Kontroversi SOHC VS DOHC? Basi dan Menyesatkan

Saya selama ini diam saja setiap kali mendengar kontroversi atau malah bakar-bakaran SOHC VS DOHC. Banyak hal lain yang lebih produktif dan bermanfaat untuk dibahas. Tapi kok ya belakangan kontroversi ini semakin tidak rasional dan membuat kualitas diskusi perotomotifan jadi anjlok kadar logikanya.

MENGAPA?

Karena buat saya, apakah memilih SOHC atau DOHC, itu hanyalah salah satu variable yang ada pada satu produk sepeda motor.Β  HANYALAH SALAH SATU. Dipilihnya SOHC tidak membuat satu produk motor sempurna, begitu pula dipilihnya DOHC tidak serta merta membuat produk motor yang lain jadi luar biasa bosoknya.

Jangan Pars Pro Toto. Satu bagian sudah dianggap mewakili keseluruhannya.

ADA TERLALU BANYAK FAKTOR LAIN yang juga menentukan. Handling, kapasitas CC, karakter tenaga yang dibutuhkan, kombinasi Bore x stroke, kualitas klep/silinder, pilihan gear ratio, chasiss dll. Motor harus dilihat dari keseluruhan kesatuan produknya. Belum lagi dengan menghitung faktor after sales lainnya.

Jadi meributkan SOHC VS DOHC dalam menilai bagus atau tidaknya sebuah produk motor adalah bentuk menyederhanakan masalah yang luar biasa menyesatkan.

Saya minta teman-teman untuk tetap jernih dan mencerdaskan diri dengan berpikiran terbuka dan belajar. Apabila ada perang opini yang berfokus pada kontroversi SOHC VS DOHC, tinggalkan saja. Itu adalah marketing war para sales yang memberi nafkah diri dengan cara mengolah opini yang sesat.

143 thoughts on “Kontroversi SOHC VS DOHC? Basi dan Menyesatkan

  1. Dia gak tau…
    ada Yamaha MT-03 yang satu silinder 660cc SOHC….
    torsinya ampun-ampunan…..

    yah….. setuju Om Leo…
    leave it lah,
    ga ada waktu…
    lagian makin dibaca.. makin dikomentarin, makin girang…. hehehehe

    anyway…. kalo balik kampung jangan lupa oleh-olehnya
    πŸ˜€

  2. Setuju sama om Leo, kebanyakan konsumen pun beli motor atas pertimbangan suka dan butuh..
    Bukan spek engine, angka2 torsi dan power diatas kertas serta tetek bengeknya..
    Just IMHO

  3. penggiringan opini untuk konsumen ya pak leo, tidak melihat produk secara keseluruhan

  4. Iya om..

    Sampek jengah liat jontok2an sohc n dohc…kayak ga berpendidikan aja…

    Ada yg jelekin vixion lah,, jelekin cb 150r lah,,, apalgi sonic di bully…. Real dohc lah. ,,,, wong ga kiro tuku kabeh kok om… Mental kok mencaci maki…. Sak apik2e produk awak dewe kan ttp konsumen toh om, sek gurung iso gae motor dewe…

    Mau banggain yamaha honda n suzie yo ttp merk jepun…

    Apalgi sekarang mengagungkan FU fi,,, haddeh….

    Salam satu aspal…

  5. dn mereka larinya psti mnuju motor kompetisi or prototipe, y sdhlah, toh smua pbrikan punya kedua mekanisme ini. ymaha jg pnya dohc, syngnya honda adlh yg sllu mem-blow-up dohc, y mgkin krna SEMUA prduknya yg djual dmari mnggunakan mknisme dual kem…

    • pdhl mereka jg pnya sohc megapro, verza, supra dll. tp koar2 dohc paling superior. nyatanya dibalapan sentul jg dohc nya ditinggal ma sohc mx, hufttt

  6. On stock Dohc honda cuma 16ps vs Sohc yamaha 16ps perbedaan antara keduanya cuma dibedakan 0, sekian tapi dengan jumlah chamshat 2pcs vs 1pc power 11 12…malah sekarang dua2nya sama2 overstroke….jelas terlihat yg dohc honda menyesuaikan permintaan pasar yang kebanyakan diperkotaan yg stop and go tidak terlalu membutuhkan rpm atas.

    Kalau masalah siapa yg kencang kan udah ada wadahnya kejurnas 150 yg membawa nama bengkel dan pembalap pro masing2 dan bendera pabrikan…Malah ahm dengan tim ART pake OCB dohc overbore dan tim suzuki sudah lama riset fu karbu lawan mx king yang baru tahun 2015 lahir mx king bisa langsung juara kejurnas. Benar om Leopold motor itu dilihat satu kesatuan mx king juara bukan hanya karena mesin sohcnya kuat gebuk 29hp tapi karena materialmesin bagus dan rangkanya yg enak ditekuk sirkuit kecil maupun sentul besar..coba bandingkan sonic tim kawahara dohc overstroke baru gebuk 24hp saja pada ambroll alias DNF.
    Lihat R15 berani loh ikutan kejurnas 150 sentul besar walau lawan batangan, ayam jago dan bebek, tapi R15 selau bisa rebut pdium race 1 dan race 2. Dan kenyataanya yg ngaku DNA motogp cnr150 k45 pake dohc overbore cuma beraninya main OMR di alun alun pembatas karung goni..

    So don’t judge bahwa sohc 4 klep yamaha itu inferior

  7. harap maklum om, masih awam, bahkan yg parah lagi pilih motor berdasar suara knalpot dan jumlah silinder

  8. Hhh…
    Ini bru blog netral bahas yg adem2 bkn kyk vcd bajakan kadang jd dukun n ahli secara tiba2..

    Btw om ap ad komunitas modif kyk di indo kah?
    Kyk thailook dsb dsna?

  9. Betul om cm salah satu itu. Masih buayakkkk faktor lain. Style,fun to ride,value for money,fuel consumtion,maintenance&after sales,durability dll…
    Mungkin pengiringan dipikir para sales 100% mempan kali yah di dunia blog, ckckck. Disini informasi 2 arah, ngga kaya media mainstream yang cm 1 arah cuy. Hehehe

  10. Wakakakak pak abidin effects nih

    Blog keturunan kompeni sebelah sampai terkojel kojel,udah berapa artikel tuh dibikin.

  11. Cerdas om hehe

    Saya juga males liat kolom komentar di blog2 lain, banyak yg ngebahas cuma perihal sohc vs dohc. Basi.

    Mau kenceng, kebut-kebutan ya beli motor sport. Bukan motor sport look. Bisa punya motor juga harusnya bersyukur, jangan jelek-jelekin produk tetangga hanya untuk meninggikan produk sendiri.

  12. Ane bukan ahli mesin yg merasa lebih pandai dr yg membuat….dan bukan ahli freestyle yg lebih jago dr wawan tembong buat ngerti performa sohc dan dohc….jd ane mending gak ikut mbahas vcd bajakan..eh…mbahas mana yg lebih unggul deh…

    • Kl bg ane mah yg penting keren modelny….mesin bodo amat…dah lewat jamannya….sbg 2stroke lover yg dah insyaf….ngahngahngah

  13. begitulah om Leo, banyak yang terbatas otaknya, gak sampe kalo bahas yg lain selain dohc vs sohc.. wkwkwk

  14. “Memberi nafkah diri dg mengolah opini yang sesat” wkwkwkwkwkwk, bisa dijadiin judul artikel lg itu om… Miris emang dg blogger sebelah yg condong ke salah satu pabrikan yg besar banget hehe…

  15. ini hanya marketing war jilid kesekian om…sejak ngikutin & baca blog otomotif mulai 2007…banyak gimmick yg cukup menggelikan menurut sy…mulai dari Matic ya honda, motor ya honda, sampe kasus perang BC antara SOHC vs DOHC, debat yg tak berujung…padahal yg diributin power yg hanya nol koma atau limiter RPM yg hanya beda 500an…entah di 2016 ini apa lagi yg bakalan heboh ???

  16. Sebenernya bukan debat mereka hanya ingin tau apa perbedaan dan apa manfaat dohc aja.coba tolong yg punya blog kece dan didasari ilmu otomotif berpengalaman terangin deh.jgn cuma bisa menyslahkan.

    • Silahkan anda coba cek kontroversi SOHC vs DOHC yang sudah berjalan bertahun-tahun di FB maupun blog agar acuan konteks kita sama.
      Salah satu prinsip dari belajar adalah berpikiran terbuka menerima kebenaran.
      Yang terjadi lebih pada “Pokoknya SOHC, DOHC yang paling tepat”. Kemudian sisanya diisi dengan nama binatang dan ungkapan yg hanya berani diucapkan di dunia maya.

      Dengan ilmu otomotif setinggi apapun, kualitas performa sebuah produk motor tidak bisa disederhanakan dengan SOHC atau DOHCnya. Atau apa menurut saudara Didi seperti itu?

  17. Yg bikin nyesek itu suka minum oli dan ngebul
    T_T dan dibilang normal
    Disitu saya sedih

    • ya elah.. semua juga udah tau keles nvl 1pa itu pori2 dinding ny lebih besar ketimbang old vixi.. part daleman juga ga rusak n masih kinclong tnp baret.. tenaga juga ga drop tuh

      di NVA udah kelar tuh ga ada ngebul lg.. move on lah, klo mau bc jgn disini masbro :p

    • Hits buat saya ga pengaruh, ga ada hubungannya dengan iklan wordads dll
      buat saya yg penting kualitas diskusi.

      Di bagian awal sudah dijelaskan saya ga pernah komentar soal SOHC VS DOHC sampai sekarang ini karena menurut saya sudah berlebihan dan menyesatkan.

  18. SWAT is approaching !!!
    #@#$#$%^Y#$W! (parah dah tuh tulisan) ampun”…..
    Saya ingin mengerti otomotif, jangan malah dibodohi !!!

  19. @GHOST
    yang bikin rusak mesin bukan karena makan olinya..tapi…karena makan oli, NVA jadi cepat kehabisan oli..bagi rider NVA yang ga selalu memantau ketinggian oli akan beresiko mesin rontok klo NVA nya kehabisan oli tp dipakai terus.. dan ini kasus sudah banyak lah ya..mesin motor apapun akan rontok klo mesin kekurangan oli, tp resiko NVA lbh tinggi ya karena olinya itu cepat habis..

    • wkwkwkw

      baca yang bener mas bro

      di NVL (1pa) iya

      tapi di NVA new vixion advance dengan kode mesin 2PV itu udah teratasi

      dibilang kalo mau BC jangan disini wkwkwkw

  20. Lho, tapi yg kemudian mengangkat kembali isu “super basi dan menyesatkan” ini petinggi Yamaha sendiri kok (baca: Abidin).

    Kalo memang Abidin bener, kenapa status dia soal SOHC vs DOHC ini, sekarang sudah dia hapus? Ngga layak itu level BOD perusahaan besar ngomong kayak gitu di ruang publik, even di akun sosmed pribadi. Macam fansboy alay baru lulus SMP aja.

    • gw jadinya ngecek lagi ni πŸ˜€
      masih ada tuh, privacy settingnya yang dirubah.

      Kenapa kita harus emosi?

      Yang dia kritik kan adalah upaya menjatuhkan produknya dengan beberapa campaign, termasuk kontroversi SOHC vs DOHC yang muncul lagi saat launching Xabre. Sebagai orang yang mewakili satu perusahaan ya itu HAKnya mengungkapkan reaksi balik. Selama tanggapan baliknya secara isi tidak melanggar hukum (mencemarkan nama baik dll).

      Kalau kita tidak merasa melakukan campaign itu ya ga perlu emosi, kita tulis saja hal yang lebih substansial lainnya.

Comments are closed.