Bike Cover – Proteksi Tambahan Cegah Maling

 

Visibility adalah salah satu komponen penting yang membantu maling dalam menentukan sasaran. Dengan visibility yang baik maling bisa tahu: 1) nilai dari barang yang akan dicuri dan 2) tingkat kesulitan yang akan dihadapi. Dari situ maling akan mengukur apakah upaya mencuri memungkinkan dan menguntungkan untuk dilakukan.

Pencurian motor adalah kejahatan harda (harta benda) yang paling kejam menurut saya. Tidak hanya ia merampas alat produksi, namun juga senyum bahagianya hidup seseorang. Percaya aja, saya sudah pernah mengalami ini dengan sangat pahit.

Harus meninggalkan Canberra utk tugas ke Indonesia dan US dalam waktu total kurang lebih 7 bulan saya memutuskan untuk menyimpan Zeus, ZX-10R saya di garasi. Terlalu berat rasanya untuk dijual. Motor ini diasuransikan secara comprehensif. Namun tetap saja saya merasa butuh perlindungan tambahan.

Selain asuransi, standard immobiliser dan gembok rantai, saya memutuskan untuk juga menggunakan bike cover.

IMG_6703

IMG_6697

 

Kebetulan rumah saya (ngontrak ya) share garasi dengan beberapa rumah lain. Disitu juga ada satu Suzuki GSR750 dan Suzuki V-Strom 1000. Dan area garasi ini terlihat/bisa terpantau dari sisi rumah.

Primitif banget sih mas pakai bike cover? Di garasi kan ga kehujanan.

Dalam ilmu security management yang saya dalami, mengurangi visibilitas dari asset/property kita akan membuat mereka menjadi objek yang lebih sulit untuk dijadikan target. Maling akan mengalihkan perhatiannya pada objek lain yang lebih terlihat dan terukur untuk dijadikan sasaran atau istilahnya easier target.

Driver perempuan yang mengendarai mobil dengan kaca mobil lebih terang akan lebih dipilih sebagai sasaran dibandingkan driver perempuan di dalam mobil dengan kaca mobil yang lebih gelap (80% misalnya). Motor yang diparkir ngablak di halaman warnet akan lebih dipilih dibandingkan motor yang terparkir di sebelahnya tapi tertutup rapi dengan bike cover. Maling tidak tahu jenis kunci motor (kalau sdh diganti) dan perlindungan tambahan lain yang dipakai.

Lindungi motor kecintaan anda, kurangi visibilitasnya.

—–

ps: sebelum ada yg nanya, motor tiap dua hari dipanaskan oleh bung Regis hingga rpm turun ke idle. Tentunya bike cover dibuka πŸ˜€

 

Iklan

62 thoughts on “Bike Cover – Proteksi Tambahan Cegah Maling

  1. Cie…… Lagi kangen sama Zeus…
    Fotonya dipajang…
    Hehehehe…

    Hm.. Benar juga Om, tapi kalo kemana-mana bawa cover, repot juga ya… πŸ˜€

    Usahakan tambah pengunci pengaman tambahan.

    Saya pribadi memilih pasang kunci pengaman tuas rem/ kopling untuk parkir ditempat umum, karena juga lebih terlihat… Jadi abang-abang tukang parkir agak segan buat geser2.. πŸ˜€

  2. Setuju sekali Om Leo, saya dari awal beli motor jua begitu, dimanapun saya parkir pasti selalu di gembok, & di Tutupi Cover (Saran .. pilihlah warna cover yang tidak mencolok, Co : Biru Tua, dongker) , Cover memang cukup membantu menyamarkan keberada’an motor kita, apalagi ditaruh dekat semak2 ketika malam, cukup membantu menyamarkan keberada’an motor kita … Repot memang … tapi demi sebuah safety & perasa’an aman ketika meninggalkan motor satu2_nya .. ngga apa2 lah … he2 … O, ia, sekedar berbagi tip’s(baca somewhere di blog orang) … saya kalaw parkir, ketika posisi mesin sudah mati, saya selalu pegang kopling & injak gigi dari posisi gigi netral ngurut ke gigi 6 (Top Speed) … sebagai pengaman tambahan, ..jadi kalaw ketika, ada orang iseng, ,,, ketahuan ada suara pindah gigi … btw, nice artikel Om Leo … =)

  3. Setuju Om Leo..
    Saya juga “menganut” pemikiran yang sama,
    Rumah belom ada pager plus ruang depan sempit, jadi motor terpaksa diparkir di teras.
    Perlindungan level 1 – Pake kunci stang standar
    Perlindungan level 2 – Gembok cakram
    Perlindungan level 3 – Cover jas hujan πŸ˜€
    Perlindungan level 4 – Tutupin teras pake tiang jemuran portabel πŸ˜€

    • Jadi sih kejadiannya udah lama, sekitar tahun 2009.

      Saya kan kebetulan baru banget pulang sekitar jam 12 malem naik cbr karbu, saya abis itu taroh lah di teras plus di dalem terpal itu juga ada vario. Setelah itu, saya ke ruang tamu buat ngeupload banyak foto di facebook dan lama lama ketiduran di lantai.

      Gak lama kemudian (sekitar jam setengah 2), Bapak saya nendang saya dan ngomong kalo motor ilang dua-duanya dan kemudian saya sedih 😦

      Kata orang yang sempet ngeliat sih, motor saya diangkut pake mobil box, soalnya dia ngeliat ada mobil box di depan rumah, dikira dia ada bongkaran ayam (deket rumah saya banyak juragan ayam soalnya)

      Padahal mah pager rumah udah digembok lapis tiga, saya pikir aman-aman aja, tapi ternyata pintu pagernya diangkat.

      Akhirnya setelah kejadian itu, rumah dipasangin cctv + engsel pintu pager dikasih plat biar gak bisa diangkat πŸ˜€

      yang paling konyol mah, itu terpal dirapiin lho sama malingnya πŸ˜€

  4. Hmm.. Tapi bukannya kalau dicover begitu, malah malingnya akan lebih penasaran ya?
    Bisa jadi barangnya lebih value dibanding yang ga dicover?

    Bisa jadi si malingnya akan nunggu moment yang pas buat nyolong kendaraan tersebut?
    Jadi istilahnya pakai sistem Wait and Bleed #ehitulaguslipknot.. Maksudnya Wait and See hehe..

    Btw analisa saya ini bukan berarti saya maling atau ex maling loh 😦

    • Dengan asumsi Maling punya waktu yang cukup utk membuktikan kepenasarannya dan jenis maling yang mencari tantangan baru, bukan sekedar mencuri πŸ˜€
      “Semakin sulit semakin demen nih gw.”
      tapi itu sudah memfilter, mengurangi sekian persen maling motor yang berprinsip quick in quick out

  5. Wah bknya kalo cuma sekedar dipanasin sampe idle bakal tetep bikin aki tekor ya om leo ? karena pengisianya ga semaksimal seperti ketika dipake riding ?
    Bisa minta bantuan bung regis buat ajak keliling motor mungkin πŸ˜€

  6. Bnern, mending sedikit ribet daripada motor hilang, bisa mewek walaupun hrga motor’y misal 5jt. Ttp ajj 5jt duit, skrg cari duit susah.
    Pa lg motor om Leo wih klo ilang ngeri dah 😁

  7. Setuju bro Leo, faktor tidak aman variablenya justru bertambah ketika kita merasa aman, di lingkup security waspada dan prediksi situasi adalah keharusan..
    @bung Regis; blip the throttle a bit..:) bwwrzzz bwrzzz πŸ™‚

  8. Tapi hati hati catnya rusak nempel sama covee om akibat lembab klo klamaan…mobil sodara ane pernah tuh kek gitu cetnya rusak akibat dtinggal 3bulan

  9. dengan tertutup rapat/tak terlihat maka pelaku kejahatan sulit mengalalisa.
    untuk membuka cover perlu nyali besar karena takut pas dibuka ternyata ada yang punya.

  10. Ada saran satu lagi buat ngehindarin kemalingan.
    Motor anda bikin buluk, kenapa? Gampang aja di Indonesia motor dimaling lalu dipretelin buat diambil spare partnya. Nah maling ituh nyari motor yg kmnya rendah dan nampak terawat.
    Kalo maling liat motor kita dekil, lumpur dimane mane, atau bahkan ada penyok maling dah ogah embat. Pernah liat maling motor buluk? Wehehehehe

    • Motor saya buluk, bekas lumpur dimana mana, ada bagian yng lecet juga (lumayan keekspos) tetep aja dimaling. Ya walaupun akhirnya bisa kembali juga sih motornya

    • Weleh ternyata gagal yah saran ane.
      Motornya mainstream atau sejuta umat gk? (Kek vixion, beat, mio, cb, satria, atau vario).
      Klo iya memang harus hati hati. beat karbu ane biarin buluk, plastik knalpot kek parutan kelapa karena motor keseret, spakbor depan retak pernah ketinggalan kuncinya di parkiran warkop kgk ilang.
      Nasib berarti. Btw turut berduka ama motornya dan selamat ketemu lagi. Jarang motor ketemu lagi apa lagi utuh.

    • yang di embat yang di apit lebih mahal, di jakarta motor tetangga di parkir di dapur bisa ilang, motor baru seminggu tuh rumah di rampok cuma demi motor gila banget

  11. Kelihatannya yg paling ampuh apalagi moge, akinya dicopot. Ini kalau motor mau ditinggal lama lebih dari seminggu (misalnya pulang kampung). Tapi kalo malingnya bawa mobil / truk buat naikin motornya, tetap aja apes sih.
    .
    Yang paling mantap sih ikutin cara Mr. Bean, mobilnya dicopot setirnya. Jadi untuk motor dicopot saja setangnya. Joss! πŸ˜€

  12. pak leo si Zeus ditinggalin 7 bulan apakah tangki bbm diisi full ? dan apakah bahan bakar seperti pertamax 92 & pertamax 95 bisa basi ? Motor sy jg sy tinggal 6 bulan dan dipanskan 3 hari sekali tdk masalah?

    Suwun Pak Leo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s