KTM RC8: Brutalitas Dalam Selubung Keindahan (part 1)

Ada banyak hal pada KTM RC8 ini yang tidak sepenuhnya mampu saya apresiasi. Saya tidak merasa cukup sophisticated dari segi artistic maupun teknis untuk bisa menilai dan memberikan penilaian yang fair.

KTM RC8 adalah anak tunggal, SUPERBIKE sport satu-satunya yang lahir dari keluarga besar off-road dan adventure KTM. Tipe-tipe RC dibawahnya RC200-250-390 dilahirkan dari inspirasi utama RC8.

IMG_9028-001

Dan inilah yang terjadi ketika engineer KTM dan desainer Gerald Kiska bertemu. Brutalitas dalam selubung keindahan. Desain yang dikembangkan dan diperkenalkan public semenjak tahun 2003 bertahan tak lengkang meskipun diproduksi kemudian di tahun 2008 dan tak sejengkalpun berubah hingga 2015.

Screen Shot 2015-10-14 at 1.49.29 pm Screen Shot 2015-10-14 at 1.49.03 pm

Dan disini akal tidak bisa menjangkau rasa untuk menjelaskan mengapa indah.

KTM, dengan bantuan Kiska semenjak 1991, selalu mengadopsi pendekatan angular atau bersudut pada jajaran motor (dan 1 mobilnya). Seakan ingin menegaskan agresifitas tanpa kompromi.

IMG_0308

Kita bisa lihat mulai dari area depan yang tajam dan sporty. Minggir atau saya terjang. Pendekatan teardrop, atau tetes air, yang digunakan di banyak sportbike seperti Honda atau Suzuki justru dihindari.

IMG_0312 IMG_0298

Dashboard yang disembunyikan nampak terlihat sangat ringkas namun powerful. Tombol diarahkan memang utk keperluan balap di track.

IMG_0384

tanki terlihat besar mengintimidasi dengan garis tajam yang kaku. Namun sebenarnya ramping lekat di paha.

IMG_0332

Garis tajam nan tegas ini diteruskan pada area tengah yang memperlihatkan dua silinder mesin berkapasitas masing-masing lebih dari 500cc tersibak di balik fairing. Konfigurasi mesin yang Vtwin membuat tubuh RC8 tetap padat ramping memanjang.

IMG_0320

Bagian yang tidak kalah indahnya menurut saya adalah seater (tempat duduk) dan buritan. Sangat ramping dan merangsang. Sulit mengendalikan diri untuk tidak menaiki setiap kali menatap RC8.

IMG_0324 IMG_0376

Swing arm terbuat dari cast aluminium yang ramping dengan lekukan otot yang padat. Swing arm ini dihubungkan ke chasis dengan adjustable rod yang bisa diatur ketinggiannya – dan tentunya dengan bentuk yang indah.

IMG_0323 IMG_0321

Knalpot underbelly merupakan terobosan di tahun 2003 yang akhirnya banyak diikuti oleh sportbike yang kala itu masih demen-demennya big pipe atau undertail.

IMG_0320-001

Mulai dari tahap desain sebagai concept bike, hingga mass production di 2008, dan hari ini di tahun 2015 desain KTM RC8 masih fenomenal.

And hey the world, this is the KTM’s best bike presented for you…

IMG_9034-001

Advertisements

79 thoughts on “KTM RC8: Brutalitas Dalam Selubung Keindahan (part 1)

  1. Lampu depannya memang mengingatkan saya dengan bentuk (maaf) phallus. Kian mengesankan kalau motor ini memang MACHO. Kejantanan yang tidak perlu diragukan lagi.

  2. Beberapa tahun baca tulisan om Leo, saya baru ngeh ternyata si om jago banget marketingnya. Artikelnya benar2 merangsang pembaca untuk mengagumi sang motor yang ditulis dan sepertinya merasuk ke self conscious bawah sadar. Mulai dari tulisan Ninja250, ER6-n, R25, MT-09, dst. Bagi yang punya duit dan motornya tersedia di sini, pasti pengen langsung action untuk membeli. Top !!!

    • mungkin karena buat saya motor bukan hanya logam bergerak yang diberi brosur.
      Masing-masing punya karakter dan jiwa. Review harus mampu mengenalnya.
      thanks msukannya bro… mantep ini.

  3. lampu depannya aja yang IMHO gak matching dg luasan area front fairing, wagu.
    nih KTM RC8 setau ane Torque-nya lebih gede dikiiit sama Panigale 1199. Namun powernya paling rendah diantara SBK baik yg bermesin i4, V4, atau V-Twin.
    Vibrasinya sangat terasa pas putaran atas, entah bener atau gak. tapi kabarnya Mileage termasuk Hemat untuk kategori literbike.

    • Kualitas Kawasaki maupun dari jepang, masih tetap kalah bahan per part nya. komponen pendukungnya udah brembo semua termasuk kopling hidroliknya. dijamin beda deh kalo dibandingin secara langsung huehehe

      Terkadang seorang biker lebih mengutamakan build quality darisebuah motor dibandingkan performanya…pengalaman saya loh hehehe

  4. Ya selera menurut saya, kalau motor sarungan saya suka zx 10 r, panigale kecuali speedometernya , r1, yg jelek hayabusa lama yg ekornya mirip modif cafe racer yang gagal, kalau ktm rc8 ini saya sulit mencerna keindahan lampu depan dan speedometernya..

  5. Setuju banget sama bro ndoro. Paling seneng baca blognya om leo riviewnya ngena bgt di hati jadi berasa kita yang make tuh motor 😁
    Dan orang2 yg koment dblog ini bner2 bisa di ajak berdiskusi bukannya saling ejek kyk di blog lain

  6. Pingback: KTM RC8: Ringan dan Brutal (part 2) | 7Leopold7

  7. dibandingin sama motor italy walaupun sama2 eropa, design oriented tapi tetep ngga bisa disamain ya om. seolah2 mewakili karakter, passion, nationality & culture masing2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s