Pengin Sport Bike? Ya Harus Diimbangi Dengan Stamina Biker yang juga Fit dan Sporty

Menurut saya ada setidaknya dua kategori riding yang membutuhkan stamina rider yang baik: motocross (dengan segala variannya) dan sportbike.

Utk yang pertama sudah jelas dan ga perlu didebat. Motocross sangat sangat melelahkan secara fisik dan mental. Jenis riding mana yang kasus ridernya meninggal karena kelelahan, dehidrasi dan sakit jantung paling banyak?

Utk yang kedua, sportbike (berapapun ccnya, selama genre sport)

Kalau bisa sampai tiga, saya akan masukan kategori long range adventure.

Lah mas, masak cuman riding sportbike ke mall atau ke cafe aja butuh stamina yang kuat?

Yang penting kan keren dan gear nya gaharr..

nahh ini….coba yang lain aja yang komentar.

Ada beberapa alasan menurut saya mengapa sport bike membutuhkan stamina yang baik:

  1. Ergonomi.

Sportbike adalah jenis motor yang di desain untuk performa dan kecepatan. How quick you can do 0-100km/h, how quick you can enter and exit a corner, how quick you can stop etc. Kecepatan.  Dan demi kecepatan, motor didesain untuk ramping dengan drag factor sekecil mungkin. Karenanya anda harus cukup bugar/fit agar bisa menahan pressure dan mengendalikan motor sebaik mungkin untuk waktu yang tidak sebentar. Peredaran darah juga akan terganggu kalau kita melakukan postur sportbike riding utk waktu yang lama. Kelelahan akibat ergonomi dapat menurunkan kemampuan dan kualitas pengendalian motor. Upper body exercise yang sederhana bisa membantu daya tahan. Coba push-up (25×2) pagi + (25×2) sore. Dengan hitungan yang sama utk sit-up dan squat.

2. Alertness dan refleks.

Kepolisian di Wales menemukan dari 55 kecelakaan fatal sepeda motor, 37 diantaranya melibatkan sportbike yang terjadi di daerah sepi (rural) dengan rentang usia biker 25-44 tahun (MCN). Sportbike memiliki kecepatan riding yang rata-rata lebih tinggi, dan karenanya membutuhkan ketahanan konsentrasi utk jangka waktu yang lebih panjang. Jika anda tidak fit, mudah lelah dan mengantuk, lupakan aja. Cycling atau jogging 30 menit untuk endurance akan membantu menjaga kita tetap alert. Tentunya harus diimbangi istirahat yang cukup.

3. Power-to-weight ratio dan aerodynamic drag factor

Ngapain ribut soal statistik motor A lebih ringan 5 kg dr motor B, tapi bikernya kelebihan berat badan 30 kg 😀 Ini nyindir diri sendiri hehehe.

Kenapa bro ganti part yang itu? lebih ringan om

Lho ringan berapa kilo? yahh sekiloan om (sambil mengelus perut buncit)

Kita mungkin bukan pembalap yang akan turun di race serius dan berjuang menorehkan catatan waktu serendah mungkin. Tapi memiliki berat yang berlebih dan bentuk tubuh yang terlalu lebar/besar juga membuat mengendarai sportbike tidak maksimal dan mendatangkan penyesalan bagi orang yang melihatnya. Istilah kejamnya “perutnya luber ke kanan-kiri tanki”.

crack-in-the-road

Bro dan Sis ingin sportbike dan kelihatan sporty mengendarainya? ya kita harus mengimbangi dengan sporty dan fit dulu. Kita bisa beli sportbike tapi tidak bisa beli stamina yang dibutuhkan untuk mengendarai sportbike itu. Riding a sportbike is not like playing console game where you can just sit comfortably in a room whilst surrounding ourself with fatty snack.

Riding sportbike is torturing and exhausting bagi mereka yang memiliki semangat dan stamina lemah.

Wahh mas setiap orang kan juga berhak naik motor?

Ohh ya tentu, tapi mungkin menyesuaikan dengan tipe motor yang tepat dengan pertimbangan di atas. Ini ingat lho jenis motor apapun sebenarnya tetap membutuhkan biker yang sehat dengan stamina yang baik.

Semoga bermanfaat 😀

11947703_10154213820311038_4849367369593691479_o

Iklan

90 thoughts on “Pengin Sport Bike? Ya Harus Diimbangi Dengan Stamina Biker yang juga Fit dan Sporty

  1. Memang menge-fit-kan body itu susuwatu bingits…penyakit “M” alias males selalu mendera ketika ingin workout….hehe…

    • bener banget masbro, rider sekarang compact2 posturnya kecil padet berisi, memang antara 6 packs dan 1 pack cm selisih 5 angka, tapi bedanya kok seperti langit dan bumi ya?!… 😀
      btw, masih bingung caranya biar gak malesan & moody utk workout!?

  2. setelah punya anak, saya jarang banget olahraga, dan seinget saya terakhir naik cbr150 sekitar setahun lalu.
    berat badan sih cuma nambah 2kg, tapi ngumpulnya di perut aja.

    dah setahun ini cuma bawa beat, kayanya skill riding saya bisa tumpul ni kalo bgini 😦

  3. Pabrikan motor pun adil. Mereka membuat banyak varian untuk disesuaikan dengan bentuk badan.
    Badan ideal : silahken beli sportbike
    Badan overweight : silahkan beli cruiser. Harley dkk contohnya.

    # agar tidak mendatangkan penyesalan bagi yang melihatnya wkwkwwkkwwk

  4. And it seems you’re just like dwayne ‘the rock’ johnson after a long-journey exercise things Mas Leo.. Ini bukan ngeyek lho yo, kelihatan lemak ditubuhmu udh mulai jinak & terbentuk meski tak seindah tubuh kobay.. 😆

  5. Edisi pencerahan tanki vs tanki, liat rider motogp pada kurus2, klo race full konsen, sampai2 Brad Pitt pernah bilang Lorenzo mirip pilot pesawat tempur.. Colek foto Om Leo (pose mirip pilot)

    • O, ia..kebetulan mas Leo … saya pernah mikir …sebenarnya exercise & maintenance seorang pembalap motoGP itu kaya gimana sih ? Jarang bangets yang ngebahas soal ini, .. rata2 di forum/blog/web … yang di bahas cuma soal race~nya aza , padahal kita jua pengen tahu ..”Sisi Lain” dari arena motoGP.. Dulu saya pernah liat di foto (somewhere) .. itu ko rossi cemilan~nya cuma semacam sawi, sayur tanpa bumbu (mayonesse atau apapun) … gila jua yah cemilan~nya, he2 … sehat bangets, …. apa ngga laper ? ..hmm … rekomendasi dari health trainer~nya jua ye … =p

  6. betul om, sepakat..
    saya sendiri sudah mengalami, ridingnya sih ngga jauh, kommuter dan kadang seminggu sekali 130-an km bolak balik .total ya 260-an .. kalo pas push up dan sit up -nya bolong.. bisa deh ditebak .. pegel dimana mana..

    intinya ya.. kalo mau motoran badan harus fit.. cmiiw

  7. kalo ane, waktu riding juga pengaruh bgt, limit stamina & awareness riding di pagi hari ngelawan matahari (mulai tinggi) atau siang hari juga jauh lebih rendah daripada riding di sore atau malam hari

  8. pembalap moto gp kek markes , crutclow dkk juga latian endurance cycling, ben spies malah sekarang bikin tim balap sepeda (atletnya jg) . jangan lupa otot core (perut) , latihan plank juga … kalo perlu nge-gim…..jangan lupa makan protein yg cukup … latihan terus kurang protein malah otot nyusut … kang jj yg turing lintas benua juga latihan cycling … dulu pas di tv pernah lihat.
    kalo rajin olah raga dijamin panjang, kuat dan tahan lama (touring/ridingnya nya) 😀

  9. setuju om. saya kalo abis futsal atau sepakbola lapang suka liat kondisi jalan dulu. sekiranya msh macet mending nunggu di lapang dulu. maklum walaupun kerb weight nya pulsar ns ga terlalu berat, height seat menuntut kaki dalam kondisi yg prima. kalo lemes dengkul mending nanti lagi ajah. hahaha

  10. Bener juga ya. Pernah punya “motor capek” mulai ninja 150, sonic, fu, z250, memang menguras tenaga kalo dipake agak jauh. Tapi perlu untuk dimiliki, buat olahraga, he..he..

  11. Setujuh banget sama artikel diatas.

    hmm… kalo boleh nambahin sedikit, harus memiliki juga “Mental yang baik (baca: sehat ;-red) kan kasian pengguna jalan yang lain kalo setiap kali ketemu rider yang arogan 😦

    *inih sih sebetulnya untuk semua pengguna jalan ya Om? (tidak hanya salah satu jenis motor atau pun kendaraan tertentu)

  12. Saya rider Ninja150. Sering komuter Depok-Halimun Masjid Sd Kelapa – Cibinong baru balik ke Depok.
    Berangkatnya sih bela belain abis subib waktu DKI Jakarta (4.30am an) masih selamat. Nah pulangnya tuh jam 4-5sore.
    Kalau tubuhnya ga fit ya siap siap aja, tulang punggung, bahu, lengan, bokong pegelnya wkwkwk.
    Olahraga freeletics macem scot jam, push up, sit up, pull up harus konsisten.
    Kalau berat badan? Buat sportbike sekelas Ninja 150, kelebihan bobot ngaruh bener ke power. Apalagi rider&boncengannya sama sama >60kg.
    Buat berat badan mah penting banget rutinitas konsumsi air putih, atur pola makan, nutrisi, kalau udah asupannya teratur, baru workout cardio. Kalau pola makannya ga diatur dipaksa workout cardio? Kasian tulang punggung bobot kelebihan sekelas elpiji 15kiloan dibawa bawa lari. Selain itu Jantungnya yg diselimuti lemak & dipaksa memompa ekstra jg bisa shock dan anfal mendadak.

    Salam riding sehat.

  13. Menarik untuk disimak. 🙂

    “jenis motor apapun sebenarnya tetap membutuhkan biker yang sehat dengan stamina yang baik” itu betul “sehat dalam arti jasmani dan rohani” yang berarti “harus mengendarai secara aman baik untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain”.

    Contoh kasus: http://www.gofundme.com/ap5bkefw 😉

    — Ride Safe —

  14. setuju, dengan mempertimbangkan juga risiko terhadap orang lain di sekitar kita apabila kita tidak fit…keselamatan jalan raya bukan semata-mata untuk pengemudi, melainkan juga orang lain/properti orang di sekitar pengemudi..

  15. Kalau pengalaman saya dari naik ninin 250, setelah riding atau dipakai komuter biasanya otot otot tangan dan lengan pegel kaya habis nyangkul, pas diurut eh ternyata pegelnya sampai ke otot punggung (nek wong jowo jare kecetit)…. ini apa karena saya yang kurang fit ya bro?

  16. Mantaapp artikelnya.

    Sebenarnya naik sprotbike itu adalah SALAHSATU PENGALAMAN berkendara sepedamotor. Masak taunya cuma naik motor ndangak2 doang? Masak mau cari nyaman (*naik mtr koq nyari nyaman melulu?)?

    Sy cuma dua kali turing (di atas 2000km pp) make n250 dan litre bike conf.V….minta ampun bahu kayal ditusuk jarum dan kaki kaku terlipat…blm lagi pergelangan tangan. Nggak mau lagi ngulang. Cukup sudah. Paling skrg cukup di bawah 100km pp.

    Tapi itu lah pengalaman berspedamotor. Masak naik yg ndangak melulu?

    😀

  17. Diet lah dengan benar. Semakin baik ditambah puasa (apapun agamamu). Latihlah otot dan staminamu dengan olahraga (apapun olahraganya).

  18. Stuju. Feel ride sport bike emang beda dr touring bike. Example biasa bawa supra 2002 unyu2 pny eikh lantas naik ke tiger adaptasinya ga tlalu susah. Trik muter balik jalan jg gitu2 aja. Tp dr supra atopun tiger naik ke cbr150 yg notabene cc nya lebih kecil dr tiger, bth skill khusus biar bs nikmatin ridingnya, event cm bt muter balik di jln. Kl stamina + konsentrasi kurang, mau muter balik aja bs repot. Bukannya gagah, malah sibuk kayuh2 motor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s