Apakah Honda Melakukan Monopoli Pasar Roda Dua?

 

Artikel ini saya tulis atas permintaan langsung dari dua rekan blogger Om Kobayogas dan mas Triatmono. Juga teror Benny blogger. Apakah penguasaan pasar otomotif roda dua lebih dari 50% oleh Honda (AHM) merupakan bentuk monopoli?

Saya tidak akan menulis kajian ini sebagai artikel hukum, agar tetap sederhana dan bisa dipahami.

Prinsipnya begini:

UU No.5/1999 juncto Keputusan KPPU No.11/2011 menjelaskan monopoli dibagi menjadi dua hal:

  1. Posisi Monopoli (psl 17 ayat 2 UU 5/99), dan;
  2. Praktek Monopoli (psl 17 ayat 1 UU 5/99)

 

Posisi Monopoli adalah KEADAAN dimana satu pelaku usaha menguasai lebih dari 50% (lima puluh persen) pangsa pasar. Posisi Monopoli sendiri BUKANLAH tindakan melawan hukum.

 

Praktik Monopoli adalah PENYALAHGUNAAN (abuse) Posisi Monopoli dengan cara melakukan praktek (i) Pencegahan, Pembatasan, dan Penurunan Persaingan, dan (ii) Eksploitasi. Praktek Monopoli ADALAH tindakan melawan hukum.

 

Apabila dibuat rumusnya akan seperti ini:

Praktek Monopoli = Posisi Monopoli x Penyalahgunaan

 

Screen Shot 2016-06-21 at 5.45.20 pm

Peraturan KPPU No.11/2011

 

Bagaimana sebuah perusahaan mencapai POSISI MONOPOLI? Ada setidaknya 3 proses:

  1. Merger. Contohnya Carrefour menguasai supplier 66% setelah mengakuisisi Alfa.
  2. Proses alami yang berjalan secara gradual
  3. Praktek monopoli. Tapi ini tidak bisa sekedar diasumsikan, harus dibuktikan oleh KPPU.

 

Kembali ke case study Honda.

Apakah Honda melakukan monopoli dengan menguasai pasar lebih dari 50%?

YA, Honda dalam POSISI MONOPOLI.

Tapi selama belum ada penyidikan, pembuktian dan keputusan KPPU yang dikuatkan dengan penetapan Pengadilan Negeri maka Honda tidak dapat dikatakan melakukan PRAKTEK MONOPOLI.

Kapan atau bagaimana KPPU memulai penyidikan?

Bisa karena ada pengaduan dari masyarakat (identitas akan dijaga kerahasiaannya) atau KPPU sendiri menduga telah terjadi Praktek Monopoli.

Sekedar mengingatkan untuk teman-teman yg aktif di media sosial: menuduh A (subyek hukum) melakukan perbuatan illegal justru bisa dikenakan pasal pencemaran nama baik berlapis dari UU ITE dan KUHP. Ini berlaku bagi siapa saja terhadap pabrik manapun.

—–

Catatan: UU No5/1999 mengatur banyak bentuk persaingan usaha tidak sehat selain monopoli (kartel, monopsoni, oligopoli dll). Sejak tahun lalu sampai saat ini KPPU masih menduga Honda DAN Yamaha secara bersama-sama melakukan tindakan Kartel (penetapan harga). Belum ada update lagi.

https://7leopold7.com/2016/02/10/apakah-kppu-akan-menemukan-praktek-kartel-honda-yamaha/

Ingat ini berbeda dengan monopoli ya.

 

Iklan

97 thoughts on “Apakah Honda Melakukan Monopoli Pasar Roda Dua?

  1. Sangat mencerahkan om leo
    Masalahnya sebagai orang awam kita lebih sering hanya menyebut monopoli saja, tanpa embel2 posisi/praktek
    Apakah ini juga bisa dikategorikan pencemaran nama baik?

    • Yoi…setuju, saya jg pernah blg di blog siapa (lupa) bbrp hari yg lalu. Itu terjadi krn tipikal pemikiran konsumen di Indonesia yg demen ikut arus mainstream, kalo mau beli motor kebanyakan liriknya yg paling banyak dibeli, dan ini tidak terlepas dr aspek kemampuan finansial mayoritas konsumen di sini, yg rata2 msh nyari aman dan menganggap motor itu sebagai investasi pdhl sebenarnya bukan.

    • @kodokijo kl pola pikir masy indonesia secetek itu, knapa yamaha sempat bs 40%? jgn tlalu naif, ato jgn2 gatau sejarah?

  2. “Tapi selama belum ada penyidikan, pembuktian dan keputusan KPPU yang dikuatkan dengan penetapan Pengadilan Negeri maka Honda tidak dapat dikatakan melakukan PRAKTEK MONOPOLI.

    Perlu hati-hati untuk teman-teman aktifis media sosial: menuduh A (subyek hukum) melakukan perbuatan illegal justru bisa dikenakan pasal pencemaran nama baik berlapis dari UU ITE dan KUHP.”
    ==============================

    Belum kena aja om yang tukang tuduh n fitnah.. wkwkwkkww.. mungkin harus kena kali biar kapok.. INi berlaku buat tuduhan ke produsen apa aja ye..

  3. pokoknya honda MONOPOLI!!!
    mau POSISI kek, mau PRAKTEK kek, pokoknya MONOPOLI, bukan ular tangga atau halma atau ludo, POKOKNYA MONOPOLIIII!!!!!

  4. Sapa sih yggak mau untung,atau siapa sih yg gak mau laku banyak penjualannya.harga motor honda dan yamaha relatif lebih mahal.kenapa msih laku.sebelum menunjuk produsen ini monopoli sebaiknya tanya kepada konsumen dulu kenapa beli merek ini sehingga penjualan menguasai lbih 50 persen.banyak kan motor merek lain harga lbih murah…atau memang sama sama mahal.

  5. Yes, clear sudah penjelasannya. Thx om.. sebagian konsumen, pembaca dan blogger2 memang butuh pencerahan masalah monopoli. Jadi tdk bisa sembarangan men-judge pabrikan besar hanya berdasarkan prasangka belaka. Salam 8 juta.. #eh

  6. klo DP motor baru minimal 25% dr harga motor spt peraturan BI. pasti Honda akan kurus dengan sendirinya. skrg DP motornya bs Rp. 0,00 malah temanq KTp blm diserahkan unit motor sdh sampai rumah.

    • kalo diterapkan dp min 25% untuk semua, sy yakin penjualan motor tiap tahun ga nyampe 3-4 jutaan kok dan jalanan ga macet dimana2, honda 40%, yamaha 35%, suzuki 10%, kawasaki 10%, sisanya buat yg lain 5%..

    • Jelas itu terjadi krn perilaku pasar bro. Tau sendiri tipikal konsumen di sini kyk apa, blm lg mslh doktrin yg udah diturunkan generasi demi generasi. Coba nanya org Riau, kalo mau beli motor pilihnya merk apa? Kalo mau beli mobil pilihnya merk apa?

    • bisa karena merger, bisa karena proses alami (puluhan tahun), bisa juga karena praktek monopoli. Ini yang harus dibuktikan kalau memang ada dugaan, Gw tambahin ke artikelnya deh

    • @kodokijo
      ah masa sih? tahun 2010 yamaha menjual 3,4 jutaan unit motor, sementara honda juga menjual 3,4 jutaan unit motor, hanya berselisih tipis aja kok. aku tanya ama bang kodokijo, dari 2010 ampe 2016 situ udah dapet berapa generasi? kok kau bisa bilang dari generasi ke generasi? mohon pake fakta kalo ngomong!

    • @Cemplung
      Saya org Sumatera bung, makanya saya lbh tau kebiasaan org sana. Kalo pun ada peningkatan penjualan di kubu Yamaha, bisa aja itu disumbangkan oleh market di luar Sumatera. Saya bisa ngomong gitu selain krn saya org Sumatera, jg krn org2 di sekitar saya semisal saudara, tetangga, kenalan yg emang berasal dr pulau Sumatera. Tolong jgn pake tanda seru bung. Jgn terlalu serius, santai aja napa? FBH ya? wkwkwkwkwkkkkkkk

    • @kodokijo
      lu pake case study sumatera buat bikin pembenaran tentang penjualan dalam skala nasional itu gak betul bung. konteks artikel ini kan secara nasional!

      makanya ai kasih pertanyaan sederhana, dari tahun 2010 (ketika h dan y sama kuat) sampe 2016 situ udah dapet berapa generasi? tolong jawab itu aja dulu !

  7. kalau batasan pangsa penjualan melebihi 50% dianggap monopoli, apakah perlu dibuat badan pemeriksa bulanan untuk tingkat laku produknya? dibandingkan dengan investasi pabrik juga manfaat ke negara juga bagaimana? penjualan besar biasanya margin tdk terlalu besar….. sementara disisi produsen mungkin ingin laku sebesar2nya untuk mengejar return on investment? dll

  8. Monopoly. A priviledge or peculiar advantage vested in one or more persons or companies, consisting in the exclusive rights (or power) to carry on a particular business or trade, manufacture or particular article, or control the sale of the whole supply of a particular commodity. A form of market structure in which one or only a few firms dominate the total sales of a product or services. Natural monopoly is one result where one firm of efficient size can produced all or more than market can take as remunerative prices.

  9. Pengertian monopoli tersebut dapat diartikan sebagai suatu keistimewaan (hak istimewa) atau keuntungan tertentu yang didapat oleh satu atau lebih orang atau perusahaan, karena adanya hak ekslusif (atau kekuasaan) untuk menjalankan suatu bidang usaha tertentu atau perdagangan, menghasilkan barang atau jasa tertentu, atau mengendalikan penjualan keseluruhan produksi atau komoditas barang atau jasa tertentu. Bentuk dari stuktur pasar yang mana satu atau hanya beberapa perusahaan yang mendominasi keseluruhan penjualan atas suatu barang atau jasa. Berbeda dari definisi yang diberikan dalam Undang-Undang yang secara langsung menunjuk pada penguasaan pasar, dalam Black’s Law Dictionary, Penekanan lebih diberikan pada adanya suatu hak istimewa (priviledge) yang menghapuskan persaingan bebas, yang tentu pada akhirnya juga akan menciptakan penguasaan pasar.

  10. Monopoli sebagai akibat terjadinya “superior skill” yang salah satunya dapat terwujud dari pemberian hak paten secara ekslusif dari negara, berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada pelaku usaha tertentu atas hasil riset dan pengembangan atas teknologi tertentu. Selain itu ada juga dikenal dengan istilah “trade secret”, yang meskipun tidak memperoleh eksklusifitas pengakuan oleh negara, namun dengan “teknologi rahasianya” mampu membuat satu produk superior.
    Monopoli terjadi karena pemberian negara. Di Indonesia, hal ini sangat jelas dapat dilihat dari ketentuan Pasal 33 ayat (2) dan Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945. Yang isinya adalah sebagai berikut:
    Pasal 33 ayat (2) :
    “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”.
    Pasal 33 ayat (3) :
    “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”
    Monopoli merupakan suatu “historical accident”, karena monopoli tersebut terjadi karena tidak sengaja, dan berlangsung karena proses alamiah, yang ditentukan oleh berbagai faktor terkait di mana monopoli itu terjadi. Dalam hal ini penilaian mengenai pasar yang bersangkutan yang memungkinkan terjadinya monopoli sangat relevan.

  11. bisa dikatakan monopoli kalu supplier ahm itu hanya menyuplai ke ahm saja, tdk ke yg lain,

    atau ke ahm kasih harga murah, ke pabrikan lain kasih harga mahal,

    sehingga kompetitor tdk bisa bersaing secara harga

    • Tapi dilapangan, harganya dapat bersaing kok om. antara A sama B, Kualitas produknya juga bisa dibilang sama-sama bagus keduanya. Pabrikan kan juga bisa memilih supplier dengan leluasa

  12. akhirnya dapat pencerahan setelah berbuka puasa…. terimakasih om Leo…
    apakah ada kemungkinan bahwa dia yg melakukan praktek monopoli karna memanfaatkan celah yg terbuka yaitu pandangan mayoritas konsumen yg sudah tercuci otaknya atau memang sengaja melakukan praktek monopoli karna memang dalam keadaan monopoli ??
    dan hanya minoritas yg tau keasliannya…
    jika memang benar, wah,,,harus bisik2 tetangga nih supaya mereka yg “buta” bisa dapat “melihat” dg jelas…

    • ngaaaaaaah ngaaaaaaaaah ngaaaaaaaaaaaagh

      kanjeng dapet pencerahan kok malah makin linglung
      soal PRAKTEKnya, biar hasil penyelidikan KPPU saza yg berbicara

      time will tell laaagh

    • kalau memang punya bukti bisa disampaikan ke KPPU. KPPU wajib merahasiakan identitas dan memproses laporan tersebut dalam jangka waktu ttt.

  13. Great article. Mencerahkan.

    Saya jg tertarik soal penetapan dp minimal dan juga sistem kredit dalam pembelian kendaraan bermotor antara peraturan pemerintan dengan kondisi di lapangan. Kok kayaknya gampang banget dapet kendaraan. Uang jajan seminggu anak kuliah jaman sekarang udah bisa dp motor 😂😂😂

    • mungkin niatnya mau mempermudah karyawan dgn gaji umr
      tau sendiri kan umr sama dengan uang jajan mahasiswa jaman sekarang

    • dp kendaraan tu jelas dalam aturan ojk minimumnya di 30%. nah knapa bs dp 0? itu mstnya ada tindakan dr ojk.

  14. Great article. Mencerahkan.

    Saya jg tertarik soal penetapan dp minimal dan juga sistem kredit dalam pembelian kendaraan bermotor antara peraturan pemerintah dengan kondisi di lapangan. Kok kayaknya gampang banget dapet kendaraan. Uang jajan seminggu anak kuliah jaman sekarang udah bisa dp motor 😂😂😂

  15. Mindset orang sini tentang honda, yg membuat honda seperti sekarang, bisa dibilang juga perilaku pasar ya om…di desa atau di kampung saya, orang banyak yg nyebut kalo motor itu honda..vixion aja disebut honda vixion…unikk kan, wkwkwkw…itulah perilaku orang indonesia pada umumnya…
    sama seperti mindset orang, kalo motor fairing itu ninja…

    butuh perlawanan ekstra keras lewat produk selayaknya mio dan vixion waktu pertama kali muncul…

  16. wkwkwkwk monopoli iya tapi karna ga da yg lebih baik
    beat lawas aja masih lebih nampol lawan beat tiruan pdahal yg namanya lebih baru musti lebih baik trus ganti ban dgn yg seukuran tapi harga naik 1jt hadeh
    bikin petisi aja di medsos g perlu nunggu2 pemerintah:
    1. honda naikin harga motornya biar lawan bisa bersaing
    2. honda jgn produksi banyak2 akibatnya bisa mengurangi cost produksi yg berakibat harga motor honda bisa lbih murah dari kompetitor
    3. honda wajib subsidi ke pabrikan lain demi menciptakan persaingan yg sehat dan seimbang
    4. honda dilarang melewati ms 50% jika tidak harus dikenakan denda karna monopoli
    5. setiap motor merk honda dikenakan pajak lebih besar daripada pabrikan lain karena semakin banyak motor honda maka menyumbang kemacetan yg lebih banyak pula

    • @bdt
      Buat kompetitor harga motor honda kemahalan bro, klo mereka bikin setipe dgn motor honda dgn hrga jual sama rugi itungannya contoh mio m3 agar memiliki ukuran ban yg aga besar diganti nama jadi mio z harga naik 1jt pdahal velg identik cuma kosmetik sana sini naik 1jt gini ko ma nyaingi beat yg full fitur??
      Btw yg aneh disain metik yamaha macam aerox itu ko bisa di stujui, disain aneh g jelas gtu buang2 dana rnd en promosi aja mana vr lg yg jdi ambasadornya bner2 buang2 modal, gini apa vario yg disalahin karna disainya yg kelewat keren jadi motor metik terlaris pula blan kmrin

    • Dimata kompetitor motor honda motor mahal yg dijual murah
      Dimata konsumen ya ini yg di cari wkwkwkwk

  17. Terlintas pikiran nyeleneh, kemungkinan Pertamina akan menghapus BBM premium dan mengganti dgn pertalite sepertinya sejalan dengan produksi motor salah satu pabrikan yang saat ini beberapa produknya memiliki kompresi lebih tinggi dari kompetitor dan tentunya wajib BBM RON tinggi, walaupun dalam iklan dinyatakan “aman” menggunakan premium. Tentunya kelebihan kompetitor yang selama ini dgn mesin kompresi lebih rendah dan betul2 aman pakai premium akan menjadi tidak berguna lagi.
    Memang banyak faktor yang membuat Pertamina menjual pertalite, but who knows? Mudah2an ini hanya sekedar analisa ngawur saya saja. I hope I’m wrong about this 😛

    • Berarti Honda lebih jeli dong ya Om? Karena mereka tau Premium bakalan diganti dengan Pertalite jadi mereka siapin mesin yg kompresinya pas buat Pertalite. Jadi Honda bukan hanya kuat tetapi cepat menyesuaikan diri dengan perubahan.

    • betul bro…..spt penggiringan. coba test motor barunya pasti pake pertamax. coba pake premium. untuk motor murah kompetitor lain yg pake fuel injection malah cocoknya pake premium. sedang dirinya pake pertamax.

  18. yang jelas harus ada kontrol dari pemerintah. aturan mesti jelas dan diterapkan tanpa pandang bulu…mau bulunya banyak atau kagak….gak peduli! hehehehehe

  19. artikel dengan penyederhanaan biar pembaca mengerti, eh malah ada yang pura-pura ngerti bawa artikel ini ke blog sebelah biar kayak opini tandingan.. 😀
    tunggu penyidikan aja, ikut melapor juga bagian dari usaha, klo gak terbukti ya anggap sebagai pengalaman.. 😀
    “jogedin aja brow”

  20. Honda dibilang monopoli.

    produk jelek dijual mahal. overprice. lah dijual mahal aja masih banyak yang beli, gimana kalo dijual murah. bisa 90% menguasai pasar itu produk Honda.

    Yamaha produk-produknya bagus. dijual lebih murah dari produk honda yang katanya jelek aja belom bisa sampe setengahnya.

    gimana kalo produk honda dijual dibawah harga produk yamaha yang katanya lebih bagus dari honda? alamat MS honda bisa 90%.

  21. Lebih teparnya sih honda sebagai market leader, karena pangsa pasarnya paling tinggi
    Biasanya market leader pangsa pasarnya di atas 40% & tidak jarang di atas 50%

    Contoh lain yg penguasaan pasaenya mirip honda: aqua, teh sosro, microsoft windows, smartphone android (dibanding platform lain)

    • ada bidang usaha yang menurut UUD 45 pasal 33 tetap harus dikelola oleh negara. Utk sektor2 itu UU 5/1999 melakukan perkecualian.

  22. silahkan saja honda monopoli, memang siapa yg dirugikan? perusahaan lain? nggak masalah asal nggak merugikan orang dan negara Indonesia. dgn penjualan segitu gedenya jelas orang Indonesia suka dengan motor honda, terserah belinya karna ikut2an biar sama keren dgn tetangga atau sekedar takut dibully karena kalah jumlah/ kalah kenceng teriak. banyak pasti baik dan pasti menang, sedikit karna memang jelek dan pasti keliru.

  23. Kelebihan honda adalah karena lbh cepat berbenah…dalam hal ini bkn berarti lbh baik drpd produk kompetitor…berbenah dari produk sebelumnya yg memang jelek dari sisi desain/ bukan part.
    Yamaha………….terlalu lama Mimpinya……..saya ambil contoh 2 produk.
    1. Matic disaat Mio berjaya harusnya penggantinya bukan Mio J…Produk ini nggak lebih baik dari produk sebelah baik dari segi desain dan Fitur. Harusnya waktu itu brojol Mio M3.
    2. Sport… disaat nama Vixion sdh melegenda Varian Fairingnya terlalu ngambil mentah2 desain awalnya yg memang dari india….padahal budaya konsumen sini jauh berbeda dengan india…contoh motor india g laku disini… itu saja.
    ( saya sendiri User Yamaha………hehehe)

    • setuju nih sama pendapatnya…
      inget dulu bagaimana melegenda nya astrea grand, gl max, megapro…smua mesin sama, cuman ganti baju, dan cenderung budeg dan kaku, juga gak mau dengerin masukan dari konsumen..dan yamaha hadir menggebrak dgn mio dan vixion, yg seakan mengikuti keinginan pasar yg cenderung jenuh..tapi itu dulu…

      sekarang terasa terbalik, honda yg dulu kaku skarang mau cepet berbenah, walaupun ada masalah di generasi mesin yg katanya generasi moto gp itu…
      dan yamaha mesin vixion series diturunkan ke atas dan kebawah cuman ganti desain aja…yg lumayan sih maticnya yamaha yg sekarang, cuman agak terlambat sepertinya, tapi lebih baik terlambat daripada gak sama sekali….yg kita tunggu tahun depan, tentang isu mesin sport baru yamaha sebagai tandingan dari mesin sport honda di kelas 150cc..

  24. blm trjadi praktek monopoli ya om? soalnya hbungan antara leasing sm pbrikan honda trlihat sngt mesra, mgkin hal ini jg trjadi krn hbungan yg lm n saling mnguntungkan. dtmpat sy yg mmulai dp rp. 0 adlh leasing yg pegang produk honda, kmudian diikuti ymaha. bhkn baru2 ini leasing prduk honda brani meng-gratiz-kan angsuran slma 3 bln. kuncinya mmang ad d dua pihak ini, dealer-leasing, krna bnyk knsumen yg ambil kredit. suatu saat jk trjadi ksus kredit motor honda trnyta lbh mudah n lbh murah dr kompetitor, apakah hal itu sdh mngarah pada monipoli om?

  25. Di atas ada komentar soal Pertamina, PLN, Telkom dkk. Dimana mereka berhak melakukan monopoli karena Undang-Undang. Nah saya jadi kepikiran bagaimana kalau ada perusahaan lain yang bersedia untuk bersaing. Contoh internet, sewaktu dulu masih dipegang Speedy (Telkom) tarif gila-gilaan, nah sekarang banyak provider memiliki jasa sama tarif pun bersaing murah-murahan. Juga sama halnya provider jasa telekomunikasi handphone. Beda sama PLN sekarang, karena cuma bermain sendiri akhirnya bebas menaikkan tarif sesuka hati…

  26. Beberapa kali baca hasil riset konsumen Ni**sen, dll. memang orang Indonesia punya kekhasan berupa rasa penge ‘guyub’. Pengen sama dengan mayoritas orang di lingkungannya. Alhasil, merek-merek yang konsisten menciptakan permintaan (creating demand) lewat iklan, promo, dsb. dan juga konsisten suplai barang ke toko, jadi semakin besar dan besar. Kuncinya: investasi marketing, riset & pengembangan, jaringan distribusi (termasuk aftersales), dan produksi. Dengan kata lain: duitnya banyak!
    Gak heran lah kalau Toyota moncer dengan Avanza-nya, Honda motor dengan Beat-nya, atau Philip Morris dengan Marlboro-nya.

  27. nyimak.. kalo yang diributkan hanya istilah pasti ada aja yang ngeyel.. nah kalo ada tidaknya praktek nggak sehat lah harusnya yang dicek..
    btw nice artikel om.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s