Total Produksi R25 = 5.810 unit di Bulan Februari 2015. Digenjot Penuhi Permintaan Global

IMG_7879

Masih membukukan catatan penjualan yang fenomenal untuk kelas 250cc, R25 di bulan Februari kembali mengalami kenaikan penjualan dibandingkan Januari 2015 apalagi Desember 2014 (133% menurut YIMM/AISI)

Di bulan Februari totalnya ada 5.810 unit R25 yang terjual (sampai ke dealer di dalam/luar negeri). Biuhhh.

Data lebih lanjut memperlihatkan bahwa ternyata sebagaian besar unit yang dijual digenjot untuk memenuhi global demand sebesar 5.295 unit motor R25. Sementara itu unit yang didistribusikan utk kebutuhan nasional adalah sebesar 515 unit.

Kalau dilihat dalam trend 3 bulan-an, Desember-Januari-Februari saya memiliki tiga kesimpulan sementara:

  1. Produksi R25 digenjot untuk mengejar permintaan global yang selama ini mesti menunggu hampir 6 bulan di belakang Indonesia. Gini dong kita didulukan hehehe
  2. Kapasitas produksi R25 mendekati titik optimal di angka 6000 unit per bulan atau 200 motor per hari.
  3. Daya serap pasar 250cc secara domestik mulai menurun. Ini terjadi juga pada motor 250cc pabrikan lain. Penyebabnya perlu dipelajari. Apakah karena penurunan daya beli akibat inflasi (rentetaan kenaikan harga BBM dan barang-barang kebutuhan lain) ataukan dengan masuknya R25 ke kelas 250cc, kebutuhan market yang sebelumnya hanya diladeni Ninja 250 sudah mulai mendekati titik terpenuhi bahkan titik jenuh? hmm..
Screen Shot 2015-03-19 at 10.09.54 pm

hasil pengechekan singkat selama 5 menit ini responsnya

Terlalu dini untuk diambil kesimpulan definitif. Mari kita amati bersama.

Tapi yang jelas memiliki motor yang diproduksi nasional akan membuat kita relatif lebih fleksibel dalam memenuhi kebutuhan pasar. Saya berharap tidak lama lagi pabrikan lainpun akan mengambil langkah yang sama.

Iklan

29 thoughts on “Total Produksi R25 = 5.810 unit di Bulan Februari 2015. Digenjot Penuhi Permintaan Global

  1. Masalah total produksi (penjualan dalam negeri) sudah dibikin bc sama yg lain. Ah sudahlah… bener kata Om Leo, jangan terlalu dini mengambil kesimpulan.

  2. Dr dulu gue bilang jg ape. Er Selawe adalah motor yg gak punya jiwa. Euforia Er Selawe sdh hbs & konsumen sdh memahami strategi pembodohan dr Yamaho. Selanjutnya ditengah kegelapan hanya akan ada Ninja yg muncul & menebaskan pedangnya. Ninja killer tdk akan pernah muncul krn killer yg sesungguhnya hanyalah Ninja. Cb kalo dr awal kemunculannya dulu Er Selawe ngeluarin desainnya sama persis kayak versi prototypenya spt wkt pertama kali muncul di Jepang mk nasibnya gak akan ngenes spt skrg. Dan yg terpenting gak usah make strategi penipuan segala macem. Yamaho kudu obral lg ke Satpol PP nih buat katrol penjualan. Bos2 dealer Kawasaki dulu jg pernah ngalamin situasi kyk gini (Ninja digempur Er Selawe) dulu wkt ngadepin CBR250 wkt pertama kali muncul. Euforianya jg kayak skrg namun ternyata gmn nasbnya skrg. Udahlah Yamaho sebaiknya fokus di skutik aja drpd tambah abis marketnya. Posisi Yamaho adalah market challenger. Dgn posisi ini mk Yamaho kebingungan utk menyerang. Serang atas atau serang bawah. Lain halnya dgn Kawasaki krn mrk adalah market niche. Sementara Suzuki market follower & Honda market leader.(fokus di skutik).

    • Sabar mas bro… kok kayaknya benci banget dg yamaha? Ada apakah gerangan???
      Sebagai konsumen saya melihat hal ini wajar2 saja kok. Mau mengalahkan ninja itu pekerjaan yang sangat sulit karena ninja sudah mengakar selama bertahun-tahun di Indonesia. Bukan berarti tidak mungkin, tapi butuh effort luar biasa untuk bisa mewujudkannya

    • Maaf bro ahonx, mungkin intelektualitas dan pengetahuan saya masih jauh di bawah anda.

      But if you really want to know my thought about this matter, I don’t think you can even understand it. It’s a pity, you can’t learn anything but become stupid fool brand loyalist, just like others. Why don’t you start read and learn as much as you can and stop think that you are the smartest one in the world (sorry, I’m sure you have your own small world out of civilization)

  3. haduhhh…di bulan november ane dah ngebet bnget ganti ke R25 dari sebelumnya make ninin karbu. Dah muter ke dealer2 jakarta hasil sama pada inden sebulan dengan pembelian Cash. Dan begitupun jg dng R15. Sampai akhirnya ketemu dealer honda di hayam wuruk menanyakan cbr 150 (k45) memang ciby ini masuk list pembelian ane. trnyata eh trnyata ane langung ketemeu ma spv. dealer tsb dan motor bisa langsung dikirim besok harinya. Sebelumnya ane juga sudah melihat stock sudah ready didealer ini. Dengan melihat berita menumpuknya stock R25 ’14 saya jadi bergumam!Mengapa waktu saya mau beli cash saja mesti inden sebulan!!sekarang malah mudah dicari!!Tp nasi sidah menjadi bubur saya sudah riding dengan si ciby ini bwt PP ngantor.

  4. Wew….berarti udah kemakan hampir semua calon konsumen lokal 250cc oleh ninja…shg pasar sini jenuh.

    Tetapi buat ekspor…itu fenomenal…daya serapnya ternyata masih kuat…pantes aja si ymh mau buat 250cc twin…bahkan hnd pun tau itu.

    😀

    • justru line produksi untuk R25 dikurangi..knp?
      karena eh karena skrg lg produksi MT25 n udah tinggal tunggu bbrapa bulan lagi lounching..
      #ups salah
      strategi mirip Nmax or MX king
      barang sudah diproduksi n ready didealer (bbrapa bulan lg) tp blm lounching mgkin jadi e kurangi R25 buat nggenjot MT25 biar ga indent
      kalo udah tar produksi e 3:1 R25 MT25
      psar dlm negri lbih suka sport firing n yimm sudah stock R25 didealer bilamana trnyata MT25 banyak yg suka
      jadi e R25 n MT25 ga perlu indent” lg
      smua ready stock!!

  5. kalau saya boleh prediksi, mungkin pasar sport agak sedikit tergerus kang.. dimana sekarang orang lebih memilih menahan dompet untuk keperluan sehari hari. makanya yang lebih banyak terjual mungkin matic sama bebek kang, sebaliknya nama besar ninja mungkin agak membantu penjualan kawasaki dimana mindset masyarakat terutama di pelosok orang lebih melihat moge adalah ninja….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s