Bagaimana Caranya Menggunakan SIM Indonesia di Australia?

Ini salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh rekan2 pengunjung blog.

Jawabannya sederhana, ada dua cara.

Cara Pertama: Membuat SIM Internasional

Ini bisa dilakukan di Korlantas Polri di jalan MT Haryono. Prosesnya, menurut beberapa keterangan sangat mudah, cukup bayar biaya administrasi resmi sebesar 250 ribu dan tentunya SIM asli, anda akan mendapatkan SIM Internasional yang berlaku selama 3 tahun. Ingat anda tetap perlu membawa SIM Indonesia yang asli + SIM Internasional saat berlalu lintas di Australia.

Contoh (dr Javamilk.com)

sim-intl2

Cara Kedua: Membuat Surat Keterangan SIM dari badan yang diakui

Utk di Australia ada beberapa badan yang diakui dapat mengeluarkan surat keterangan ini. Salah satunya adalah perwakilan negara Indonesia atau KBRI. Badan lain adalah asosiasi profesi penerjemah Australia.

http://www.australia.gov.au/content/driving-with-an-overseas-licence

Persyaratannya juga cukup mudah:

  1. Anda bukan permanent resident atau warga negara Australia tentunya
  2. Membawa Passport Asli dengan Visa yang masih berlaku
  3. Membawa SIM yang akan diterangkan dengan surat pernyataan.

Sebelumnya membayar money order tertuju ke “Indonesian Embassy”” sebesar 25 dollar. Jadi ga ada pembayaran langsung di KBRI.

Prosesnya cukup mudah. Sayangnya pas saya kesana, pejabat penandatangan sedang rapat, jadi terpaksa, setelah saya tunggu 2 jam, saya tinggal. Keesokan harinya sudah selesai. Utk metode surat keterangan ini keberlakuan SIM bukan tiga tahun, tapi mengikuti masa berlakunya SIM yang diterangkan. Kebetulan sehari sebelum berangkat saya memperpanjang SIM (masih sisa 1.5 tahun padahal, tapi daripada repot nantinya, saya perpanjang saja dulu). Jadinya Surat Keterangan SIM ini berlaku 5 tahun di Australia. Lumayan.

Surat keterangan ini sayangnya hanya berlaku untuk satu SIM. Jadi kalau anda ingin SIM A dan C atau lainnya milik anda berlaku, harus dibuat masing-masing satu surat keterangan.

Mudah kan, ga pakai ribet.

Semoga informasinya berguna, apalagi kalau ada yang ancang2 mau touring di Australia sambil nonton MotoGP Phillip Island.

IMG_0305 2

Advertisements

30 thoughts on “Bagaimana Caranya Menggunakan SIM Indonesia di Australia?

  1. simple ya…
    saya fikir dikasih surat pengantar, lalu disana ikut test lagi……
    hehehehe…
    ternyata gak… coba test lagi…
    dijamin tambah stress………………….. disana testnya beneran soalnya.

  2. Gitu ya om?? Apakah prosedur pengurusan tersebut berlaku pula untuk Negara lain? seperti Singapura, Malaysia dan Thailand?? Rencana Pengin banget Lintas Asia om sampe Thailand. Tq

  3. Kok tanggal lahirnya ditutup om? Hahaha… :mrgreen:

    Btw SIM di Oz berjenjang gak sih? Misal berjenjang, terus kita pakai SIM Internasional / Permit dari Indonesia. Nah itu SIM Internasional kita itu berlaku di jenjang apa?

    Soalnya kalau gak salah pernah dengar ada orang kita yang tinggal di LN, Jepang kalau gak salah. Katanya percuma, soalnya SIM kita cuma disamakan dengan status learner alias cuma boleh bawa motor 50 atau maks 125cc gitu haha. CMIIW…

  4. keren pake A.K.A ya? blogger dimari pasti pada keren nama aliasnya, semisal; kang yogas a.k.a sis kogay eh kobay….wkwkwk….btw mantab kuliah di “ANU” semoga cepet kelar & sukses omBro, josss!

  5. nah ke-feeling-an nih sama om Leo
    baru aja mau nanya ttg SIM di Aussie, udah ada artikelnya lgsg ^,^

    lebih enak urus di KBRI ya om, tp itu kalo KBRI deket dr tmpt tinggal kita n enak ada waktu buat urus sih, kalo silaturahim ke KBRI perlu bgt klo living abroad, mereka jd bagian dr kluarga kita…

    thanks om Leo
    keep movin’ on !

  6. Waah terimakasii kak infonya.. Lha kenapa temen saya yg masu visitor visa sampai ikut les mengemudi bayar 7 juta ya.. Sayang bgd.. Apa karena dia sama skali gag bs nyetir?(tp kan mending blajar di indonesia) waaah hampir saya ikut les mengemudi disini.. Ternyata saya belum perlu karena belum PR .. Makasii kak πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s