Mekanik Digaji 800 Ribu Rupiah (per jam), Mau Ga?

Di artikel sebelum ini, tentang service pertama Athena (MT-09) saya sudah sempat cerita tentang total biaya service yang mencapai $219. Biaya spare part sih tidak beda jauhlah dengan di Indonesia. Harga oli, filter oli dan lain-lain cuma beda tipis.

IMG_2741

Yang beda tueebeell adalah pada jasa pengerjaan yang mencapai $130. Komponen ini dibagi menjadi labour cost mekanik sebesar sekitar $50-80/jam (tergantung pengalaman dan spesialisasi) dan sisanya utk garage/bengkel.

Screen Shot 2015-03-18 at 8.50.47 am

Wahh gede banget ya mas?

Untuk ukuran Australia pun itu tergolong besar, karena Upah Minimum di sini adalah $15 per jam. Ini kalau kita jadi janitor/cleaning service. Jadi tukang kebun/gardening service naik ke 20an dollar per jam.

Kenapa bisa sebesar itu mas?

Karena pekerjaan mekanik dianggap pekerjaan yang lebih high skill dan beresiko. Membutuhkan training dan sertifikasi tertentu dan lagi tidak banyak orang yang bekerja/memiliki keahlian di bidang itu. Jadilah keseimbangan harga di range itu.

Ada seorang teman yang memiliki problem misterius dengan kelistrikan Peugeotnya (2009 308).  Yang menyebabkan mobil tanpa diduga stall (tanpa listrik sama sekali). Karena all electronic failure harus diperiksa tersendiri oleh bengkel. Lama waktu pemeriksaan diperkirakan 5 jam atau totalnya $600. Itu juga tidak ada jaminan selesai di 5 jam. Dia juga mendapat alternatif informasi on -call mechanic (tanpa bengkel) yang bagus dengan bayaran $80/jam.

Karena tidak ada pilihan lain, yo opo mobil terus-terusan diderek?, lalu disanggupi perbaikan via bengkel. Total biaya service kemudian adalah $1200 karena harus memanggil electronic tehnician + spare part. Biayanya sama dengan beli mobil Toyota Seca thn 2000 disini.

Jadi disini biaya perbaikan bukan sistem borongan, tapi jam-jam-an. Kira-kira berapa lama perbaikan dilakukan.

IMG_2721

IMG_0168

Itu sebabnya saat saya membayar biaya service, service advisor menjelaskan satu-persatu langkah service yang menjustifikasi total waktu pengerjaan.

Biaya fitting atau pasang knalpot racing? $99 modiaarr ra?

Itu juga sebabnya istilah DIY, bukan Daerah Istimewa Yakarta, Do-It-Yourself, sangat familiar dan hardware shop menjual pelbagai DIY toolkit dan sangat laku.

Karena bayar perbaikan ke bengkel itu sakitnya disini… *Nunjuk dompet

Jadi hai teman-teman mekanik di Indonesia, berminat berpenghasilan 100 juta rupiah per bulan?

p.s. Oh iya mekanik yang nanganin Athena hariannya naik CBR600R th 2009, beli second 60an jt rupiah dia bilang. PPNBM mahal, pendapatan kecil, sedih betul negoroku ki.

Iklan

89 thoughts on “Mekanik Digaji 800 Ribu Rupiah (per jam), Mau Ga?

  1. Yo begitulah disana, lha wong klo disini, bisa motret punya modal bisa buka studio foto, lhaaa disana, ngk bisa gitu aja, musti ada sertifikasi dan tetek bengek……ngk bisa sembarangan buka

  2. Pengalaman mas Leo bagaimana, lebih enak tinggal di negara sendiri atau di negara many kayak Aussie … Kapan ya negara kita bisa gtu..

  3. Pekerja Lapangan terlihat jelas disini lebih dihargai dibandingkan di Indonesia, dengan tariff montir yang mahal, jelas montir memiliki kualifikasi dan kemampuan yang mumpuni pula. Tidak semua orang dapat melakukan hal yang dilakukan si montir, apalagi untuk Athena kesayangan :p

    Ada harga ada kualitas, and price never lies.

    Masih meraba-raba apakah di UK memiliki sistem yang kurang lebih sama, dan bagaimana cara mendapatkan driving lincese disana utk pelajar.

  4. Saya pernah nge- test designer2 orang “luar” ,pada dasarnya mereka sangat “pede” dgn kemampuannya,sehingga brani pasang tarif tinggi.

  5. bisa jadi sama saja ya, gampang dapet duit banyak tapi apa apa mahal, yang satu dapet duit sedikit tapi apa apa murah..bisa jadi uang malah terasa lebih berharga di Indonesia timbang di Australia yah?

    • Hmmm dalam konteks hampir semua barang kita import (dan dibayar dengan nilai tukar internasional) kondisi seperti itu apa masih akan bertahan?

  6. disana tarif mekanik mahal karena ada semacam “garansi” dari mekanik untuk apa yg dikerjakannya.

    umpama dgn biaya segitu hasil tidak sesuai, konsumen dapat menuntut pihak mekaniknya
    betul tidak om Leo ?

    • Pt itu maksudnya perusahaan ya? Lha bro cona liat utk 1 jam saya bayar berapa hampir 129$, yang ke perusahan (bengkel) dapatnya juga gede tho?

  7. dah konsen blajar dolo.. dikasih beasiswa buat blajar kan.. masa smp dsana lgs beli moge, accident, service motor..

    apa s3 otomotip ya

  8. Om leo nanti kalo pulkam trus balik ke australi ane ikut di koper mau kerja gantiin knalpot racing biar dapet $99 per motor *ngowoh*

  9. Mahal karena menghargai keahlian seseorang yg sudah susah payah belajar mendalami keilmuannya.
    Kalau di sini di dunia maya begini aja orang2 koar2, “Iya, negara kita tidak menghargai orang2 kita yg pintar!! Mereka harusnya diberi fasilitas & gaji yg cukup!”

    Tapi pas di dunia nyata, ke Profesor Dokter Spesialis ngeluh tarifnya mahal ngamuk2, ke Pengacara ngamuk2 merasa diperas krn tarifnya tinggi, ke Universitas ngamuk2 ketika biaya pendidikannya ditinggikan padahal Dosennya gajinya kecil. Ya memang komponennya banyak sih utk mahalnya pendidikan, kesehatan, penegakan hukum, tp ya kita sendiri harus sadar, kalau memang mau bagus memang perlu investasi jd perlu maklum.
    Tapi kalau kesehatan harusnya sih emang sistemnya negara yg nampani, bukan autopilot masing2 disuruh nanggung dewe2.

    • Layanan kesehatan dan pendidikan memang harusnya disubsidi. Pekerjanya (guru/tenaga kesehatan) digaji layak, layanannya dibuat terjangkau.

    • ada sistem yg tidak dijalankan dg semestinya.
      ambil contoh waktu pembayaran pajak tahunan kendaraan yg disertai pembayaran retribusi parkir tp faktanya lain. tidak ada fasilitas parkir yg memadai. perkendaraan sekian rupiah dikalikan berapa banyak kendaraan.
      bolehlah apa2 harus bayar dan mesti mahal tp harus sebanding berbanding lurus dengan yg didapat. banyak program pemerintah yg baik tp tdk tepat sasaran. ada jg yg menyalahgunakan sistem dan jabatan dg bekrja apa adanya tnp dedikasi. hasilnya setengah dan konsumen jd kecewa.
      overall, sya ttp bangga dan cinta indonesia.

  10. Komen ga mutu ga usah dibalas Pak. Model troll begitu balasan paling enak buat mereka adalah dicuekin saja.
    Malah kesenengan kalau dibalesin komentar ga mikirnya.

    Komentar ga mikir, ya ga usah dipikirin utk dibalas.

    • Ada standarnya dan pengecekan. Setiap bengkel kan rutin ada inspeksinya bro. Kalau ga beres dan banyak komplain bisa dicabut izinnya. Modarr

    • kerja sampinganya masangin kenalpot racing aja kang.. hehe

      weewwhh di sana jd tukang kebon aja bisa kaya raya. Indonesia kapan ya bisa maju kaya ostrali..

  11. kalo disini bayar per jam bisa repot banyak mekanik yg lama2in. lha wong tukang bangunan aja kalo harian lama kalo borongan lembur sampe tengah malam pun jadi. ampun dah mental tempe ( padahal tempe itu enak dan bergizi )

  12. Mantap om ulasan nya bisa menambah khasanah… Om kalau ada waktu di ulas ya tempat yang bagus bagus disana, mana tau ada rezeki bisa main kesana

  13. untuk jadi mekanik perlu license nggak?
    kalau enggak berarti bisa DIY nyambi jadi mekanik, minimal mekanik untuk motor sejenis.

  14. Saya yg kerja angkat berat aja cuma digaji gk sampe 100rb perhari… -_-
    sering merasa jdi budak dinegara sndiri yg kaya raya ini!
    .
    Malah curhat… Hahaha

  15. Mantapp banget. Sy jg mau….kalo jadi sales aja di sana gimana, biar sy cukup ketak ketik hp berjualan pake komen2 tp dibayar mahal per jam.

    😀

  16. Membutuhkan training dan sertifikasi tertentu dan lagi tidak banyak orang yang bekerja/memiliki keahlian di bidang itu
    ___________________________
    Yang bkin mahal ya ini, udah yg jadi mekanik jarang, belum harus menempuh sertifikasi yg amat ketat, jadi ya kayaknya setara lah gajinya, apalagi yg dtangani bukan motor kapasitas dbawah 250cc (jarang2 lah)

  17. Maaf oot om
    Dapat beasiswa nya kesana jalur apa om
    Perusahaan atau pemerintah
    Brapa mim skor toefl atau ielts nya om
    Thx before ya om
    🙂

  18. Kalo Indonesia ini standar (gaji) nya ngikut luaran juga harusnya sama saja. Kan di Indonesia semuanya serba dimurahin supaya “katanya” lebih menarik pembeli. Padahal soal kualitas, Indonesia juga tak kalah…

  19. wah….disana untuk perjam dsini untuk bayaran per minggu… 😦 sedih ya bang… padahal lighting designer… bisa gak ya kerja di aussie lulusan arsitek udah 3 tahun merantau di negeri sendiri gak maju2… T_T dsana ada gak sih yang sampai melarat gitu? atau hidupnya pas2an banget kaya misal pake rumah gedek(anyaman bambu)hehehe…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s