Perbandingan Riding Position CBR250RR – Ninja 250Fi dan R25

 

 

Bagaimana dengan riding position CBR250RR dibandingkan Ninja 250Fi dan R25 mas? Saya kira ini salah satu pertanyaan yang utama selain performa tenaga.

Kelas 250cc ini memang kelas all-rounder. Pasar maunya semuanya terpenuhi. Ya nyaman buat touring, tapi juga sporty. Terlihat keren dan racy tapi ga pegel. Mewah, high spec tapi ga mahal. Di kelas atasnya, diversifikasi ke varian yang berbeda mudah dilakukan. Lahirlah kelas-kelas hybrid seperti sport-tourer, sport-adventure dll. Di kelas 250 cc ini agak mumet dan dilematis bagi pabrikan.

Collages1

Bagaimana ketiga pabrikan: Kawasaki-Yamaha-Honda menginterpretasikan bacaan mereka terhadap kebutuhan pasar yang sering paradoks itu? Mari kita lihat pada jajaran Sport-tourer 250cc ini.

 

Dengan menggunakan overlay saya mencoba membandingkan ketiga motor tersebut. Pivot point nya adalah poros roda. Wheelbase ketiganya memang berbeda. R25 1380mm, CBR250RR 1389mm, dan Ninja 250FI yg terpanjang 1400mm. Ada perbedaan masing-masing 1 cm pada sumbu horisontal. Namun ini tidak mengubah rasio vertical, sehingga cukup aman untuk saya coba mengasumsikan selisih tinggi antara handle bar, seat height dan footpeg dengan menggunakan cara ini. Note: Titik yang dituju ada pada titik teratas huruf kedua dari inisial. Jadi titik handlebar CBR ada pada titik teratas huruf “B”. Untuk mendapatkan gambar overlay yang lebih besar dan jelas silahkan klik gambar.

 

Perbandingan CBR thd Ninja.

Collages

 

Disini terlihat, meskipun designnya sangat mirip dengan moge Ninja yang pure sport alias tajam, Ninja 250FI memiliki tingkat riding position yang paling tegak. Posisi tempat duduk lebih rendah dan posisi handle bar paling tinggi + paling dekat dengan pinggul. Artinya untuk long riding cukup nyaman. Namun untuk kebutuhan sport yang agresif mungkin membutuhkan ubahan yang cukup signifikan. CBR terlihat posisi duduknya lebih ke depan, alias forward. Begitu pula posisi stang yang lebih rendah dan ke depan. Secara teori ini mestinya membantu handling saat cornering apalagi dengan spesifikasi suspense yang upside-down. Posisi footpeg hampir identik. Dengan banyaknya dan murahnya footpeg custom, posisi kaki mudah disesuaikan.

 

 

Perbandingan CBR thd R25

Downloads2-004

 

R25 dikenal lebih sporty handlingnya dibandingkan Ninja. Meskipun, tentunya tidak se-sporty kakak2nya keluarga YZF. Saat dibandingkan dengan CBR terlihat R25 juga sedikit lebih tegak riding positionnya, meskipun tidak setegak Ninja. Posisi pinggul sedikit lebih rendah dari CBR, begitu pula posisi stang lebih tinggi dan dekat ke pinggul dibandingkan CBR. CBR sekali lagi terlihat lebih maju ke depan (forward), dari titik seat position dan handlebar.

Pada R25 ubahan yang paling sering dilakukan, termasuk Sabina, adalah menurunkan stang sekitar 2-5mm. Ini akan membuat posisi stang lebih rendah dan ke depan untuk membuat handling lebih sporty dan tajam. Juga ubahan menggunakan adapter footpeg.

 

KESIMPULAN

 

Jika dibuatkan urutan mulai dari posisi riding yang paling tegak (nyaman utk jarak jauh) hingga ke yang paling sporty (handling tajam) BERDASARKAN GAMBAR maka akan seperti ini menurut saya:

 

Ninja 250 (point 76) – R25 (80) – CBR (82) – skala sporty riding 0-100.

 

Saya kira perbandingan di real life riding, antara Ninja dan R25 memang seperti itu. Antara Bianka (Ninja 250FI saya) dan Sabina (mantan R25). Apakah CBR memang lebih sporty dan tajam handlingnya ini yang perlu dibuktikan langsung. Aspek “kempitan” alias lebar seat dan body saat riding juga perlu dirasakan langsung, tidak bisa hanya melihat foto/angka.

Asumsi lain, sebelum pada protes, ini adalah kondisi motor standard. Tentu saja bisa dimodif dan kemudian berubah signifikan.

Disclaimer: Dengan menggunakan penghitungan matematis dan simulasi yang lebih ilmiah akan didapatkan hasil yang lebih akurat. Namun dugaan saya perubahan kesimpulannya tidak signifikan.

 

 

Iklan

63 thoughts on “Perbandingan Riding Position CBR250RR – Ninja 250Fi dan R25

  1. menurut saya kalo sport ya bikin sport murni, kalo masih mikirin “Nyaman” mending pakek matic aja,, kalo bikin gk usah setengah”,,,, misal kayak R6 born from the paddock

    • pada rider YANG SAMA kalau disuruh mengendarai ketiganya, mungkin akan lebih cepat lelah CBR250RR dibandingkan R25 dan Ninja.
      Tapi beda rider, beda style riding dan ketahanannya. Ada yang bilang R25 pegel, ada yang ga berasa.

  2. “Bagaimana dengan riding position CBR250RR dibandingkan Ninja 250Fi dan R25 mas? Saya kira ini salah satu pertanyaan yang utama selain performa tenaga.”

    BUKAN! pertanyaan yang utama dan terutama adalah cakepan mana, berisi mana, tampang aka ekterior adari ll new CBR 250 ini di bandingkan ninja zx2 reborn? terawangan bapak leopold ini patut di tunggu karena info insider yang diterangkan artikel cbr sebelum ini dan artikel ninja 4 cyl beberapa waktu yang lalu :p

  3. kok cbr250rr keliatan nunduk nunduk begitu ya? kira kira napa om leo?
    apa karna cbr250rr malu yg buat honda AHM jadinya nunduk nunduk begitu. heheheh

  4. Om…, di Oz khan tempat pelabuhan terkahir zx2 selain Malaysia, test ride dunks om…, khan bisa di sisipin versi baru gmn…

    #usaha

    • ya betul mas. utk riding position tidak ada perbedaan. saya ambil foto itu krn paling jelas dan besar resolusinya saat googling.

    • Tidak ada patokan yg pasti sih. Saat jual Ninja 250Fi krn memang butuh cc lebih besar. Er6 dan R25 dijual karena pindah ke Australia.

  5. Sebenenarnya setelah kejadian R25 gagal takeover dominasi ninja250 risini ada banyak asumsi yang muncul. Salah satu yang udah real nya CBR sudah tidak lagi jomblo, desain ciamik dan spec yang mewah. Asumsi lainnya yang muncul ini katanya

    – Line-Up Ninja 250 dilengkapi ke Spec 4 cyls?
    – R-25 terlalu premature untuk facelift tapi katanya ada special edition? dengan asumsi spec mepet mepetin CBR 250 RR?

    ahh namanya juga asumsi entah usaha pabrikan yang main di kue ini buat meredam hype nya CBR 250 RR, entahlaah. hahaha. Overall welcome CBR 250 RR, The game changer.

  6. saya rasa design ninin 4 cyleder ngak beda jauh dgn yg sekarang, yach bejabanlsh ama cbr rr, tapi dari sisi harga , akan buat segment yg beda, yg 4 cylinder konsumen moge yg pingin beli maenan baru buat dipake sehari2x,

  7. Untuk masalah “kempitan” kayaknya bisa di kira2 deh om misal ada gbr cbr yg tampak dari atas. Kalau sama r15 tinggian mana om? Kalo r15 masih bisa diakalin mapas jok 1cm biar punggung sama pundak gak cepet pegel.

  8. Menurut opini ane sbg wong awam,agak susah jika harus menjual Ninja 250 atau R25 demi mendapatkan CBR250RR. Akan lebih pantas untuk orang yang ingin naik CC,dari single silinder ke twin silinder. Harga 60 – 70jt,akan lebih worth it jika membeli ER6N second,torsi & tenaga 2x lipat dibanding CBR250RR. Tapi bagi yang punya duit dan gengsi tinggi,monggo wae lah…..hehe

    • Kita tanya Om Leo aja,yang udah pernah punya ER6N. Setau ane selama piston msh 2 sih,ga beda jauh2 amat sama 250cc. Kecuali 600cc 4 piston,maknyuss tuh jajan nya..hihi

    • “Setau ane selama piston msh 2 sih,ga beda jauh2 amat sama 250cc. ” jumlah silinder itu hanya satu faktor yg pengaruh ke sensasi tenaga. Faktor kubikasi atau ukuran cc juga sangat penting selain derajat TMA. Ga bisa bilang RC8 yg 1290 cc sama dengan ER6 sama dengan 250cc krn sama2 dua silinder.

  9. Tks Om Leo masukannya,yang saya bilang ga beda jauh2 amat disini dari segi konsumsi bensin dan sparepart(maybe),kalo tenaga dan torsi ya beda jauh. Misal jajan sebulan ER6N disandingkan dengan R6 atau ZX636,sama2 600cc tapi beda piston dan prestige. Masih terpaut jauh jajan-nya ga Om? Klo RC8 mah udah V-Twin,lebih liar lagi tenaga-nya dibanding ER6N,tks

  10. Entah salah lihat atau gak..cuma R25 saja yang bagian mesinnya kelihatan lebih padat ketimbang kedua rival. hha..*bukan fby cuma salah satu pemilih mt25 yang selalu dikira byson baru, asyemm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s