Pirelli Supercorsa SP pada KTM RC8: Jodo tenan

 

sebelumnya saya mohon maaff baru bisa berkunjung lagi via artikel.

2 minggu lalu benar benar benar luar biasa padatnya. Saya harus (semacam) ujian mempertahankan rencana penelitian doktoral saya baik secara substansi maupun metodologi (terpisah). Tambah botakk

KTM RC8 yang saya unduh memiliki ban yang kembangannya masih oke. Maklum KM nya juga masih rendah. Pirelli Dragon Supercorsa.

Namun saat saya cek kode produksi, alamakk.. 2009.

Pantesan saat saya bawa pulang dari Sydney ke Canberra (kurang lebih 300 km) saya ga merasa dapat feedback atau grip yang nyaman dengan jalanan di highway. Awalnya saya pikir karena sudah malam, dingin (9 derajat C) dan hujan, maklum winter.

Tapi ternyata sifat karetnya pun sudah mengeras.

Ganti apa ya?

Telepon ke beberapa toko ban dan mendapat quote, harga utk beberapa ban seperti Bridgestone, Dunlop dan Pirelli.

Dengan kisaran harga yang tidak beda jauh dengan tanah air sebenarnya (5,5 sampai 6 jutaan rupiah per setnya).

Karena ban bawaan pabriknya Pirelli, saya coba cek dengan agan Shin Abe dari YROI Bandung dan VMX yang memang sang empu Pirelli. Beliau kasih saran Supercorsa SP. Ingat ya, wanti-wanti beliau, yg SP bukan yg SC. Yang SC lebih untuk track purpose.

backup iphone nov 2015 3207

Saya cek di website, dan sepertinya Supercorsa SP, meskipun lebih mahal daripada Rosso II, lebih cocok untuk kondisi jalan di Canberra yang selisih suhu bisa 20 derajat antara pagi dan siang. Perbandingan winter ke summer malah bisa sampai 40 derajat. Spec ban harus lebih cepat panas, masuk ke temperatur ideal dimana karet bekerja.

Engga murah, tapi nyawa juga jauh lebih mahal *menghibur diri 😀

Kalau di Indonesia yang temperatur udara dan jalannya relatif panas, mungkin spek tidak perlu tinggi untuk penggunaan harian.

Saya telp satu Joe’s Motorcyle, saya senang kesini, karena meskipun ga sebesar Canberra Motorcycle Centre (CMC) tapi pelayanannya lebih ramah dan asyik.

Saya tanya bisa ga harganya disamain dengan harga CMC yg lebih murah $20, dia bilang oke. Harga sudah termasuk biaya pasang, balancing dan disposal (buang) ban yg lama. Saya cek kode ban via telp dia punya produksi minggu ke 32 thn 2014, masih lumayan baru lah.

Ausar pun segera meluncur ke lokasi untuk diganti kaki2nya.

backup iphone nov 2015 2758

backup iphone nov 2015 2761

Tidak pakai lama ban baru pun terpasang. Setelah wax di permukaan ban relatif hilang, saya coba grip ban terutama untuk masuk dan keluar tikungan…

Wuahh… jodo tenan iki.

Karakter RC8 yang enteng ,ramping namun liar saat gas dibetot bertemu dengan sifat Supercorsa SP yang hangat, lekat dan supportive.

Membuat jauh lebih percaya diri saat masuk tikungan ataupun saat menambah gas melepaskan diri dari tikungan.

 

Iklan

45 thoughts on “Pirelli Supercorsa SP pada KTM RC8: Jodo tenan

  1. mantap pak supercorsa SP. sy baca review lap time lebih cepat sdikit dri dunlop qualifier 2.

    sy pakai michelin pilot power 3. pada kondisi pemakaian ban sudah 70% cukup menurun gripnya. kalau throttle dibuka agak cepat di gigi 1 dan mesin masuk powerband sekitar rpm 6000, ban belakang cenderung spin. dg temp ban pemakaian dalam kota.

  2. problem pilot power 3 muncul kalau temperatur pemakaian dalam kota di kecepatan rendah . setelah suhu ban mulai naik misalkan agak cepat dan sering ngerem. grip ban belakang mulai bagus lagi. seperti nya agak keras compound tengahnya

    kalau boleh tahu kenapa tidak ambil rosso corsa pak? kawan disini pakai di z1000 nya. grip nya ok pada saat jalan kering dan basah. di forum katanya yg roso corsa lebih bagus untuk wet dan lebih lama lifetimenya dari SP. thks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s