Apa Sudah Tepat Harga 250 Juta Rupiah untuk Yamaha MT-09 di Indonesia?

Artikel ringan saja mengenai pricing dari MT-09. Sebenarnya saat pertama kali (di bulan Oktober 2014) mendengar bahwa MT-09 akan dilepas di harga 250 juta rupiah saya sudah berkerut kening.

Ini yang mau dihadang rivalnya yang mana ya? karena rival terdekatnya Z800 di Indonesia dibanderol di harga yang lumayan jauh berbeda.

Mari kita lihat perbandingan harga di luar negeri.

(silahkan klik link harga yang menunjukkan sumber referensi)

Malaysia | Z800 = RM 48,000 (CKD) atau Rp. 170jt. MT-09 = RM 47,000 RM (CKD version mulai Des 2014) Rp. 167jt.

Australia | Z800 = $12,900 atau Rp 130an juta. MT-09 = $12.800.

Indonesia | Z800 = 201 juta rupiah (CBU). MT-09 = 250 juta rupiah (CBU). Jrenggg !!!!

maxresdefault-2   yamaha_mt-09_kawasaki_z800_triumph_street_-triple_6

Beda barang memang wajar beda harga (artikel review menyusul). Tapi kalau di negeri lain selisihnya sedikit, kenapa di Indonesia bisa jauh ya? Z800 juga terkena skema prosentase pajak yang sama kok dengan MT-09. Sama-sama CBUnya.

Apakah karena MT-09 akan dihadapkan dengan Z1000 ?

hmm kalau menurut saya salah perhitungan ini. MT-09 memang dari segi cc lebih besar daripada Z800 (847cc vs 806cc) tapi ingat cc yang dilebihkan itu wajar karena jumlah silindernya juga lebih kecil (3 vs 4 silinder). Jadi kalau MT-09 847 cc mau dirivalkan dengan Z1000 (1,043cc 4 cyl) menurut saya kurang tepat.

APA SIH MARKET MOTOR SEKELAS Z800 dan MT-09?

Seorang praktisi otomotif yang mendesain dan memproduksi parts aftermarket pernah berbisik kesaya. “bro user di kelas Z800 ini beda. Mereka juga tergolong market yang masih sensitif dengan harga. Utk parts-parts yang ga bakal laku di kelas di atasnya, di Z800 masih lumayan diminati lho”

Begitu pula hasil review majalah otomotif dan forum user di luar negeri yang (karena rentang harga disana) meletakkan MT-09 dalam grup yang sama dengan Z800. MT-09 dinilai the best in the class dengan pertimbangan harga segitu (price for value).

Jadi pasar potensial MT-09 yang ditargetkan oleh Yamaha Global sebenarnya adalah mereka yang masih mencari keseimbangan antara value, prestige dan price. Bukan mereka yang cari prestige + value saja.

Tapi kenapa di Indonesia, pricing strategy-nya berbeda ya?

Skenario 1: Kalau saya ngejar prestige, ketimbang keluar 250 juta, mending nambahin buat beli Triumph atau MV Agusta 3 silinder atau Eropa lain yang asosiasinya wah padahal belum tentu lebih enak dinaikin.

mas naik motor apa?” | “Ducati” | “wow” – (padahal yg dipakai cuma second, bekas jatuh dan kadang kelistrikan trouble)

versus

mas naik motor apa?” | “Yamaha” atau “Honda” | “ohh(yang kebayang matic)

Skenario 2: Kalau saya ngejar price for value, mending ngirit 50 juta sdh dapat 4 silinder 800cc. Selisih 50 juta bisa dipakai buat segala macam. Betul atau benar?

Tapi kenapa di Indonesia justru malah dibuat tidak kompetitif harganya? mumet saya.

Padahal pada jajaran lain CBU Yamaha sangat kompetitif harganya. Contoh: saat ZX6R dijual 220jt, R6 juga dilepas di harga itu. Atau R1 yang dilepas di kisaran harga 320jt ketika

itu.

Solusinya utk MT-09 bagaimana mas?

Yamaha Indonesia perlu memikirkan ulang pricing strategy utk MT-09. Ataupun kalau dijual di rentang harga segitu harus dibuat valuenya lebih. Tambahkan gimmick dll seperti knalpot Akrapovic Titanium yang memang diendorse resmi oleh Yamaha global misalnya.

017_140315  photo-001

Atau dengan aksesoris lain

yamaha-mt-09

Iklan

73 thoughts on “Apa Sudah Tepat Harga 250 Juta Rupiah untuk Yamaha MT-09 di Indonesia?

  1. Nah itu dia om Leo, saya heran dengan harga yg dipasanga YIMM, ngga salah tuh, hilang donk keunggulan price for value nya, sedikit kecewa jg sih, soalnya lihat orang nunggang kawak Z800 juga ngga kalah gagah koq, dengan selisih 50 jt bisa buat beli variasi yg bikin lebih gagah lagi, hmmm……

  2. Kurang tepat lah. Jarga segitu lebih baik z800 4-inline. Harga lebih murah 50jt, apalah arti cc atau power lebih besar di jakarta.. Harus dipikir ulang jual dgn harga segitu..

  3. harga 250.000K rupiah itu jg masih lebih mahal dari All New Yamaha R1 2015 seharga 16.500-an (USD Price).
    *cuma bisa nangis dihati akan kondisi negaraku ini*

  4. Apa jangan2 MT09 yang di Indonesia itu masih impor berdasarkan inisiatif dari DDS aja ya? Maksudnya tanpa ada campur tangan dari Yamaha Indonesianya langsung. Cuz kan ada juga produk Yamaha yang dimodif dulu yang kerjasama dengan Cargloss, baru dijual.
    Hehehe…takutnya ya begitu cuz sampai sekarang kan belum ada info resmi dari Yamaha Indonesia kalo mereka menjual MT09.

    Tapi kalo ternyata nantinya ada, ya kasusnya kayak WR250 aja. Kemahalan! Padahal SE 250 punya tetangga yang legal aja bisa lebih murah.

  5. Seperti biasa YIMM blunder dengan harga. Contoh kasus ya R25 kemarin. Akhirnya harus ringsek dengan ngasi diskon gede2an. Merasa sanggup dan ingin masuk pasar premium dengan masukin moge dan motorsport seperti Kawasaki.

    Padahal ya aslinya moge2 Yamaha tidak sepremium itu, maaf bukan ingin nyinggung mas Leo sebagai user MT09 tapi maksudnya Yamaha Kawasaki Honda dkk bukan brand eksotis seperti MV Agusta, Triumph, BMW Motorrad. Kebanyakan brand motor jepang adalah value for the money.

    Kawasaki punya strategi harga yang tepat. Padahal scara global dia juga bukan brand premium, tapi di Indo dia berani all out dan jual semua produk terbaik yang dia punya dengan harga yang reasonable. Kita bisa minder dan ngowoh klo masuk ke dealer Kawak, bisa cuci mata dan piknik. Sedangkan masuk ke dealer Yamaha Honda kita disuguhi matic bebek dan sport kecil, pemandangan suram deh. Ya di sanalah bedanya.

    Akhir kata, YIMM sedikit kepedean memposisikan R25, dan skarang MT09, kasi waktu dikit dia juga bakal nyadar dan isin dhewe hhehe. Masalah aftersales jg Yamaha gak jago2 amat. Seperti saya pernah bilang, di R15, R25 dan semua di atasnya cuma beres Yamaha gede yang bs melayani. Sama aja susahnya dengan bengkel Kawak berarti.

    • Sabar ga perlu emosional. Tetap teliti dan tidak menggeneralisir. CBU Yamaha penjualan di 2014 sangat bagus sebenarnya (cek artikel saya bulan juli 2014) utk ukuran pemain baru. Pricingnya juga kompetitif. Hanya saja utk WR dan MT ini saya ga ngerti kenapa berbeda. Mengenai kondisi dealer supaya fair mungkin dibandingkan yg setara ya Dealer CBU Yamaha dg Dealer Kawasaki besar.

    • Ya saya disini juga diskusi santai saja koq mas leo hehehe. Yup cukup heran juga R1 dan R6 kompetitif tapi MT dan WR kurang. Kalo ngandelin aftersales pun sulit karena ketersediaan part dan fasilitas.

      Masalah kondisi dealer ya soalnya setau saya dealer Yamaha CBU cuma satu di jakpus ya, cmiiw. Sedangkan geng ijo sampe kota kecil aja masi punya dealer gede yg minimal pajang ER6 atau Z800. Ya untuk saya yang ndeso ini bs liat motor2 begitu bisa skalian wisata hahaha

    • Penggunaan kata ringsek, gede2an dan generalisasi itu menurut saya ekspresi yg emosional. Tidak ada hal yg 100% bagua atau 100% buruk. Apalagi kita tdk punya semua informasi yg dibutuhkan. Contohnya soal aftersales. Apakah bro punya pengalaman order spare part Z800 atau R6 misalnya utk bisa sampai pada statement “aftersales sulit”.

    • Pengadaan parts moge CBU di back-up 100% oleh YIM melaluli seluruh dealer R series….
      buktinya parts catalogue ada semua tuch yg CBU di web_nya YIM, transparan, berikut harga2 partsnya, meskipun itu mungkin untuk yg non fast moving parts harus indent (pengalaman inden parts CBU ndak lebih 15 hari kerja)
      http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts/ygp/part-catalogue.html
      untuk MT-09 kayaknya masih inprogres,….NMax & MX King 150 aja baru sehari kemaren nongol parts katalognya.

    • Dr pengalaman saya waktu coba order parts R6, bahkan parts yg diorder dikunci dengan VIN motor yg dibawa masuk ATPM. Sehingga motor2 IU ga bisa pesen.

    • Saya cuma ada pengalaman dan curhat dengan CBR 250 milik sepupu yang kebetulan suka pusing dengan layanan aftersales dan sparepart dari AHM. Bengkel yang keliatannya tersebar dimana2 gak lantas menjamin sebuah CBR mudah mendapat layanan prima. Akhirnya dijual dan doi skrg masi milih antara R25 atau Ninja, asal bukan Honda.

      Dekat rumah saya jg ada bbrapa bengkel resmi Yamaha, tapi ya semua merujuk ke beres pusat kalo untuk urusan servis R series karena katanya punya alatnya. Makanya saya bisa tarik kesimpulan aftersales H, Y dan K untuk 250cc dan CBU masih sama sama sulit hehehe

    • ente tingal dimana, di Bekasi Banyak bengkel R Series siap melayani, ada laptopnya ada pembersih injeksinya ada pit khususnya walau cuma 1. Berhubung R series masih ngak sebanyak motor umum kadang pitnya dipake motor lain apabila tidak ada yg servis R series. Jangan asal ngejeplak kesannya semua daerah diIndonesia Sama

  6. Oia, kalo di head to head sama Z800, ada yg bedanya, Z800 soalnya diimpor dari Thailand Om yang notabene maaih Afta. Kalau saya ngeliatnya ya itu, dibanding sama Suzuki GSR750 yang sama-sama bikinan Jepang dan motornya juga enak dipake

  7. yantain sm YIMM dong om di analsis lebih dalam dengan pricing yamaha kenapa menetapkan harga segitu, apa mungkin ada penambahan value yang sangat lebih dibanding Z800 ?

  8. skenario 1 .. betul beli harley 1200 yg seken 250 – 275 jt byk .. barang pasti mulus
    saya setuju skenario 2 .. benar ..
    lha trus MT 09 gimana? .. ya nasib mu nak – nak

  9. bener kata bro vandra…
    Z800 impor dari thailand, sedangkan MT-09 impor dari jepang..
    pasti ada perbedaan pajak dan biaya shiping..
    IMHO

    atau mungkin saja yamaha pede dengan 3 silindernya yang mirip2 moge premium eropa like MV Agusta 😀
    CMiiW

    • Bagaimana dg selisih harga yg tipis, bahkan Z800 lebih mahal di Malaysia, Australia dan negara lain? Bukannya mereka juga kondisinya sama dg Indonesia

  10. Mas…saya sudah Banyak baca artikel mas Leo, hari ini saya putuskan ambil Z800 Karena inget statement mas Leo, Kalo mau naik kelas dari 250 usahakan ambil Z800, Kalo gak salah gtu ya mas intinya..nah sekarang saya mau tau banget, Dan nunggu artikel mas Leo perbandingan Z800 v MT09…ditunggu mas…makasih

  11. “mas naik motor apa?” | “Yamaha” atau “Honda” | “ohh”(yang kebayang matic).wah si om mak jleb.haha

    kalau saya pribadi kalau ada rezeki dgan harga segtu saya pilih R6 aja om..:D motor idaman

  12. Kemahalan ya mas, , sy sbg awam, klo ada duit segitu mending pilih z800,prestige lbh dpt (kawasaki) dan tampang lbh sangar,,
    Sisa 50juta bisa buat ambil r25/n250 untuk daily use, , hehe

  13. itu dia yang buat ane heran om…
    di negara lain harga beda tipis , namun di indonesia lumayan jauh bedanya…

    sepertinya yamaha PD motor 3 silinder-nya bakal laris walau dikasih harga 250 jutaan om….
    CMiiW 😀

  14. Leopold S pada Maret 27, 2015 pukul 6:17 am berkata:

    Dr pengalaman saya waktu coba order parts R6, bahkan parts yg diorder dikunci dengan VIN motor yg dibawa masuk ATPM. Sehingga motor2 IU ga bisa pesen.

    xixixi…..betul itu Locked by vin…..
    tapi kalo resmi, tinggal masukin nomer rangka, klik,….langsung masuk parts catalogue,…pilih parts, doble klik,…print to order, bawa ke R Shop…., dp,…tinggal nunggu barang datang…, datang,…install….bayar lunas…pulang…. 😀

    Coba AHM gitu juga, punya system pricing yg transparan di publish di web….tambah ajib dah…. 😛

    • Secara umum memang kita2 para bike enthusiast memang berharap begitu….
      tapi mengapa saya khusus menyebut AHM karena secara struktur & sumberdaya mereka seharusnya sudah ready, tinggal gelem apa ora,….tapi kelihatannya sudah mabok ms matic jadi lupa,….ato sengaja yo….?

    • Secara umum memang kita2 para bike enthusiast memang berharap begitu….
      tapi mengapa saya khusus menyebut AHM karena secara struktur & sumberdaya mereka seharusnya sudah ready, tinggal gelem apa ora,….tapi kelihatannya sudah mabok ms matic jadi lupa,….ato sengaja yo….?
      nah buat yg laen khan bisa ikutan, paling tidak untuk upaya memberikan service after sales untuk konsumen, yg ujung2nya kalo konsumen puas akan memberikan nilai plus untuk mereka

  15. Untuk kasus mt09 di indonesia ini, kelihatannya yamaha blunder lagi pake strategi harga r25.. cara berpikirnya ini motor premium dan orang kaya gak mikir duit kalo suka ya beli.. kalo laku dibeli ya syukur kan untung dengan margin besar.. kalo gak?? Gampang tinggal dikasi turun hargax lewat diskon besar dll.. ato anggap aja studi lapangan liat respon orang positif pa gak.. itu blunder.. benar bahwa pembeli r25 itu orang berduit namun belum tentu juga duitx sanggup beli mv agusta.. artinya konsumen disegmen ini benar sudah menginginkan prestise.. namun digit saldo mereka membuatnya berpikir lagi mana sih yg lebih value for money utk dimiliki.. dikomper dari sisi besar cc, jumlah silinder dll.. contohnya jika benar seseorang keuanganx sangat kaya raya uang yg cari mereka.. umumnya mereka motornya mv agusta, harley, bmw ato ducati mobilnya lambo ato ferrari.. kenapa gak ambil yg lebih value for money? Karna segmen ini prestise dan fanatisme akan brandlah yg paling utama harga gak masalah.. tapi ini kan situasinya barangnya itu r25 ato mt09 nah ini yg unik.. karna “kaya” versi segmen ini masih mempertimbangkan mana yg lebih value for money..

  16. Kasusnya sama kaya ploduk ploduk duo Korea Hyundai dan KIA yg ngga punya pabrik di ASEAN makanya kena pajak impornya sampai 40% kabarnya, lihat aja tuh Picanto kosong bgt fiturnya kl dibandingin Mirage, March, Sirion, etc etc

  17. Kyknya cm di indonesia org seneng betul ngejar banyaknya silinder. Dikiranya bagus.
    Pdhl tujuan silindernya cuman 3 , supaya lbh enteng. Tambah bodi ramping, enak dipake orang2 indonesia. Handling jd lbh enak, power sm torsinya jd lbh kerasa.
    Beda sm z800. Memang sih moge banget. Tp beratnya nyampe 229 kg, bandingin sm mt09 cuman 188. Berat basah lg. Power z800 yg 113 hp (mt09 lbh gede lo 115) bakalan kerasa ketinggalan lbh jauh. Tambah lg klo dipake di jabodetabek, sdh bodi gambot, macet lg. Kyk naik kebo rawa masuk gang. Haha. Sorry bro.
    Klo liat spec mah pantas bgt harganya lbh mahal drpd z800. Tp klo liat harga di negara lain yg harusnya lbh murah, harusnya mt09 jg lbh muah bro. Ini bukan persoalan strategi marketing, memang yamaha indonesia aja g kgk sopan. Kyk mau ngambilkeuntungan lbh banyak dari malakin bangsa indonesia

  18. wah, saya baru baca artikel ini. saya penggemar MT series yang ga kuat budget, hehe… ikut nimbrung aja.

    perbandingan OTR:NJKB
    MT09 – 250.000.000 : 180.000.000 (OTR 1,39 kali lipat NJKB)
    GSR750 – 199.000.000 : 156.200.000 (1,27)
    Z800 – 208.600.000* : 144.700.000 (1,44)

    YZF R1 – 345.000.000 : 270.800.000 (1,27)
    YZF R6 – 270.000.000 : 212.000.000 (1,27)

    *(update harga juli 2015 dari official website)

    jadi kalo menurut saya, dengan nilai NJKB yang cukup jauh di atas Z800, sulit bahkan tidak mungkin rasanya bagi Yamaha Indonesia untuk menjual MT09 di harga 200-210 juta. NJKB + BBN + progresif saja sudah di angka 200an juta, masa Yamaha Indonesia nda ambil untung.
    tapi memang dibandingkan dengan moge Yamaha lain semisal R1 dan R6, Yamaha Indonesia ambil keuntungan yang lumayan besar dari MT09 ini.
    seandainya Yamaha Indonesia mau menurunkan profit per unit menjadi kurang lebih sama dengan persentase keuntungan R1/R6, mungkin harga yang tepat buat MT09 ini ada di angka 230juta.

  19. Ping balik: Yamaha MT-09 VS Kawasaki Z800: the Battle of the Middleweight | 7Leopold7

  20. Posisi saya sekarang di Malaysia, beberapa hari lalu saya iseng saja tanya di Bike Shop di Malaysia ini, ternyata harganya sangat menarik, kalau di kurs saat ini hanya sekitar 140jtan. plus bonus yang banyak, seperti Helm fullface, jaket alp***tar, handglove alp***tar, asuransi dan tax OTR. tinggal gas poll… bisa juga browsing di mudah.my

    • Kemarin sy lihat mt09 waktu pameran di mall… menarik sih…. keliatan gagah… tp jujur saja kok kelihatan kasar ya ornamennya. Detil”nya kliatan barang murah. Foot stepnya besi semua kayak motor” bebek alay gitu… sy ga tau apa moge baru sekarang gitu semua foot step kecil besi semua tanpa ada slip karet??? Setelah sy browsing wow full overprice ternyata. Dan benar ada penawaran digratisin akrapovic ternyata kalau ambil unit ini… tp setelah dipikir” ini yang model terbaru sudah ada TCS nya. Waktu sy browsing di youtube saya tunjukin ke salesnya yang ini kok ada TCS nya. Salesnya jawab oh yang ini american standard. Sedangkan yang masuk indo itu european standard ngelesnya begitu…. keren sih… tp prestidge gak harga segitu sama z800?

  21. Mas leo, tracer aja naik nya mantap dr 325 jt jadi 370 jt malah jadi overpriced bgt.. Apa wajar naik segitu besar? Atau harga yg kemarin itu cuma buat promosi aja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s