Kalau kempes saat touring mudah. udara nitrogen dan biasa kalau bercampur tekanan naiknya cepat.

  10. kalo di mari beda Cc kecil aja jadi bahan bully Om..
    trus kls bebek di adu sama ayam jago.. saat si ayam jago punya sebelah MS.nya naik.. bebek sebelah di ikut²in.. ganti MS bebek sebelah naikk, ehhh bilangnya beda kelas.. jall pie nho wi??

  11. ” Kelemahan lain adalah kesederhanaan power map. Hanya ada satu mode power. Tidak ada ride mode, traction control, slippery-assist clutch dan quickshifter seperti MT-09. Basic.”

    ini bener tanpa assist and slipper clutch?
    Setau gw z900 udah ada assist and slipper clutch .ada test rider di youtube bilang ringan banget koplingnya pakai jentik udah bisa tarik tuas kopling.

  12. artikelnya bagus om, klo desain emang agresiv si z series, tapi untuk mt series desain yg pling kuat karakternya cuman mt 09 ,unik dan beda dgn yang lain

  13. “Tidak ada ride mode, traction control, slippery-assist clutch dan quickshifter seperti MT-09. Basic.”

    Om, kata yg lain udah ada om…

    “An Assist & Slipper Clutch was developed based on feedback from racing activities. The clutch uses two types of cams (an assist cam and a slipper cam), offering two functions not available on a standard clutch.”

    bikereview.com.au/news/new-2017-kawasaki-z900/

  14. Sebenarnya, jawaban seperti ini yg sy harapkan dr artikel om leo kemaren. Jd tegas pilih A atau B… Bukan jawaban normatif seperti “kalo doyan begini pilih A, kalo mau begono pilih B, pilihan dad di tangan anda”. Maaf om…

  15. Wogh… Udh ada TC euy
    Jadi gk gampang jengat + slide lagi kalo tour ke jalan naik-turun

    Sdikit review soal mesin FZ1 (R1old) yg saya pake sekarang
    Emang power bawah agak landai ada lemah di banding Z1000 tapi begitu teriak 7000 rpm baru terasa signifikan power naik
    Mungkin karna mapping ecu yg SB Fairing 1000cc di banding MT yg kelas naked (Motard)
    Belum nyoba jg CP3 ini seperti apa
    Kemarin pas launching New R1 blm ada MT09 CP3
    Jadi penasaran kalo MT sekarang lebih baik dari sisi ridding dan power delivery
    Bakal tuker lagi si Viper

  16. Om leo, kalo gak salah waktu itu mcn juga pernah review 4 moge naked, z800, mt09, triump street triple sama mv agusta, result : nomer 1 terbaik triump, kedua z800, ke tiga mt09 baru terakhir mv agusta brutale. Jadi bisa dibilang z800 dan z900 lebih oke ketimbang mt09 menurut mcn ya om? CMIIW

  17. om Leoo wkwk, itu ga salah lebih murah mt-09? pribadi lebih suka mt modelnya sadis abis, tapi 270 jt di Indo CMIIW, kayanya bakalan ambil z deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s