Tahun 2015 – Tahun Tanpa Ada Dealer Yamaha di Banyak Kota di Australia

Awal tahun 2015, beberapa hari setelah tiba di Australia, saya menyempatkan diri untuk main-main ke Joe’s Motorcycle. Satu tempat yang happening banget. Karena disini adalah dealer untuk Yamaha, Triumph dan Husqvarna. Jajaran komplit dan andalan dari masing-masing merk bisa dipanteng lengkap disini.

https://7leopold7.com/2015/01/10/menemukan-paradise-nya-para-biker-di-canberra/

Screen Shot 2016-01-19 at 11.47.52 pm

Screen Shot 2016-01-19 at 11.45.59 pmScreen Shot 2016-01-19 at 11.48.25 pm

 

Saat itu saya mencari MT-09 yang ternyata harus inden 1 bulan, makk lama kalinya. Malahan kemudian ditawarkan FZ8 eks demo dengan KM rendah dan harga memikat (75 juta rupiah). Namun hati sudah kadung tertaut dengan MT-09 waktu itu.

20150110_130135

Saya sempat tanya discount mahasiswa waktu itu. Joe cuma jawab, dia sebulan bisa jual minimal 25 unit motor, bahkan sampai harus indent, jadi belum perlu ada discount. Pelit banget hehehe. Ya udah, saya cari ke negara bagian lain yang kebetulan menawarkan harga yang miring.

Screen Shot 2016-01-19 at 11.49.32 pm

Sebulan kemudian saat saya kembali untuk service pertama MT-09, saya merasa ada yang aneh. Ternyata Joe sudah tidak lagi menjadi dealer resmi Yamaha. Walahdalahhhh…

Saya coba cek ke internet, tidak ada dealer lain di Canberra atau kota lain dalam jarak 200 km. Piye iki…terpaksa tetap diservice meskipun statusnya jadi bengkel umum.

Sambil nunggu service saya tanya. What happen with Yamaha dealership?

1-3839

Si Joe, bapak berambut putih yang sudah menjadi dealer Yamaha selama 25 th, bilang ada pergantian manajemen Yamaha Australia. Orang-orang Jepangnya ditarik dan diganti orang Australia muda. Dan mereka merasa kepentingan marketing Yamaha tidak diwakili dengan baik oleh Joe.

What the hell does that mean? saya tanya

Exactly my question, kata Joe.

Nampaknya manajemen baru Yamaha, Hillsong ltd,  tidak happy harus berbagi dealership dengan Triumph tutur Joe.

Tapi Yamaha dan Triumph menargetkan market yang berbeda, dengan harga yang signifikan juga berbeda, protes saya.

Yang lebih gila lagi, lanjut Joe, Yamaha approach CMC (Canberra Motorcycle Centre) untuk menjadi dealernya. Padahal CMC (dealership terbesar memang se Canberra) merupakan dealer untuk Honda, Kawasaki, Suzuki, KTM dan Ducati. Tapi tidak deal, karena perwakilan Honda dan Suzuki berkeberatan kalau CMC juga menjadi dealer Yamaha. hehehehe ya wajar sihhh

Menurut informasi yang saya dapatkan dari komunitas CanberraRiders, penutupan dealer-dealer Yamaha ini juga terjadi di kota-kota lain.Terutama di dealer yang menolak hanya eksklusif untuk Yamaha saja.

Desktop

 

Dealer yang tetap bersama Yamaha harus melepas dealership dengan merk lain di satu toko. Hmmm padahal joint dealership ini bukan tanpa alasan logis. Tenaga kerja dan biaya operasional showroom mahal sekali di Australia ini. Itu sebabnya satu showroom bisa merupakan dealer dan authorised service centre untuk beberapa merk.

Apapun itu, selama satu tahun, tidak ada dealer Yamaha di Canberra dan banyak kota di Australia. Meskipun ini tidak terjadi di semua kota, tapi saya ga berani membayangkan berapa besar kerugian Yamaha di sisi penjualan dengan pendekatan manajemen yang baru ini. Kebayang juga kan betapa mumetnya owner Yamaha menyervis motor-motor bergaransinya selama waktu satu tahun.

Akhir tahun ini selain di Canberra, Yamaha juga membuka showroom-showroom baru yang eksklusif Yamaha. Bahkan untuk apparel pun harus resmi Yamaha.

hmmmm keputusan yang sangat beresiko di Australia sini… Penjualan Yamaha baik, namun operasional cost sangat tinggi disini, itu sebabnya dealership selalu berbagi.

Seorang berkomentar demikian di forum:

No doubt this would be Yamaha Australia’s wet dream, but it sounds like a fast ticket to bankruptcy to me. Car dealership mentality won’t work for bikes…

http://www.dirtbikeworld.net/forum/showthread.php?s=ba4bcf628288e6b80ba155399dbc0070&t=119402&page=2

Mas Abidin, GM Motorsport dan Service Yamaha Indonesia berkomentar di Wall FB saya setelah membaca artikel ini:

15 tahun yg lalu hal seperti ini tidak aneh Mas Leopold Sudaryono, Yamaha Indonesia juga pernah melakukan hal tsb. Ada resiko setiap tindakan management ..tetapi berbuah manis di kemudian hari. Fungsi kontrol system distribusi lebih konsisten. Dan pada akhirnya ..kepastian investasi yg besar jadi lebih pasti.

Yah semoga semua sudah diperhitungkan dengan baik oleh Yamaha Australia dan investasi ini berbuah baik.

——

Next Artikel: Dibukanya dealer baru, Yamaha of Canberra.

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

36 thoughts on “Tahun 2015 – Tahun Tanpa Ada Dealer Yamaha di Banyak Kota di Australia

    • ini tentang strategi dan kebijakan manajemen. yang bisa saja diambil berdasarkan asumsi yang kurang pas. entah mereka bule atau bukan 😀

      tapi masih terlalu dini juga bagi kita untuk menilai apakah keputusan ini tepat atau tidak. kita lihat saja dulu

  1. Kalo di indo … Satu lokasi, dibikinin PT sendiri”…tapi owner nya tetep Sama … Jadi seolah” masing” exclusive … Tapi tetep Ada Konsekuensi Pajak dll…

  2. “..ada pergantian manajemen Yamaha Australia. Orang-orang Jepangnya ditarik dan diganti orang Australia muda.. ”

    saat masih ada orang Jepang mereka rela berbagi dealership dg brand lain, namun setelah ganti orang Australia justru minta eksklusif utk Yamaha?
    Logika saya belum nyampe nih….

    • menurut Joe, “new guy” ada kemungkinan mereka sebelumnya ga bermain di penjualan motorbike. jadi pemahaman mengenai kondisi dealership motor yang berbeda dengan mobil kurang dipahami.

      Sebenarnya bagus dan sah2 saja pabrikan minta dealership ekslusif hanya untuk merknya. Di Indonesia ini oke, karena hitungannya masuk. DI Australia ini perlu kita lihat perhitungannya bagaimana. Pride Vs Operational Cost

  3. Apa nantinya strategi ini bakal disusul pabrikan jepang lainnya buat mengeksklusifkan diri juga di Australia om? atau yg lain wait and see? pantes di Indo gencar bgt mocil2nya… lebih gampang jualnya drpd moge ya…

    • saya kira ini lebih perhitungan yang dilakukan oleh masing2 manajemen. Pabrikan lain masih belum mewajibkan dealer eksklusif hanya untuk merknya

    • engga tuh, mungkin juga sudah ada pembicaraan internal antara manajemen baru Yamaha Australia dan para dealer mereka, tapi ya krn blm final mungkin ya jadi ga disampaikan ke customer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s