Bulan Puasa, Donor Darah Dulu Ahh .. di Canberra

Salah satu kegiatan yang getol dilakukan komunitas biker adalah donor darah.

Iya dong, ga cuma bicara brotherhood dengan huruf ‘b’ kecil (persaudaraan di dalam klub/komunitas), tapi juga Brotherhood dengan huruf ‘B’ besar (persaudaraan tanpa batas, berbagi untuk yang membutuhkan).

Dan buat saya, yang tidak berkewajiban menjalankan ibadah puasa, donor darah selama bulan Ramadhan jadi salah satu jadwal rutin karena biasanya stock darah berkurang selama bulan ini, sementara jumlah pasien yang membutuhkan mungkin tetap.

Bedanya apa mas, donor di Indonesia dan Australia?

Secara umum sama saja. Perbedaan mencoloknya adalah ada 4 halaman isian dan dokumen hukum yang harus saya tandatangani. Isinya menyatakan saya sudah menyampaikan seluruh detil mengenai kondisi kesehatan saya dan saya mengerti konsekuensi dari mendonorkan darah dalam kondisi sekarang ini. Mereka juga menyertakan lembar informasi yang detil menjelaskan apa saja yang sebaiknya dan yang terlarang saya lakukan pasca donor darah.

Hmmm nampaknya PMI disini, atau ARC, Australian Red Cross, bener-bener memastikan tidak ada problem hukum apabila terjadi sesuatu karena kondisi yang tidak kita sampaikan (disclose) ke mereka.

IMG_6848

Perbedaan lain adalah harus booking dulu utk donor. Bisa lewat telp ataupun internet.

Capcuss, saya minta donor darah pertengahan minggu, karena saat weekend saya kerja part time, takut capek.

Sampai di lokasi, disambut hangat oleh resepsionis dan diminta menunggu sembari mengisi forms, ditawari snack dan minuman oleh para volunteer (kebanyakan ibu-ibu).

IMG_6853

Tidak berapa lama langsung diarahkan ke ruang interview. Disini saya dicek kebenaran informasi kesehatannya, lalu standard dicek berat, kadar HB dan tensi darah. Lalu dari hasil pemeriksaan diputuskan utk donor yang 500cc (kayak CBR series nih hehe) dan bukan yg 250cc (asalkan dua silinder ga apa2, ngomong opo iki hehe).

Dan memang selama winter ini jumlah donor berkurang signifikan. Yang biasanya 82-100an orang perhari, jadi turun ke 60an. Faktor cuaca yang buruk sehingga banyak yg flu dan cancel, juga karena byk yg mulai berlibur pergi ke daerah yang lebih hangat.

Ruangan donornya bersih sekali dan lega.

IMG_6855

Engga pakai lama saya langsung di cusss.. sembari diminta meremas2 bola lonjong dr karet utk membantu memompa darah.

15 menitan selesai, di perban (kalau di PMI cukup di handyplast) dan diarahkan ke ruangan refreshment.

IMG_6882

Jangan berharap ada menu bubur kacang hijau dan pop mie disini. Adanya beef roll dan snack ala barat lain.

IMG_6881 IMG_6872 IMG_6871

Setelah kurang lebih nyemil sambil baca koran 15 menitan saya pun lanjut riding ke kampus.

Advertisements

26 thoughts on “Bulan Puasa, Donor Darah Dulu Ahh .. di Canberra

  1. kalo soal pernyataan dan tanda tangan ternyata di PMI (Malang) sama juga om. Malah bedanya itu gak ada klarifikasi lagi setelah dipastikan lolos tes donor darah (wawancara). trus bedanya yang bikin iri lagi gak ada ngemil sembari ngisi formulir. dan yang makin bikin iri sekaligus paling beda itu “traktiran” abis disedot darah kita. gak ada tuh turah-turah di meja kayak di Canberra gitu, cuma dikasih minuman isotonik paling terkenal ukuran kecil sama roti bunder satu *hiks ๐Ÿ˜†

    btw, om leo part-time apa pas wiken di Canberra? ๐Ÿ˜‰

  2. What ? 500cc.. Di PMI malah 350cc ‘Mas bro.. Anomali kah or it just some terms ?
    Powered by Telkomsel BlackBerryยฎ

    • kalo baru pertama kali emang lemes. disaya kejadian. donor di pmi kramat, balik ke bekasi. udah makan mie rebus sama telor rebus + milo yang dari PMI masih lemes. tapi lemes normal ya. bukan lemes mau pengsan :mrgreen:

  3. Pada liburan ke daerah panas, pasti pada ke Bali nih bule2 Aussie, ๐Ÿ˜€ ..

    Disana apa ada yang brotherhoodnya b kecil kaya dimari om?

  4. kalau di pmi kemaren pas donor kang, dapet indomilk susu coklat kotak + 1 indomi gelas dan 10 tablet penambah darah. bukan terlalu mengharap apa yang diterima, namun seberapa ikhlas kita memberi. yah, hitung2 beramal. kata orang, dengan mendonorkan darah bakalan lebih sehat (katanya). tapi efeknya kang, bakalan pusing beberapa jam kemudian. oleh sebab itu, menurut pengalaman ane, kalau sudah donor darah, langsung caplok tuh pil penambah darah. mungkin pusingnya bakal berkurang. oh… ya…. salam kenal kang. ane “silent reader” blog kang leopold ๐Ÿ˜€

    • Salam kenal jugaa. Bener kita ga berharap apapun dr donor darah. Kalau saya mungkin krn montok dan seneng minum blm pernah ngerasain sampai pusing sih ya.

  5. Inilah yang saya suka dari Pak Leo. Suka membantu sesama tanpa ada batasan.

    Hi Pak!

    Kemarin saya liat ada temen kampus parkir sampingan, ada yang pake Cafe Racer! yang ingin saya tanyakan adalah seberapa antusias mereka terhadap sepeda motor jenis tersebut? Apakah di Canberra cukup menjamur? saya hanya punya data di Brisbane saja, ada sekitar 1500 riders. ๐Ÿ™‚

    • Wah kangen saya dg mas Imam. Canberra ini kotanya jauh lebih kecil dibandingkan Brisbane. Cafe racer tergolong jarang saya lihat krn mayoritas jalannya juga country road dimana angin cukup kencang. Saya lebih sering lihat motor berfairing atau dual purpose disini.

  6. Udah lama ga komen disini :mrgreen: sama om kemaren juga kebetulan lg puasa iseng donorin darah ke sodara yg mau transfusi darah. Pertama agak ragu soalnya puasa sama ga sahur ๐Ÿ˜€ tp setelah tanya sama petugasnya katanya gpp, yaudah diambil 350cc (standar donor kayaknya ini) habis selesai kok malah aneh om ga pusing sama ga lemes padahal biasanya agak lemes kalo abis donor tp gatau kemaren malah enak” aja ini badan tp yaitu pas buka kalap makannya wkwwkwk #curhat coba aja disini dapet menu kayak gt abis donor dijamin makin banyak orang donor darah :mrgreen:

  7. Menu habis donornya mantap, bikin iri donor yang di sini. ๐Ÿ˜€

    Artikel part-time jobnya ditunggu lho, om Leo…

  8. Wah kayanya asik ya bisa riding di australia. Lebih beradab ketimbang disini ๐Ÿ˜€

    Om Leo, saya boleh minta alamat emailnya kah? Mau tanya2 seputar sabina nih hehe

  9. hari ini jadwal ane donor darah,bagusnya habis buka fuasa ato habis taraweh ya..mudah2an gd kendala..dulu mah selain susu ultra coklat sm biskuat dfat kafsul fenambah darah,terakhir donor 3bl lalu ga dfat fenambah darah..gafafa sih sing fenting sehat daft berbuat sesuatu bwt org lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s