[Spyshot] Yamaha MT-07 Tenere

 

Di paruh dekade ini Yamaha menghadirkan 3 mesin baru yang merubah wajah garis depan produknya: MT-09, MT-07 dan R1. Tanpa berlama-lama, ketiga produk andalan yang sukses di pasaran Eropa dan US itu di-diversifikasi menjadi sejumlah varian: MT-09 Tracer, XSR700, XSR 900, MT-07 Tracer, MT-10 dll. Belum berhenti, karena Yamaha Italia, basis produksi Yamaha di Eropa baru saja tertangkap sedang melakukan test ride varian MT-07 Tenere.

IMG_7653

Para pencinta adventure tentu sudah tidak asing dengan wibawa nama Tenere yang merupakan nama gurun pasir dalam etape Paris-Dakkar. Nama ini juga disematkan oleh Yamaha pada dua adventure bike era tahun 2000an: Tenere 660 (XT660Z) dan Super Tenere (XT1200Z).

MCN edisi cetak menurunkan liputan spyshoot MT-07 Tenere yang sedang di test di sekitar fasilitas Yamaha di Italy. Menggunakan velg depan jejari berukuran 21 inchi dan velg belakang 18 inchi, motor dengan mesin MT-07 ini jelas dipersiapkan sebagai adventure bike kelas ringan.

IMG_7613

Ada banyak komponen yang khusus didesain untuk Tenere ini. Seperti handlebar, swing-arm, sub-frame, windscreen.

IMG_7647

Yang menarik adalah penggunaan sistem pengereman brembo. Pada kelas ini Yamaha biasanya menggunakan Nissin, MCN berspekulasi bahwa ada kemungkinan Yamaha akan mengaplikasikan sistem kontrol pengereman ABS dari Bosch pada Brembo ini. Hal lain adalah suspensi upside-down dengan spesifikasi yang nampak identik dengan MT-09 namun tentunya dengan ukuran fork yang lebih panjang.

IMG_7648

MCN memprediksikan MT-07 Tenere ini akan dilepas di harga 131 juta rupiah, DI INGGRIS SANA. Di Indonesia, karena kita negara yang lebih makmur kaya raya, harga tidak akan jauh dari 200 juta rupiah.

Foto/Berita: MCN Edisi Cetak

IMG_7655

 

Iklan

25 thoughts on “[Spyshot] Yamaha MT-07 Tenere

    • Yah namanya kelas adventure mas, gmn lagi, ground clearance ga mungkin rendah dan lingkar roda memang perlu besar utk menghadapi medan

    • Base on pengalaman saya bawa ts 125 dengan ukuran lingkar roda yg sama 21 dan 18, memang agak tinggi awalnya tpi begitu terbiasa malah lebih nyaman) di banding dengan ban 18 depan belakang, (noted :saya juga punya tiger standard dan TS saya gunakan untuk touring dan keliling kota )

  1. Wah. Yamaha mau saingan sama si crf1000 africa twin. Tapi beda cc harga mirip mirip beda 20jt di aussie. Om leo saya tunggu sapa tau ada review si africa twin. Tinggi jok nya katanya bersahabat.

    Salam bro

  2. Bagiannya depannya dibuat semi fairing ala belalang gituh ada kegunaan khususnya kah? Apakah beda kegunaannya (fungsinya) kalau dibuat naked aja sekalian ala MT-07 atau MT-09? Maaf kalau pertanyaan bodoh, saya masih awam soal adventure bike.

  3. Menarik nih om. Barusan Yamaha juga launching Tracer 700. Jadi MT-07 di diversifikasi menjadi 3 produk. Ada naked, tracer, dan tenere. Kalau tenere ini kayaknya desainnya emang yang biasa buat rally dakar bukan om? Soalnya secara desain benar-benar memperlihatkan motor special purpose. Sedangkan Tracer dual purpose adventure bike yang memang udah populer. Tracer 700 yang baru muncul ini desainnya memang desain Tracer yang sedikit berbeda dibanding kakaknya si MT-09 Tracer. Tapi auranya masih sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s