Jelajah Alam Liar Pulau Penjara Nusakambangan

 

Kesempatan terlihat bagi mereka yang siap. Tanpa diduga seorang petinggi di salah satu Lapas di Nusakambangan menawarkan kita untuk riding off-road jelajah pulau itu. Gilaaa.. ga pakai ragu2 kita sambut tawaran langka ini.

(silahkan disimak videonya)

 

img_2921

Nusakambangan memiliki jalur utama aspal yang menghubungkan 7 Lapas dengan Pelabuhan Penyebrangan Sodong. Namun jalur diagonal itu hanya menjangkau sebagian wilayah. Sebagian besar wilayah lainnya masih merupakan jalan tanah atau berlumpur pada saat hujan. Bakal jadi pengalaman yang luar biasa buat saya nih…

Mesipun tidak membawa gear yang memadai kami ber-6 dengan 5 motor siap sekitar jam 9 pagi di depan satu lapas untuk mulai gass…

Motor yang dipakai adalah kendaraan operasional Lapas: Kawasaki KLX150. Dalam satu dokumen kebijakan yang saya dukung penyusunannya memang dituangkan setiap Lapas di Nusakambangan membutuhkan kendaraan off-road. hehehe ga disangka sekarang saya bakalan ikut merasakan.

img_2810

Ada dua petugas Nusakambangan yang mendampingi, keduanya cukup mahir atau setidaknya terbiasa dengan KLX150. Saya sendiri bisa dikatakan awam. Memang pernah punya KLX150 sebagai hadiah doorprize dari Kawasaki. Tapi mungkin hanya 30 menit jam riding saya dengan KLX sebelum ini.

Selain saya, Gatot pengalamannya cukup terbatas dengan motor kopling, terakhir 4 tahun lalu mengendarai King. Satu orang lainnya anak Byson, satunya lagi ga bisa naik motor kopling malah sehingga harus digonceng.

Jadilah kami rombongan cupu hahaha…

Untungnya medan masuk kategori light dan KLX150 motor yang jinak dikendalikan. Ringan, mudah dikontrol. Sehingga rombongan Cupu ini pun bisa menikmati perjalanan.

img_2896

Hutan lebat tinggi menghimpit di kanan kiri track. Membuat riding menyusuri jalur ini pada kecepatan menengah memberi kesan masuk ke terowongan hijau raksasa.

screen-shot-2016-10-03-at-10-12-52-pmscreen-shot-2016-10-03-at-10-13-16-pmscreen-shot-2016-10-03-at-10-15-39-pm

GIla seru banget… beda dengan pengalaman touring on the road. Setiap jarak yang ditempuh terasa lebih intens dan berbeda. Engga ada tuh istilah bosan atau ngantuk, karena otak disodori sensasi indera yang berbeda.

img_2833

Hempasan tanaman di tangan dan helm. Jalur bergerinjal belasan km. Tubuh yang melakukan counter leaning agar bisa bermanuver cepat.. luar biasa!!

img_2908

Kondisi rute yang dihadapi berkombinasi mulai dari jalur tanah, jalur kapur, lumpur basah yang genit dengan ban, maupun berbatuan naik turun bukit.

I’m hooked!! benar-benar jadi ketagihann…

Tidak terasa rombongan cupu inipun tiba di tepi pantain Bantarpanjang. Yang menghadap laut selatan dan sebagian Pangandaran.

Screen Shot 2016-10-04 at 5.46.58 AM.jpg

screen-shot-2016-10-04-at-5-49-48-am

Pantai yang indah dan perawan. Tidak ada jejaak turis di sisi sini. Tidak ada anak kecil yang bermain. Hanya ada pantai yang panjang, bersih, lengang. Saat dipantai ini bertemu dengan sekelompok Nelayan yg stuck dengan perahunya. Mumpung masih ada banyak tenaga, ayo kita bantu dorong!!

 

IMG_2864.JPG

 

IMG_2869.JPG

 

 

 

 

Iklan

17 thoughts on “Jelajah Alam Liar Pulau Penjara Nusakambangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s