KTM RC8: Seperti Apa Sih Tipe Ridernya?

Saya bergabung dengan dua forum rider KTM RC8 (basisnya di UK dan US) dan sering ngobrol dengan mereka. Tujuannya untuk berbagi ilmu dan menambah teman.

2a_2014-RC8_forumtreff

blog.ktm.com

 

Ada persamaan, namun juga saya amati ada karakter yang berbeda dengan teman-teman rider RC8 ini:

2008-KTM-1190RC8b

Persamaannya dengan rider lain jelas: jadi biker di luar negeri karena memang suka motor, bukan karena terpaksa sambil nunggu beli mobil. Mobil harganya lebih murah dan lebih ‘nyaman’ di 4 musim.

Perbedaannya adalah:

  1. Umumnya Rider RC8 ini bisa dikatakan sudah cukup lama sebagai biker terutama di kelas 1000an cc. Ini nampak dari kedalaman referensi dan pengalaman kalau kita ngobrol tentang motor. They know well the shit they’re talking about.
  2. Tidak ada batasan usia tertentu, tapi rata-rata memang 30an ke atas. Penghobi trackday.
  3. Anti-mainstream. Baik dari style, konfigurasi dan karakter mesin RC8 benar-benar berbeda dibandingkan superbike lain yang ada, terkecuali Ducati 1198 Vtwin rival langsungnya ya. Mereka mencari sesuatu yang berbeda dan mereka mendapatkannya. Saya beberapa kali berhenti di lampu merah, dan diklakson bule2 sambil mengacungkan jempol. Mereka ekspresif disini.
  4. KTM hardcore? sebagian. Kebanyakan mereka yang berdarah orange, lahir sebagai KTM lover di sektor dirt bike. Bagi mereka KTM RC8 is very cool, tapi tidak mudah bagi mereka untuk beralih ke roadbike 1ooocc. Beda aliran.
  5. V-twin hardcore. Saya lihat beberapa mengomentari Inline-4 dianggap terlalu smooth, linear dan kurang berkarakter. Baik dari segi tampilan, suara maupun handling. Cinta mereka di karakter mesin V-twin yang brutal.

Yang saya suka adalah solidaritasnya kental. Menyapa yang baru, sabar menjelaskan, dan respect kepada yang berpengalaman. We talk the same language and interest here. The language of raw, brutal power.

Riding KTM RC8? Jangan pernah berharap bawa RC8 ke bike gathering dan tidak dikerumuni. RC8 is not just aboutΒ “Ready to Race”, but also “ready to get thrilled and all the attention”.

11990486_891020790994557_7645419898735613272_n

 

Iklan

53 thoughts on “KTM RC8: Seperti Apa Sih Tipe Ridernya?

  1. setuju pak…torsi big bore v-twin boleh dibilang brutal. pernah coba test ride diavel punya kawan di club komunitas. tendangan torsinya beda dg 1000cc 4 silinderl.

    KTM RC8 lihat dari track test review nya bagus dan memang didesign utk di sirkuit dan balap.

    Boleh pak dibuat review nya kalau ada rencana track day disana. juga review ban supercorsa sp selama pemakaian dijalanan. thanks

    tehnik mengerem trail braking motogp-wsbk :
    https://sepedamotorblok.wordpress.com/2015/12/14/tehnik-mengerem-trail-braking-pembalap-motogp-wsbk/

    • problemnya adalah karakter tenaga yang terlalu liar di cornering dan itu bisa mengurangi how smooth RC8 get in and out tikungan. Itu sebabnya KTM beralih dr Vtwin ke Vfour

    • ingin beralih juga ke v-twin seperti duc 848 corse. kalau triple seperti yamaha mt-09, gimana pak handlingnya? secara bobot yg sangat ringan. dan tentunya torsi kuat apa mulai mendorong dari putaran bawah misalkan 2500 rpm? trims

  2. “Riding KTM RC8? Jangan pernah berharap bawa RC8 ke bike gathering dan tidak dikerumuni.” Karena motornya eksotis atau emang langka om?

  3. mau lepas Monalisa (ER6N) sambil nabung buat DUKE 1290 om,doain ya..
    saran buat biker lain biar cepet naik kelas,mending di kelas awal itu motor fairing kalo bisa 2 silinder walau pun hobi naked ambil yg full fairing..
    simpel sih biar cepet aja jualnya,soalnya kan banyak biker baru yg lebih suka motor fairing dr pada naked,jadi pas tabungan udah cukup,jual cepat,cepat naik kelas..
    baru di kelas lebih tinggi pake yg sesuai selera kita..heheheee
    #jadi curcol nih

  4. Mas Leo sorry #OOT, boleh dijawab sama Mas Hansel juga nih sepertinya πŸ˜€

    Suara knalpot RC8 ini gahar gk sih mas? Saya mau tanya seberapa penting buat mas Leo untuk mengganti knalpot motor dengan tipe racing atau sudah puas dengan knalpot standar saja? Ini diluar regulasi yang ada ya mas karena kalau ngomongin regulasi nanti terlalu panjang πŸ˜€

    Lalu mas Leo kan sudah mencoba berbagai jenis motor ya, mas Leo merasa perlu gk untuk upgrade performa mesin tersebut?

    • emang enak idup disana om, gak kaya dimari banyak yang nyinyir, mulutnya pedes kalo adu argumen, apalagi kalo di komunitas online hihihihi…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s