6 Motor Terlaris Versi MCN

 

Sementara di Indonesia mengalami sedikit kelesuan, di Inggris MCIA (Motorcyle Industry Association) mencatat penjualan sepeda motor naik sebesar 15.4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dari 90,928 menjadi 102,229 unit. Ini data berdasarkan motor baru yang diregistrasi lho. Bukan motor yg dikirim dari pabrikan ke dealer.

Melanjutkan kecenderungan tahun-tahun sebelumnya market non-sportbike yang justru membesar. Kelas Naked naik sebesar 27.8%, begitu pula kelas Adventure Sport sebesar 25.5%.

Di penghujung tahun 2015 ini MCN mengumumkan 6 motor terlaris di Inggris berdasarkan record MCIA tersebut.

IMG_1377

Motor-motor tersebut itu dibagi dalam 6 kategori sebagai berikut:

1. Sportbike: BMW S1000RR – 778 unit terjual

Kalau melihat 5 tahun lalu BMW tidak memiliki sportbike, apa yang dibawa oleh BMW S1000RR merupakan capaian yang fenomenal. Baik dari segi performa motor maupun penjualannya. Dikenal karena tenaga, ringan, canggih dengan pelbagai bantuan elektronik dan mudah dikendalikan, S1000RR menjadi prioritas nomer 1 mayoritas pembeli motor sport di Inggris.

IMG_1387

2. Adventure Sport : Yamaha MT-09 Tracer ABS – 1400 unit terjual

Menurut saya kelas ini cukup berat, karena disini bertengger para raja BMW 1200GS, Triumph Tiger. KTM 1290 Adventure. Tapi Yamaha datang menawarkan sesuatu yang dari segi harga dan value sulit dilawan. Tracer menjadi favorit utama karena fun dan praktis (traction control, throttle mode, ABS), good looking, dan dengan harga yang kompetitif. Di Indonesia kok ga ada? colek YIMM.

IMG_1382

3. Sports Touring: Kawasaki Z1000SX – 906 unit terjual

Ini salah satu market yang kian membesar di dataran Eropa. Menawarkan kemampuan jelajah jarak jauh (handling dan ergonomi yang nyaman, wind protection) plus sport spirit (speed, strong brake and suspension), membuat Ninja 1000 masih menjadi favorit di Inggris. You dont have to own two bikes, just have Ninja 1000. Begitu spiritnya. KMI sudah mendatangkan Ninja 1000 dan siap dipinang.

IMG_1379

4. Naked: Yamaha MT-07 ABS – 1200 unit terjual

Fenomena yang sebenarnya mirip di Indonesia. Pasar kelas 600-800 cc semakin berkembang. Dan timing Yamaha untuk meluncurkan kelas naked sangat tepat ketika Suzuki, Kawasaki dan Honda tidak melakukan gebrakan penting di kelas ini 2 tahun belakangan. Akibatnya MT-07, yang ringan namun bertenaga menjadi pilihan utama pembeli motor di kelas ini. Di negeri lahirnya sendiri, Triumph Street Triple 675cc pun terjengkang oleh MT-07 yang ‘smartly priced’. Di Indonesia juga belum ada, jangan kelamaan, pasar gurih ini.

IMG_1381

5. Trail/Enduro: Honda CRF250L – 443 unit terjual

Kelas hardcore. Buat mereka yang mengutamakan kehandalan atau reliability dan tenaga, CRF250L masih rajanya di Inggris. Ringan, solid, fun, easy to ride dan well-priced masih menjadi kekuatan utama CRF dan alasan menjadi pilihan nomer 1. Di Indonesia juga belum ada via ATPM ya.

IMG_1385

6. Touring: BMW R1200RT – 641 unit terjual

Kenyamanan, perlindungan elektronik, tenaga yang linear, mesin yang bandel. Itu sudah. Tidak heran BMW R1200RT jadi pilihan utama untuk long-range, relaxed touring. Mengalahkan para pesaingnya seperti Kawasaki GTR, Yamaha FJR, Honda ST.

IMG_1380

Mas total penjualannya kok cuma seratus ribuan? Indonesia dong sampe juta-jutaan pertahun. Inggris mah cemen.

Dilihat dong yang dijual jenis motornya apa, lalu total penduduk, juga perbandingan jumlah mobil terhadap orang (UK 1 mobil utk dua orang, Indonesia 1 mobil utk 10 orang, data).

Buat saya yang menarik kenapa ATPM di Indonesia belum menghadirkan motor-motor yang memang memiliki value positif ya?

 

 

 

Iklan

53 thoughts on “6 Motor Terlaris Versi MCN

  1. Keren Bro Leo
    Ternyata segmentasi penjualan jenis sepeda motor nya itu sangat berbeda , di Indonesia motor terlaris adalah jenis matic, lalu moped, bagaimana keduanya ini di Inggris, Bro Leo ?
    Lalu dengan melihat tipe2 sepeda motor yang terjual di Inggris seperti itu , menunjukkan kekuatan income percapita di masyarakat nya sangat jauh kesenjangan nya dengan keadaan di Indonesia tentunya, terbukti dengan daya beli masyarakat yang memiliki minat dan kesanggupan yang sangat berbeda untuk membeli jenis2 motor tersebut, apalagi di Indonesia barang2 tersebut sudah masuk ke dalam kategori barang mewah. Hehehe….
    thanks banget yaaaaaa Bro Leo …
    sukses selalu deeech….

  2. Di RI pasar spd motor yg paling gurih dengan segala bumbu penyedap , dicampur MSG, bila perlu formalin ya di kelas 150cc ( Red Ocean ). πŸ˜†

  3. Saya masih mendambakan pemerintah ga besar2 amat nentuin pajak buat motor diatas 250 cc. Jadi yg ditanya2 ama om Leo bakal kejadian haha.

  4. Kalo di Indonesia penjualan motor kelas “moge” >400cc ,1 banding banyak (1:banyak orang) ya mas…jadi jarang atpm masukin, plus Pajak yang bikin Gak karuan harganya… Sebenernya issue harga moge di Indonesia clear banget ya…Pajak … ATPM harus cepet Cari Jalan keluarnya…Kalo Gak ya lama berkembangnya…plus saya tambah tua…hiks

  5. Honda ga laku ya moge nya?

    Kalau kata Kim Jong um presiden Korea berpaham blogger *********mags ,bahwa MT 09 ga laku om

    Sekarang sleruput ludah sendiri. MT 09 paling laris manis.

  6. nanti kalau PPNBM & bea masuk yg besar 250cc keatas di hapus, nanti banyak alay di jalanan, sekarang matic 150 cc aja di jalanan kayak di sirkuit, lampu hijau langsung pada standing betot gas…..

  7. Ping balik: Honda CRF250L Jadi Motor Trail Paling Laris di Inggris Versi MCN | Adventuriderz.com

  8. John_Hendy pada Desember 1, 2015 pukul 2:31 pm berkata:

    Beat kok ga termasuk, hehe
    orong-orong pada Desember 1, 2015 pukul 3:14 pm berkata:

    beat mana beat?
    ======================================================

    DI INGGRIS BUKAN MS DISTRIBUSI YG DI HITUNG, TAPI UNIT YG DI REGRISTRASI.
    beat numpuk di gudang di inggris

  9. motor pilihan sy bmw S1000RR pak. tapi mahal bener nya itu disini yg full paper

    yang MT-09 udh coba naikin display showroom yamaha. terasa bener enteng nya. dibanding sama Kawa Z800 cukup jauh. berat penuh 188kg sama 229 kg. maka itu gampang di power wheelie ya

    • Hehehe iya bener mas. Jadi 3 kali lipat harganya S1000RR di Indonesia. Engga apa2 penduduknya sudah kaya raya dan ekonomi kita sudah maju dibandingkan Australia kok. Plus untuk melindungi industri otomotif milik bangsa sendiri. *ngimpi

  10. Mau nangis rasanya melihat harga2 motornya yg dicantumin di halaman majalah itu. #_#

    Ternyata pembeli moge di Indonesia orang kaya semua. Inggris mah gak ada seapa2nya. πŸ˜€

  11. gw inget banget kata blogger kim jong un di awal kemunculan MT09
    dia bilang ni motor aneh dan bakal sulit diterima pasar
    gw bru paham motif n psikologi ni orang
    krn dia ada tensi dg salah satu blogger katakanlah Tyga, wich is tyga itu fans berat Rossi
    jd psikologi si kim jong un ini dia berprinsip asal kesukaan Tyga itu hrs dicaci
    termasuk Rossi dan merembet ke Yamaha, MT09, R1M, MT07,Klingon.. hahaha make sense kan

  12. Sy pertegas deh mas. Kata mbah Dukun Sattar, YIMM ga mau masukin MT-07 karena sdh test the water utk MT-09. Dia bilang tuh MT-09 kaga laku di Indo, makanya YIMM ga masukin MT-07 ke Indonesia.

  13. mungkin bisa dg cara inden untuk yg minat MT-07.

    Sebenarnya MT-07 dg harga yg mirip ER6 akan menarik antusias. mesin MT-07 yg sedikit lebih torquey dan bobot lebih ringan banyak sekitar 22 kg dari ER6.ABS. efek nya ke akselerasi, handling lebih cepat dan gesit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s