Kontroversi SOHC VS DOHC? Basi dan Menyesatkan

Saya selama ini diam saja setiap kali mendengar kontroversi atau malah bakar-bakaran SOHC VS DOHC. Banyak hal lain yang lebih produktif dan bermanfaat untuk dibahas. Tapi kok ya belakangan kontroversi ini semakin tidak rasional dan membuat kualitas diskusi perotomotifan jadi anjlok kadar logikanya.

MENGAPA?

Karena buat saya, apakah memilih SOHC atau DOHC, itu hanyalah salah satu variable yang ada pada satu produk sepeda motor.  HANYALAH SALAH SATU. Dipilihnya SOHC tidak membuat satu produk motor sempurna, begitu pula dipilihnya DOHC tidak serta merta membuat produk motor yang lain jadi luar biasa bosoknya.

Jangan Pars Pro Toto. Satu bagian sudah dianggap mewakili keseluruhannya.

ADA TERLALU BANYAK FAKTOR LAIN yang juga menentukan. Handling, kapasitas CC, karakter tenaga yang dibutuhkan, kombinasi Bore x stroke, kualitas klep/silinder, pilihan gear ratio, chasiss dll. Motor harus dilihat dari keseluruhan kesatuan produknya. Belum lagi dengan menghitung faktor after sales lainnya.

Jadi meributkan SOHC VS DOHC dalam menilai bagus atau tidaknya sebuah produk motor adalah bentuk menyederhanakan masalah yang luar biasa menyesatkan.

Saya minta teman-teman untuk tetap jernih dan mencerdaskan diri dengan berpikiran terbuka dan belajar. Apabila ada perang opini yang berfokus pada kontroversi SOHC VS DOHC, tinggalkan saja. Itu adalah marketing war para sales yang memberi nafkah diri dengan cara mengolah opini yang sesat.

Iklan

143 thoughts on “Kontroversi SOHC VS DOHC? Basi dan Menyesatkan

  1. Biasalah om, para sales pekok atau fansboy karbitan yang selalu ngeributin hal2 yang gak mutu banget buat di jadikan debat..

  2. dohc=honda, sohc=yamaha. itu yang ada dalam fikiran orang sedang terkurung dalam tempurung. makanya perangnya pun di tempurung itu. yang diluar tempurung adem adem aja kayak om leo… 😀

  3. S7 ulah sales pinggir jalan oonda sampah yg tdk kena target penjualan. Trmsk tim syawat ternakan ahaempret pekok

  4. setuju om.., apa lagi level direktur, masa kepancing maslah level sales jalanan 😀 😀

    klo dalam perang dagang, komandan udah terpancing marketing gimmick lawan repot juga buat kedepannya..

  5. Tul Om .. SOHC & DOHC itukan cuman soal marketing gimmick dan yang kemarin minta maaf kan ORANG MARKETING TULEN juga WKWKWKWK .. dan masih dalam konteks jualan .. dan motorsport cc 150 sampe 250cc itukan kiblatnya ke abangnya yang ccnya lebih besar .. so I think he’s SMArt and we take the bait .. wuaasyeem,

    dan yang baca blog pasti pada cerdas cuman banyak yang cepat panaaassss 😀

  6. Saya gak peduli SOHC VS DOHC, toh motor saya gak pakai tekhnologi itu, dan dijalan juga gak ada yang nantang saya kebut2an. Hidup Vespa Sprint !

  7. udahlah cc kecil di bawah 500 mendingan bangkit kan lagi mesin 2 stroke, udah ketauan lari jauh lebih kencengn, tenaga lebih besar dan makjosssss

  8. kalo menurut ane sih salah dari pak abidin tidak menyebut secara gamblang blogger mana yang menurut beliau tidak netral, bahkan cenderung menjatuhkan produknya. akhirnya ya sama seperti oknum polisi, yang tukang tilang oknum, tapi yang di cap jelek polisi nya, padahal polisi juga ada densus 88 yang mengamankan negara dari teroris

    sama seperti blogger, ada yang netral kok, tapi karena bilangnnya blogger, mungkin beberapa blogger merasa ikut kena getah blogger “kentir”
    ya dibuatlah artikel pembelaan, sampai akhirnya isu lama mencuat lagi
    heheh cuma opini om, gak terima gak masalah

  9. analisis om leo emang mantep. sbnrnya gampang aja klo mau lihat di market negara lain kaya apa sih kecenderungan SOHC VS DOHC ni, buka aja web motor luar negri macem mcn, motorcycle.com, dll. bisa dipastikan ngga ada 1 pun artikel yg isinya ngeributin SOHC VS DOHC. karena wawasan rider disana udah lebih terbuka, mereka paham betul ada faktor2 lain yg disebut om leo tadi yg mempengaruhi bagus tidaknya motor tsb. Nah sekarang plottwistnya, … KALO H**DA ngeluarin mesin dgn konfigurasi 2 tak generasi baru gimana? yg udah paham paling ngakak guling2

  10. kalo sudah pernah naik accord v6, mungkin mereka ga akan debat konyol sohc vs dohc, mana yang lebih superior!

  11. Selalu senang kalau baca tulisan om Leo, kalau baca tulisan blogger-blogger ‘sebelah’ kadang isinya berat ke salah satu pabrikan, kolom komentar isinya cuma perang antar sales dan fansboy, kadang risih bacanya. Ditunggu tulisan-tulisan selanjutnya om.

  12. Mungkin kalo mesin motor udah ada yang camless kaya mesin buatan Cargine, ‘mereka’ baru pada berenti ribut ga jelas

  13. Kalian emang hobby-nya ribut melulu… kalo perbedaan jadi bikin perdebatan lalu ribut, trus kalo udah ribut hasilnya apa? Emang udah hobby orang Indonesia secara mayoritas… Disitulah terbukti pula soal mutu SDM dari pola pikirnya.

  14. begitulah menyedihkannya wawasan netizen yang bisa buka internet tapi malas cari fakta yang sebenarnya..

    bahkan teman saya kenal dengan seseorang yang dengan penuh percaya diri mengatakan bahwa ducati hanya memproduksi mesin silinder ganji!!

  15. begitulah menyedihkannya mental netizen yang bisa buka internet tapi malas mencari tahu fakta sebenarnya..

    bahkan teman saya kenal seseorang yang dengan penuh percaya diri mengatakan bahwa ducati hanya produksi motor dengan mesin berjumlah silinder ganjil!!

  16. setelah branding HONDA=irit (iya lah 4 tak vs 2 tak)
    sekarang mengarah HONDA=DOHC=superior
    *padahal honda jazz (SOHC) powernya lebih gede dari yaris (DOHC)

  17. dipakai harian sih gak begitu kentara ya perbedaannya antara sohc-dohc.. cuma kalo antara longstroke vs shortstroke ini baru beda..

  18. Saya males kalo membandingkan SOHC VS DOHC di ibaratkan Vixion VS CB150R. Sepertinya udah terlalu rame. Mungkin sekali2 yang dibahas naik kelas dikit. Misal Honda JAZZ(SOHC) vs Yaris(DOHC).

  19. itu tergantung pembeli aja kalosales mah “yang penting target bulanan tercapai” 😀 hiraukan omongan sales tentang sohc dan dohc . tar kalo ada teknologi baru pada ngeributin yang baru lagi wkwkwkwk

  20. Yaudah kalo emang gada efek sama skali, semua motor dibuat SOHC saja atau DOHC saja.

    Klo memang ga ngefek knapa semua engine kompetisi motoGP n SBK semua dibuat DOHC?

    Kalo buat saya teknologi kem ini melengkapi spek motor yang ada. Motor bertenaga besar dan dirancang untuk rpm tinggi harus DOHC karena pada putaran tinggi mekanisme gerak valve sudah tumpang tindih, harus ada kontrol terpisah antara valve in dan out.

    Kalo buat motor rpm rendah yg mementingkan torsi maka SOHC dirasa cukup. Komponen lebih irit dan loss lebih sedikit.
    Memang secara mandiri SO atau DO bikin motor tambah kenceng, tapi engine kenceng akan lebih maksimal pakek DOHC.

    • Anda kurang mampu membaca dengan baik sepertinya. Yang saya katakan performa sebuah motor tidak bisa disederhanakan dengan hanya kontroversi SOHC dan DOHC. Ada banyak sekali variabel lain yg juga menentukan.
      Itu tidak sama artinya dengan “gada edek sama sekali antara SOHC dan DOHC”.

      Saya merasa jadi bodoh mengulang-ulang kalimat yang harusnya clear ini.

    • maklumin aja om….namanya juga newbie…masih pengen unjuk gigi….biar ntar kayak boneng….hahahaha

    • Gimana ya pak. Saya baca artikelnya pedes dari awal ampe akhir, maaf kalo saya sbagai reader pun tertarik untuk komen sedikit pedes. Ya saya ngerti mgkn pak Leo kesal dengan “sales” yg mlulu bicara dohc vs sohc pada 2 merk motor. Tapi kesan dr tulisannya SOHC DOHC disepelakan. (Saya baca dari awal mpe akhir)

      Jadi coba kritiknya dibuat lebih santai dan humoris supaya yg baca jg santai. Saya sneng baca blog sbelah (sm******) yg artikelnya ttep serius tp penuh lucon dan santai

      Oh ya untuk bung Ian di bawah, ada yang ngajak anda diskusi? Nylonong saja dgn humor yg kurang lucu. Kyknya tidak menambah poin diskusi ya? Mohon lebih ati2 lain x. Thanks

    • Mas bro, mesin MotoGP dan SBK pakai sistem DOHC itu karena sistem DOHC dapat membuat flow atau jalur porting yang lebih baik daripada sistem SOHC 2 klep. Makanya dipilihlah sistem DOHC agar performanya bisa lebih bagus lagi.

      Untuk torsi, bukan permasalahan SOHC atau DOHCnya bro tapi lebih ke seberapa panjang langkah hisap piston (stroke). Semakin panjang langkah hisap piston maka semakin bagus pula torsinya. Tapi ada resikonya, semakin panjang langkah hisap piston maka semakin rendah pula putaran mesin yang bisa digapai. Ini terlepas dari faktor bobot kruk as, berat magnet, dan spek noken as ya.

      Tolonglah bro jangan termakan oleh paradigma SOHC itu bagusnya di putaran bawah atau SOHC nafas mesinnya ngga panjang (putaran mesinnya ngga tinggi) atau DOHC bagusnya di putaran atas atau DOHC nafas mesinnya panjang (putaran mesinnya bisa tinggi). Seperti yang sudah ane bilang di atas, bukan masalah SOHC atau DOHCnya tapi lebih ke seberapa panjang langkah hisap piston. Hubungannya dengan masalah piston speed. Semakin panjang langkah hisap piston maka semakin rendah pula putaran mesin yang bisa digapai. Mau itu DOHC kek, mau itu SOHC kek, harus ada bayaran yang setimpal agar hal tersebut bisa dianulir kalo langkah hisap pistonnya panjang tapi putaran mesinnya tetap mau tinggi. ngga percaya?

      Ada CS1 yang SOHC tapi punya stroke pendek, peak powernya baru keluar di 10.000rpm. Bahkan limiternya ada di 11.500rpm. Limiternya sama dengan Satria F150. Bahkan dengan CB150R lama juga sama. Padahal DOHC loohh. Bisa begitu karena stroke di bawah 50mm. Kalo di atas 50mm atau bahkan di atas 55mm, bisa lebih rendah lagi. Contoh aja Sonic 150, limiter cuma di 10.500rpm. Bisa begitu karena stroke Sonic 150 ada di 57.8mm. Padahal Sonic itu DOHC looh.

      Makanya bro, jangan terpaku sama SOHC atau DOHC. Masih banyak faktor lainnya yang bisa membuat performa motor jadi lebih kencang. Takutnya tar kayak kejadian di Indoprix, ada motor SOHC sukses ngasepin motor DOHC, entenya langsung kojel2 ngga karuan.

  21. Heran juga ya, orang2 kita masih banyak yg terkena gimmick marketing, padahal mau DOHC ataupun SOHC sama2 teknologi jadul tapi koq seolah2 seperti teknologi anyar dan mutakhir..
    Saya sependapat dengan om leo, beli kendaraan itu 1 kesatuan. Ya performa, harga, ergonomi, design, after sales, keiritan, fitur, eksklusifitas, dan selera menentukan seseorang untuk membeli kendaraan…dan hampir tidak ada produk yg bisa memenuhi semua point2 diatas
    hari Gini cuma kelas 150cc ribut SOHC DOHC…
    PIKIRANMU Sempit..GAGAL MOVE ON !!!
    karena mentok di 150cc..

  22. menurut saya begini om, berterima kasihlah sama satria fu 150 cc yg udah dohc dan berhasil ngasepin motor2 sohc cc besar macam tiger dan scorpio. sehingga dalam mindset kita dohc itu lebih superior. tapi sayangnya banyak dari kita lupa kalo satria fu baik yg karbu maupun fi itu punya power to weight ratio yg gede dibanding motor sport batangan sohc di jamannya.

    nah semua jadi terbuka ketika cb150cc yg ternyata pake mesin dohc tapi tenaga mirip2 vixion yg pake sohc. karena sama2 punya power to weight ratio yang mirip2.

    jadi kesimpulannya, mindset dohc 150cc lebih superior dari sohc berawal dari performa satria fu karbu di jamannya.

    • bisaa jadi….namun tetaplah bukan patokan….makanya tulisan ini dibuat agar melek, dan gak jadikan itu sebagai patokannya….paham??

  23. Singkat tapi dalem, hahaha. Nice line from you.
    Jadi ingat produk-produk mobil honda yang menggunakan mesin SOHC. Siapa yang tidak kenal dengan Honda Civic, itu SOHC lho.

    • orang indonesia dari dulu selalu gagal paham…makanya kondisinya jadi begini… orang negara maju sudah mikir hal lain untuk kemajuan….malah kita masih memperdebatkan itu2 aja tanpa mampu untuk memahami apa inti dari perbedaan…

  24. point nya seperti pk Leo telah sampaikan bahwa motor dilihat seutuhnya satu package dan itu bukan hanya pada faktor performa aja, tapi faktor lainnya.

    mesin sohc 4 klep pun akan mirip hasil volumetrik efisiensinya (VE) dg mesin dohc dg parameter ke 2 mesin yg sama dan di putaran yg sama misalkan 10000 rpm. dohc memang ada kelebihan dan kemudahan yaitu posisi busi bisa di tengah yg katanya sedikit dapat meningkatkan efisiensi pembakaran. dan kemudahan mengatur timing pada 2 camshaft sprocket yang terpisah in dan ex nya. selebihnya akan mirip antara mesin sohc dan dohc.

    mesin sohc bisa jga mencapai rpm tinggi misalkan 15000 rpm apabila disiapkan atau di design secara khusus, krena beban friksinya lebih sedikit dari twin cam-dohc. memang untuk pemakaian balap sperti F1, motogp design valvetrain dohc akan lebih ideal lgi.

    jdi tdk ada perbedaan volumetrik efisiensi secara siknifikan dari kedua mesin dg ketentuan klau parameter keduanya sama, yaitu bore x stroke, con-rod to stroke ratio, rasio kompresi statik, profil camshaft, valve in/ex diameter, in/ex port dia, bentuk ruang bakar, throttle body, intake manifold, berat crankshaft dan sterusnya.

    motor sy dohc tpi gak melihat motor dg mesin sohc itu inferior…. sekedar share

  25. Review Promo iklan motor pasti pengaruhlah ke komsumen yang notabenenya belum merasakan performa beneranya sebuah motor, kebanyakan motor disinikan di sayang dan dielus elus pemiliknya. Beda kalo kita dah di fase butuh motor disesuaikan dengan budget dan selera serta sesuai dengan kebutuhan permotoran kita, bicara performa motor kan bicara seberapa berani kita betot tuh motor sampai limit terahir disegala medan yang kita mau,

  26. Ulasan yang sangat bermanfaat.

    Salam kenal Om Leopod,

    SOHC atau DOHC hanya suatu pilihan, bukan berarti salah satu konfigurasi tersebut lebih Inferior atau lebih Superior.

    Kadang hal-nya mereka melupakan hal yang sangat simple, Jumlah Valve dan Konstruksi Torak.

    #ngopi & udud dulu om, cherrrssss…

  27. coba ada penyewaan moge… sewa dan pakai 1000 cc selama seminggu, full dipakai harian menembus macet dan balapan di subuh hari… dan kalian akan melupakan apa itu sohc dan dohc karena kalian sudah merasakan 140++ horsepower dalam genggaman tangan yg akan membuat nyawa kalian bergantung padanya… kalian akan berada di level yg lain dan akan lebih menghargai hidup yg diberikan kepada kalian dengan mengendarai mesin ber kubikasi kecil dengan tenaga dan teknologi yg berbeda2… itu yg saya rasakan selama mengendarai si Hulk a.k.a z1000 sugomi…

  28. Ini yang lebih xxxxx sok ngerti sohc dan dohc. Vespa sprint 2tak dibilang sohc. Motor 2 tak mana ada noken as nya?. Sohc dan dohc itu motor 4 tak \\

  29. Bro Leo, memang bener, isu2 basi membuat gerah dan nggak bermanfaat sama sekali. Padahal yang seharusnya di kedepankan oleh pabrikan manapun adalah :
    1. Kesantunan pengendara di jalan raya, karena jalan raya adalah milik publik, bukan milik sendiri atau kelompok tertentu, dan yang jelas bukan arena balap dan kebut-kebutan.
    2. Safety Riding , demi keselamatan buat diri pengendara itu sendiri dan keselamatan bagi publik di jalan raya.
    3. Sepeda motor ataupun mobil yang mendukung kedua poin tersebut.

    Sehat selalu Bro Leo…..
    Thanks….

  30. Sohc-dohc
    Tralis-deltabox
    Overstroke-overbore
    4klep vs 2 klep

    Itu semua gak mutu kalo di compare di kelas 150cc

    Yg penting mah power gede, handling bagus, dan semuanya masuh gak terlalu significant di kelas 150

    Pada mau aja di kibulin momok dan satar

  31. sebenarnya dalam produk yg dlempar dpasaran tdk ada mesin yg benar2 spek sama beda teknologi camshaft… jdnya ketika d compare satu sama lain(misal mesin 150cc buatan Yamaha SOHC vs 150cc buatan honda DOHC) Hasilnya bs dtebak… andai saja speknya sama.. seperti bore vs stroke, diameter katup, ukuran throttle body, jumlah speed gear sama(ukuran final gear juga sama), injector dan ECU jg sama..yg membedakan cuman teknologi camshaft maka baru deh dbandingkan dan bs dtarik kesimpulannya… tp kyknya itu seperti uji coba d laboratorium dmana faktor2nya dbuat sama.. haha ya selamat adu argumen untuk hal yg tdak dperlukan benar atau salahnya

  32. apa yg gak diributkan di sini oom. bola aja diributkan sampe tawuran. tapi kalau motor ada stiker dohc keknya lebih afdol, kalo dulu emblemnya energi induction, tpfc, cdi, sss dll

    • Sebegitu naifnyakah bikers di Indonesia? Saya kira tidak juga….hanya segelintir saja yang masih mau disesatkan oleh hal-hal tersebut.

    • kalau di kehidupan nyata, di biker yang bergabung di komunitas paling engga keliatan disitu, ya santai dan akrab saja. Engga tau di dunia maya, dimana semuanya serba anonim jadinya berbeda.

  33. sohc itu teknologi jadul, dohc itu kekinian …
    ada yg cukup dengan teknologi jadul, ada yg mesti kekinian ….. artinya ada yg cukup dengan performance segitu, ada yg bilang kalau ada yg lebih baik kenapa tidak pilih yg itu ….

    • Sama” jadul Sohc & Dohc, sama” kekinian Sohc & Dohc (liatnya secara paket) kekinian or jadul mana Sohc 4v with or without vva dgn Dohc 4v?

  34. gmana mau dibangkitin om…tetangga sebelah aja lagi2 laris larisnya dipaksa suntik mati…heuheuheu

  35. Ping balik: Benarkah SOHC Penyebab Kalahnya Penjualan R15 Dibanding CBR150R? | travelmotoblog

Komentar ditutup.