Tes Laik Jalan Diwajibkan Setiap Jual Beli Kendaraan – Kasusnya Aussar

Beli kendaraan di Australia ini mudah. Proses balik nama cepat, asalkan dokumen lengkap, 15 menit sudah selesai + dapat plat nomer. Ga pakai hitungan mingguan ataupun bulanan. STNK + BPKB disimpan di dalam database online. Kalau kita butuh tinggal di print. Ga perlu takut hilang ataupun dipalsu. Yang agak repot adalah Roadworthy Inspection atau Tes Laik Jalan yang merupakan persyaratan utama untuk kendaraan berumur 6 tahun ke atas atau kendaraan baru beli dari dealer.

Repot tapi sebenarnya sangat membantu calon pembeli untuk memastikan kendaraan yang dbeli memang berfungsi sebagaimana mestinya.

Saya sudah beberapa kali ini mengurus tes laik jalan kendaraan. Dua berjalan mulus tanpa masalah. Lainn perlu balik karena ada yang dianggap belum memenuhi persyaratan.

Salah satunya adalah saat mengurus jual-beli Aussar. KTM RC8 ini dibeli dalam kondisi tidak teregister. Off the road. Dari negara bagian lain pula. Berarti wajib uji laik jalan.

Uji laik jalan tidak harus dibengkel resmi Samsat, ada sejumlah bengkel resmi yang ditunjuk sebagai inspector. Bisa disogok dong om? hehehe justru mereka ini lebih keras bro. Bengkel-bengkel ini secara rutin diinspeksi diam-diam oleh pemerintah. Ada satu bengkel milik orang Indonesia yang dicabut ijin operasinya karena ketahuan memberikan ‘kemudahan’ dan ‘pertolongan’ bagi banyak customernya. Ditutup itu sama saja dengan hukuman mati bagi para pemilik bengkel. Resikonya tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat kalau main nakal.

Saat saya bawa Aussar yang diperiksa adalah kecocokan identitas kendaraan.

IMG_8763-001

Lanjut dengan fungsi mesin dan transmisi. Checked.

Pengereman oke. Knalpot desibel oke. Maklum standard hehehe.

Inspector kemudian datang dan menyampaikan bahwa motor dalam keadaaan yang sangat baik tapi dia tidak bisa memberikan Roadworthy Check karena motor tidak memiliki reflektor belakang. Hah?

IMG_8729

Ternyata selain lampu belakang dan sein yang berfungsi, motor harus ada back reflector (semacam mata kucing) yang merupakan peranti standar untuk membuat motor tetap terlihat saat parkir/berhenti di tepi jalan.

Weladahhhh

RC8 yang saya dapat memang sudah tail tidy, tanpa fender standard. Saat saya check di internet, alamakk pesan ke KTM langsung satu set bisa 700AUD.

Saya lalu tanya ke mekanik, apa yang harus saya lakukan agar lulus. Dia bilang you can tight a reflector tightly and it will pass. You can do it yourself or ask other garage to fix this.

Baiklahh, saatnya akal-akalan anak tangerang kita keluarkan.

Sayapun berburu parts ke junkyard (tempat pembuangan barang2 bekas). Dan berhasil mendapatkan semacam universal bracket. Harga? 1 dollar saja hehehe.

IMG_8731

Reflektor beli di CMC, bagian aksesori. 7$.

Lalu diakali reflektor dipasang di bracket yang di baut kuat ke dudukan plat nomer. Lalu dilapisi lakban untuk mengurangi getaran ke plat nomor. Kasar ngerjainnya 😀 tapi yg penting lolos dulu 😀

IMG_8734 IMG_8735

Dicat, biar manis sedikit, Setengah jam pun selesai. Balik ke bengkel tadi, begitu dia yakin dengan kekuatan pemasangan reflektor, Aussar pun dianggap laik jalan. yeahh. Ke Samsat sebentar dan motorpun resmi tercatat atas nama saya.

Gimana kalau tes laik jalan untuk balik nama diterapkan di Indonesia?

IMG_8982

 

Iklan

48 thoughts on “Tes Laik Jalan Diwajibkan Setiap Jual Beli Kendaraan – Kasusnya Aussar

  1. Indonesia masih bisa Gak ya nge data online semua habitat motor yang Ada … Trus di bikin online kayak gtu…masih jauh kayaknya bisa bikin system kayak Gtu

    Masalah reflector Aja bisa Gak laik Jalan ya…

  2. stnk + bpkb disimpan di database online ya.. berarti
    1. kalau perlu kita dikasih akun login ?
    2. kalau razia ditanyain stnk bisa ijin ngeprint sebentar kalau gak bawa ?
    3. kalau teman minjem motor kita buat jalan, kita kasih stnk yg atas nama kita, terus teman ditilang, polisinya liat stnk atas nama kita, gmana om ?
    4. kalau nmer 3 aman pas dirazia, mau nyolong gampang ya ?

    • Kalau dirazia mah mereka tinggal ngecek ke applikasi mereka keliatan langsung. Soal motor dipakai orang lain dan ditilang, yg ditilang orang. Begitu motor kita dicolong dan dilaporkan, di database mereka langsung nongol.

    • 1. tunjukin aplikasi yg isinya ada stnk kepada polisi yg bersangkutan ya ?
      2. jadi gakbisa sembarangan minjem motor teman ya kalau bawa jalan ?
      3. tetap yg punya nomor bisa berkuasa kalau motor hilang tinggal dilaporkan ? bagus banget sistemnya

    • Beda daerah om, yang kuning NSW alias New South Wales. Yang ACT kayanya daerah Canberra deh hehe

      Cmiiw

  3. kayanya aga sulit di terpakan di indonesia masalahnya nanti ada segelintir oknum yg memanfaatkan kesempatan untuk mendulang uang ke kantong pribadi, kecuali pembenahan dulu di sektor sdm nya supaya mereka tegas dan tidak mengambil keuntungan pribadi..

  4. Ada oom sebenernya cek fisik di samsat tiap 5 tahun itu lhoo,cuman kl di kita yg di cek cuma no rangka+mesin…harusnya menyeluruh termasuk fungsi dan kelaikan jalan (semacam uji KIR).

    • Ada tapi nggak kepake -_-
      Dimari mindset masih “primitif”, selama masih bisa jalan, ya berarti layak jalan. Hal sesimpel itupun masih bisa ” dilancarkan” lagi aksinya pake Soekarno-Hatta. Lol.

  5. Udah banyak smart city..dah ada sim online..mungkin sebentar lagi bisa diterapkan disini data online nya,..mengurangi penggunaan kertas,melestarikan hutan 😀

    • kalo duit buat beli systemnya… pemerintah pasti punya.. mau M M an ya cair kok… masalahnya… sesimpel pengurusan plat nomor saja ada mafianya di situ kok….orang 2 ini yang menahan Indonesia menjadi maju… soalnya kalo maju mereka ga dapat jatah…. ya gitu deh…. sama sama tahu aja… rahasia umum xixixixiii

  6. Kalau di Indonesia
    Aduh gimana ya om -_-
    Tes layak jalan balik nama diterapkan
    Kantong bisa kering dan
    Bisa bisa pesta besar itu si anu..

  7. Bagus prosesnya.

    Indonesia juga udah mulai kayak yg uu modif ya? Semoga kedepannya jd lebih baik deh di Indonesia. & gak kebanyakan birokrasi 😂

  8. di indonesia…kayak gini???? nunggu beberapa generasi lagi

    generasi skrg lagi mata duitan..bahkan malaikat pun masih bisa d sogok menurut kepercayaannya

    wkwkwkwkw

  9. om leo salah seorang yang layak tinggal di lingkungan seperti itu, taat dan sadar hukum.. lah dilingkungan saya, malah susah sendiri..

  10. plat nomernya rapiih bingo om..ngiler bgt deh liatnya..coba dimatih om.udah prosesnya lama..eeh lah pas dapet plat nomer catnya belepotan…huaaa ;(

    btw selamat yaa aussar..kini sudah masuk dalam akta keluarga om leopold 😀

  11. ntahlah om,, kalau berbicara tentang penerapan hal2 semacam ini di Indonesia kok otak ini berkata “impossible” yaa?! semoga otak gue salah..

  12. Om leo mhon bimbingan pengaduan via email KMI .headlamp ninja sya retak2 . Brhubung om leo dulu prnah mlakukan pngaduan k pihak kmi mngnai mslah speedo’y bianka.. trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s