Apakah Harga 74 Juta Rupiah Overprice utk CBR250RR ABS?

 

Reaksi dua hari ini cukup keras. Sebagian menyesalkan penetapan banderol harga CBR250RR ABS yang menyentuh harga 74 juta rupiah yang dinilai terlalu mahal. Apalagi kemudian TMC blog mengeluarkan analisa NJKB yang menunjukkan HPU (Harga Penjualan Umum) CBR twin silinder yang hanya berselisih 1.2 juta rupiah dengan CBR single silinder.

http://tmcblog.com/2016/08/31/njkb-cbr250rr-abs-dan-non-abs-disinyalir-cuma-beda-12-juta-bro-harga-otr-bakal-berapa-yah/

Menurut om Leo bagaimana?

CoNV7LDUMAA0IMA

  1. Rentang harga sejak launching sudah dinyatakan. Berkisar antara 69-74 juta rupiah. Yang dibaca jangan hanya 69 nya, tapi juga 74 juta rupiah. Jadi kalau diumumin 74 Jt ya jangan kaget.
  2. Sulit menentukan satu motor overprice atau tidak sebelum keluar spesifikasinya secara resmi. Kita perlu tahu top performance yang ditawarkan seperti apa baru bisa mengatakan apakah CBR250RR overprice atau tidak. Jadi jangan terburu-buru dan reaksioner.
  3. Bocoran tahun lalu dari Honda Japan malah mengatakan dengan spec yang tinggi, harga CBR250RR mendekati nilai (dalam rupiah) 80 juta. Jadi kalau nilainya menjadi 74 juta menurut saya ada kemungkinan telah terjadi penyesuaian terhadap kondisi ekonomi dan pasar.

 

Konsekwensinya kemudian ada dua:

  1. Market CBR250RR menjadi lebih segmented. Penetrasi pasar dari user pengguna motor 150-200cc akan semakin terbatas. Bisa positif bagi pemilik karena motor menjadi (sedikit) lebih eksklusif, nilai kepuasan kepemilikan terjaga. Namun juga bisa negatif karena volume jual akan (sedikit) berkurang. Kok “sedikit” mas, nilai uang 5 juta rupiah, saat kita bicara angka 74 juta rupiah memang relatif kecil.
  2. Problem terbesar adalah: bagaimana jika kemudian keluar motor 250cc dengan spek yang sama tingginya tapi dengan harga yang 10 juta rupiah lebih murah? Ah hipotetis ini mas, berandai-andai. Tidak juga. Produsen motor PASTI memperbaharui produk flagshipnya. Dan dengan mundurnya delivery CBR250RR ke akhir 2016 atau 2017, rentang dengan hadirnya produk baru mungkin tidak akan selama yang dibayangkan.

 

Iklan

68 thoughts on “Apakah Harga 74 Juta Rupiah Overprice utk CBR250RR ABS?

  1. “bagaimana jika kemudian keluar motor 250cc dengan spek yang sama tingginya tapi dengan harga yang 10 juta rupiah lebih murah? ”

    .
    .
    .
    kode nich

  2. Menurutku reasonable mas, krn ada fitur yg tergolong baru di kelas 250. Tapi kejayaan itu tidak akan lama, sipesaing sudah menyiapkan pembunuh cbr250rr.

    Prediksi tjd 2 tahun lagi Akan tjd “feature Saturate”.

    • hmmm feature yang menurut saya bisa mempengaruhi harga:
      1. Handling harus lebih baik
      2. Suspensi USD
      3. Tenaga harus lebih baik sebarannya.

      diluar itu saya anggap sebagai bonus yang mestinya tidak signifikan pada harga.

  3. Mau nambahin problem satu lagi om, hehehe
    Gimana nanti kalau XMAX hadir, walaupun beda genre, tapi kan yang namanya motor skutik lebih menyasar ke semua orang. Ora mboyok lan santai πŸ˜€ YIMM senyam senyum

  4. Kalo dari desain saya sih lebih seneng ninja fi lebih sangar. Kl gak gila fitur sih ninin fi masih gak out of date dan desainnya masih cukup bisa bersaing

    *efek liat lgsg cbr 250rr di giias kemudian antiklimaks gara-gara liat aslinya begitu dsn ternyata menang fitur doang*

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    • fitur apa.. riding mode ?? atau gas spontan
      pengen tau cara kerja riding modenya.. bener lewat maping ecu yg beda pada tiap mode apa cuma kalibrasi thortle by wire aja yg dibedain tiap mode..

    • fitur si cbr kan ada riding mode, laptime counter, throttle by wire, upside down depan, dual barrier muffler, drl yang jadi satu sama sein,

      jadi kalo gak gila sama semua fitur, pake ninin fi cukup atau r25 *menurut saya lho ini. bukan BC atau apapun*

      karena ya saya liat sendiri secara langsung, aslinya emang antiklimaks apalagi yang warna item doff itu. kalau yang merah mungkin bisa “mendongkrak” tampilan si cbr itu sendiri πŸ™‚

      *IMHO*

    • Persis seperti pernyataan temen saya sesaat setelah pulang dr GIIAS. Ah… heboh di internet doang, lihat langsung ternyata biasa2 aja, tunggu all new Ninja aja lah, begitu katanya, wkwkwkwkwkwkkkkkkk……… Kalo saya sih blm bisa koment apa2 krn blm lihat langsung dgn mata sendiri.

  5. Dan dengan mundurnya delivery CBR250RR ke akhir 2016 atau 2017, rentang dengan hadirnya produk baru mungkin tidak akan selama yang dibayangkan.

    KOde keras, bakalan adamajor facelift dari ninin dan Rjigo dengan bentangan harga yg jauh dibawah CBR mungkin tambahan USD+slippery clutch sdh ok tuh. secara rangka juga mereka bertiga masih mirip2

  6. takutnya sasisnya mudah berkarat spt Verza. kan masih satu pabrik. material gak jauh beda. klopun beda bisa saling tukar πŸ˜€

  7. Hm….kl benar segitu cocok nya buat biker2 moge yg pingin 250cc fitur moge. Kl utk yg mau naik kelas dari 150cc juga bagus kok. Pasar kita ini IMHO orientasi harga nya berdasarkan kubikasi contoh seprti “wah 600cc ya, pantas mahal” dsb. Padahal terdapat kelebihan2 lain yg ditawarkan dgn harga yg memang terkesan mahal utk motor2 kubikasi kecil seperti kualitas material,perakitan,after sales, dan sensasi berkendara. Bisa dilihat contoh nya adalah Yamaha MT-125 di eropa. Tapi ya tentu nya pendapat saya ini sangat bertentangan dgn kondisi ekonomi dan politik di Indonesia. Mungkin nanti jika kualitas hidup di Negara kita sudah jauh lebih mapan

  8. Klo ngerunut pengalaman om leo di blog ini menurut ane yg paling santai ngadepin cbr ini ya R25. Yamaha tinggal keluarin mesin yg on spec originally. Secara om leo sendiri yg merasakan R25 unit test lebih beringas dari sabina n otomotifnet dyno dpt 32 whp. Perubahannya sekitaran handling n usd aja, ama minor body. Klo kawasaki kyknya lebih bnyk perubahannya, secara ninja 250 memang lebih berumur.

  9. Iya nih harus liat keseluruhan dulu klo bicara harga..

    Klo dri desain, bagus, tp garis2ny itu g ngalir byk tonjolan dan lipatan yg kurang pas…

  10. Terlalu mahal. 250cc disini rata rata cuma kejar suara nikmat 2 silinder dan tampang ganteng.
    Performa? Asal udah bisa cepet dapet 100 kpj dibawah 10detik udah bagus bgt. Ga semua pembeli 250 cc itu terkesan dgn fitur n performa berlebih. Toh suaranya sama saja dgn ninja r25 dan inazuma jika dikasi knalpot racing. Ga ada difernsiasinya. Jd ninja 250 masih memiliki value yg lebih baik. Imho

    • Yg paling terasa diferensiasinya itu adalah benelli tnt250. Suara macam 3 silinder. Tampang lumayan. Sayang merknya bukan h. Y. K. Juga tenaganya yg lemot sangat di rpm rendah

  11. pertanyaannya adakah motor kompetitor yg di facelift dengan benchmark spek CBR 250 rr minimal dengan USD, full led, extra power dengan harga selisih 10 juta dari harga CBR 250 rr, sekarang aja ninja ABS SE dah nyentuh 68 jutaan, yg paling mungkin sih R25, cuma umurnya baru 2 tahun, ga tau udah balik modal atau belum..

  12. saya justru penasaran sm build sm riding qualitynya.. fitur melimpah kalo build sm riding qualitynya kurang wah sih mending saya stay pake cbr250 single.. tp klo berdasarkan akal sehat, harga segitu wajib ngasih build sm riding quality bagus..

  13. Ping balik: Apakah Harga 74 Juta Rupiah Overprice utk CBR250RR ABS? – Green Revolution

  14. pengalaman saya dibidang pengadaan barang, istilah “overprice” itu baru akan muncul setelah melakukan komparasi antara dua (atau lebih) produk yg setara spesifikasinya (termasuk fitur yg setara)

  15. Menunggu tes ridenya dulu nih, baru bisa bandingin mas bro/om leo.
    Fitur fitur baru boleh berjibun, tinggal sesuai ato nggak sama kenyataannya? Atau cuma iklan saja yang wah.. dalam hal ini aku maksud performa dan handling.

    Aku malah berfikir, jangan sampe nnti pabrikan lain keluarin produk baru juga, trus fitur mirip mirip CBR250RR, dan akhirnya pabrikan lain tersebut meninggikan juga harga jual produknya.
    Kalo itu terjadi yang sedih para bikersnya, dari 150-200cc mau naik kelas ke 250cc dua silinder, harganya terlalu jauh berbeda.

    Itu menurutku mas bro/om leo. Belakangan ini aku ngikuting postingan blognya, menarik bahasannya!
    Salam dari rider R25 Semarang

  16. Kalo ngomong cbr250rr kok malah ga kepikiran overprice apa gak, tapi jadi kepikiran YLKI aja DP 5jt tanpa speck yg jelas….kalo batal ga bisa balik.
    Wait n see aja, sambil nunggu rc250 seken

  17. r25 aja sama ninin harga 11_12, fitur disamain ama cbr, beda harga 10 jt, kecuali r25 usd sama ambilnya dari xabre, plg banter beda 5 jt an, imho

  18. Upside down, lampu led, speedo meter canggih… keren sih.. tapi namanya motor kenceng.. beli 250 cc pasti sekali kali ingin ngerasain > 150 km/ jam..
    Begitu jatuh, nabrak.. Perbaikan .. abis berapa tuh buat restorasi ???
    Buat kaum orang haayyya oke lah ..karena duit ga masyalalalah…

    • Kalau ane ya ane tahan dulu mah. Terus rajin2 browsing OLX, sapa tau ada lagi yang jualan Super Blackbird harga 50 juta lagi kayak dulu. Ciyus om, ada yang jual harga segitu. Area Jawa Timur pokoknya

  19. Dan akhirnya saya udah lihat langsung si cbr stereo ini di lampu merah kota saya.warnanya item doff strip kuning klo ga salah,kotor banget krna habis nembus hujan, Plat W masih putih. Tampilan dari blakang klihatan wah (mungkin krna masih asing di mata ya).
    Buat yg udah punya stereo di rumah ga perlu ngebet ganti cbr deh kayaknya ya.. dan saya stuju harga sgitu belum bisa dbilang kemahalan selama blm ada stereo lain yang, ya minimal usd kayak si cbr ini. Kita pasang usd sendiri dgn kualitas yg ga bikin deg2an juga ga murah kan?. Kalo masalah ride by wire dsb kayaknya perlu nyoba sendiri biar tau apasih bedanya. Ow iya kalo DRL yg bisa jadi sein juga bukan barang baru buat yg hobi modif/pasang fariasi.

  20. Valuenitas cuman buyer ndiri yang bisa nentukan om. Kalau menurut saya, Harga segitu cukup lumrah karena ada embel2 rr om. Kalau R doang pake harga segitu ya maap aja kemahalan. IMO

  21. Tdk ada keberanian…(tepatnya mah ahm penakut) dr AHM bwt cantumin power berat motor jg harga krn nunggu pergerakan dr kompetitor….buat saya mah aneh aza…kek beli lemper yg jelas ujudnya tp ga tau isinya abon apa daging ayam

  22. Ga yakin ada motor dengan spek, dan bahan matrial sama dengan cbr250rr bisa lebih murah 10jt rupiah dr cbr250rr?!
    Atw kawasaki dan yamaha maupun suzuki hingga ktm mau bikin motor sama atw lebih baik dari cbr250rr dengan harga 64jt rupiah???
    Tantang nyalimu kawan!!!

  23. Salah satu alasan yang ngeracunin pikiran buat maen motor lagi, dari sejak penampakanya pertama kali di release… Smp niat cari tau spec detail,review dan harga pastinya yang smp detik ini msh blm dpt harga yang sebenernya, tapi bgt dgr desas desus rentang harga yang berkisar di angka 70jt niat itu pupus seketika hahaha…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s