Update: Honda CBR1000RR edisi Euro-4 2017

 

Sembari nunggu launching CBR250RR yg, khabarnya, akan dilakukan beberapa hari ini di pusat Jakarta, kita pantengi dulu abang terbesarnya: CBR1000RR 2017. Setelah hampir 10 tahun tidak mengalami perubahan yang mendasar, Honda akan melepas edisi update 2017 dari si pedang api, CBR1000RR.

Tahun 2017 memang menjadi tahun refresh bagi banyak produk karena diberlakukannya Euro 4. Termasuk CBR1000RR.

 

IMG_1151

MCN melakukan reka teknis berdasarkan dua informasi: patent US yang didaftarkan dan sumber internal. Dan berikut temuannya:

  1. Mesin baru. Akan melepaskan tenaga lebih besar dari CBR lama yakni di kisaran 185HP. Ahhh kalah sama BMW S1000RR atau ZX10R mas. Wess.. nanti dulu. Being a CBR, menurut HONDA, is not about how much is your top HP. Tapi seberapa rideable tenaga itu.
  2. Lebih ringan 8 kg. Ini signifikan untuk kelas sport. HP naik hampir 10 HP, tapi bobot turun 8 kg. Tentu akan membuat power to weight ratio menjadi lebih tinggi.
  3. Sharper handling. CBR dikenal dengan kenyamanan. Namun nampaknya di edisi 2017 ini, melihat gebuk-gebukan kelas sport 1000cc begitu sengit di pelbagai ajang kompetisi, CBR baru dirancang untuk lebih nimble dan tajam dalam handling. “Ada banyak upaya yang dilakukan untuk membuat motor ini lebih cepat dan intuitive saat berbelok, tester profesional mengatakan CBR baru ini a much sharper bike“.
  4. Smart EC Semi-active suspension by Ohlins. Setara dengan yang terpasang di Ducati 1299 Panigale S. Suspensi ini terkoneksi dengan IMU (Inertia Measurement Unit) untuk memastikan motor tetap stabil baik saat braking, akselerasi maupun cornering dengan cara melakukan adjustment terus menerus ke damping depan dan belakang.
  5. New headlamp berdasarkan patent US.
  6. Air-ram yang besar dan khusus dipatenkan meliputi: headstock air intake yang baru, airbox baru, sistem fuel injection yang baru untuk memastikan mesin tetap optimal melepas tenaga di RPM atas.
  7. New electronics. termasuk sistem ABS yang dikembangkan oleh Bosch. Meliputi traction control, anti wheelie, cornering ABS dan bobot modul yang hanya 3.5 kg (sebelumnya hampir 10 kg).
  8. Meskipun perubahn pada feature dan mesin cukup dalem, namun pada level penampilan perubahnnya minor dibandingkan model yang sebelumnya.

Kalau kesemua point diatas benar merupakan perubahan new CBR1000RR, saya kira kejuaraan WSBK bakal menjadi suangat suerru.

IMG_1152IMG_1153

IMG_5933

Sumber berita dan foto: MCN

 

 

Iklan

37 thoughts on “Update: Honda CBR1000RR edisi Euro-4 2017

  1. Om leo mau tanya..
    CBR600RR kan katanya research nya nyaris setara fireblade dibiaya dan elektronik, knapa kok gak dibuat semacam spek down tapi tetep sesuai karakter 600cc??
    Kan cukup bisa nekan cost apalagi 600RR cukup disegani di WSS walaupun menurun performanya..

  2. Ping balik: Headlamp All New CBR1000RR Fire Blade Katanya Mirip Mio Smile?Β  | macantua.com

  3. Utk balap WSBK mudah2 an jdi di produksi oleh Honda, motor race oriented terbaru RVF1000 V4.

    Michael V Mark akui CBR1000RR sekarang kekurangan top end power. Di track lurus panjang harus berjuang nempel Ninja ZX-10 sama 1199 Panigale. walupun begitu torsi di low-mid rpm nya kuat utk akselerasi cepat keluar tikungan kecepatan rendah.

  4. ternyata lampu cbr1000rr yg baru mirip punya CBR954RR (SC50) yang keluar di tahun 2002. jgn kebakaran jenggot dulu agan2. emangnya mio smile udah keluar tahun 2002? hehe

    • Kalok menurut guru besar kera jaran majapahit sdh takdir honhon niru yamamah. Beat aja niru mio m3.

  5. Kq lebih sreg model sekrg ya headlampnya,,???
    Opini pribadi,,!!
    Si Pedang Api lbh cocok k tampilan elegant,dr pd racy,,,tp yg namanya persaingan,,!w ga mw ya hrus,,!!
    Suka bngt saya dengn nama FIREBLADE,,nama sadiss,,tampilan kalem…

  6. Pembaca pintar pasti bukan cari cacat-nya suatu produk,tapi lebih mencari diskusi yang lebih informatif untuk menambah wawasan rider dalam mendalami karakter riding-nya,keep safety riding

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s