“Penumpang Gelap” Dalam Isyu Recall R25

 

Saya memutuskan untuk tidak bereaksi spontan saat isyu recall R25 ini beredar. Saya gunakan waktu untuk mempelajari cluster tanggapan yang muncul di media social. Menurut saya ada beberapa kelompok yang bersikap terhadap isyu ini.

IMG_7874

  1. Rider/owner R25

Bagi para pemilik, yang benar-benar memiliki, bukan cuman join di FB membernya, reaksi mereka secara umum tenang dan positif. Ada jaminan. Ada yang bilang “ahh good lah, gw belum ada trouble sih, tp bagus juga kalau ada recall”. Sebagian lain malah jadi pede. Mereka ini adalah para biker yang sudah merasakan sendiri dan secara langsung apa itu R25. Mengerti kelebihan dan kekurangan, dan happy dengan itu.

  1. Calon Pembeli R25

Mereka yang serius akan atau bahkan sedang inden. Berita recall ini tentu akan diikuti dengan serius karena menyangkut motor yang sudah dipilih. Respons resmi dari Yamaha Indonesia dan Malaysia yang menjamin penggantian parts juga dipelajari baik.

  1. Publik

Kumpulan besar peminat roda dua yang umumnya indifferent, atau tidak punya prasangka atau preferensi tertentu. Berita recall ini menarik dan diikuti dengan perhatian, karena terhitung jarang terjadi. Paling tidak untuk kelas motor ber-cc non moge. Apakah ini berarti R25 jelek? Bagaimana pabrik merespons?

Di dalam kelompok ini banyak yang memiliki karakter kritis dalam menelaah berita/informasi. Namun juga ada yang tidak memiliki cukup informasi dan relatif mudah digiring opininya.

  1. Kompetitor

Perkembangan kasusnya diikuti dengan cermat dan hati-hati oleh para competitor karena kondisi yang sama bisa saja terjadi atau bahkan pernah terjadi pada produk mereka. Mereka sebagai counterpart tentu diikat oleh mutual respect dan menjaga dengan baik etika bisnis.

  1. Penumpang gelap

Kelompok ini selalu ada. Disebut ‘penumpang gelap’ karena menggunakan suatu isyu untuk memaksimalkan agenda mereka. Umumnya dengan cara mengambil sebagian fakta dan mengabaikan fakta yang lain untuk menggiring opini public atau kelompok ke 3 diatas terutama public yang tidak memiliki cukup informasi. Saat ada isyu begini pada bermunculan dan kemudian terbaca.

.

Persoalan recall bisa dilihat dari berbagai perspektif. Tergantung pada cara pandang ataupun kepentingannya.

Recall juga bukan barang aneh ataupun baru. Kawasaki menghadapi keluhan speedometer Ninja 250 FI yang berembun dengan cara melakukan penggantian unit speedometer baru berbasiskan keluhan konsumen. Agustus 2015 Honda Jepang mengumumkan recall CBR250R yang diproduksi di India secara terbuka. Ducati melakukan recall sebanyak 6 kali terhadap Panigale 1199.

Kita tidak bisa mengatakan itu semua produk gagal kan. Kalau saya, Gagal beli mungkin ya hehehe *ngidam Panigale.

 

http://www.business-standard.com/article/companies/honda-recalls-11-500-cbr250r-bikes-due-to-faulty-brakes-112111900142_1.html

More Recalls for Ducati 1199 Panigale

Kalau ada artikel begini, biasanya ada 1-2 orang yang suka rame. Ga usah repot2, buat yang mau komentar dengan menggunakan kata2 bodo, tolol atau ga pantas lainnya otomatis masuk kotak. Yang ingin berdebat tapi bersembunyi di anonimitas juga begitu.

90 thoughts on ““Penumpang Gelap” Dalam Isyu Recall R25

  1. Om Leo ngidam motor yg karakternya liar yak? Hehehe…

    Well, sebisa mungkin saya memcoba untuk memberikan informasi yang gamblang, informatif dan edukatif.

    Terbukti kok.. Memang sebagian teman2 user R25 & MT25 sangat apreciate atas berita ini
    😀

  2. Hahaha. Om Leo belakangan posting nya mengkategorikan konsumen aja nih 😁

    Kalo ane termasuk no 1, no doubt. Mungkin juga 3 krn I just love motorcycle

  3. Benar Om Leo ….
    Analisisnya tajam …
    Setiap pihak punya sudut pandang masing2…
    Tapi bagaimana pun ,,, Recall harus disikapi dengan positif,,, sebagai wujud tanggung jawab produsen terhadap barang apapun yang telah dijual kepada konsumen….
    Thanks Om Leo…
    Salam Yamaha YZF R25….

    Dedi Sukarno
    Bandung

  4. Momentumnya pas di Bulan Suci pula.. Makin kelihatan deh ujian & cobaan ATPM serta publik.. Ya semoga hikmah dibalik Recall ini positif bagi semua. Mau komentar pedas pun ya asal ‘njeplak’ pokoke merk sembahanku is the best. Haters gonna be hate , no matter what. Ehm…

  5. Saya sudah rencana membeli, MT 25 adalah motor idaman saya pengganti Motor Tiger yg siap saya pensiunkan…mendengar berita recall dari situs resmi yamaha jepang dan respon cepat pihak yamaha Indonesia membuat saya semakin yakin pilihabn saya ini, kenapa begitu karena saya melihat disisi profesionalisme pihak yamaha dengan mengumumkan recall dari beberapa produk nya termasuk MT-25…dan saya akan tetap membeli motor ini…

    • yg saya tau cuman vario gen 1, karena waktu itu ayah ane beli pas pertama kali meluncur (desember 2006 kalo g salah inget), itu di recall krn ada malfungsi di bagian cvt. dah abis gt dikasih duit pula 400rb apa ya sama dikasih tanda warna cat kuning di cvt nya (sbg tanda udah QC). dan tuh motor sampe tahun ini aman2 saja sampe dijual beberapa bulan lalu..

  6. Tingkat kedewasaan non user R25 dan turunannya bisa dilihat bagaimana mereka menyikapi, Dan rata2 kalau diambil kesimpulan mungkin d blog tetangga isinya non user,krn junk semua kalimat nya.
    Mungkin kata recall sangat membuat alergi produsen,sehingga yg pakai kata update…
    Bagi kompetitor kata recall tentu ini sasaran empuk untuk menembak jatuh pesaingnya tinggal berkeping2 , tentu mungkin dengan bantuan prajurit dunia Maya tentunya

  7. Maaf sebelumnya mas Leo,,,
    Saya msh belum paham knp pihak Yamaha me recall R25, mang apanya yg cacat mas?
    Saya adalah pembeli pertama R25 di Aceh, itu menurut data pembeli R25 pertama dari seluruh dealer di Aceh saat itu, skrg sudah sekitar 3 tahun usia R25 saya. Saya pake tiap hari tuh si biru dan tetap stabil aja tuh performanya sampe skrg. Mlah seringnya klo jumpa Warior dijalan pasti saya ladenin sampe habis2 gas. (liat sikon jalan jg bro-safety first)… 🙂
    Mohon penjelasannya mas Leo…
    Salam R25,

    • supply dari vendor pada batch tertentu bisa saja memiliki kualitas material ataupun pengerjaan yang tidak sesuai dengan spek yang ditentukan. Bisa juga karena terjadi penurunan kualitas karena proses penyimpangan di warehouse. Yang pasti R25 saya juga ga pernah ada masalah padahal sudah didedhel duwel.

    • Lama juga ya brojol motornya Udah 3 tahun aja….hehehehe… ane aja yg first 100 owner aja belom 2 tahun.. bulan depan baru 2 tahun…om leo kok yg foto ane dg background first 100 owner…inget ga om leo

  8. Yg pny unit ke recall,kudune ya mlh nyantai..di perhatiin ama produsen..
    Klo yg langsung serang dan menjatuhkan(bnyk rame di grup/fp kompetitor)
    Ya.. krn berfikir ini lah saat yg tepat buat nyerang :d
    Saya mah nyimak aja lah om..

    • bnyk trouble matik yg jutaan beredar di kita tapi nihil solusi apalagi recall. spt ban bergelombang.cvt roller coaster.dsb.

  9. sabina juga kena bro, masalah bearing kopling. udh saya ganti. tapi kalo memang ada masalah di pompa olu juga, mending nunggu pengumuman dari YIMM aja deh.

  10. kasus bearing udah lama d alami rider mt25/r25, bagi mereka pasti sangat jengkel saat mengalami trouble tsb d jalan…tp kenapa baru sekarang YIMM berani recall, apa krn yamaha global melakukan recall, jadi YIMM latah….???
    pdhl recall itu angin surga…krn ada tanggung jawab dari pabrikan..

    brrti kurang nunggu recall soal bearing nmax, n shock batunya..hehe

    • wkwkwk shock batu..
      kalo gak kuat nunggu pakein punya majesty 125cc mas ada yg kasi tips n trik, pnp juga dan tampilannya plek jg..

    • Justru pabrikan pusat dapat masukan dari pabrikan di lapangan bro. Tingginya kasus penggantian/keluhan part tertentu akan menjadi perhatian dan itu disampaikan ke pusat. Pabrikan di satu negara tidak bisa mengambil inisiatif lokal melakukan recall tanpa persetujuan pusat.

  11. isu euro3 yg menimpa ninja 150cc 2tak yg bbrp bln kmudian muncul new 150cc 4tak apkh sama dg isu recall r25 yg bbrp bln ke depan ada new 250cc 2silinder. ?

  12. Setuju deh sama om Leo, opini berkelas n gak memihak n gak menggiring.

    Soalnya ada blogger yg lucu tuh, “MUNGKIN” bgini kali ya kronologinya :
    Dia udah tau lbh dulu masalah recall R25 n kwan2 (krn dia org yamaha/salesnya).
    -Pertama, dia bikin artikel tentang “bangganya ‘kalau’ ada pabrikan indonesia yg berani mengumumkan recall”
    -kedua, gak lama dr artikel sblmnya tiba2 dia bikin lg artikel tentang Yamaha recall R25 & kwan2nya td (mt25 dll)
    -ketiga, dia menggiring opini pembaca supaya fokus menganggap recall adalah hal yg membanggakan dan hebat dan harus dksh salut & menggiring opini supaya pembaca tdk mempermalukan nama r25 atw Yamaha dll.

    Trus, masa bisa pas gtu ya.
    Padahal mah apa adanya aja ya, lucu dah pokonya bacanya jd nya.

    Ya klo saya mah biasa aja dah. Klo memang harus d recall krna ada kualitas part yg tidak sesuai ya rapopo
    Tp klo emg produk harus di kritik ya kritik jangan dbangga2in.
    Apa adanya toh

    #SayaPemilikMotorYamahaHondaSuzuki
    #JanganAnggapSayaFB
    Haha

  13. kalau saya sih cenderung kritis ya , mengapa bisa ada cacad produksi ? bukannya motor sudah di tes jalan puluhan ribu kilometer dan hasilnya aman2 aja..

    atau Quality Control yang kurang dari pabrikan atau Vendor mengenai part yg bermasalah..

    namun seburuk2nya recall , lebih buruk lagi jika pabrikan diam ketika produknya bermasalah…

    btw , om leo bau-baunya bakal mboyong peningpale nih buat gantiin ZX-10R
    #kabooorrr :mrgreen:

  14. Klo mau jujur.sapa sih yg gak was was jeroan mesin ada plastiknya.dan terus menggangu perasaan itu.lirik motor lsin fine bsnget mesin aman.
    Dalam hati…kepukiran.dan itu manusiawi.krn pingin juga dpt produk yg kualitas bagus tanpa cacat jeroan mesin.

  15. Komen lg ah ….

    Recall …. kalo di software mungkin kayak software upadate or patch agar bugs yang ada tidak muncul kembali 🙂

    Recall di otomotif knp bisa heboh? ya karna kendaraan berurusan dengan nyama manusia, ada semacam ketakutan untuk membeli produk tsb.

    Jd adanya recal itu + or – ?
    ya jelas + karna atpm / apm merasa bertanggung jawab atas konsumennya.

    Knp bisa ada recall ?
    Harusnya recall itu tidak boleh terjadi, ada nya recall biasanya ada kelalaian pda bagian quality controlnya.

    Tidak semua atpm/apm berani melakukan kampanye recall dan tdk sedikit pula orang indonesia yang berpikir negatif ttg recall

  16. pernah koq ngalamin recall, yg punya nyantai, yg nggak punya malah repot.
    intinya jangan meng olok2 kalau nggak mau di olok2.
    kalau dulu meng olok2, sekarang trima aja kalau diolok2 jangan komplain.

  17. saya sebagai owner r25 2014 mengalami keluhan bearing kopling yg bermasalah, lalu saya berinisiatif ganti bearing kopling aftermarket merk SKF. setelah bbrpa minggu dapet kabar bahwa r25/mt25 akan di recall awalnya saya menyesal kenapa tidak sabar sedikit buat ganti part tersebut agar tidak membuang2 uang karna sebentar lagi ada recall. buat saya recall itu hal positif yang berani dilakukan sebagai produsen demi konsumen. langkah selanjutnya saya berharap r25 saya miliki bisa dapat giliran recall. inti dari isi komentar ini saya sangat senang akan tindakan produsen seperti yamaha.

  18. Kalau baca Recall yg dilakukan Jepang itu gear pompa oli Dari bahan Resin/polyoxymethylene / Delrin bahan tsb terlihat seperti plastik tapi lebih kuat dari plastik tentunya. Motor2 modern termasuk moge memaikainya keuntungannya suara lebih lembut plus minus gesekan. Dimana oil pump tidak bekerja sekeras gear yg lainnya didalam Mesin Dan kelebihan lainnya apabila motor mengalami kerusakan dibagian ini serpihan tidak merusak bagian lainnya didalam mesin saat harus terbawa sirkulasi oli didalam mesin. Material logam seolah tampak kuat tapi tidak juga dipastikan lebih kuat kok, contoh gear starter yg jarang pake saja bisa rompal. Balik lagi ke cara pemakaian , frekuensi penggantian oli Dan jenis oli yg Sudah sesuai spesifikasi mesin.
    Kalau pun tetap terjadi kegagalan entah Dari Vendornya yg buruk QCnya atau hal teknis seperti bentuknya Dan kekuatannya yg tidak sesuai standard Yamaha atau karena lagi sial dapat material yg kurang bagus udah seharusnya melakukan Recall. Justru Di Indonesia permasalahan yg paling bantam bukan oil pump tapi bearing kopling.
    Alhamdulliah sbg owner R25 pemilik 250 orang pertama lewat pembelian online 2014 sampai saat ini R25 ane aman2 saja parts mesin masih 100& ori, pemakaian 15++ Cara bawa sering gas poll dan touring berkala..Seandainya R25 ane dipanggil ane mah senang saja ada penggantian gratis bikin tambah sehat. Sebelumnya banyak owner yg bermasalah bearing mengganti dengan aftermarket yg lebih baik . Last Recall itu hal biasa didunia otimotif, yang penting pabrikan bertanggungjawab melakukan perbaikan secara gratis untuk kendaraan yg terdapat masalah.

  19. Klo saya yg gak ngaruh sm sekali dg info recall atau isu lainnya
    Tetep pengin punya mt 25 atau R25
    Yamaha fanatic

  20. Gimana kalau pas penggantian part recall bonus service gratis, & ganti oli gratis. Kan ngabisin waktu tuh harus datang ke Beres. Udah gitu ganti partnya musti buka blok kopling sudah pasti oli dikeluarin semua. Nah masa konsumen kudu nombokin oli ???! Bisa pake oli sebelumnya? Oli baru ganti? Jangan mau diboongin mekanik toh part yg diganti berpotensi menyebabkan jalur oli tersumbat karena resin yg tidak kuat. Siapa tau udah ada yg rontok dikit dan musti ganti oli.

  21. Ane sebagai pengguna MT 25 (yang katanya juga kena recall) sangat mengapresiasi langkah Yamaha. Setuju nih sama tulisan om Leo, siapa tau ada penumpang gelap didalam isu ini.

    Ingin rasanya ku riding bareng bersama om Leo *loh ganyambung* hehehe

  22. kalo menurut saya
    recall bukan sesuatu yang bagus, namanya juga cacat, cacat mana sih yg bagus?

    tapi kalaupun kena Recall ya sebaiknya diikutin aja langkah pabrikan, lha itu kan demi keamanan dan kenyamanan kita juga toh? ya gak?

  23. Kapan Kawasaki ikutan Yamaha buat recall RR Mono sama ZSL yak masalah kipas radiator yg gampang mati sama lampu depan retak2.

  24. Oh ya dengan ajang Sunday Race dan ITS banyak banget loh Owner R25 hobi balap yang ikutan dan diajang resmi seperti Kejurnas 250 juga lebih banyak Yamaha R25 yang turun dibanding merek lain begitu juga ARRC. Tapi banyak juga yang ngak kenapa-kenapa tuh pompa olinya kalau bearing memang banyak yang udah ganti aftermarket .

  25. Maksudnya bearing kopling banyak yang ganti aftermarket walau yang orisinil tidak ada masalah dan bisa jadi awet bertahun-tahun seperti R25 saya tapi untuk menjaga-jaga atau ikutan karena memang terdengar salah satu penyakit R25 ya bearing kopling yang kebetulan kena Recall juga.

  26. wiih si om kl udah “kepingin” biasanya ngga lama jadi. hehehe ko jadi belok ke italian bike om? (komen gagal fokus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s