PILIH Kawasaki Versys X 250 ATAU Honda CRF250 Rally?

Kalau 10 tahun lalu mumet karena ga ada pilihan di kelas adventure 250cc. Sekarang mumet karena pilihannya banyak, tapi uangnya terbatas hehehe. Kalau harus pilih salah satu mana yang diambilkah? Kawasaki Versys X250 atau Honda CRF250 Rally?

downloads1

Ini menurut saya. Meskipun keduanya sepertinya menargetkan target pasar yang sama: kelas adventure 250cc, tapi sesungguhnya keduanya dibangun dari basic genre yang berbeda. Honda dari dirtbike. Kawasaki dari adventure tourer. Dan perbedaan itu perlu dipahami karena menentukan turunan karakter yang berbeda pula.

Honda CRF250L Rally

Ini motor yang basic, bangunan dasarnya adalah motor dirtbike. Dirancang dengan sasis kuat, minimalis, dan ringan. Siap untuk terbang dan terbanting-banting. Dengan mesin yang ringan namun meledak torsinyanya. Ga lucu dong kudu lewat kubangan lumpur tapi ambles karena keberatan bobot. Oleh karena itu CRF dibekali mesin satu silinder. CRF juga dibekali dengan suspensi dengan travel yang panjang dan soft untuk memastikan motor tetap penuh kendali saat menghadapi rangkaian impact di dirt track.

Mengalami pergeseran menuju rally, ada beberapa perubahan yang dilakukan Honda terhadap basicnya CRF250L: seat height lebih tinggi 2cm, ground clearance lebih tinggi 1.5cm, perlindungan angin (windscreen dan shroud), tanki yang lebih besar (total 10 liter), bobot naik 11 kg (total 156 kg). Kesemuanya ini agar CRF250L juga lebih cocok utk jelajah lebih jauh daripada sekedar dirttrack.

Kelebihan:

  1. Suspensi USD Showa yang superior.
  2. Chasis tahan banting, wis to percaya.
  3. Mesin satu silinder yang torquey dan terbukti tangguh.
  4. Desain yang ramping dan menarik. Garang.
  5. Dengan sedikit modifikasi, CRF250 Rally ini akan jadi Supermoto utk medan perkotaan yang keren banget. Top dah.

Kekurangannya adalah:

  1. Hehehe Seat heightnya ini akan jadi filter utk rider dengan tinggi tubuh rata2. CRF Rally lebih tinggi bahkan jika dibandingkan umumnya dirtbike. 895mm vs CRF250L 875 mm.
  2. Desain seat kurang bersahabat untuk pembonceng. Apalagi untuk jarak jauh.
  3. Kenyamanan untuk long range riding lebih dari 3 hari. Load yang terbatas, perlindungan angin dan seat yang tipis mungkin jadi penghambat.
  4. Meskipun tangki sudah lebih besar dr abangnya CRF250L, versi Rally hanya memiliki kapasitas 10,1 L. Menurut Honda ini masih memungkinkan daya jelajah sampai 320km.

 

Kawasaki Versys X 250

Untuk kelas adventurenya, Kawasaki lebih menurunkan karakter motor dari keluarga Versys 650/1000 ketimbang dari klan KLX/KX 250 seperti pilihan yang diambil oleh Honda.

Basis mesin dari motor ini adalah Ninja 250FI. 2 silinder 250cc yang paling berkarakter tourer dibandingkan mesin sport 250cc twin silinder lainnya. Karakter tenaga berisi di bawah dan tengah dengan kenaikan power yang relatif linear (rata) dibandingkan dengan R25 atau CBR250RR yang eksplosif. Cocoklah utk jelajah jauh.

Chasis dikembangkan dari nol. Dirancang lebih kuat dibandingkan keluarga 250cc lain untuk memastikan motor bisa memanggul load yang besar, beban dua penumpang dan medan jalan yang keras. Suspensi dirancang lebih besar ketimbang adiknya Ninja 250Fi (41mm vs 37mm). Sayangnya masih telekospik.

Kelebihan:

  1. Karakter mesin tourer nyaman untuk cruising jarak jauh. Sifat 2 silinder juga membuat menjelajah pada kecepatan medium ke atas terasa lebih nyaman dibandingkan 1 silinder.
  2. Space untuk beban dan penumpang lebih luas dan nyaman. Chasis sebagai tourer memungkinkan load yang lebih besar.
  3. Daya jelajah jarak jauh, tanki 17 liter dengan konsumsi kecepatan jelajah antara 23-24 km/liter bisa menjangkau jarak 408 km.
  4. Tinggi tempat duduk (hampir 10 cm lebih rendah drpd CRF250 Rally) yang bersahabat dan membuat pede saat melalui medan sulit.

 

Kekurangan:

  1. Desain atau bentuk Versys yang memang terlihat bulky dan tidak seatraktif CRF250 Rally
  2. Versys (berat 170kg) nampaknya tidak selincah dan sefleksibel CRF250 Rally (berat 156kg) dalam menghadapi medan dirt. Pada kondisi medan dirt yang medium, motor seberat 170 kg (ABS) ini mungkin akan kesulitan.
  3. Suspensi masih telekospik.

 

KESIMPULAN

Kita membicarakan dua motor yang diturunkan dari keluarga yang berbeda. CRF250 Rally adalah derivatif dari keluarga dirtbike. Sementara Versys 250 dari garis keluarga adventure tourer. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak overlap.

Jika anda membutuhkan motor adventure dengan kemampuan dirtbike + tambahan sedikit jangkauan jelajah, spesifikasi CRF250 Rally mungkin adalah the best bike untuk itu.

Namun jika anda berpikir jelajah jarak jauh dengan sedikit fleksibilitas melibas medan ringan dirt, maka Versys 250 lah pilihannya.

Pilihan mas Leo? saya perlu jajal langsung keduanya dulu hehehe…

Iklan

64 thoughts on “PILIH Kawasaki Versys X 250 ATAU Honda CRF250 Rally?

  1. versys x, soalnya nggak suka main tanah, jok lebar, dan ergonomi yg santai, udah inden juga. tinggi jok crf rally yg 895mm terlalu tinggi buat ane, nggak bayangin tiap traffic light jatuh bego gara gara kaki gak nyampe

  2. Lah inimah ga apple to apple bro. CRF lawannya ya jelas KLX 250, yang sama2 pure trail. Buat VersysX gosipnya bakal keluar CB250X basis dr 250RR twin.

    Honda spt lagi hobi bikin banyak model dr 1 platform spt Kawasaki. Diluar udah keluar cruiser Rebel versi 500 & 300nya. Cuma disini yg basis produksinya 250 twin malah agak adem ayem. Apa krn ga sesuai target ?
    Padahal udah bisa diliat roadmapnya, (harusnya) bakalan ada Naked CB250, Adventure CB250X, sama Cruiser Rebel 250, sama kaya 500 twin seriesnya. Cuma ya semua tergantung dr penjualan si fairingnya jg
    Lumayan telak h2h sama lineup 250nya kawasaki, malah mereka blm punya cruiser 250, next Vulcan 250 mungkin ?

    • Bener mas, ttp gak apple to apple. Walau sesama genre adventure all-around, basis awalnya kan beda. Kalo untuk market yg beli untuk life style sih tergantung selera aja. Tapi pasar CRF Rally itu justru ada di KLX/Dtracker 250. Sekarang dgn harga dan kelas yg sama (250cc) KLX/Dtracker jelas sudah kehilangan value. Jd market Versys X akan ttp hidup krn pasarnya lbh ke orang2 yg udh cape touring jarak jauh dgn motorsport fairing. Krn market adventure off road oriented akan ttp memilih motor yg punya kemampuan off road yg baik macam CRF Rally. Ngebandingin 2 motor ini kurang lbh mirip sama Versys 650 lawan Kawasaki KLR. Pasarnya beda.

    • Kedua motor ini dibandingkan karena keduanya ADA dan DIHADIRKAN di pasar Indonesia oleh produsennya sbg lightweight adventure 250cc. Bbrp teman bertanya lebih baik beli yg mana? Artikel saya menulis keduanya berangkat dari basis genre yg berbeda dan punya konsekuensinya sendiri. Artikel saya ga berpretensi keduanya apple to apple. Apple to Pear, di harga 50rb/kilo, buah mana yg lebih cocok utk anda.

  3. I feel bad for KLX/ D-Tracker 250. Hehe. Walau beda peruntukan tapi kalo disuruh milih ya CRF for sure. Versys good option buat tourer sih but . . i need more torque, suspensi dan rangka CRF yang gak diragukan lagi buat jalan Indonesia yang . . tahu sendirilah om. Di sisi lain desain Versys 250 yang gak ngikutin kakak-nya menurut saya sedikit mengganjal di hati. Andaikan sama mungkin respon pasar bakal lebih baik lagi

  4. Tinggal nunggu si susi bawa masuk si strom apa ga….kl masuk dgn spek dan harga bagus….versys sama crf bisa agak meriang dikit….
    Imho…(ane harap strom masuk beneran)

  5. kalo saya pilih versys x 250 om. bulan lalu dapat kesempatan lihat launching di dealer kawasaki surabaya, versys x250 gak begitu tinggi, bentuk body nya selera orang kalo menurut saya tidak seperti kakaknya (versys 1000 dan versys 650), peleknya masih jeruji mungkin untuk kurangi berat motor, untuk yg suka touring bisa jadi pilihan atau yang bosen sama motor yg bungkuk hehehee
    semoga om leo cepat bisa cicipin 2 motor ini dan bisa kasih review. AMIN

    sedangkan crf 250 rally belum lihat fisiknya jadi gak bisa komentar

  6. kalo menyitir bahasa om Leo, CRF Rally ini : “Baji*gan banget desainnya”. Apalagi tampang depannya kaya pake goggle mask. Kerennya nampol banget. Badass! Jadi galau nih pengen ngandangin di garasi hikss

  7. Crf 250l. Kl ketinggian tinggal pake lowering kit (gak tau udah muncul apa nggak aksesoris lowering kit nya, bodo amat). Kl gak suka off road tinggal ganti ban. Beres. Dengan harga 62jt honda lebih oke. Dpt USD, tampilan motor dakar , dan mesin nya emang mesin buat motor genre ginian. Kl versys menurut saya kurang garang. Kaki2 kekecilan sama desain nya saya gak cocok. Ya… Itu pandangan subjektif dari saya.

  8. Ane vote crf om .. apa lg harganya cukup value dgn menyandang status cbu .. desain jg ahhh bikin betah lama2 di lihat, berencana mau jual cbr pekgo buat dp ini motor hehehe …

  9. kurang setuju sm pernyataan crf rally siap terbang…kalo bwt adventure/enduro saya setuju..harga segitu g mgkn suspensi kuat terbang..suspensi thailand msh keras untuk di ajak terbang..bobot pastinya msh d atas 110 kg n krn msh steel frame.. harga motor yg siap loncat dr husky,ktm,gasgas,beta,dll. paling murah 130an jt. bahkan gazgas motor lokal dgn suspensi fast ace aja udh 65 jtaan lbh.

  10. Wah ini CRF modif supermoto,dah jadi B*ji**an jalan raya,..perpaduan torque & tampangnya mengintimidasi biker depannya
    CRF 250 Rally vs Dtracker 250 mana yg lebih agresif tp lincah om ..buat kota2 aja sie

  11. Kalo saya jelas pilih CRF. Kenapa?

    1. Motor bisa melibas trek tanah lumpur banjir sungai dll

    Ya cuma itu aja udh cukup buat jd alasan ngga pilih versys 250. Kenapa?

    Saya tanya , apa bedanya pake versys sama motor2 lainnya?

    Mau nyaman cuma jalan di jalan aspal? masih nyamanan naik matic, mobil dll. Tapi kalo mau melibas trek rusak ya cuma CRF yg bisa.

    Mau buat video atraksi ngelibas hutan ala2 go pro ya cuma CRF yg bisa.

    Intinya, versys fungsinya masih bisa digantikan kendaraan lain. Buang2 duit beli versys

  12. Apa cuma gue yang malah lebih suka desain Versys (walau de javu sama megiprok) ??? CRF250 desainnya dirt bike abis 😀 ..
    Setuju tuh seat height jadi kendala banget..

  13. Kalo dari 2 ini hati pilih crf tapi otak pilih versys…buat touring jarak jauh lebih enak dan bisa bawa load lebih… Kalo ada v strom saya pilih itu pasti..

  14. Maaf sy bkn fb lorenzo…cuma aneh aza ga ada satu pun bloger yg bahas kedatangan jl ke jkrta..ada apa ini….kok pd kompak bgt ya….satu blog bahas berita A..yg lain ikutan…ntah siapa copas siapa….kalo om leo g bahas mah wajar secara beliau ada di ossi…la yg lain pd kmn nih….hellow ducati….anda musuhan sm bloger ya?

  15. Mas, mana artikel zx10r nya? Katanya bakal review lengkap…, yg jkeluar malah ini…, jangan jadi master PHP kek mbah dukun dunk, tiap kali ngomong akan akan akan, kagak keluar2 artikelnya…, kek janji pilkadut…

  16. Crf rally? Tetep aja orang ngliatnya motor trail
    Mau terabas & terbang? Yg hoby garuk tanah juga gak akan milih motor ini
    Mau buat rally? Dimana?
    Mau turing? Ngantor & jalanan becek? Siap2 cipratan kotor dari roda depan dah..
    Kan ada spakbor depannya? Udah pernah coba motor genre ky gini belum?
    Gak punya boncenger? Situ jomblo?

    • Setuju bos. Menurut ane crf rally adalah turunan motor enduro dengan spek disesuaikan untuk jelajah lebih jauh ala rally paris dakkar itu. Sedangkan versys lebih ke adventure tourer buat jalan raya dengan sekali kali menikmati jalan berlubang dan jalan tanah. Tinggal lihat kebutuhan pembeli aja lebih sering dipake buat apa, sesuai kebutuhan enggak. Jangan sampe beli berdasar look saja. Secara pribadi saya cenderung ke versys, karena memang lagi cari motor kedua buat di daerah dimana masih banyak jalanan jelek dan berlubang. Memang tampang tidak sekeren kakak2nya di cc yg lebih gede, tapi fungsi nya pas banget buat ride harian saya dengan kombinasi jalan raya dan berlubang, bukan garuk2 tanah.

    • Betul, pengalaman pakai dtrack250 dan crf250L pun sama2 aja gitu.. jadi serba tanggung sebetulnya.. dipake harian kurang nyaman, dipake off road juga repot.. Memang enaknya cuma buat seneng2..riding2 selap selip d kota masuk off road ringan trus pulang.. kalo dipake full daily ato full touring bahkan full off road mah repot.

  17. crfr ini emang menggoda banget disainnya, apalagi diliat dari depan ahh seksi… cuma ya itu sayang seat hight nya tinggi banget, trus tempat duduk boncenger kecil, dan paling ane sayangkan ya tangki bbm yang 10,1liter aja

  18. Kayaknya yang dah pada milih cuman milih doang dan seandainya beli tapi ga beli hehehe (pake ilmu sales).

    Kalo ada duit beneran mau pilih CRF mengorbankan perasaan boncenger (emang enak dibonceng jok model trail), eh ujung2nya belinya Versys hahaha…

  19. saya udah inden crf250rally… padahal belum liat langsung… cuman baca2.. gak ngurus tinggi saya cuma 165.. bawa z800 sering jatuh bego.. mikirin tinggi badan malah gk nemu motor idaman..
    kenapa saya pilih crf, berpetualang di aspal kena macet terus.. mau migrasi ke tanah aja.. di kampung saya juga lebih banyak jalan tanah daripada aspalnya.. sekalian mudah2an nih motor bisa nemenin saya berburu..
    terutama gara2 model makanya saya pilih motor ini.. rencana mau saya pakekin knalpot freeflow kayak dakar dan pakek roadbook biar kerasa naik motor dakar hehehehehe…
    melirik motor crf rally gara2 liat gambar ini http://enduro21.com/images/racing/2016/10._October/Rally/First_Look_-_Yamahas_Stealthy_WR450F_Rally_Bike/yamaha-wr450f-rally-dakar-black_NPO_16_RS_0428_1200.jpg

  20. Versys lebih orientasi ke jalan raya.. bener kata kang bro utk turing jauh trus ketemu off road ringan masih okeh, memang orientasinya seperti itu…

    CRF Rally memang basicnya motor “light adventure”.. kenapa saya bilang light adventure? Karena CRF250L juga gak pure dirt bike kyk CRF-CRF yang lain, tenaganya okeh tapi dibawa off road mah ampun deh berat om capeee!..

    Jadi kykny urusan gravel mungkin crf bisa unggul tp gakan jauh2 amat, tapi urusan highway versys menang hands down, dari mesin twin, jok, windshield yakin lebih nyaman
    Kalo utk desain, Rally emg cakep abis.. versys memang kurang sangar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s