Memanfaatkan Kondisi 4 Musim: Beli Motor di Winter – Jual di Summer

Salah satu web yang saya pantengin terus menerus adalah

http://www.bikesales.com.au

Ini merupakan web terlengkap yang menyediakan informasi jual-beli sepeda motor dari seluruh kota di Australia. Merk dan jenis apa saja. Ada kurang lebih 18 ribu unit motor yang dijual pada saat bersamaan. Hampir semua penjual dan pembeli motor bertemu secara maya di site ini.

Screen Shot 2015-08-26 at 7.24.14 am

Sejak setahun sebelum berangkat ke Australia saya sudah mantengin situs ini. Memasukkan beberapa jenis motor dalam watched atau saved list. Dan satu hal yang saya perhatikan selama kurang lebih 1.5 tahun ini adalah fenomena naik turunnya jumlah dan harga motor yang dijual pada musim yang berbeda.

Pada waktu menjelang winter, mulai dari bulan Mei, cuaca sudah mulai tidak bersahabat. Hujan air, hujan es, angin kencang dan temperatur yang bisa drop ke bawah 0 derajat. Ini saatnya para penduduk Australia mengambil cuti tahunan utk berlibur ke daerah yang lebih hangat dan nyaman biasanya. Pada momen-momen ini saya lihat jumlah kendaraan yang dijual bisa melonjak tajam dan harga turun. Saya sempat melihat bahkan ada BMW S1000RR 2012 yg dijual hanya di harga 14.000 AUD (atau kurang lebih Rp. 140jt). ZX10R 2012 jamak dijual diharga 120 juta. Harga-harga motor jenis lain pun terlihat turun dan lama dipajang di website tersebut.

Screen Shot 2015-08-26 at 7.27.51 am

Sementara itu menjelang summer, setelah bulan Oktober, apalagi menjelang MotoGP Philip Island, populasi motor yang diiklankan merosot tajam, dan harga cenderung naik.

Ini memang saat-saat yang paling nyaman utk riding. Cuaca bersahabat, jalan raya kering terbentang tanpa diganggu hujan. Meskipun masih ada angin namun relatif bisa diatasi.

Dan saat-saat ini juga umumnya orang masuk ke market utk mencari dan membeli sepeda motor. Saya ingat saat datang di Aust bulan Januari, harga MT-09 second mepet sekali dengan harga yang baru, karena yg baru masih out of stock. Untuk beli MT-09 baru harus inden dan menunggu dua bulan. Akhirnya saya harus berburu ke negara bagian lain, dan mendapatkan MT-09 gres di satu dealer Yamaha di kota kuecil.

Selisih harga antara nilai jual motor di winter dan summer lumayan jauh. Kondisinya tentu berbeda di tanah air dimana kita bisa riding kapanpun sepanjang tahun, paling hanya diganggu hujan air. Variasi harga pun tidak terlalu jauh, paling saat menjelang hari raya ataupun kalau pemerintah memutukan menambahkan skema pajak baru.

Iklan

9 thoughts on “Memanfaatkan Kondisi 4 Musim: Beli Motor di Winter – Jual di Summer

  1. Sepertinya di musim dingin mereka males ngerawat motor yang nganggur, mo jalan2 di luar salju. Daripada mata sepet ngeliatnya, dijual deh 😀

    Butuh Penerjemah? Pusing dengan teks Inggris karena kerjaan menggunung? Kontak saya di arifnrakhman@gmail.com untuk diskusi dan penawaran terbaik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s