Welcome !! Yamaha MT-10 – The Master of Torque with R1 2015 spec

Berita hangat meluncur dari Milan beberapa jam lalu…..

Tidak berujung di MT-09, Yamaha melanjutkan line-up Master of Torquenya dengan meluncurkan MT-10!!

15_MT-10

hasyemm … keren banget yg biru!

Berbasiskan mesin 4 silinder cross-plane dari YZF-R1 edisi 2015, Yamaha mengubah mapping untuk  meledakkan tenaga di putaran bawah dan menengah RPM.

Posisi tempat duduk nyaman dan tegak, dengan menggunakan kerangka deltabox berbasing R1, MT-10 menjanjikan kenyamanan dan handling riding di kelas streetfighthter. Wheelbase yang lebih pendek juga menjamin MT-10 ini lebih mudah dan lincah diajak bermanuver pada city riding dibandingkan R1.

6_MT-10

Tidak seperti MT-09 yang terbatas electronic aid. MT-10 mewarisi 3 level traction control, 3 tahap riding modes, slipper clutch dan cruise control… eidiannn tenan..

Dengan adanya cruise control ini nampaknya memang MT-10 ini lebih dirancang untuk long range riding dibandingkan MT-09. Seriusan bro dan sis, pada perjalanan jarak jauh, hitungan harian atau mingguan ya, cruise control mengurangi beban otot lengan untuk menjaga konsistensi kecepatan jelajah. Cuma yang jadi pertanyaan, feature cruise control ini akan dibatalkan begitu ada input pada kopling, rem atau throttle gas. Lahhh padahal YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) itu sistemnya sensitif banget je, dilirik sedikit langsung mekar.

Tidak hanya elektroniknya, suspensi dan braking systemnya pun mewarisi R1 2015.

Berkapasitas tanki 17 liter, MT-10 harapannya memiliki daya jelajah lebih jauh dr MT-09. Dan tankinya itu lho gagah banget…

2016-Yamaha-MT-10-details-03

Dari samping belakang mirip MT-09 tankinya

2016-Yamaha-MT-10-03

gagah mak

 

Akankah MT-10 ini akan sesukses kedua adiknya yang menduduki posisi 2 (MT-07) dan 3 (MT-09) di pasaran Eropa versi MCN?

Tergantung, kedua adiknya itu hadir dengan teknologi mesin baru + PRICING yg agresif.

Dugaan saya dengan komponen yang hampir sebagian besar mewarisi dri R1 2015, harganya tidak akan tersekat jauh dengan R1. R1 2015 di Australia dijual dengan harga AUD $22,000 (sekitar 220 juta rupiah), MT-09 di harga AUD $13,000 (sekitar 130 juta rupiah. Kemungkinan MT-10 dilepas di harga $18-20,000 (sekitar 180-200 juta rupiah).

Di Indonesia? yahh karena penduduk kita lebih kaya raya dibandingkan Australia, Amerika dan Eropa, harganya dimahalin 250% saja ya ga apa2, silahkan hitung sendiri.

 

sumber foto dan berita: teman dan MCN

 

Advertisements

94 thoughts on “Welcome !! Yamaha MT-10 – The Master of Torque with R1 2015 spec

  1. sedang happening muka sangar, kemarin R1 sekarang MT10, tapi menurut saya sih mirip Bumblebee,,, desain shroud atas memang klan MT tapi shroud bawah seperti FZ,,, desain pelk kenapa seperti itu ya? terlalu simple apa memang tren nya? positioning pasar apakah mereplace klan FZ atau memang varian baru? mengingat di US penamaan MT ya sama dengan FZ,,, anyway salut abis sama desain Yamaha !! selamat datang Flagship MT!!

  2. Saya kasihan dgn MT25.. Modelnya kurang aggressive, gak sprti clan MT lainnya.. Apa bisa direvisi ya (facelift) , terutama headlampnya Om Leo ?

  3. andai punya duit 10 M….mo beli ini atu…shape tangkinya sangt menggoda…wajahnya bener2 kya Robottt…yg abu2 begitu menggoda!!!….smoga besok2 mampu beli motor2 indah dn sangarrr kya gini

  4. entah kenapa gw lbh demen mt-09. elegan dapet, sangar jg dapet. klo mt-10 ini kaya ngeliat fz series atau gsr series. bagus tp ngga ada faktor wah desain nya.
    yah balik lg namanya selera. cuman menurut gw theres something about mt-09 yg bikin gw terpaku meluangkan waktu untuk menikmati liukan desain khas ‘mt’ nya.
    my dream bike

  5. Om sebenernya ane masih blm ngerti,, seri MT kan sering dibilang spek nya sama dengan seri R. Kalo gitu sebenernya cuma beda target sasaran aja alias beda model? Ato ada hal prinsip lain yg beda?

    • Di kelas2 atasnya jelas beda orientasi. R untuk sport dan MT utk naked streetfighter atau motard. Utk seri diatas krn cc nya besar lebih mudah dilakukan variasi.

    • Jadi walaupun mesinnya identik tapi dia bisa di set jadi tipe high HP atau high torque ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s