Yamaha MT-10: First Hand Impression

Pertama kali dapat bisikan dan foto Yamaha MT-10 perasaan saya agak bercampur. Di satu sisi wow… mesin R1 edisi 2015 lho lengkap dengan chasis, suspensi dan braking systemnya. Di lain sisi, hmm desainnya kok mirip dengan Yamaha FZ1 tahun 2000an.

First Hand Impression MT-09 di Motegi Japan

First Hand Impression MT-07 di Motegi Japan

(spesialis first hand impression utk MT kayanya nih, kecuali MT-25 hehehe).

Sampai kemudian saat saya dapat kesempatan untuk sehari test ride langsung Yamaha R1 2015. Handling dan karakter engine yang jauh berbeda dengan edisi R1 sebelumnya, betul-betul istimewa. Kalau benar menggunakan engine R1, MT-10 layak dimiliki bahkan hanya karena engine R1-nya.

Saat menyaksikan gelaran WSBK di Philip Island saya menyempatkan diri untuk pertama kali menyambangi MT-10 yang baru tiba di benua Australia beberapa hari sebelumnya. Gress bro tiba di tanah kangguru ini. Saya pun langsung  jalan lurus ke MT-10. R1 dan lain-lain dicuekin aja.

 

IMG_5887

Sedang ngajarin sales nya tentang Spek R1 dan MT-10

Bertatapan muka langsung dengan MT-10 dari depan kesan gagah sekaligus futuristic terasa sekali di areah wajah. Sulit menepis asosiasi robot-robot tempur Transformer ketika melihat area wajah. Meskipun dijejer berbarengan motor-motor utama lain, anda seketika tahu ‘who is the boss there’. Cukup sekali melihat, anda tahu siapa bos, ‘yang megang’ di kumpulan preman yang berdiri di depan.

IMG_6240

Bergeser ke wilayah shroud, wis MT tenan, gagah dan futuristic. Apalagi saat melihat area mesin yang terekspose bebas. Otot mesin R1 terbuka vulgar.

IMG_6286IMG_6245IMG_6281IMG_6288

Kualitas material dan finishing setingkat kerapiannya dengan R1. Baik dalam standard Jepang.

Nahh saat melihat kearah belakang, ini sepertinya Desainer menghabiskan waktu dari 1 tahun desain, hanya 30 menit terakhir di area belakang heheheh lebay ah mas.

IMG_6289IMG_6291

Tapi beneran, saya merasa njomplang dan ada yang belum selesai disini. Area belakang mulai dari rear seat ke lamp muirip dengan MT-09. Area kaki-kaki juga tidak se-inspiratif area depan.

IMG_6234

Saat saya duduk pun, jok terasa lebih empuk dan nyaman dibandingkan MT-09. Ergonomi berbeda sekali dengan MT-09. Pada MT-09 posisi stang cenderung lebih rendah dan dekat ke badan. Posisi badan tegak habis. Mirip seperti motard. Pada MT-10 lebih cenderung ke arah streetfighter yang sedikit menunduk seperti Z1000. Dashboard sama dengan R1. Seru nih.

 

KESIMPULAN

Ada satu inpirasi yang ekstrim dibawakan oleh MT-09 pada desain area depan. Inspirasi yang menggugah gagah, Seperti segala hal yang ekstrim: it is either you love it or hate it.

Area belakang mas? Ini bagian desain yang menggantung. Tapi bagi para streetfighter mungkin ini hanya faktor kesekian ya?

Buat saya MT-10 ini layak dibeli, pertama karena performa engine new R1 yang saya sudah coba sendiri. Padat bertenaga semenjak dari RPM bawah. Cocok untuk menyandang gelar King of the Master of Torque. Kedua, pricing position yang agresif untuk kelasnya. Di UK dilepas dengan harga 170 juta rupiah, hanya lebih mahal 50 juta dibandingkan MT-09. Di Australia dijual di harga 180 juta rupiah. Gimana ga value banget. Ketiga karena handling Yamaha yang terkenal agresif. Saya belum mencoba langsung di lapangan, tapi kalau saja MT-10 setingkat di atas MT-09, maka sudah pasti MT-10 pantas untuk ditunggu.

 

 

 

Iklan

59 thoughts on “Yamaha MT-10: First Hand Impression

  1. abis disamperin sales yamahanya dikasih brosur gak mas?

    kalo diindo kan abis nyamperin motor langsung disambut sama brosur cicilan wkwkwkwk.. :mrgreen:

  2. jadi penasaran sama koleksi anda selama ini, apakah “sering Yamaha”? (padahal ada KTM dll), kalau di blog lain bisa dituduh FBY hehehe

  3. Om Leo di aussie sambil menyelam minum air…. tiap bulan bisa ganti motor dan merasakan sensasi motor yang berbeda-beda, tapi sekaligus juga dapat untung dari jual motornya ….. cerdas nan bejo 😀

  4. om leo share donk gimana positioning merek2 italy disana? apakah dianggap prestige, dan atokah dilihat secara value juga? mklumlah pembodohan otomotif di indonesia kyk gmn?

  5. om leo, selisih tenaga MT-10 ama R1 kan lumayaan jauh klo gak salah baca R1 200 hp on crank MT-10 cuma 160an hp. segitu jauh apa masih mirip karakternya?
    1 lagi om, klo banyak motor seken kinyis2 bertebaran knp org di aussie beli motor baru? kan motor cuma kepake 4 bulanan (info om leo)

  6. mesin R1 crossplane crankshaft terbaru tapi di tune ngebesarin torsi, btw Om leo, itu warna nya aslinya bagus gak sih?, abu2 nya kek cat dasar gitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s