Yamaha MT-09 Tracer Sudah Mendarat di Tanah Air

 

Satu tahun lalu, Januari 2015, setelah membeli MT-09 saya mengulas varian adventurenya, the Tracer. Bulan lalu, Desember 2015, saya menulis artikel bagaimana MT-09 Tracer tercatat sebagai motor terlaris di Inggris (laku 1400 unit, nomer 2 BMW S1000RR – 900 unit). Dan bulan ini, Januari 2016, MT-09 Tracer, setelah hanya diharap-harap, akhirnya mendarat di tanah air!

2015-Yamaha-MT09-Tracer-EU-Lava-Red-Static-003

yang merah cakep tenan

 

Kok kayanya sesuatu banget tho mas?

Begini lho…

Kelas Adventure selama ini didominasi  oleh para raja, motor Eropa. BMW dengan GS seriesnya, KTM dengan Adventure class, Triumph dengan Tigernya. Dan ketiganya hadir lengkap di tanah air. Perlawanan sengit memang diberikan oleh pabrikan Jepang seperti Kawasaki dengan Versys 1000nya, sementara yang lain Honda dengan Crossruner/Twin Africa dan Suzuki dengan Vstromnya belum hadir. Harus diakui di Indonesia hegemoni  kelas petualang itu dipegang memang oleh motor Eropa.

MT-09 Tracer menurut saya adalah kelas light adventure yang berpotensi mengganggu hegemoni itu.  Modern, ringan dan dengan harga yang kompetitif. Berbekal ini Tracer menguasai market Eropa.

Tracer menurut saya adalah produk yang bahkan lebih baik ketimbang kakaknya si MT-09. Bukan hanya dibekali mesin dan chassis yang sama. lebih jauh lagi ada sejumlah feature tambahan yang dibenamkan ke Tracer yang jelas membuat MT09 jeles. Seperti Traction Control, adjustable ergonomic, perlindungan angin, tanki bensin 4 liter lebih besar, adventure class seat dll.

tracer-001

tracer 2-003

 

tracer 1

tracer 4-001

Tidak salah lagi, header knalpot X style nya MT-09

Melalui beberapa teman, saya mendapat berita yang semakin menguat di kanan dan kiri, bahkan dalam bentuk foto, bahwa the Tracer sudah mendarat sebagai unit test untuk diuji dan didaftarkan importnya.

“Mas Leo, … ,secara timing semestinya sudah mulai untuk mengurus ijin import, …. , kemungkinan (launching) di semester 2”

Wahhhhh !!! ga nyampe 6 bulan lagi dab!

Siap menjelajah indahnya Nusantara bro dan sis?

2015-Yamaha-FJ-09-MT-09-Tracer-06

centre stand, perlu banget utk motor adventure

 

Iklan

35 thoughts on “Yamaha MT-09 Tracer Sudah Mendarat di Tanah Air

  1. Beli lagi gak Om?

    Kl ngetes… Ajak ajak ya. Hehehe

    Ijin share Om… Matic Jumbo 700cc DOHC Twin Silinder.
    underyoke.com/2016/01/20/berkenalan-dengan-scooter-kymco-myroad-abs-700i-dohc-2-silinder-700cc/

  2. pak leo maaf oot, saya mau tanya apa bpk punya kontak email customer service kawasaki? tmn saya sdh inden dtracker se dr bulan november akhir sampai skrg diundur2 terus dgn berbagai macam alasan.. mohon bantuannya pak

  3. Harga nya klau di indonesia sekitar berapa ya om?
    Saya mw tuker tambah si kawak er6n…kalau dikepala 400an terpaksa ggit jari..belum mapan om…masih mikir

  4. Waduh gara2 nongkrongin blog om Leo awalnya ane cuma suka sama sport fairing sekarang merambah suka naked juga…bahaya banget racun nya…

    BTW pake standar tengah buat motor segede ini gimana caranya ya? 😁

  5. Kalau motoGP itu “etalase” utk sport fairing, maka utk kategori adventure ini apakah ada even yg bisa dijadikan “etalase” oleh para pabrikan?
    Apakah itu Rally Dakkar? atau mungkin ada even lain?

    • sebenarnya bisa banyak dan lebih affordable. Support expedisi seperti RoF misalnya, atau buat annual trip. Dr pengalaman biasanya pabrikan langsung pendekatan ke komunitas moge, apapun merknya, karena persentase mereka membeli/mengganti moge (lagi) lebih besar.

  6. Ping balik: Tahun Ini Yamaha Boyong MT-09 Tracer ke Indonesia | Adventuriderz.com

  7. kalo XSR900 masuk ke sini dan lebih duluan dari Duc sclamber pasti lebih cihuuuy nih…toh varian mesinnya dah sama khan antara MT09, MT09 Tracer dan XSR900..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s