Desain Mobil Anak Bangsa Memenangkan Penghargaan Internasional : World Car of the Year

Chris Lesmana. Desainer asal Bandung ini bekerja untuk pabrik Volkswagen di Jerman. Bukan, bukan produksi mobil nasional, memangnya kita punya. Merupakan salah satu desainer favorit VW yang sudah melahirkan beberapa karya yang mendapat penghargaan dan menjadi andalan VW.

Salah satunya adalah VW UP!

volkswagen-up

Kendaraan yang sempat ditest dan dipuji dalam program acara TOP GEAR ini mendapatkan penghargaan World Car of The Year atau mobil terbaik pada tahun 2012 dengan mengalahkan dua pesaing lainnya yakni BMW 3-series dan Porsche 911. Bukan sembarangan.

Ada 34 mobil yang diseleksi dan dipilih oleh 64 juri, dimana juri-juri tersebut merupakan jurnalis otomotif terpandang dari seluruh dunia. UP! menjadi pemenang karena dianggap memenuhi hampir semua kriteria dengan baik. Bukan hanya keindahan desain, namun juga inovasi teknologinya.

Chris juga menghasilkan desain VW New Bettle yang disukai oleh VW dan diadopsi tanpa mengalami banyak perubahan.

large-22226-20dcaae464771b286061e8521fe09b32

Membaca berita ini saya sungguh terharu. Ada begitu banyak anak bangsa yang kreatif namun terpaksa: berkarya di luar negeri atau frustasi bertahan di dalam negeri. Mulai dari industri seni batik yang terpaksa hijrah ke Malaysia (batik Malaysia mulai lebih terkenal di pasaran Eropa). Hingga otomotif atau teknologi tinggi lainnya pindah ke Korea, Jepang dan Eropa.

Mengapa? mungkin karena membina dan mendukung kreasi anak bangsa untuk tumbuh dalam industri itu butuh waktu dan komitmen panjang. Tidak menghasilkan profit cepat, alias ‘quick cash’ dibandingkan dengan memberikan ijin/kontrak berusaha industri asing.

 

Berita disadur dari http://www.goodnewsfromindonesia.org/2016/01/12/22226/

 

 

Iklan

20 thoughts on “Desain Mobil Anak Bangsa Memenangkan Penghargaan Internasional : World Car of the Year

  1. Memang umumnya seperti itu, tp lbh syalut lg klo ada anak bangsa yg bs mandiri dan menghasilkan karya asli dlm negeri dgn pengakuan international….

  2. tahu kah pak, perusahaan indonesia sudah bisa bikin radar,fitur lebih canggih harga lebih murah karena pakai kurs rupiah, tapi ga dibeli sama pemerintah, karena kurang 1 sertifikasi internasional yg harganya mahal sekali

  3. Mini cooper s termasuk kategori gak ya?
    Vw ini juga manis sekali desainya,…
    Betul rata2 orang2 hebat larinya di LN..
    Karena ada yg berani mendanai riset. Disini dana riset ajah cuma 150jt doang. Paling top juga 1M itu juga kalau ada perusahaan yg mau…
    Indonesia Buanyak Orang Pinter tapi ketutup sama orang Yang Minterin 😀😀😀

    • lingkaran setan di birokrasi yang membawa petaka .. belum lagi ada celah birokrasi yang disalahgunakan untuk dapet bagian/fee dan ingin ikut terlibat biar dapet saham .. itulah jalan terjal jika kamuu mau jadi anak bangsa yang kreatif .. kudu mau dikerjain dulu sama preman berdasi .. wkwkwkwk ngasal waee ini comment .. oh proyek mobnas 😦 ehh salah!! oh negriku 😀

  4. kakak nya bernama michael lesmana lebih edan lagi, bangun VW super rare sampe penggila VW luar negeri geleng2 kepala… googling aja terror garage bandung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s