Tugas SWAT = “Melakukan Counter Strategi Agar Gaung Xabre Tidak Terlalu Mencuat”? Benarkah?

 

Sambil rehat setelah capek baca dan nulis disertasi seharian, saya baca artikel kang IWB yang judulnya menarik perhatian. Mengenai siapa dan apa tugas SWAT AHM. Waini…

Screen Shot 2016-02-08 at 6.43.55 pm

Sampai kemudian mata saya terantuk pada kalimat:

“melakukan counter strategi agar gaung Xabre tidak terlalu mencuat.”

Screen Shot 2016-02-08 at 6.43.38 pm

Nah meskipun sering mendengar selentingan ini sebelumnya, membaca kalimat ini saya sontak terhenyak. Benarkah?

Kalau benar, apakah hanya AHM saja? apakah pabrikan lain juga seperti itu?

Saya kira sudah biasa perusahaan besar memiliki unit yang berfungsi sebagai marketing strategy and intelligence unit. Yang tugasnya mendapatkan informasi mengenai future product dari kompetitor selain mengembakan strategi marketing. Kalau dalam ilmu intelijen ada tiga fungsi intelijen: Intelijen (mendapatkan informasi), Counter-Inteligen (Penangkalan aktifitas inteligen) dan ‘Penggalangan’ (Melakukan dis-informasi, rekrutmen agen, black campaign, infiltrasi hingga sabotase baik nama baik ataupun fisik). Percaya aja deh ilmunya tentang ini ke saya ehheheh.

AHM melakukan aktifitas intelijen? wah ya wajar.

AHM melakukan aktifitas penggalangan (dis-informasi, black campaign, sabotase nama baik)? Saya merasa sulit percaya: Masak sampai begitu sih?

Kalau menurut saya, ketimbang mengganggu image produk lawan dengan dis-informasi atau kampanye, kenapa tidak fokus dengan pengembangan produk sendiri. Honda memiliki nama besar secara global sebagai produsen motor dengan teknologi tinggi. Itu sebabnya saya meragukan.

Kebetulan sumber yang didapat oleh Kang Iwan bukanlah statement resmi dari AHM ataupun petingginya, jadi informasi ini masih terbuka untuk diperdebatkan nilai kebenarannya.

Saya selama ini merasa kontroversi tidak produktif, bakar-bakaran, perang komentar di blog, hingga ‘sentilan’ blogger ternakan itu hanya sekedar ekses dari fanatisme terhadap motor yang dimiliki. Begitu seorang biker lebih matang dan mengerti lebih banyak tentang beraneka jenis motor maka fanatisme itu akan diganti dengan persaudaraan motor tanpa batas.

Tapi KALAU sumber informasi Kang IWB itu benar, bahwa perusahaan-perusahaan besar harus sampai melakukan tahap penggalangan diatas, mungkin ini bisa menjawab kenapa kok bakar-bakaran berlarut-larut.

Bagi perusahaan besar, motor mungkin tentang profit dan pertaruhan besar agar investasi bisa kembali. Dan langkah apapun yang perlu diambil – HARUS DIAMBIL.

Buat kita pencinta roda dua, bermotor adalah menjadi biker yang lebih baik, dewasa dan kuat dalam persaudaraan. ITU DUA PRINSIP YANG BERBEDA. BETUL-BETUL BERBEDA.
Mari jangan korbankan kebersamaan, solidaritas dan etika brotherhood demi kepentingan profit pabrikan.  Motor juga dibeli dengan uang dan jerih payah sendiri kok. Memangnya kalau motor ditarik leasing lalu pabrikan turun tangan nalangi gitu? enak aja.Kita beli kendaraan dengan nilai yang sudah menguntungkan pabrikan. Pabrikan itu sudah untungggg bro, jadi kita tidak punya beban hutang budi apapun ke pabrikan.Kembangkan wawasan, tambah pengetahuan, menjadi biker (dan blogger) yang dewasa.Yah kecuali anda memang punya saham atau mendapat keuntungan material dari pabrikan ya. Terbuka saja kalau begitu dan jangan mengatasnamakan brotherhood biker.

 

Iklan

109 thoughts on “Tugas SWAT = “Melakukan Counter Strategi Agar Gaung Xabre Tidak Terlalu Mencuat”? Benarkah?

  1. Kirain jaringan ngaco jd gak kekirim eh taunya kena jaring. Maap pak, jd ngotorin. Maklum masih pake teknologi dalam negeri, banyak suudzonnya. Heehhee…

  2. wah tumben nih, kok baru 1 hari udah buka tabungan, kayaknyakali ini programnya bukan deposito hehehhe (maklum agak jarang juga nih, cuma jeda sehari om leo udah brojolin artikel lg) mudah2n yang selanjutnya jangan “deposito jangka panjang” duahari getol ntar mesti nunggu lg sampe seminggu hehehehehehe

    btw nice article om, like always…. hehe

  3. Memang sulit dipercaya..tp stlh muncul istilah “Nearly Square” (overstroke dibilang nearly square) mnrt saya itu semakin mengindikasikan bahwa sepertinya memang ada kekuatan yg mulai menyetir bbrp blogger otomotif saat ini.(imho)

  4. menurutku inipun juga berlebihan mas, artikel lek iwan biasa saja, ga ada negatifnya sama sekali, malah positif semua, trus apanya yg negatif? toh team tsb katanya terbuka,
    soal counter strategi? banyak cara to, kalopun counter strategi agar gaung Xabre tidak terlalu mencuat, ya hal yang wajar dong, banyak cara, di situ ga di jelaskan secara spesifik, dan yang terpenting ga downgrade/jelek2in xabre kan? trus masalahnya apa?

    • Persoalannya adalah aturan dan badan ombudsman yang mengawasi ini ada dan bekerja efektif. Di Indonesia peraturan dan penegakannya masih problematik dan meninggalkan banyak celah yg bisa dimanfaatkan.

  5. itu sudah lama bung..sudah rahasia umum..makanya dunia persilatan Fans Boy semakin sengit dan panas n ngga nalar lagi komen2a..salah 1 strategi masuk k group lawan n bloger2 trus kasih statement yg bikin Black Sampagne eh salah campaign..

  6. Bakar2an itu saya yakin hanya terjadi di komentar blog atau media online lainnya. Tapi tidak terjadi pada dunia nyata.

  7. persaingan tidak sehat kalau saja tim sewot sampai demikian…. om

    tingkatkan lah value bagi ploduknya, jangan ngehambat dengan sengaja pabrikan lain…

Komentar ditutup.