Mengapa Rossi Begitu Dibenci Para Haternya?

 

Karir Rossi tentu tidak selalu cemerlang. Namun dia sangat fenomenal dan dicintai begitu banyak penggemarnya. Tapi ada juga sekelompok orang yang membencinya. Mengapa? Menurut saya ada dua alasan utama:

motogp-valencia-gp-2015-valentino-rossi-yamaha-factory-racing

  1. Karena dia mengendarai motor yang para haters benci

Rossi sudah membalap dengan pelbagai pabrikan: Aprilia, Honda, Yamaha, Ducati. Saya fans Rossi apapun motornya sejak 1998. Tapi bagi sebagian orang pilihan motor adalah pilihan fanatic yang tidak bisa ditawar. Pokoknya motor merek A terbaik, sisanya taplak semua. Nahhh ndilalah Rossi kok pas naik motor merek B. Ya udah sakit hati dan benci luar biasalah. Padahal bagi Rossi dan pabrikan pertimbangan memilih bekerja sama atau tidak berdasarkan betul-betul pertimbangan logis. Apakah saya/kami bisa menang? Apakah perjanjiannya menguntungkan? Faktor-faktor yang bisa berubah karena pertimbangan rasional. Sayangnya para haters di kategori ini bukan kelompok rasional. Saya ga bicara latar belakang akademis atau pekerjaan lho, bisa siapa saja.

  1. Karena dia melawan pembalap yang para haters dukung

Kelompok ini masih mendingan dibandingkan kelompok pertama. Karena hubungan dan persaingan antara pembalap sangat cair dan berubah-rubah. Tegang di satu/beberapa seri atau season, namun hangat di seri atau season lainnya.

 

Kita tentu berharap jago kita menang, dan kecewa jika tidak.

Tapi santai sajalah, engga perlu cinta atau benci yang berlebihan. Ini hanya game, bukan mata pencaharian. Atau gimana?

118 thoughts on “Mengapa Rossi Begitu Dibenci Para Haternya?

    • di gimbal sama marques om, pake motor rc213″cacat”v aja serem, apa lagi taun depan udah di perbaiki, musim 2014 terulang apa gak serem

  1. saya penggemar asal bukan rossi om, terserah mau marquez, lorenzo atau vinales, yg penting persaingan ketat, biar ndak mirip liga itali atau jerman. kalo ndak muenchen ya juventus yg juara.. lebih seru format liga inggris, persaingan merata sampai2 leicester city tim medioker bisa juara mengalahkan tim2 kaya. kl motogp msh ada jurang antara tim satelit dengan factory. dari moto nyambung bola, ya seperti itulah om. hahaha.

    • Bener bgt apalagi kayak kemarin, rossi jatuh trus fensnya katanya pada matiin tipi hahaha… Kalo gt rossi balapan sendiri aja dong :p

    • bener banget om, gak cuma di blog, di youtube hampir semua video tentang rossi dan/ pembalap lain, pasti banyak (tidak semua) fans rossi yg menjelekan pembalap lain, stoner, jlo, marc,

      fans stoner jlo marc pun juga ada yg seperti itu, tp tidak separah fans rossi dalam gal membully pembalap lain (mungkin gara2 fans rossi lebih banyak ya)

    • Wkwkwkwkwk dan kebanyakan (bukan semua loh ya) pens mbah oci itu yg kurang ngerti motor (tapi banyak juga yg emang master motor), apalagi setelah insiden sepang 2015, temen2 ane aja yg tadinya ga nonton motogp sama sekali tau2 belain mbah oci

    • ya namanya nonton suatu balapan atau suatu pertandingan ya yang mau diliat ya pujaannya yang bermain atau yang dia suka, ya biarin aja suka suka dia kalo rossi jatoh pada matiin tv ya wajar aja, lah yang dia suka atau dia idolakan sudah kalah dan gak lanjut main buat apa diliat? ya masa iya ibaratnya ente suka club bola chelsea pas ada madrid ente dukung, ada liverpool dukung, pea namanya :v wkwkwkw

    • Hahaha iya ya itu hak masing2, ane ga masalahin itu kok, yg masalah kebanyakan itu yg menghujat pembalap lain, pembalap lain ga ada salah tau2 diserang wkwkwk kan bingung adek bang.

  2. Namany jga haters om leo,,,pertanyaan itu jga berlaku buat rider yg lain πŸ˜€πŸ˜€.
    Dan apa yg kita sukai ga harus org lain ikut suka jga dg ap yg kita suka,,ya saling respect aj si sbnrny

  3. Banyakan sih point pertama yg dijadikan alasan…. Mereka menganggap merk lain taplak…pdhl bisa jadi merk yg mereka sembah taplak yg sebenarnya….πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    • betul..padahal yg selalu podium tuh klo gak yamaha ya honda,,, gitu terus..sebenarnya bedanya cuma 11 12 koq…
      heran gue sampe ada yg bilang yg merk a kualitasnya kayak cina punya, sedangkan yg b kualitas eropa, wkwkwk

  4. Saya bukan benci sih hanya kurang suka atau kecewa. Awal musim saya bukan fans, hanya mendukung. Namun semua berubah setelah race di PI.

  5. Wkkwwk kalau motor A anggap motor lain taplak, maka motor B anggap motor laen tisu meja makan πŸ˜€

    haters akan selalu ada bagi orang yang berprestasi, apalagi selevel Rossi.. Yang sok sokan berprestasi aja ada haters nya, tp itu karena kelakuannya sih bukan prestasinya huahahha..
    keknya dibanding rossi, haters lorenzo lebih banyak malah πŸ˜€

  6. w o o ada yang baper :D, sama saja dengan yang lain pak

    kalau soal benci-bencian, malah kasus jolor yang lebih menarik buat dibikin artikel

    nguk

  7. sama aja lha ….kenapa banyak juga yang benci MM93 atau Jlo..hehehehe nothing special terlalu di besar2kan sok bijak mode on

  8. Rossi sudah membalap dengan pelbagai pabrikan: Aprilia, Honda, Yamaha, Ducati. Saya fans Rossi apapun motornya sejak 1998.
    ++++++++++++++++++++++++++++
    nah saya jadi penasaran dengan pernyataan Om Leo tersebut, jika Rossi nanti pensiun apakah Om Leo masih menonton MotoGP ?
    kalau masih nonton berarti sebenarnya Om Leo adalah fans MotoGP yang kebetulan saat ini menjadi fans Rossi dan suatu saat akan memiliki idola baru setelah Rossi pensiun, sedangkan jika jawabannya tidak maka Om Leo adalah benar-benar fans Rossi bukan fans MotoGP, karena merasa bahwa tanpa Rossi MotoGP menjadi tidak menarik lagi πŸ˜€

  9. Karena rossi adalah motogp…rossi dunia balap prototype..walaupun ada marques ‘lorenzo dll takkan pernah selevel rossi soal ketenaran..dari iklan saja rossi mendapat 1,7 triliun dlm setaun jauh dr smua …tanpa rossi motogp mungkin kan bernasib spt f1 yg di tinggal pensiun michael schumacher..dan penontonya turun drastis dan sekarang pemilik f1 menjualnya ..

  10. klo ane mana yg enak ditonton aja dah, ttp pensnya motojipi, ane bukan pens bg oci tp demen liat bg oci balapan, nonton bg oci seperti nonton om ali di ring tinju, kgk nyari pole position trus lgsg ilang,.basii nontonnye

  11. mungkin hanya membalas kelakuan fans vr yg terlalu memuja vr dan merendahkan pembalap lain.
    “silahkan memuja asal jangan merendahkan lainnya”

  12. Untuk mslh skil,aku akui MM93 pny sgalanya.muda,berbakat,hebat.
    Tp di era 90an VR46 jg punya skil yg istimewa.
    Angkat topi buat VR46.diusianya yg udh tua msh bs duel lawan pembalap muda.di situlah istimewanya.

    Buat MM93,jk emang dia pny skil yg bagus,dia bs coba pindah2 pabrikan spt VR 46. Biar org bs menilai pembalap itu yg bagus skil nya atau motornya.

    • Ducati sebelum kontrak paduka horhe itu minat sama markuwes cuma ya gitu dah maharnya mahal om makanya ga jadi. Lagian juga pasti dikekepin sama ha-er-se dan repsol, secara dr awal karir si markuwes di support penuh sama repsol

  13. kalo sudut pandang gw ya, walaupun gw bukan hater. gw mah asik2 aja, dulu jg ngefans Rossi. tapi belakangan MENURUT GW doi kurang sportif. kejadian menuduh dan menyalahkan marquez bahkan menendangnya menurut gw itu batas akhir gw fans ama doi. tapi bukan jadi hater karena dari kecil dan agama gw gak pernah ajarkan kebencian.
    yes i know fans rossi akan bilang itu salah marquez yg kurang ajar mainin rossi. kayaknya dulu rossi jaman berjaya juga kelakuan mirip marquez dah. korbannya biagi, sete gibernau dll.

  14. Saya suka lihat rossi kalah/jatuh/sial..pokoknya berantakan, krn dng begitu hampir pasti dia akan penasaran utk titel ke-10..Krn klo sdh 10, mau ngejar apa lg? Pensiun pun layak dan motogp hilang ada gregetnya.. Apakah saya hater??

  15. Setuju Pak, yg penting gak berlebihan atau sampai fanatik buta.

    Sy fans balapn GP sejak awal 90 an di era Wayne Rainey Yamaha, Doohan Honda sama Schwantz Suzuki. Sebelumnya sy pegang Rainey juara GP500 90-91 berturut-turt. Tahun 92 Doohan muncul makin kuat melawan Rainey, sy pindah jagokan Doohan. Tpi kmudian Doohan gak beruntung crash di Assen dan harus absen beberapa seri. Kaki kananya hampir di amputasi karena kejepit sprocket belakang. Kemudian Rayney jdi juara musim 92 utk ke 3x berturut-turut. Tahun 93 Rainey dan Schwantz bersaing ketat sampai kemudian giliran Rainey highside di sirkuit Misano. Karir nya berhenti selamanya karena cacat. Schwantz jdi juara musim balap 93, selanjutnya pilih retired di 94 stelah mengalami cedera serius jga dihantui oleh kejadin yg dialami Rainey.

    Mnurut sy semua pembalap top level punya skill bagus, tinggal faktor luck dan motor nya aja. Sy gak bisa bandingin skill Doohan,Rainey, dan Schwantz krena mreka mengalami situasi dan kondisi yg berlainan.Beda motor, beda tim dan beda keberuntungan.

    Sama jga dg Rossi, Marquez, JL dan Pedrosa masing2 punya cerita yg gak sama. Rossi sendiri udh beda angkatan dri yg lain, Pedrosa dg skillnya, harusnya paling gak satu kali bisa juara motogp. Tpi faktor luck nya kurang,sering dapet cedera serius.

    Fanatik buta merk jga gak ada value nya Bro. Sama jg gonta-ganti mobil atau punya dua, tiga mobil sekaligus yg merknya sama semua, lucu jdinya he he he. Pembalap pun sering pindah pabrikan, itu bukan hal yg tabu.

    Motogp dan balapan lainnya sebagai hiburan aja. Jdi bag dri hobi otomotif kita melepas kepenatan, bukan malahan jdi penyebab stress. May peace be upon us.

  16. salah besar analisanya.

    fans rossi lah yang mulai membully siapapun yang ngalahin rossi.

    kalo gue sih simple : rossi gak bisa menang di ducati. artinya dia pecundang.

  17. Jadi penggemar rossi sejak SMP ampe sekarang hampir 30th, alasanya kalo dia menang pasti ada hiburan after race,burn out, dan lain2.. kalo pembalap yg lain main masuk pit langsung. Serta pandai memainkan emosi penonton, g ngebanyangin klo motogp g da hiburannya,, selesai balap, masuk pit, podium , dah selesai

    • ngomongin satar? tu orang dari dulu benci rossi mau di ducati sekalipun ..ini artikel emg menjurus ke satar, mulut bisa berkata tidak, dri tulisan” terlihat….. oh ya satar juga fans Jl loh yg pke yamaha. gmn dengan yg punya blog tentang asal bukan honda dan anti JL? soal artikel diatas cukup 1 bintang dari 5…….

  18. Biar gk jadi fans karbitan, nonton film “hitting the apex” dulu lah..
    Yg jelas klo bisa jurdun di lebih dari satu pabrikan lebih bagus..
    Dan #99 lagi mencoba itu.. Yg lain??
    Tau berani apa kgak… Hahahaha
    *ane fans Rossi lho om..

  19. Yup jawaban-nya karena fans rossi begitu merendah-kan pembalap lain ( ga’ semua sih tapi buanyaak ).
    Tapi point nomer satu menarik karena selalu memojok-kan salah satu merk kayak sales mogeh, blogger nyinyir ( tuh sempat komen diatas) sama blogger2x papan atas yg main-nya aluussss banget ( samar tapi jelas arah-nya)

  20. fans rossi dari 2002 (mulai tahu GP), pernah ngefans sama stoner di 2007, trus ngefans lorenzo mulai 2009, jadi fans marquez dari 2013. hilang respek sama rossi pasca philip island 2015, ketika ia mulai nuduh marquez ‘mainin’ race. sedih lihat living legend ‘nendang’ rising star berbekal dugaan bantu pesaing dia di sepang 2015. saya mungkin satu dari banyak yang mulai enggak/kurang respek sama rossi pasca insiden2 tadi, dan dari situ mungkin rossi haters mulai lahir. ada aksi, ada reaksi. gitu kali om, soalnya sebelum tuduhan philip island dan insiden sepang 2015 setau saya rossi haters tidak terlalu banyak

  21. Kok tumben artikelnya kali ini agak kurang berbobot sih om Leo.

    Saya suka baca blognya karena om leo selalu menghadirkan artikel bermutu, dan point of view yg berbeda dlm penulisan artikelnya.

  22. Kayanya lahir haters Rossi Karena ulah Rossi sendiri. Phillip island Dan SEPANG menjadi awal buruk hub Rossi Dan Marc .. disitulah haters bermunculan, padahal kalo gak ada mereka berdua gak seruu motogp,. Kalo hanya ada Rossi ,marc gak ada gak seru, begitu pun sebaliknya

  23. Yes, saya setuju kang.. Saya fans Rossi apapun motor dan keadaannya. Bahkan saat doi kudu jatuh bangun bareng GP11, GP12 hingga GP12.2 sekalipun. Tak pernah saya berhenti untuk mendukungnya. Saya suka The Doctor karena skill dan pembawaannya. Bukan motor jenis apa yang dia kendarai. Walaupun doi bakal pindah ke Suzuki, atau KTM sekalipun

  24. Saya dukung rossi…utk jurdun ke 10x. walaupun motor kesukaan honda. motor harian yamaha dan honda. Honda bagus..tp yamaha jg bagus. Sante wae lah…

    • ini yang selalu dipungkiri beberapa pihak.. kalau benci rossi otomatis dibilang pemakai fanatik honda.. πŸ˜€

  25. MAAF JUSTRU yang Parah itu pendukung fanatik ROSI. banyak yang kurang menghargai pembalap lain dan senang menyerang personal klo lagi debat.

  26. Udah nikmatin aja, namanya jg hiburan..toh mereka yg aktornya jg klo d luar lokasi syuting minum bersama kq kita sbgai penonton saling lempar dialog..hidup kebanyakan drama

  27. Yang gak suka Rossi kayanya jarang deh, kalau yang gak suka sama fansnya mungkin banyak…

    Sekarang pertanyaannya dibalik: Kenapa fans Rossi selalu gak suka sama rider rival / pernah mengalahkan Rossi?

    Contoh: Gibernau, Stoner, Lorenzo, Marquez. Who’s next? Kayanya Vinales bakal dimusuhi juga…

    • Saya kira selalu ada fans yang tidak dewasa. Begitu juga di kubu yang tidak menyukai. Buat saya mereka, terutama Marquez tetap fenomenal.

    • Komentar anda cocok kalau pertanyaannya “APAKAH VR Dibenci Haternya?” .
      “Jelaslah yang namanya hater itu membenci, gak mungkin mengagumi.”

      TAPI dalam judul ini pertanyaanya adalah: “MENGAPA … BEGITU DiBENCi haternya”. “Apa alasannya?”
      Sehingga respons anda jadi irrelevan.

  28. Ane baca semua komen2 dan mayoritas sama kek ane om leo, kebanyakan kaga benci rosi tapi benci FBR yg nyampah/nyacat di mana2. Kaga hargai pembalap lain. Liat no di IG FB motogp dll terkait motogp. Komen ta*/thumbs down dll. Dan heramnya mayoritas FBR indonesia paling nyampah di fanspage2 tersebut. Jijik liatnya alay gitu kebanyakan FBR indonesia. Liat rosi balapan fighr sm JL, MM mah seneng aja

  29. Selain yg om leo sebutin mungkin ini juga sebabnya…..masih ada hub dengan poin 2
    mungkin karena emang rossi konsisten kompetitif (kecuali 2th di ducati)
    Itu yg jadi heter nya numpuk (fb rival mulai jaman biaggi sampw marc)
    Hehehehe

    Bagi gw yg penting motogp balapane seruu kayak tahun ini, yg menang gonta ganti….ga 4L.

  30. Kalau saya boleh jawab biasanya karena fans fanatiknya suka memberikan pendapat yang bersifat spekulatif untuk menjelekkan atau menjatuhkan image pembalap lain terutama rival utama. Saya nggak bilang semua seperti itu, tapi kalau dilihat di situs-situs olahraga seperti crash misalnya atau di situs MotoGP-nya sendiri ya mayoritas reaksi fans fanatiknya rossi seperti itu.

    Saya sendiri lebih minat mendukung tim daripada pembalap, karena menurut saya pembalap itu karir-nya nggak panjang, sementara tim biasanya lebih awet. kalau dukung pembalap pasti ada kalanya ketika pembalap itu pensiun kita kehilangan gairah. Sementara mendukung tim lebih menarik menurut saya karena talenta pebalap gak akan habis. Bahkan kemungkinan akan ada talenta baru yang lebih hebat dari pebalap sebelumnya masuk ke tim yang kita dukung.

    Pengakuan (ada pembalap yang lebih hebat) seperti itu yang biasanya nggak dimiliki oleh fans yang mengidolakan hanya seorang pebalap. Ketika melihat ada talenta bagus yang mungkin lebih baik dari pebalap favoritnya hadir di lintasan, mereka akan mulai mengeluarkan asumsi-asumsi untuk sekedar membuktikan bahwa pebalap favorit-nya lah yang terbaik. Ini yang menurut saya kurang sehat dan sering kali dibenci oleh fans pebalap lain bahkan oleh orang yang sekedar menikmati olahraga balap.

  31. Saya cuma penikmat gp aja. Kalo idola antara vr sama mm saya pilih mm. Tapi kadang suka kasian juga sama rossi yg pengen jurdun buat ke 10 kali, respect aja sama semangat nya. Tapi ya kadang sifatnya kayak baperan gitu ya. Terus fans fanatik nya juga kadang ga terima kalo dia kalah, bully rivalnya. Ya intinya jadi fans sewajarnya aja lah. Berlebihan itu tidak baik hehe

  32. dan 2 tipe ini juga merupakan fans Rossi :v
    padahal semenjak 2015 haters paling banyak adalah hatersnya MM.. apalagi semenjak minggu kemaren habis race di jepang, jumlahnya sudah digandakan kanjeng dimas πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s