NEW GSX-R150 dan GSX-S150 Menurut Saya

Nama besar clan GSX-R sulit dipatahkan. Beberapa tahun berturut-turut (2011-2013) GSX-R600 dinobatkan di Eropa sebagai motor sport dengan KESEIMBANGAN performa dan kenyamanan terbaik (MCN). Itu bukan polling pesanan pilkada lho hehe..Mayoritas yang pernah merasakan dan
membandingkan dengan kompetitornya akan mengatakan hal serupa. Dan sekarang kawan-kawan, derivatifnya bisa anda miliki di garasi: GSX-R150 dan GSX-S150.

14947447_1209742059069281_6860564874621992372_n

Foto: Permana Triaz

Ahh cuma 150cc om Leo!

Nah jangan salah. Kelas 150cc itu kelas yang penting. Selain matic, di kelas inilah market terbesar penjualan motor bangsa ini. Bangsa yang market motornya terbesar kedua atau ketiga dunia. Jadi besar tho. Kelas ini yang akan jadi basis market bagi kelas-kelas diatasnya. Di kelas ini pula tantangan
para pabrikan berada. Memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang relative kritis bahkan rewel dengan paket yang ditawarkan. Pengen mesin galak tapi irit, pengen ridingnya sporty tapi nyaman.
Suzuki tidak pakai pusing, kedua-duanya dijawab dengan menghadirkan GSX-R150 dan GSX-S150.
Keduanya merupakan sabetan awal dari strategi Suzuki Motor Corporation

Keduanya merupakan sabetan awal dari strategi Suzuki Motor Corporation (SMC) Japan untuk 5 tahun ke depan. Ada total 100 rencana strategi bisnis sepeda motor, menghadirkan GSXR150 dan GSX-S 150 hanyalah tahap awal. Ngerii.

GSX-R150

suzuki-gsx-r150-1_2

Cukup familiar dengan GSX-R600, runtang runtung 3 hari penuh dgn motor ini, saya merasa Suzuki berhasil mempertahankan beberapa kekuatan utama clan GSX-R pada kelas 150 ini.

10845757_791766404253330_7277839190579788926_o

Salah satunya adalah ciri khas desain yang everlasting, bertahan lama. Gaya GSX-R mungkin bukan yang paling agresif tajam robotic. Tapi disitukekuatannya. Seri GSXR600 K8 designnya masih tetap enak dipandang meskipun sudah lama beredar. Menurut saya Suzukipun menerapkan ini pada GSXR150. Masih memadukan kurva lengkungan yang manusiawi.

Perhatikan aliran dari fairing, tanki hingga buritan. Dugaan saya desain GSXR150 ini, seperti juga kakaknya, akan awet nyaman dilihat untuk jangka waktu yang lama.

suzuki-gsx-r150-5suzuki-gsx-r150-9

Dan saya kira itu kunci kenyamanan dari sportbike GSX-R150. Kehandalan mesin Suzuki yang terkenal yang dikendalikan oleh handling motor yang sangat friendly dan human-touch.

Kekuatan mesin Suzuki pada kelas/harga yang sama dengan rivalnya saya kira masih diatas rata-rata. Handal tidak rewel dengan kualitas material yang setingkat di atas umumnya.

Itu tentang desain dan kekuatan mesin, dua faktor penentu utama bagi konsumen di Indonesia. Sementara itu masih ada bonus-bonus lain yang ditambahkan sebagai gimmick pada GSXR ini seperti seperti LED Headlight, LCD Speedometer, Easy Start System dan Key-less Ignition telah digunakan.

suzuki-gsx-r150-7

Kerennn …

GSX-S150

unnamed1

Membangun versi naked dari versi sport bukanlah hal mudah. Ini tidak hanya sekedar mencopot fairing dan menggantikan dengan headlamp independent. Dibutuhkan kepaduan desain yang cantik dan tidak terkesan asal bongkar pasang. Memperhatikan foto-foto yang beredar, menurut saya Suzuki sudah melakukan dengan baik transisi dari sport menuju naked. Paduan desain shroud undercowl dan headlamp terlihat terpadu meskipun mandiri. Desain headlamp benar-benar out of the box. Diturunkan dari desain Suzuki B King. Area depan terlihat lapang, memungkinkan alternative pemasangan plat nomer. Aplikasi mini windscreen akan memperkokoh aura street fighter dari motor ini.

unnamedgsxs

14963533_1210009405709213_1135133231_o

Foto: Permana Triaz

Itu dari segi desain. Sementara dari aspek performa mesin dan handling, tentu GSX-S tidak kalah bahkan mungkin lebih nyaman karena ergonominya dibandingkan GSX-R untuk harian.

Motor versi naked tentu akan membuat area mesin lebih terekspos. Keliatan deh kualitas material dan finishingnya seperti apa. Ga perlu kawatir dengan GSX-S150. Buka-buka-an ayo aja. Kekar dan rapi juga kok!

KESIMPULAN

GSXR150 dan GSXS150 hadir di tengah persaingan sengit new CBR150R dan R15 yang mengambil jalur desain tajam yang tajam dan agresif. GSX family menjadi alternative dengan signature design yang humane dan elegant. Memiliki GSXR150 dan GSXS150 akan membuat ridernya tampil berbeda, bete ga sih kalau banyak yg nyamain. Sembari merasakan sensasi performa mesin yang powerful ala Suzuki dan kenyamanan handling ala clan GSXR.

Berminat? Klik langsung http://www.suzukigsxrs150.com.

14923888_1210008829042604_926078223_o

Foto: Permana Triaz

——————–

Penulis: saya familiar dengan Suzuki Crystal dan RG150. Punya sendiri Suzuki Shogun 110 dan Skywave 125 yang menurut saya terbaik pada masa itu di kelasnya.

Iklan

45 thoughts on “NEW GSX-R150 dan GSX-S150 Menurut Saya

    • Saya pake thunder 125 om keluaran taun 2005. Saya pake sampe sekarang jarak total udh 250rb km lebih om. Masih sehat wal afiat. Turun mesin d 2015 desember bukan karna rusak, karna d saranin bengkel langganan z, itu jg cuma naekin seher bore 1,00. No complaint kecuali sparepart yg susah akibat jarang dealer, n kelamaan make g rusak2 jd bosen jg hehehehehe

  1. menurut saya sih memang design suzuki Gsx-r/s ini memang ganteng.

    yang jadi permasalahan adalah karna suzuki sudah lama absen persaingan, yg membuat orang lupa Ciri khas suzuki.

    disamping itu persaingan Yamaha dan Honda membuat tren sedikit mengiblat hanya pada dua merk dengan bentuk yang mirip-mirip.

    memang soal ciri khas saya lebih sreg yamaha ketimbang honda,
    honda terlihat selalu mengimprove design yamaha, ataupun kawasaki.

    sdangkan suzuki selalu mandiri dari sisi design.

  2. kalau saya secara pribadi tidak akan membeli motor2 suzuki.
    alasannya bukan karena kualitas yg jelek, tapi karena after sales yang sangat-sangat-sangat buruk.
    dulu raider125 teman si F mogok, kita capek2 nyetut 20km akibat mogok, dealer cuma bilang besok kita cek antrian banyak (padahal sepi) beberapa hari kemudian di bilang kalo musti ganti karbu, pendingin oli, rantai kem, klep dll ujung2 temen ngambek koq ngasal gitu, bawa ke bengkel tepi jalan ternyata karbu pj mj nya sumbat parah dan pendingin oli juga sumbat. jadi di bersihin doang.

    lain kasus lagi temen ane si W puny satria f, motor udah gk enak banget, di bawalah ke dealer yg sama.
    banyak point2 service yg musti di benerin.
    dan simekanik cm SERVICE RINGAN n GANTI OLI. padahal batok yg goyang, body bunyi2, piston rem depan keras, baut stang yg hilang kagak di apa apain, temen ane komplen dan si mekanik bilang…”pengunjung gk boleh masuk ruang mekanik, kalo baut2 ini hilang yah kamu ambil sendiri sm orang depan minta sm dia” cukup 2x ke dealer suzuki dah.

    temen2 yg lain punya motor suzuki gk ada yg mau bawa ke dealer2buat service. motor gk beres yg ada makan hati.

    keluhan2 konsumen juga gk terlalu di dengar.

    om leo pasti tau dealer sebelah jembatan tol wakakakaka

    • yg di Cikupa? pengalaman saya service Skywave malah bagus disitu. Plus waktu kunci plus kunci serep hilang, mereka bersedia kirim mekanik dan parts ke rumah untuk pasang.

    • Wkwkwkwk…sengaja dipreteli kok suruh betulin to beb..klo mmg pendingin tersumbat ya ga cm dibersihin,piston jelas ngancing,tau kan klo piston ngancing akibatnya apa..loe ha mgkn bisa nyetut 20km,yg ada loe dibawa pk ambulance wkwkwk..
      Klo mau servis besar ya bilang servis besar,klo loe diem aja ya dianggap servis ringan,ntar smua dibenerin loe kaga punya duit…mknya punya motor jgn cm isi bensin doang..jgn2 mogok cm kehabisan bensin beb..wkwkwk

    • suzuki hayateku yg terbaik..telahmenemani hari2ku dari 2011sampai sekarang..sudah 80000km lebih..blm ada penggantian yg berarti…paling oli rutin, sama vbelt roler..baru 3x ganti..lainnya blm ada yg ganti apa lagi turun mesin…ini fakta..bahwa suzuki memang awet dan bandel..

  3. Iya bener desain yang gak terlalu wah dan terlihat biasa aja malah terlihat everlasting
    Kayak kayak cbr 150/250 thailand yg headlamp sempak
    Terlihat kalem gak agresif garis desain gak tajam tp ttp aja nyaman dilihat sampai skarang

  4. Sayang jok boncenger mnurut saya kurang manusiawi/moderat ketinggiannya. Terutama knp y yg versi naked pke split seat jg…cb klo dibikin tandem spt vixi/ncb pasti lbh enak buat harian dan boncengan.

  5. Suka banget dengan tampilannya kedua motor ini, cuma yg jd pertanyaan bagaimana sasis yg digunakan? Mesin bagus tanpa handling mumpuni rasanya percuma

  6. “Kekuatan mesin Suzuki pada kelas/harga yang sama dengan rivalnya saya kira masih diatas rata-rata. Handal tidak rewel dengan kualitas material yang setingkat di atas umumnya.” Agree with you

  7. Dikelas sportbike 150cc, suzuki fxr150 menurut saya desainnya pun amat sangat timeless. Masih enak sekali dipandang dan disawang. Padahal motor tuwir.

    Nggak tau deh untuk kedua motor terbarunya suzuki ini.
    Musti lihat langsung dulu baru bisa menilai hehehe…

  8. Sayang ya sasis dan swingarm FXR ga dipake lagi, yah tapi bisa dimaklumi sih, dengan kondisi suzuki sekarang memang lebih bijak melakukan penghematan biaya R&D, satu sasis bisa buat 3 model sekaligus termasuk Satria FI. Jika terpaksa ada salah satu yang harus disuntik mati, ga akan rugi terlalu banyak

  9. Frame gsx r150 putih velg gold beda sama yg gsx r150 biru ya mas? Yg putih gold foot step boncengannya dilas langsung ke subframenya, sedangkan gsx r150 yg lainnya knockdown pake baut.

  10. 10 Tahun pake Tornado ga rusak-rusak, Suzuki memang awet, cuman ya gitu aftersales agak anu. Mungkin bisa dikembangin kedepannya satu Bengkel bisa buat Suzuki dan KTM.

  11. Tpi jujur aja ya om,ni generasi baru desainnya menurut saya jelek om apalagi yg naked,masih ganteng thunder edisi terakhir daripada s150 dan jauh lebih ganteng fxr/cbr karbu daripada r150. Mesin oke,fitur lumayan,tpi desainnya gak bgt

  12. Secara model dan ergonomi, bagus banget! Minus motor ini ada 1, sasisnya ngumpet. Sportbike itu menurut saya rupa sasis harus dipertegas (dipertontonkan), contoh seperti di CBR150R old dan Vixion / R15…

    • Justru secara pengalaman, motor sport yang sasisnya bagus handlingnya enak, contoh CBR250R dan Yamaha R25. Dibanding Ninja 250 sasis ngumpet kaya motor lawas, handling paling gak enak, meskipun power memang boleh diakui paling besar.

      Dan rata-rata motor sport sekarang sasisnya itu posisi ada di luar, karena memang desain seperti itu untuk handling lebih bagus. Beda sama motor lawas, sasis modelnya cuma di tengah. Seperti Scorpio, Tiger dll.

      Lihat aja motor balap Moto3, Moto2 sampai MotoGP. Sasisnya mencolok banget. Tidak ada kan yang cuma di tengah seperti motor lawas yang saya sebut di atas?

  13. Yang komen di artikel ini mayoritas udh kelamaan di suapin produk sama YIMM & AHM. Hehehe.. komentarnya “kenapa jok gak kya vixion/cb aja?” Atau “kenapa headlampnya ngga kya cb/vixion aja?” Wkwkwkwk.. ini kalo dibalik pertanyaan nya kan mereka bingung jawabnya “CBR/CB/R15/Vixion kenapa gak pake mesin DOHC Overbore aja kya GSX?” Nah lho.

    Ini sekedar opini pribadi aja ya, dulu itu kita bangga pake CBR150. Bukan cuma soal ini motorsport fairing cbu yg langka pada jamannya tapi bahwa CBR150 mewarisi nama besar CBR yg bikin kita bangga kalo duduk di atasnya. Itu dulu saat CBR150 masih langka.
    Sekarang walau dgn mesin yg bisa dibilang kurang reliable dgn klan CBR pun para rider all new cbr150 ttp bangga kan. Nah, kali ini lain lagi, bukan cuma pake nama besar GSX, tapi GSX 150 series pake mesin yg notabene kita tau kualitas nya seperti apa. Kuat, powerful, dan awet. Dan bisa bangga kan kalo ditanyain naik motor apaan lo? Naik Ge Es Ex. Mau yg 150, 600, 750, atau yg 1000, naik GSX!

    • Yg komen familiar dgn Yamaha L2G, Suzuki A100, Yamaha RX King, Honda Tiger, Honda CBR K45, Suzuki Let’s, dan Yamaha Mio.

  14. Siap-siap pake sampe bosen kalau beli suzuki….apalagi kalau ntar gak ada gantinya….bingung pake skywave 125 dari 2009 sampai hari ini masih bagus aja dan lebih sering dipake ketimbang pcx….:-D

  15. Wah bakal ada yg kena tabok gsx nih..
    Power to weight,power spec,harga..di atas kertas…
    Nunggu review balapan standar di sirkuit nya om,….
    Januari 2017 ada isu kenaikan pajak dan bbn kendaraan….takut takutnya ada titipan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s